Apa Saja Yang Membuat Kulkas Cepat Rusak? Ini Jawabannya!

MADENGINER.COM – Tahukah kalian apa saja yang membuat kulkas cepat rusak? Sebaiknya simak artikel ini sampai habis agar tahu cara membuat kulkas lebih awet dan tahan lama!

Kulkas memang merupakan salah satu peralatan elektronik yang paling penting. Fungsinya adalah untuk menyimpan bahan makanan atau minuman.

Digunakan hampir setiap hari, ternyata ada beberapa penyebab kulkas jadi cepat rusak karena penggunaan yang salah lho. Apa saja yang membuat kulkas cepat rusak? Di bawah ini, Madenginer akan merangkum 10 kebiasaan yang bikin kulkas cepat rusak, cekidot!

Apa Saja yang Membuat Kulkas Cepat Rusak?

Biasanya, kulkas bisa lebih mudah rusak karena kesalahan penggunaan, baik cara menyimpan makanan, jarang dibersihkan, hingga temperatur yang tidak disesuaikan. Berikut adalah 10 hal yang membuat kulkas cepat rusak!

1. Tidak Menutup Rapat Pintu Kulkas

Salah satu kebiasaan yang dapat membuat kulkas cepat rusak adalah tidak menutup rapat pintu kulkas. Bisa jadi, hal ini disebabkan pintu tertahan sesuatu atau tidak ditutup dengan sempurna.

Jika terus menerus dilakukan, kulkas akan terus bekerja untuk mempertahankan suhunya. Sehingga akan semakin mudah untuk rusak.

Dampak lainnya adalah ke bahan makanan atau minuman yang disimpan, yang mana makanan atau minuman akan lebih cepat basi karena tidak disimpan pada suhu yang seharusnya.

Jadi, pastikan untuk menutup rapat pintu kulkas setelah digunakan dan juga cek karet pintu kulkas terpasang dengan rapat, ya!

2. Interior dan Eksterior Jarang Dibersihkan

Baik interior maupun eksterior merupakan bagian yang sangat penting dari kulkas selain dari mesin di dalamnya. Bagian eksterior sebagai pelindung komponen kulkas dan interior sebagai tempat menyimpan bahan makanan dan minuman.

Baca Juga:  Daftar Kode AC Daikin, Jenis dan Cara Mengatasinya

Seiring dengan pemakaian, kotoran, bahan makanan, tumpahan air lengket, dan noda lainnya akan timbul pada interior dan eksterior kulkas.

Pastikan untuk selalu membersihkan kulkas setiap dua hingga empat bulan sekali pada bagian tray maupun bagian luar kulkas. Tujuannya agar kulkas kalian terhindar dari konsleting dan kerusakan pada komponen-komponen lainnya.

3. Kulkas Terlalu Penuh

Sebaiknya, jangan mengisi kulkas terlalu penuh melebihi kapasitas maksimalnya. Karena, kulkas yang terlalu penuh dapat memberikan tekanan pada dinding maupun kipas pada bagian dalam kulkas.

Sehingga, dalam jangka panjangnya akan berdampak pada kerusakan atau pecahnya dinding bagian dalam kulkas. Yang mana hal tersebut akan memerlukan biaya yang lumayan mahal untuk serisnya.

Maka dari itu, pastikan bahwa kalian tidak mengisi kulkas secara berlebihan dan sortir isi kulkas setiap satu bulan sekali atau ketika ada bahan makanan yang sudah kadaluarsa.

4. Memasukkan Makanan Panas Secara Langsung

Biasanya pengguna mungkin ingin memasukkan air rebusan atau makanan seperti puding dan jeli agar lebih cepat dingin. Namun siapa sangka hal tersebut dapat merusak kulkas jika dilakukan terus menerus lho.

Karena, kulkas akan mempertahankan suhu dinginnya dan bekerja dengan lebih keras. Maka dari itu, kalian bisa menunggu makanan atau minuman berada di suhu ruangan agar kulkas lebih awet.

5. Jarang Mengganti Filter Air

Hal ini biasa terjadi pada kulkas dua pintu yang memiliki pembuat es dengan dispenser otomatis. Yang mana, filter air adalah komponen utama untuk menjaga komponen pembuat es dalam kondisi yang tetap bagus.

Filter air yang sudah berumur, rusak, dan lepas dapat menimbulkan berbagai masalah pada kulkas. Namun, masalah ini tetap dapat diidentifikasi lewat hasil es yang kurang baik.

Baca Juga:  Tutorial Cara Menggunakan Aplikasi Proteus dengan Mudah

Baca Juga: 11 Kelebihan Dan Kekurangan Kulkas Polytron Belleza 1 Pintu

6. Tidak Membersihkan Kumparan

Dilansir dari laman Kompas.com, pengguna dapat mengurangi 70% panggilan servis kulkas hanya dengan membersihkan bagian kumparan kulkas dalam jangka waktu setahun sekali.

Namun direkomendasikan menjadi dua kali setahun untuk membersihkan kumparan jika kamu memiliki hewan peliharaan berbulu.

Hal ini disebabkan karena sisa-sisa kotoran pada kumparan atau gulungan dapat menghentikan kulkas untuk membuang hawa panas dengan maksimal. 

Yang mana, ketika kumparan kotor maka kompresor akan bekerja lebih keras, menggunakan lebih banyak energi, dan menyebabkan kerusakan pada komponen lainnya.

7. Tidak Menyesuaikan Temperatur

Sedikit tips, mungkin pengatur suhu pada kulkas cukup jarang diperhatikan, yang mana ketika sudah sekali diatur akan seterusnya seperti itu.

Sebaiknya, atur temperatur kulkas di suhu tertinggi ketika kulkas sedang cukup kosong dan turunkan temperatur ketika kulkas penuh.

Tujuannya agar kulkas tidak bekerja terus menerus untuk mempertahankan suhu dinginnya yang akan membuat tagihan listrik membengkak.

8. Benda Panas Dekat Kulkas

Hindari menempatkan kulkas di samping kompor, oven, atau benda dapur yang mengeluarkan energi panas lainnya. Sebab, panas yang dihasilkan peralatan tersebut akan memaksa kulkas untuk mempertahankan suhunya.

Jangka panjangnya, tagihan listrik semakin menumpuk karena mesin kulkas bekerja lebih keras dan dapat memicu kerusakan pada bagian mesin kulkas.

9. Bunga Es yang Menumpuk

Penumpukan bunga es biasa terjadi pada kulkas dua pintu, khususnya yang belum memiliki teknologi no-frost freezer di dalamnya. Jika diperhatikan, terdapat banyak bunga es yang menumpuk pada bagian evaporator.

Saat menumpuk pada bagian evaporator, sirkulasi udara dapat terhambat. Yang mana freezer menjadi kurang dingin dan akan cepat rusak.

Baca Juga:  Heat Exchanger: Pengertian, Fungsi, Jenis, Prinsip Kerja dan Penerapannya

Solusinya kamu bisa cek pada heater yang dapat melelehkan bunga es secara berkala. Selain itu, kamu juga dapat membersihkan secara rutin freezer kulkas agar tidak terjadi penumpukan bunga es pada evaporator.

10. Mengabaikan Suara-Suara Aneh dari Kulkas

Kulkas bersuara aneh dan tidak seperti biasanya? Segera lakukan sesuatu.

Ada beberapa perbaikan terhadap mesin kulkas yang dapat dilakukan sendiri. Namun ada juga beberapa kerusakan yang membutuhkan teknisi ahli untuk mereparasinya.

Namun, catat bahwa umur kulkas juga berpengaruh pada suara-suara aneh dari kulkas. Jadi, silahkan putuskan ketika umur kulkas sudah mencapai usia maksimal, lebih baik membeli baru atau servis kembali.

Baca Juga: 8 Sayuran Yang Awet Tanpa Kulkas

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar apa yang membuat kulkas cepat

Bagikan Postingan:

Leave a Comment