Fungsi Chest Freezer dan Kebutuhan Bisnis Rumah Tangga

Dalam masyarakat secara umum, kulkas adalah salah satu perlengkapan rumah tangga paling familiar serta banyak digunakan. Tidak hanya itu saja, terdapat jenis chest freezer yang memiliki fungsi lebih baik untuk membantu menjaga kesegaran bahan-bahan makanan.

Bentuk dari perangkat pendingin ini adalah persegi atau kotak dengan ukuran besar semacam box yang mempunyai kegunaan utama menyimpan berbagai jenis bahan makanan atau minuman. Alat tersebut paling sering dilihat di toko, supermarket, rumah makan, serta tempat bisnis/UMK.

Dengan jenis bentuk berupa box, maka bisa menaruh berbagai isi di dalamnya dalam ukuran dan jumlah besar. Melalui pengaturan memakai teknologi khusus, maka bahan-bahan yang dimasukkan akan lebih tahan lama sehingga tidak cepat membusuk atau rusak.

Apa itu Chest Freezer?

Apa itu Chest Freezer

Chest freezer adalah jenis penyimpanan/pendingin bahan makanan atau minuman dengan bentuk menyerupai box besar. Dengan kapasitas besar dan bentuk seperti kotak peti, maka apa saja bahan bisa dimasukkan sesuai kebutuhan.

Beberapa jenis bahan yang sering dimasukkan dalam chest freezer ini antara lain, daging, nugget, sosis, bakso, es krim, sampai obat-obatan. Mesin pendingin ukuran besar ini biasanya terdiri dari satu atau dua pintu yang dibuka dengan cara menariknya ke atas atau digeser ke kanan/kiri.

Pemakaian chest freezer paling umum adalah untuk menyimpan bahan-bahan makanan yang akan diolah sehingga sering menjumpainya di tempat makan/restoran. Tidak hanya di situ saja, pada supermarket/minimarket juga digunakan untuk meletakkan bahan makanan dan es krim.

Pada beberapa tipe lemari pendingin satu ini mempunyai desain yang transparan sehingga digunakan sebagai display produk tertentu seperti yang ada di supermarket/minimarket. Penggunaan chest freezer dinilai lebih baik dan efektif dalam menjaga produk tetap segar dana wet.

Baca Juga:  Apa Itu Mikrokontroler? Struktur, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Keunggulan Pemakaian Chest Freezer

Pemakaian mesin pendingin kapasitas banyak ini sebenarnya tidak hanya untuk kegiatan bisnis saja, tetapi juga dapat digunakan dalam kehidupan rumah tangga. Ada beberapa keunggulan dari chest freezer seperti di bawah ini.

1. Kapasitas Besar

Keunggulan pertama dari menggunakan box pendingin ini tentu saja ukurannya yang besar membuat pengguna bisa memasukkan berbagai bahan makanan atau minuman bahkan obat-obatan khusus dengan jumlah banyak atau ukuran besar dimana kapasitasnya mencapai 950 liter.

2. Suhu Lebih Stabil

Suhu yang dihasilkan oleh mesin freezer peti box ini cenderung lebih stabil dibandingkan kulkas atau jenis lemari pendingin lainnya. Dengan demikian, mampu mendinginkan dalam suhu beku secara maksimal agar isi di dalamnya terjaga kesegaran dan tahan lama.

3. Mudah Dibersihkan

Meskipun ukuran dan kapasitasnya besar, freezer satu ini sangat mudah untuk dibersihkan karena bunga es yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Bahkan, ketika listrik padam, pendingin masih dapat bertahan dalam jangka waktu beberapa jam sehingga kualitas bahan di dalam tetap aman.

4. Bebas Karat

Pada tipe pendingin lainnya, air yang menggenang akibat kondensasi di dekat pintu dapat menghasilkan karat. Namun, chest freezer tidak demikian karena menggunakan lapisan inner body white lining sehingga mempunyai sifat anti karat.

Kekurangan Chest Freezer

Selain sejumlah kelebihan dalam pemakaian mesin pendingin kapasitas besar ini, terdapat kekurangan yang harus Anda pertimbangkan. Salah satu bahan pertimbangan sebelum menggunakannya adalah proses pembekuan yang sebenarnya tidak terlalu cepat.

Proses pembekuan yang masih membutuhkan waktu ini karena belum adanya teknologi Flash Freezer. Dengan demikian, pembekuan akan berjalan cukup lama sehingga untuk beberapa bahan makanan lebih baik dibekukan terlebih dahulu di Flash Freezer.

Bahan makanan yang perlu dibekukan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam Chest Freezer ini antara lain olahan daging, seperti sosis, nugget, bakso, dan sejenisnya. Hal tersebut perlu dilakukan agar ketahanan atau keawetannya terjaga.

Kecepatan membekukan jenis freezer ini mulai dari 3 sampai 72 jam tergantung dari brand atau merk apa yang digunakan. Dengan demikian, lebih baik digunakan sebagai penyimpan minuman atau makanan dengan fungsi untuk mendinginkan saja.

Kekurangan lain untuk diperhatikan adalah konsumsi daya listrik yang memerlukan tegangan tinggi agar dapat bekerja secara optimal. Apabila kondisi tegangan rendah atau sedang, maka bisa menimbulkan masalah lain.

Berapa Penggunaan Daya Listrik Chest Freezer

Sebenarnya konsumsi daya listrik dari mesin peti kotak pendingin ini tidaklah besar, meskipun memang harus dipasang pada tegangan tinggi. Namun, seberapa banyak yang dihabiskan tetap tergantung dari merk apa yang Anda gunakan.

Pada brand tertentu, mesin pendingin tersebut dapat bekerja dengan optimal dengan tegangan listrik sebesar 160 Volt. Dari sini, Anda bisa menentukan sendiri pemilihan dari merk dan tipe sesuai dengan kebutuhan.

Tips Penggunaan untuk Pertama Kali

Agar pemakaian bisa maksimal dan memberikan kemudahan untuk selanjutnya, Anda bisa mencoba tips penggunaan saat pertama kali sebagai berikut.

1. Mendiamkannya Terlebih Dahulu

Setelah freezer sudah datang, maka jangan langsung dinyalakan sebab proses angkut membuat kondisinya miring sehingga oli kompresor rentan mengalami kebocoran. Diamkan terlebih dahulu selama 8-24 jam untuk kemudian dinyalakan dan diatur suhunya.

2. Tempatkan Jauh dari Sumber Panas

Dalam meletakkan tipe pendingin satu ini sebaiknya jauh dari sumber panas misalkan kompor serta paparan sinar matahari secara langsung. Berikan jarak sekitar 15 cm dari dinding supaya terdapat sirkulasi udara baik.

Baca Juga:  Jenis Lampu Penerangan dan Prinsip Kerjanya

3. Atur Suhu dengan Tepat

Setelah berhasil meletakkan di tempat terbaik dan sudah didiamkan beberapa waktu, kini waktunya melakukan pengaturan suhu supaya tidak terlalu dingin. Pengaturan diperlukan agar kompresor bisa beradaptasi perlahan-lahan dimana perlu menurunkan suhu secara bertahap.

4. Isi sesuai Kapasitasnya

Isi freezer sesuai dengan kapasitasnya dimana jangan terlalu longgar atau terlalu penuh karena kinerjanya menjadi tidak optimal.

Perbedaan Chest Freezer dan Deep/Flash Freezer

Perbedaan Chest Freezer dan Deep Freezer

Setelah mengetahui fungsi freezer tipe peti box atau chest ini, beberapa orang masih bingung apa bedanya dengan deep atau flash freezer. Oleh sebab itu, agar lebih memahami perbedaan keduanya, simak penjelasan lengkap di bawah.

1. Bentuk

Bentuk dari kedua jenis freezer ini memang serupa, namun deep memiliki ukuran lebih tingg sedangkan chest lebih lebar. Dengan demikian, secara umum, deep mempunyai tampilan seperti kulkas biasanya, sedangkan mesin satunya lagi bentuknya seperti box kubus.

2. Kapasitas

Daya tampung dari chest freezer adalah lebih banyak dibandingkan deep dimana bisa mencapai lebih dari 310 liter. Sementara itu, pendingin flash hanya sampai 212 liter saja.

3. Pintu

Deep freezer mempunyai model pintu sama seperti lemari pendingin atau kulkas pada umumnya. Sedangkan, untuk chest memiliki tipe pintu transparan dan tidak transparan dengan cara membuka ke atas.

4. Cara Mengisi

Dalam melakukan pengisian, mesin pendingin peti kotak lebih fleksibel. Untuk deep freezer membutuhkan ketelitian khusus agar daya tampungnya maksimal.

Mengetahui fungsi chest freezer dengan kelebihan dan kekurangannya bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum membelinya. Dapatkan produk terbaik dengan melihat merk dan tipe sesuai kebutuhan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment