Apa Itu Rumus Terbilang Excel dan Cara Menggunakan, Ini Penjelasannya!

Salah satu rumus yang perlu dipelajari dalam Excel adalah rumah terbilang excel satu ini. Ini merupakan rumus yang cukup penting terutama kalau pekerjaan Anda berhubungan dengan software pengolah kata tersebut.

Fungsi utama dari rumus terbilang adalah untuk mengubah angka menjadi huruf secara otomatis. Dengan hadirnya rumus tersebut tentu akan memberikan kemudahan ketika sedang mengerjakan sebuah data dan bisa menghemat waktu sekaligus tenaga.

Adapun biasanya penggunaan dari rumus tersebut dapat berguna untuk membuat kuitansi sebagai bukti penerimaan ataupun pengeluaran. Untuk memahaminya lebih jelas, maka silahkan simak ulasan pada artikel di bawah ini.

Pengertian Rumus Terbilang Excel

Pengertian Rumus Terbilang Excel

Sebagai dasar informasi, maka Anda perlu memahami dahulu pengertian dari rumus terbilang ini. Dimana ini merupakan sebuah rumus yang digunakan di dalam Microsoft Excel dan fungsinya adalah mengubah atau nominal agar menjadi huruf.

Dengan menggunakan rumus tersebut, maka kita dapat membuat terbilang dari nilai uang tanpa perlu mengetikkan secara manual. Tetapi agar pekerjaan di dalamnya bisa lebih mudah, maka dapat menggunakan bantuan add ins ataupun VBA atau visual basic for application.

Dengan keberadaan bantuan tambahan tersebut, maka bisa lebih mudah dalam memasukkan fungsi terbilang ke dalam lembar kerja Excel. Fungsi utama dari rumus tersebut adalah mengonversi angka numerik agar menjadi kata-kata. Dengan begitu akan memberikan kemudahan dalam proses pembacaan dan meminimalisir adanya kesalahan.

Seperti sudah diketahui bahwa Excel merupakan salah satu software dari Microsoft Office yang berfungsi sebagai pengolah angka paling populer. Dimana keberadaannya juga dapat digunakan buat mengumpulkan sekaligus menganalisa data.

Dari sekian banyaknya rumus yang tersedia di dalamnya, maka rumus terbilang merupakan salah satunya. Walaupun keberadaannya cukup asing bagi sebagian besar orang, tetapi mungkin Anda membutuhkan keberadaan rumus tersebut.

Baca Juga:  Pengertian E-bisnis: Komponen, Dampak, Contoh Serta Kelebihannya

Cara Menggunakan Rumus Terbilang Dengan Add Ins

Bagi Anda yang ingin membuat rumus terbilang Excel maka dapat menggunakan add ins. Sebagai informasi tambahan, Microsoft Excel sendiri tidak menyediakan fungsi ataupun rumus khusus untuk keperluan rumus terbilang tersebut.

Maka dari itu solusinya adalah dengan memanfaatkan adanya tools bernama Add In fungsi terbilang. Dengan keberadaan dari rumus tersebut ternyata akan membantu memperluas fungsi program dari aplikasi tersebut.

Untuk add in tersebut akan mencakup dua komponen penting yakni aplikasi web dan file konfigurasi atau biasa dikenal dengan file manifes. Jika Anda tertarik menggunakan add ins Excel terbilang tersebut, maka silahkan simak penjelasannya berikut ini.

  • Pertama silahkan download dahulu add ins buat mengubah angka menjadi huruf. Untuk add ins bisa dicari internet dengan mengetikkan keyword Add Ins terbilang Excel
  • Sesudah berhasil terunduh, maka langkah berikutnya buka software Excel dan masuk ke bagian File, tab Option dan klik Add Ins
  • Di bagian bawah nantinya terdapat pilihan Manage, silahkan pilih Excel Add Ins dan tab Go
  • Pilih Browse dan carilah file Add Ins dimana sudah terdownload, pilih file dan klik OK
  • Pastikan pada kotak dialog berikutnya, add ins baru yang ditambahkan telah dicentang dan klik OK
  • Selanjutnya, cek pada bagian ribbon Excel, dimana seharusnya sudah terdapat menu baru untuk Add Ins
  • Di lembar kerja, silahkan klik dimanakah Anda ingin menampilkan file terbilang, misalnya saja adalah B1
  • Maka dapat menuliskan rumus =TERBILANG(B1)
  • Tekan enter dan angka pada sel B1 akan diubah menjadi huruf pada sel C1
  • Silahkan simpan file tersebut agar perubahan tidak hilang.

