Kapan Komputer Ditemukan dan Sejarahnya Hingga Kini

Apakah kamu pernah bertanya kapan komputer ditemukan? apalagi melihat bahwa saat ini komputer menjadi salah satu alat elektronik yang dibutuhkan masyarakat. Simak ulsan berikut ini mengenai sejarah awal penemuan komputer.

Komputer

Komputer merupakan salah satu alat elektronik yang dibuat untuk mengerjakan pekerjaan manusia. Komputer pertama merupakan jenis electrical numerical integrator and computer atau ENIAC. Alat elektronik ini berasal dari amerika serikat, Moore School of Electrical Engineering di UNiversity of Pennsylvania. Komputer ENIAC diciptakan dalam beberapa generasi yaitu tahun 1940-1959. Menurut catatan sejarah hingga saat ini komputer telah melewati lima generasi mulai dari tahun 1940.

Regenerasi tersebut terjadi sebab komputer mengalami perubahan dari bahan dan komponen yang lain. Komputer digunakan untuk bekerja sama serta menghasilkan data informasi dari prosedur yang sudah dibuat. Semakin berkembangnya revolusi industri membuat komputer dapat menerima input serta proses lainnya seperti perintah atau instruksi. Komputer juga akan mengeluarkan output berupa informasi.

Evolusi Komputer Mekanik ke Perangkat Lunak

Singkatnya, sebuah mesin mekanik tidak dapat memodifikasi sendiri. Sementara komputer dapat melakukan pemodifikasian program sendiri serta menjadi mesin universal. Hal ini karena komputer mempunyai istilah “ kecerdasan mekanik” tertentu.

Algoritma Universal dan Alan Turing

kapan komputer ditemukan

Alan Turing menulis sebuah artikel yang bercerita tentang pendiri ilmu komputer pada tahun 1936. Alan dapat membuktikan bahwa setiap perhitungan elementer akan bersifat universal dengan menggabungkannya menggunakan cara yang berbeda.

Hal ini memungkinkan pengeksekusi semua logaritma hingga muncul prinsip agar komputer kalkulator dapat diprogram menjadi lebih universal.

Era Informasi diresmikan

Dalam perang kedua tahun 1943, Nazi menggunakan mesin enkripsi enigma sebagai alat berkomunikasi. Alat tersebut mirip dengan mesin tik yang dilengkapi oleh roda sandi sebagai ganti huruf sehingga pesan yang dikirimkan tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga. Mesin tersebut merupakan kombinasi utama dari komponen mekanik serta listrik. Salah satu tim pengerjaan enigma di inggris adalah Alan Turing.

Baca Juga:  Mengenal Flyback dan Persamaan Flyback TV Lengkap

The Harvard Mark I

The Harvard Mark I

Grace Hopper adalah salah satu wanita yang ikut mengembangkan komputer digital otomatis pertama atau disebut dengan IBM : Harvard Mark I. Komputer pertama ini belum dapat digunakan secara universal, sehingga hanya di program untuk perhitungan bidang tertentu.

Grace Hopper kemudian mencanangkan bahasa dari komputer dengan kata-kata bahasa inggris. Ia kemudian menemukan compiler atau program penerjemahan kode algoritma pada bahasa mesin.

Sejarah Generasi Komputer

Dari tahun ke tahun komputer mengalami perubahan dan evolusi.  Komputer yang saat ini kamu gunakan berbeda dengan komputer yang pertama kali dibuat. Hal ini karena komputer awalnya dibuat sebagai mesin penghitung matematika.

Hingga pada akhirnya para ahli memodifikasi komputer setelah menemukan kode perintah, penemuan rumus, memori perintah dan pemrograman. Sejarah komputer dibagi menjadi beberapa periode sejak tahun 1942. Berikut ulasannya.

Generasi pertama

Komputer pada tahun 1946 diciptakan  menggunakan komponen utama berupa tabung vakum dengan berat hampir 30 ton. Hal ini dinilai tidak efisien karan daya listrik yang dibutuhkan besar serta alat menjadi panas secara berlebihan.

Komputer yang digunakan pada generasi hanya mengetahui bahasa sesama komputer saja. Input yang digunakan merupakan punched card di kertas. Setra output yaitu printer. Pada masanya kamu dapat mendapatkan komputer dengan harga sekitar 1 juta dollar. Berikut ini ciri-cirinya yaitu :

  • Daya simpan yang dimiliki kecil
  • Ukuran hardware cenderung sangat besar jadi butuh ruangan yang lebih luas.
  • Proses yang dilakukan lambat atau kurang cepat.
  • Suhu komputer cukup panas sehingga butuh pendingin ruangan .

Generasi Transistor

Generasi transistor merupakan generasi kedua dari perkembangan komputer. Dinamakan transistor karena perubahan komponen utama tabung vakum ke transistor yang dinilai lebih canggih pada masanya. Penggunaan transistor dimulai pada tahun 1959-1965.

Baca Juga:  Sejarah Komputer Singkat dari Generasi ke Generasi, Sudah Tahu?

Beberapa kelebihannya adalah komputer menjadi tidak mudah panas, ukurannya mengecil dan minim gagal dalam penggunaannya. Bahasa mesin yang digunakan pada generasi ini juga diubah menjadi FORTRAN dan COBOL. Hal ini membuktikan bawah transistor lebih canggih daripada tabung vakum. Berikut ini ciri-cirinya :

  • Bahasa pemrogramannya sudah level tinggi
  • Proses operasi penggunan menjadi lebih cepat..
  • Dapat melakukan real sharing dan proses real time.
  • Jangan lupa menambahkan score storage dalam kehidupan karena berfungsi durung karena ada jadwal.
  • Pengumuman programnya tak hanya dari segi orientasi bisnis namun juga teknik.
  • Menggunakan magnetic core storage sebagai memori utama

Generasi IC

Sebagai generasi ketiga dari perkembangan komputer, generasi IC menggunakan transistor dengan ukuran lebih kecil yang diletakkan pada IC bersamaan kapasitor dan beberapa resistor. Penemuannya dikembangkan oleh Jack Kilby yang menjadi insinyur listrik. Pengembangan ini mempunyai kelebihan yaitu lebih cepat serta efisien.

Pada generasi inilah komputer mulai menggunakan monitor serta keyboard. Kemajuan generasi ini dibanding yang sebelumnya lebih pesat. Komputer pada masa ini dihargai dengan cukup mudah agar banyak orang yang mampu membelinya. Berikut ini ciri-cirinya :

  • Software mengalami peningkatan
  • Memory menggunakan kapasitas yang besar
  • Penyimpanan lainnya pada komputer besar
  • Agar dapat mengeluarkan suara maka menggunakan bantuan dari terminal display
  • Performa yang dimiliki lebih cepat karena penggunaan IC.
  • Dan lainnya .

Generasi Mikroprosesor

Komputer perkembangaan ini dibuat oleh IBM pada tahun 1971. Dan dilanjut oleh perusahaan Apple [pada tahun 1984 dengan rilisan Macintosh. Nama sejarah perkembangan komputer pada masa ini disebut dengan nama masa mikroprosesor. Masa ini juga bersamaan dengan lahirnya internet.

Tampilan monitor komputer masih dalam satu warna (green color ). Pada tahun ini mulai dikembangkan chip untuk memori komputer. Para ahli mulai mencari tahu kekurang dari komputer agar bisa dilengkapi hingga menemukan bahwa komputer belum mempunyai PC Compatible. Karena itulah, pada generasi ini istilah PC mulai bermunculan dan mudah dibawa kemana-mana dan disebut laptop. Komputer generasi keempat adalah IBM PC/386, IBM 370, Apple II, IBM Pentium II dan lainnya.

Baca Juga:  8 Penyebab Kulkas Samsung 2 Pintu Tidak Dingin

Generasi AI

Saat ini di dunia mulai muncul sebuah teknologi baru bernama AI. AI merupakan kecerdasan buatan yang dapat melakukan input data jauh lebih baik. Dengan teknologi ini kamu dapat menginput data setiap hari, mempelajari lingkungan, serta menyesuaikan keadaan sekitar. Sudah banyak developer yang menggunakan teknologi ini dan disebut sebagai komputer masa depan.

Era ini ditandai dengan adanya tablet, notebook, smartphone dan lainnya. Serta adanya LSI (Large Scale Integration) yang membuat padat ribuan mikroprosesor. Yang paling penting dan dikeluarkan oleh Intel Corporation adalah Pentium Empat. Meski bentuk komputer sekarang lebih kecil dan sederhana namun kecanggihan dan kecepatannya luar biasa.

Jika kamu masih bertanya kapan komputer ditemukan, maka sesuai jawaban yang telah dijabarkan bahwa komputer pertama lahir pada tahun 1940 an. Demikian ringkasan singkat mengenai komputer dan sejarahnya. Semoga artikel ini membantu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment