Bagaimana Cara Kerja Water Heater Gas dan Listrik? Ini Perbedaannya!

Saat musim penghujan, mandi menggunakan air hangat tentu memberikan rasa kenyamanan dan sensasi tersendiri. Terlebih lagi bila selepas pulang kantor, tubuh Anda pastinya lebih merasa nyaman setelah mandi. Salah satu teknologi yang paling dibutuhkan pada saat musim penghujan adalah water heater. Penggunaan water heater ini menjadi langkah yang dinilai efektif untuk memperoleh air hangat dalam waktu yang singkat.

Cukup dengan memasang water heater di rumah saja, Anda sudah bisa memperoleh air hangat dengan aman, nyaman, dan efisien. Salah satu teknologi masa kini seperti water heater pada umumnya membantu kita untuk mempersingkat waktu ketika mempersiapkan air hangat.

Jika Anda berencana untuk memasang instalasi water heater di rumah, Anda harus pahami terlebih dahulu perbedaan jenis water heater gas dan water heater listrik agar tidak salah membelinya nanti. Simak dengan seksama artikel berikut yang dapat membantu Anda dalam memilih jenis water heater.

Bagaimana Cara Kerja Water Heater Gas?

Bagaimana Cara Kerja Water Heater Gas?
Bagaimana Cara Kerja Water Heater Gas?

Prinsip kerja water heater gas sangat berbeda dari cara kerja water heater listrik. Water heater gas memanaskan air dengan memanfaatkan energi gas LPG yang membutuhkan waktu yang lebih sedikit dalam memanaskan air. Namun hal tersebut menyebabkan pemborosan energi dikarenakan penggunaan energi yang terus terpakai.

  • Cara kerja water heater dimulai ketika kran air panas telah dibuka
  • Air dingin mengalir sehingga terdeteksi oleh flow sensor
  • Setelah itu burner otomatis akan menyala langsung, yaitu bagian yang bekerja seperti kompor untuk memanaskan heat exchanger
  • Saat air dingin bersirkulasi melalui pipa heat exchanger, heat exchanger akan bekerja memanaskan air hingga mencapai suhu yang diinginkan
  • Air yang telah dipanaskan siap untuk dipakai
  • Saat kran air panas ditutup maka air akan berhenti mengalir yang menyebabkan flow sensor tidak lagi mendeteksi adanya aliran air, sehingga burner otomatis akan mati dengan sendirinya
  • Selain itu juga, terdapat termostat yang digunakan untuk mengatur suhu air panas di water heater tersebut.
Baca Juga:  6 Lem Tahan Panas Terbaik Untuk Mesin Motor

Cara Kerja Water Heater Listrik

Cara Kerja Water Heater Listrik
Cara Kerja Water Heater Listrik

Pada dasarnya fungsi water heater gas dan water heater listrik tetaplah sama yaitu untuk memanaskan air. Namun, hal yang berbeda adalah cara kerja water heater gas dan water heater listrik tersebut.

Water heater listrik memanfaatkan elemen listrik sebagai sumber energi untuk memanaskan air nya dengan cepat dan efisien. Akan tetapi untuk water heater listrik ini mempunyai beban biaya yang akan langsung masuk ke tagihan listrik. Jadi Anda jangan lupa untuk mematikannya sehingga tidak terjadi pemborosan dan tagihan listrik Anda tidak akan membengkak..

  • Water heater listrik ini mempunyai komponen pemanas listrik yang terletak di bagian atas dan bawah tangki.
  • Water heater listrik bekerja ketika air dingin masuk ke dalam tangki
  • Kemudian elemen pemanasnya akan mulai bekerja untuk memanaskan air di dalam tangki hingga mencapai suhu yang diinginkan
  • Ketika suhu air di dalam tangki mulai menurun, maka kedua elemen pemanas ini akan mulai bekerja kembali memanaskan air hingga mencapai suhu yang sudah di atur
  • Dengan begitu suhu air di dalam tangki selalu terjaga kehangatannya dan selalu tersedia secara langsung setiap dibutuhkan.

Di zaman yang sudah modern seperti sekarang ini, pastinya banyak beredar water heater dengan beragam fitur yang canggih, maka Anda harus pandai mempertimbangkan kebutuhan anggota keluarga Anda. Dengan begitu, Anda pun bisa memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan tidak akan sia-sia. Sehingga nantinya di kemudian hari Anda tidak menyesal dengan keputusan membeli water heater yang dipilih.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment