5 Contoh Penerapan Hukum Pascal yang Sering Kita Jumpai

Hukum Pascal merupakan salah satu konsep dalam ilmu mekanika fluida yang ditemukan 350 tahun lalu oleh matematikawan asal Prancis, Blaise Pascal. Penerapannya hukum Pascal sangat luas, baik dalam kehidupan sehari hari maupun dalam sektor industri, manufaktur, konstruksi dan lainnya.

Artikel ini akan fokus memberi beberapa contoh penerapan hukum Pascal.

Contoh Penerapan Hukum Pascal

Penerapan hukum Pascal berkaitan erat dengan cairan dan gas. Tak heran jika sebagian besar aplikasi hukum Pascal dapat ditemukan pada sistem hidrolik dan pneumatik. Berikut beberapa contoh penerapan Hukum Pascal:

1. Dongkrak hidrolik

Dongkrak hidrolik
Dongkrak hidrolik

Semua sistem hidrolik pada dasarnya memanfaatkan hukum Pascal. Dongkrak hidrolik digunakan untuk mengangkat, menahan dan memindahkan beban berat dengan gaya minim.

Alat dongkrak ini biasanya ditemukan di bengkel-bengkel mobil dan dipakai oleh si mekanik untuk mengangkat kendaraan, mengganti ban dan sebagainya.

2. Alat Angkat Hidrolik

alat angkat hidrolik
Prinsip dasar sistem hidrolik

Lift hidrolik atau alat angkat hidrolik bekerja berdasarkan hukum Pascal. Seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas, cairan (warna biru) digunakan untuk mentransmisikan tekanan antara dua piston yang ditandai dengan “anak panah merah”.

Berdasarkan faktor pengali hukum Pascal, gaya kecil yang dikeluarkan untuk mendorong piston di bagian kiri (luas penampang lebih kecil) akan menghasilkan gaya besar pada piston bagian kanan disebabkan area penampangnya yang lebih luas. Gaya yang dihasilkan pun diharapkan mampu mengangkat beban yang ada.

lift hodrolik
Gambar lift hodrolik

Gambar di atas meriapakan lift atau alat angkat dengan sistem hidrolik dan termasuk salah satu diantara banyak penerapan hukum Pascal. Singkatnya, untuk mengangkat mobil tersebut, gaya yang diperlukan tidak begitu besar.

3. Rem Hidrolik

Sistem rem hidrolik
Sistem rem hidrolik

Rem hidrolik pada mobil juga bekerja dengan prinsip Hukum Pascal. Cukup dengan menginjak pedal rem, roda mobil yang melaju dengan cepat bisa diatasi. Hal ini disebabkan tekanan dari injakan kaki ditransmisikan melalui minyak rem sampai pada akhirnya menekan kampas rem dengan gaya yang lebih besar.

Baca Juga:  Gambar Mikrometer Sekrup, Bagian-bagian dan Cara Pakainya

4. Elevator Hidrolik

lift hidrolik
Ilustrasi lift hidrolik

Ternyata salah satu jenis elevator juga menerapkan hukum Pascal dalam operasinya.

5. Peralatan Pneumatik

sistem pneumatik
Gambar sistem pneumatik

Sistem pneumatik menggunakan gas terkompresi sebagai media penggeraknya. Kelebihan dari sistem pneumatik itu lebih murah, mudah dan fleksibel. Beberapa contoh peralatan pneumatik yang menerapkan hukum Pascal seperti bor pneumatik, rammers pneumatik, lukisan semprot, kompresor udara, dan lain lain.

Source:

  • https://www.vedantu.com/physics/pascal-law
  • https://whyps.com/what-is-pascals-law
Bagikan Postingan:

Leave a Comment