Cara Membuat Angka Menjadi Huruf Menggunakan Spell Number

selain rumus terbilang excell untuk mengubah huruf menjadi angka di atas, maka berikutnya adalah mengubah angka menjadi huruf. Cara ini mungkin juga akan dibutuhkan sewaktu waktu ketika Anda mempunyai pekerjaan tertentu.

Untuk mengubahnya maka dapat memanfaatkan fungsi spell number dengan kode VBA atau Visual Basic For Applications. Sama seperti dengan fungsi sebelumnya, dimana fungsi inipun juga tidak ditemukan di dalam Excel secara default.

Pengguna diharuskan memasukkan kode VBA secara manual agar bisa menambahkan fungsional. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan dari penggunaan spell number ini.

  • Silahkan buka software Excel dan akses workbook dimana ingin menggunakan fungsi spell number
  • Anda bisa menekan ALT+f11 untuk membuka jendela dari visual basic editor
  • Di dalam visual basic editor, silahkan pilih inserta dan Module untuk membuat modul baru
  • Di dalam jendela modul, salin dan tempelkan kode VBA buat spell number dimana sudah ditemukan di internet atau membuatnya sendiri
  • Sesudah memasukkan kode, tutup visual basic editor
  • Silahkan kembali ke Excel dan sekarang dapat memanfaatkan fungsi spellNumber seperti menggunakan fungsi biasa di dalam Excel
  • Cobalah ketik =SpellNumber(A1) apabila angka yang ingin diubah terdapat di dalam sel A1
  • Tekanlah enter dan pengguna akan melihat bahwa angka sudah diubah menjadi huruf sesuai dengan kode
  • Simpak workbook tersebut untuk memastikan kode VBA tetap terjaga di dalamnya.

Bagaimana Penggunaan dari Rumus Terbilang

Setelah memahami bagaimana cara membuat terbilang otomatis di Excel maka berikutnya adalah penggunaan dari rumus tersebut. Adapun penggunaan dari rumus tersebut sebenarnya sudah cukup luas tetapi juga tergantung pada sebuah situasi tertentu.

Berikut ini beberapa contoh dari penggunaan rumus terbilang dalam kehidupan sehari hari dan pekerjaan:

Pembuatan Faktur atau Invoice

Penggunaan dari fungsi terbilang excel pertama adalah biasanya dibutuhkan dalam penulisan jumlah pembayaran dalam bentuk huruf. Tujuannya adalah untuk menghindari kesalahan penulisan angka.

Baca Juga:  Cara Menghitung Penjumlahan dan Pengurangan Sistem Bilangan Biner, Desimal, Oktal, dan Heksadesimal

Membuat Laporan Keuangan

Fungsi rumus inipun juga berguna ketika proses penyusunan laporan keuangan seperti laporan laba rugi atau neraca. Rumus terbilang inilah juga akan membantu Anda dalam melakukan pengecekan kesesuaian angka dengan narasi keuangan yang sudah ada.

Audit

Bagian audit di sebuah perusahaan sering memanfaatkan rumus terbilang di Excel untuk melakukan verifikasi terhadap kecocokan antara angka dengan penulisan terbilang. Terutama digunakan dalam sebuah dokumen keuangan.

Cek atau Giro

Untuk proses pengisian dari cek maupun giro diperlukan jumlah uang yang harus ditulis dengan huruf. Ini berguna untuk memastikan bahwa tidak terdapat penipuan ataupun kesalahpahaman mengenai jumlah yang sudah dituliskan.

Penyusunan Anggaran

Rumus terbilang inilah juga sering digunakan di dalam proses penyusunan anggaran suatu proyek. Sebab dengan keberadaan rumus tersebut akan memberikan kemudahan komunikasi anggaran pada semua pihak yang telah terlibat terutama bagi pembaca.

Perbankan dan Pinjaman

Masih terdapat penggunaan fungsi terbilang yakni digunakan pada dunia perbankan sekaligus pinjaman. Tujuannya adalah menyatakan jumlah pinjaman atau tabungan di dalam bentuk huruf ataupun dokumen resmi.

Excel menjadi salah satu software pengolah angka dimana paling banyak digunakan terutama dalam pekerjaan akuntansi. Dari sekian banyaknya rumus di dalamnya, maka rumus terbilang mungkin masih asing.

Padahal kalau dilihat lebih jauh keberadaan rumus tersebut mempunyai peran cukup penting seperti dalam dunia perbankan ataupun penyusunan anggaran. Oleh karena itulah, memahami rumus terbilang Excel menjadi informasi yang sangat penting.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment