Susunan Warna Kabel LAN, Straight dan Cross

Susunan warna kabel lan sangat penting agar komputer dapat terhubung pada router serta internet dengan benar. Warna kabel lan berbeda membuat kamu tidak dapat mengurutkannya dengan sembarangan.

Hal ini membuat kamu harus memperhatikan beberapa hal berikut. Simak ulasannya.

Pengertian Kabel LAN

Kabel LAN atau Local Area Network adalah kabel yang memiliki fungsi untuk menyambungkan perangkat atau komputer pada suatu area terbatas seperti kantor, rumah, laboratorium dan lainnya. Kabel ini biasa dikenal sebagai kabel utp.

Fungsi Kabel LAN

Penghubung komputer dan router

Saat ini wifi menjadi kebutuhan yang wajib ada di kantor. Meski dapat digunakan secara wireless, jarak jauh dari sumber wifi akan membuat koneksi sinyal berkurang. Kabel lan dapat digunakan dalam mengatasi permasalah tersebut karena berfungsi sebagai penghubung antara komputer atau pc dan router. Sehingga jaringan wifi akan lebih kencang daripada hanya menggunakan wifi wireless.

Penghubung antara dua atau lebih komputer

Kabel lan juga dapat difungsikan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Komputer yang terhubung dapat melakukan sharing file tanpa media external seperti hardisk, flashdisk dan lainnya. Selain itu, kamu juga dapat melakukan LAN chat.

Lan chat adalah sebuah fitur dimana kamu dapat chatting dengan pengguna komputer lainnya tanpa koneksi internet.

Agar dapat memanfaatkan fitur ini, kamu dapat menggunakan aplikasi bawaan  dari windows seperti winchat.exe,  atau aplikasi lain yang bersifat eksternal seperti softros lan messenger, MsgPopup.dan outlook lan messenger. Selain fitur chat, kamu juga dapat memanfaatkan fungsi lan untuk meremote komputer lain.

Penghubung komputer dan device lain

Kabel lan dapat difungsikan sebagai penghubung antara komputer dan device lain. Misalnya komputer dengan printer. Jika tambahan topologi jaringan tepat maka 1 device external dapat untuk banyak komputer.

Baca Juga:  Rumus Menghitung Lilitan Trafo Beserta Pengertiannya Lengkap

Bagian Kabel LAN

Connector RJ-45/RJ-11

Jenis kabel lan pertama adalah connector. Terdapat dua macam connector yang biasanya digunakan, yaitu connector RJ11/RJ45. Untuk connector RJ 45 biasanya dipakai dalam jaringan komputer. Konektor jenis ini memiliki 8 pin menyesuaikan banyaknya kabel inti di UTP. Sedangkan untuk janis kabel RJ 11 dipakai pada ADSL, modem, telepon rumah dan lainnya. Jenis ini memiliki 6 pin dengan ukuran yang lebih kecil dari RJ 45.

Kabel UTP

Sebenarnya kabel lan menggunakan kabel UTP sebagai media transmisi. UTP merupakan kependekan dari Unshielded twisted pair yang berbentuk kabel lilitan tanpa pelindung alumunium. Kabel jenis ini rentan terhadap interfensi elektromagnetik meski lentur dan mudah digunakan. Kabel utp mempunyai 4 pasang inti kabel dengan warna dan fungsi berbeda.

Kabel jingga, hijau, putih-hijau, putih-jingga berfungsi sebagai penghantar paket data. Kabel biru dan putih-biru berfungsi sebagai pengantar paket suara. Dan yang terakhir adalah kabel coklat dan putih-coklat yang berfungsi sebagai penghantar arus DC.

Kategori Kabel UTP dari Transmisi Data

  • UTP cat 1: kabel utp pada kategori ini menggunakan kualitas transmisi yang paling rendah serta hanya dapat melakukan support komunikasi dengan  suara analog.
  • UTP cat 2: kabel utp kategori cat 2 mempunyai transmisi data yang lebih baik dari pertama serta dapat digunakan pada komunikasi data digital dan suara.
  • UTP cat 3: kategori ini merupakan pengembangan dari sebelumnya yaitu cat 2. Dapat digunakan sebagai media komunikasi data digital dengan kecepatan mencapai 10 Mb/s.
  • UTP cat 4: kabel utp jenis ini mampu digunakan sebagai komunikasi data digital dengan kecepatan 16 Mbps.
  • UTP cat 5: kabel utp cat 5 dapat digunakan sebagai media komunikasi suara digital dengan kecepatan lebih tinggi dari utp cat 4 yaitu mencapai 100 Mb/s.
  • UTP cat 5e: kabel utp jenis ini mempunyai kecepatan maksimal 250 MHz sehingga disarankan pada pemakaian jaringan Gigabit Ethernet.
  • UTP cat 6: kabel utp jenis ini dapat melakukan transmisi data dengan frekuensi kecepatan hingga 1 GB/s.
  • UTP cat 6a: kabel utp jenis ini memiliki perkembangan dari jenis sebelumnya sehingga mampu mentransfer data dengan kecepatan maksimal 10 GB/s.
Baca Juga:  Kabel yang Biasa Digunakan Dalam Jaringan Adalah UTP, STP, Coaxial, dan Serat Optik

Jenis Kabel UTP

Kabel utp memiliki dua jenis yaitu cross dan straight. Kedua jenis ini adalah salah satu urutan dari standar format jaringan lan. Berikut adalah ulasan singkat mengenai keduanya.

Susunan Kabel LAN Straight

Susunan Warna Kabel LAN

Kabel straight atau lurus merupakan kabel yang sering digunakan daripada cross. Cara pemasanganya satu sisi warna ujung dan ujung yang lain harus sama. Kabel straight mempunyai beberapa fungsi seperti menyambungkan hub ke komputer, komputer ke hub, switch ke komputer dan komputer ke switch. Berikut urutan warna pada kabel straight.

Warna ujung satu di urutan adalah putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat, dan coklat. Warna ujung dua di urutan adalah sama yaitu putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat dan coklat.

Penggunaan Kabel Straight

Kabel lan jenis straight atau lurus diaplikasikan untuk menghubungkan kabel ke perangkat yang berbeda seperti menyambungkan komputer pada switch jaringan, komputer ke hub jaringan, switch ke hub jaringan, switch ke router jaringan, komputer ke port LAN/DSL, dan router port WAN ke port LAN modem kabel. Meski hanya dapat menghubungkan pada perangkat yang berbeda  saat ini sebagian besar perangkat sudah menggunakan urutan kabel straight.

Susunan Kabel LAN Cross

Berbeda dengan kabel straight, cross merupakan susunan kabel silang sehingga ujung satu dan lain memiliki warna yang berbeda. Kabel ini mempunyai lebih sedikit penggunaan seperti menghubungkan hanya ke sesama perangkat saja. Misalnya antar switch, antar komputer, dan antar hub. Berikut urutan atau susunan warna pada kabel cross.

Warna ujung satu di urutan adalah putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih coklat dan coklat. Warna ujung dua di urutan adalah putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih coklat dan coklat. Pada dasarnya penyilangan warna hanya mengubah warna orange menjadi hijau.

Baca Juga:  Pengertian Induksi Elektromagnetik, Konsep, dan Penerapannya

Penggunaan Kabel Cross

Kabel lan cross diaplikasikan agar dapat menghubungkan dua perangkat yang sama. Misalnya mengkoneksikan 2 komputer, 2 switch dengan cara bersamaan, 2 hub langsung dan 2 router dengan komputer.

Perbedaan Straight dan Cross

Kamu dapat dengan mudah membedakan kedua jenis kabel utp tersebut dengan melihat warna kabel. Selain itu terdapat pula perbedaan dari device yang digunakan, straight dapat terhubung ke device yang berbeda sementara cross devicenya harus sama.

Demikian pembahasan mengenai susunan warna kabel lan atau urutan utp. Kedua jenis kabel utp tersebut dapat mudah dipahami. Jangan sampai kamu keliru saat mengaitkan warna susunan karena akan berakibat perangkat tidak bisa digunakan. Semoga artikel ini membantu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment