Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Televisi adalah sebuah media atau alat yang dapat menyiarkan gambar bergerak sekaligus suara. Televisi masuk ke dalam golongan media atau alat komunikasi yang banyak digunakan masyarakat. Televisi banyak menarik minat karena dapat menyuguhkan informasi dalam bentuk gambar bergerak sekaligus audio. Berbeda dengan media lain seperti radio yang hanya menyajikan suara ataupun koran yang hanya menyajikan gambar dan tulisan. Televisi yang terus berkembang seiring perkembangan zaman, oleh karenanya jenis televisi sangat banyak diantaranya adalah:

1. Televisi Tabung

Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Televisi tabung adalah jenis TV yang populer pada tahun 2000an. TV tabung menggunakan teknologi Cathode Ray Tube (CRT), alasan mengapa disebut televisi tabung karena televisi ini memiliki tabung pada bagian belakang yang berfungsi sebagai tempat untuk layar dan juga proyeksi. Gambar yang dihasilkan TV merupakan gambar yang berasal dari elektron yang dipancarkan melalui proyektor.

Kekurangan dari TV tabung adalah ukuran yang besar dan juga berat, selain itu daya yang digunakan oleh TV tabung juga tergolong besar dibanding jenis TV lainnya. Sedangkan untuk kelebihan TV tabung adalah harganya yang relatif murah, juga sparepart Tvnya mudah dijumpai dengan harga terjangkau, dan view angle dari TV tabung lebih baik dibanding TV jenis lainnya, serta receptor dari TV tabung sangat baik dalam menerima siaran meskipun di daerah terpencil.

2. Televisi Plasma

Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Televisi plasma adalah jenis televisi yang menggunakan teknologi plasma untuk menghasilkan gambar. Plasma adalah sejenis gas yang mampu memisah elektron dari inti atom. TV plasma terdiri dari dua buah lembar kaca yang diantaranya terdapat campuran gas. Gas tersebut dikumpulkan lalu dimasukan ke dalam plasma. Ketika televisi menerima aliran listrik maka gas tersebut akan bereaksi dan menghasilkan bayang pixel pada layar.

Baca Juga:  Pengertian Transistor PNP, Cara Kerja dan Simbolnya

Kelebihan dari TV plasma adalah mempunyai view angle yang sama baiknya seperti TV tabung, kontras gambar lebih jelas, dan harganya relatif terjangkau. Sedangkan kekurangannya adalah kualitas gambar akan menurun seumur dengan usia televisi, sehingga diperlukan perawatan yang lebih ekstra untuk menjaga kualitasnya.

3. Televisi LCD

Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Televisi LCD (Liquid Crystal Display) adalah jenis televisi yang mengandung liquid crystal di dalamnya. Liquid Crystal Display merupakan sebuah panel yang dapat berfungsi untuk memblokir atau memberi jalan cahaya agar dapat dilewati. Kecerahan dari warna dan kontras yang dihasilkan TV LCD dapat diatur dengan menambah atau mengurangi arus listriknya.

Desain layar dari TV LCD adalah datar. Televisi ini bisa digunakan juga sebagai alternatif layar komputer. Kelebihan TV LCD adalah beratnya yang ringan, ukurannya tipis, membutuhkan daya listrik yang cukup rendah, dan kualitas gambar lebih baik dari TV tabung atau plasma. Sedangkan kekurangannya adalah view angle yang kurang dimana kualitas gambar menurun apabila dilihat dari sudut yang lebar, refresh  response rate lebih rendah, dan harganya lebih mahal.

4. Televisi LED

Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Televisi LED adalah teknologi televisi yang dibuat dari hasil pengembangan teknologi TV LCD (upgrade). Namun tidak semua teknologi yang dikembangkan berasal dari TV LCD, ada beberapa perbedaan didalamnya seperti jenis lampu backlight yang digunakan. TV LCD menggunakan fluorescent, sedangkan TV LED menggunakan lampu LED (Light Emitting Diodes).

Kelebihan dari televisi LED adalah jenis televisi ini lebih menghemat energi hingga 40 persen bila dibandingkan dengan TV jenis LCD. Selain itu, Televisi jenis LED dapat menghasilkan gambar yang lebih baik dalam hal kontras dan kecerahan layarnya. Serta televisi LED masuk ke jenis televisi yang ramah lingkungan dikarenakan didalamnya tidak mengandung merkuri yang mencemari lingkungan. Untuk kekurangan televisi LED sendiri ada pada harga yang ditawarkan, tentunya harga televisi LED lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis televisi pendahulunya karena banyak kelebihan yang ditawarkan pada televisi jenis ini.

Baca Juga:  Apa Itu Transistor: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Jenisnya

5. Televisi OLED

Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Televisi OLED (Organic Light Emitting Diode) adalah jenis televisi yang dihasilkan dari perkembangan dari TV LED. Namun ada perbedaan mendasar dengan TV LED, untuk menghasilkan gambar pada televisi jenis OLED tidak memerlukan backlight. Televisi OLED terbuat dari bahan semacam senyawa organik karbon dan dengan bantuan lampu LED sehingga televisi dapat menghasilkan gambar ketika arus listrik mengalir.

Seiring dengan perkembangannya, teknologi OLED untuk TV kini bekerja aktif hingga disebut dengan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang sebenarnya pada awal perkembangan teknologi tersebut merupakan teknologi yang dibuat untuk kebutuhan layar gadget.

TV OLED mempunyai keunggulan yang sama dengan TV LED yaitu desainnya yang tipis serta ringan, TV OLED juga mempunyai ukurannya yang tidak terbatas sehingga umum dipasang pada dinding bangunan atau mall, untuk kualitas gambar yang dihasilkan tentu tajam dan lebih baik dari TV LED. Sedangkan, kekurangan dari TV OLED adalah harga Televisi serta sparepart nya yang mahal ketika terjadi kerusakan pada TV OLED tersebut.

6. Televisi UHD

Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Televisi UHD (Ultra High Definition) merupakan jenis Televisi yang mempunyai resolusi layar yang sangat tajam dan kualitas gambar yang dihasilkan sangat baik. Ultra High Definition (UHD) merupakan sebutan untuk televisi dengan ukuran 3840 x 2160.

Kelebihan yang dimiliki TV ini adalah kualitas gambar yang lebih baik dibandingkan dengan jenis televisi lainnya yang akan memanjakan mata penonton, dan ukurannya juga tipis serta ringan. Kekurangannya sama seperti TV OLED yaitu biasanya dibanderol dengan harga yang cukup menguras kantong, lebih mahal dari TV OLED tentunya.

7. Smart TV

Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Smart TV adalah televisi yang memiliki teknologi dan fitur terbaru yang mirip seperti smartphone. Beberapa teknologi tersebut adalah televisi mampu untuk melakukan browsing, mengakses youtube, video call, connect dengan handphone dan lainnya. Selain teknologi tersebut dengan Smart TV Anda dapat menonton film ataupun siaran luar negeri, dan tentunya juga bisa menyaksikan siaran lokal.

Baca Juga:  Daftar Kode Remot Tv Digitec yang Perlu Diketahui

Akan tetapi, semua fitur dalam smart TV hanya dapat Anda gunakan jika menghubungkan smart TV dengan koneksi internet. Tanpa adanya jaringan atau koneksi internet maka teknologi tersebut tidak dapat diakses.

Itulah beberapa jenis televisi yang kini beredar di pasaran. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengenali jenis-jenis dari televisi. Sehingga Anda tidak akan bingung lagi menentukan jenis televisi apa yang sesuai dengan kebutuhan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment