Apa Itu Dongle, Fungsi, dan Jenisnya. Simak Disini 

Pernahkah kamu melihat perangkat dongle? Kemungkinan hanya sedikit yang mengetahui mengenai arti dan fungsi dari alat dongle ini. Sebenarnya apa itu dongle? Bentuk perangkat ini hampir mirip dengan USB, tetapi memiliki fungsi yang jelas berbeda.

Dongle memiliki fungsi-fungsi yang disesuaikan dengan jenis dari dongle tersebut. Bagi kamu yang penasaran detail rinci mengenai dongle, fungsi dongle, hingga jenis dongle. Kamu dapat simak ulasan dan penjelasan berikut ini tentang perangkat keras dongle.

Apa Itu Dongle?

Kata “dongle” tidak tahu berasal darimana, namun menurut Oxford University Press, penerbit Kamus Inggris terkenal, dongle memiliki arti “tidak pasti, anonim, asal”. Apa itu dongle? Dongle merupakan bagian kecil dari perangkat keras elektronik yang terhubung ke port apapun, seperti komputer, televisi, hard drive, atau printer untuk menyediakan fungsionalitas tambahan ke perangkat yang terhubung.

Selain itu, dongle dapat diterjemahkan sebagai adaptor dan sebenarnya bentuk dari dongle sendiri pertama kali kemunculannya adalah bentuk seperti port, namun seiring berjalannya waktu bentuk dongle mengalami perubahan.

Kamu dapat mengatakan bahwa dongle adalah kartu PCMCIA yang diubah menjadi perangkat yang jauh lebih kecil. Saat ini, dongle tampak seperti USB dan flashdisk karena tampilan fisiknya terlihat seperti perangkat tersebut. Maka tidak heran, banyak diantara kamu yang mungkin mengira dongle adalah USB atau flashdisk.

Tahukah kamu bahwa perangkat dongle sudah ditemukan sejak lama? Alat ini pertama kali ditemukan pada tahun 1980 silam. Awalnya perangkat keras dongle muncul akibat dari kekhawatiran Bill Gates karena pengguna komputer semakin meningkat tiap harinya. Pada tahun 1992, banyak sekali orang yang melakukan pembajakan software, salah satu bajakan yang paling umum adalah sistem operasi Windows. Kehadiran dongle inilah yang akan melindungi software atau perangkat lunak agar tidak dibajak lagi.

Baca Juga:  Cara Menggunakan HDMI Dongle Ke TV dengan Mudah

Fungsi dan Kegunaan Dongle

Sebenarnya apa fungsi dan kegunaan dari dongle? Fungsi utama perangkat keras dongle adalah digunakan untuk membuat enkripsi. Meskipun perangkat ini mengalami perubahan bentuk dari port ke bentuk mirip USB, namun dongle memiliki fungsi yang tetap sama, yaitu dongle berguna untuk melindungi hak cipta hingga lisensi yang ada pada perangkat lunak. Jadi alat ini akan mampu menyimpan dengan aman informasi mengenai lisensi dalam bentuk hardware atau perangkat keras. Informasi yang tersimpan di dalamnya ini akan dibaca oleh perangkat lunak kemudian software akan melakukan otentikasi pada informasi yang dibaca tersebut.

Dengan begitu, apabila kamu tidak memiliki hak cipta hingga lisensi, mungkin kamu tidak dapat mengoperasikan dongle. Bahkan perangkat keras ini tidak akan menanggapi sama sekali. Pasalnya perangkat ini memiliki kemampuan untuk melisensi sebuah software.

Saat ini, alat ini sudah banyak digunakan pada berbagai perangkat lunak karena memiliki kegunaan yang sangat penting. Apalagi, tidak berbeda dengan zaman kemunculan dongle, sekarang kamu mungkin banyak melihat dan menemukan  aplikasi dan perangkat lunak bajakan. Sehingga pembajakan tersebut dapat membuat orang yang membuat atau developer dari software mengalami kerugian. Jadinya, orang-orang yang ingin melakukan pembajakan dan menghack software akan kesulitan dengan adanya alat ini.

Selain itu, saat kamu membeli komputer tanpa kartu jaringan nirkabel atau tanpa jaringan Bluetooth, maka perangkat dongle ini dapat membantu kamu. Berkat alat ini, kamu dapat menambahkan jaringan nirkabel atau Wi-Fi  dan juga menambahkan jaringan Bluetooth ke perangkat apapun.

Jadi dapat dikatakan bahwa fungsi perangkat dongle digunakan untuk menyediakan beberapa fungsi yang tidak ada pada perangkat komputer. Selain untuk menambahkan jaringan Wi-Fi dan Bluetooth, alat ini juga dapat menambahkan beberapa fungsi seperti, menyediakan akses internet seluler, menambahkan memori, menjalankan perangkat lunak secara aman, menambahkan adaptor sehingga perangkat lain dapat dihubungkan, dan masih banyak fungsi lain sesuai dengan jenis dongle yang digunakan.

Baca Juga:  Ciri Freon Kulkas Habis dan Penyebabnya, Wajib Catat!

Jenis-Jenis Dongle

Perangkat dongle memiliki banyak jenis dan memiliki fungsi masing masing. Apabila kamu berniat ingin membeli dongle, kamu perlu mengetahui jenis dongle terlebih dahulu dan juga mengetahui fungsi dan kegunaan dongle tersebut. Simak ulasan dan penjelasan berikut ini mengenai jenis-jenis dongle, mulai dari yang paling terkenal hingga dongle yang jarang diminati.

Dongle Wi-Fi

Jenis dongle yang paling diminati dan cukup terkenal adalah perangkat dongle Wi-Fi. Dongle Wi-Fi dikenal dengan sebutan adaptor nirkabel USB atau adaptor Wi-Fi USB. Seperti namanya, alat yang satu ini berfungsi untuk menambahkan koneksi jaringan nirkabel ke komputer yang tidak menyediakan fitur Wi-Fi. Dengan adanya dongle Wi-Fi, kamu dapat terhubung ke jaringan pribadi bahkan internet.

Perangkat ini bertindak mirip seperti modem internet portabel, dan saat kamu menghubungkan dongle ke komputer, perangkat kamu pada dasarnya seperti terhubung ke modem. Alat dongle ini sangat cocok untuk orang-orang yang bekerja di depan komputer karena membutuhkan akses konstan ke internet. Cara menggunakan perangkat ini cukup mudah, kamu hanya cukup mencolokkan stik Wi-Fi ke perangkat komputer atau smartphone, maka kamu akan langsung terhubung ke internet.

Dongle Bluetooth

Dongle Bluetooth juga menjadi perangkat keras yang cukup diminati banyak orang. Meski sebagian besar perangkat komputer dan laptop saat ini sudah terhubung dengan konektivitas Bluetooth, yang berguna untuk memungkinkan kamu berbagi konten perangkat yang satu dengan perangkat yang lain dengan cepat dan mudah.

Namun tidak jarang banyak perangkat yang tidak dapat terhubung dengan konektivitas Bluetooth, maka dari itu perangkat komputer membutuhkan dongle. Perangkat keras dongle memiliki kegunaan untuk menghubungkan perangkat berkemampuan Bluetooth, seperti mouse dan keyboard dengan perangkat komputer. Sama dengan dongle Wi-Fi, menggunakan perangkat ini cukup mudah, kamu hanya cukup mencolokkan stik Bluetooth ke perangkat komputer yang kosong, maka kamu akan langsung terhubung ke Bluetooth.

Baca Juga:  Teori Segitiga Api dalam K3 itu Apa? Ini Penjelasannya Lengkap

Dongle Penyimpanan

Perangkat dongle penyimpanan mungkin dapat dikatakan sebagai flash drive atau drive USB. Dongle ini merupakan perangkat penyimpanan yang menambahkan kapasitas ekstra ke peralatan yang disambungkan. Dongle jenis ini memungkinkan kamu untuk memasukkan kartu memori sehingga kamu dapat mengaksesnya.

Dongle Komunikasi

Jenis dongle ini memungkinkan kamu untuk menambahkan konektivitas data ke perangkat, baik 3G, 4G, hingga 5G. Dongle komunikasi dapat disebut dengan modem USB dan dongle ini dapat ditemukan di operator seluler.

Dongle Navigasi

Seperti namanya, dongle Navigasi atau GPS dapat kamu gunakan sebagai navigator GPS. Dengan menggunakan dongle GPS yang terhubung ke satelit, kamu dapat mengetahui posisi di peta. Dongle GPS tidak memiliki banyak variasi karena dongle yang satu ini jarang digemari dan digunakan.

Sudahkah kamu memahami apa itu dongle, fungsi dari dongle, dan jenis-jenis dari perangkat ini. Apakah saat ini, kamu dapat membedakan jenis-jenis dongle, yaitu dongle Wi-Fi, dongle Bluetooth, hingga dongle navigasi. Semoga ulasan di atas dapat membantu kamu untuk mengetahui kegunaan dan fungsi dari dongle, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment