Cara Memasang Antena Parabola yang Baik dan Benar

Ketika menonton televisi, tak jarang tayangannya mengalami permasalahan seperti gambar yang hilang. Parabola dapat dimanfaatkan untuk menikmati tayangan televisi dengan kualitas gambar yang lebih jernih, cara memasang antena parabola yang baik dan benar rupanya bisa dilakukan sendiri di rumah.

Memasang parabola di rumah mendatangkan banyak keuntungan, terlebih ketika rumah Anda terletak di area yang tidak dapat dijangkau sinyal televisi biasa. Cara memasangnya pun dapat dilakukan sendiri tanpa memerlukan bantuan jasa orang lain, simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Peralatan yang Perlu Dipersiapkan

Peralatan yang diperlukan

Sebelum mengetahui cara pasang parabola, terlebih dahulu persiapkan peralatan untuk memasangnya di bawah ini :

Antena Parabola

Pertama-tama persiapkan alat ini, Anda dapat memilih tipe dish solid atau dish mesh. Sementara untuk ukurannya dapat menyesuaikan kebutuhan, namun Anda dapat memilih ukuran standar yakni dish solid 6 feet.

LNB (Low Noise Block)

LNB merupakan alat penangkap satelit yang nantinya diletakkan di bagian atas dish. Contoh merek LNB yang bisa digunakan adalah Digisat, Unisat, Yuri, Matrix, dan lain-lain.

Receiver

Selanjutnya adalah receiver atau alat penerima. Anda dapat memilih receiver fitur blind scan, karena jenis tersebut dapat mencari sendiri seluruh channel di setiap satelit.

Obeng

Selain itu persiapkan alat pertukangan berupa obeng, nantinya akan digunakan untuk memasang baut penyetel alat LNB.

Kunci Ring

Kunci ring juga diperlukan untuk peralatan tambahan. Ukuran yang paling cocok dan umum digunakan pada antena parabola adalah 19, 17, dan 10.

Kompas

Kompas diperlukan untuk melihat arah mata angin, karena dipergunakan untuk menentukan arah antena.

Cara Memasang Antena Parabola yang Baik dan Benar

Cara memasang antena parabola yang baik dan benar

Cara pemasangan parabola di rumah dapat dilakukan setelah Anda mempersiapkan peralatan di atas. Simak langkah pemasangannya di bawah ini :

Baca Juga:  5+ Cara Mengatasi HP Tidak Bisa Konek Wifi

Tanamkan Tiang Penyangga

Langkah pertama adalah menanamkan tiang penyangga atau dudukan dish. Cari lokasi yang bebas halangan seperti pohon, tembok, bangunan, dan lain sebagainya. Tancapkan tiang dengan posisi tegak lurus, pastikan posisinya tegak lurus dengan cara melihatnya dari sudut berbeda.

Letakkan Dish

Setelah tiang penyangga tertancap dengan baik, selanjutnya letakkan dish atau parabola pada dudukan tersebut. Posisikan dish menghadap tegak lurus.

Kencangkan Baut

Langkah selanjutnya kencangkan baut penahan pada bagian pangkal antena, sehingga nantinya dapat digerak-gerakkan untuk mencari arah.

Pasangkan LNB

Pasangkan LNB di antena, lalu pasangkan konektor penghubung antena ke komponen receiver. Hubungkan kabel dari receiver ke layar televisi.

Atur Satelit

Jika sudah, atur parameter satelit dengan mencari salah satu channel untuk dijadikan acuan agar mendapatkan channel satelit yang ingin ditampilkan.

Pada langkah ini, Anda sudah dapat mencari channel dengan cara melihat di layar monitor.

Cari Posisi yang Tepat

Setelah langkah-langkah di atas sudah dilakukan, maka Anda sudah dapat mencari channel. Gerakkan antena ke arah kiri-kanan-atas-bawah agar mendapatkan arah parabola barat atau timur yang menjadi arah orbit satelit.

Cari posisi antena yang paling tepat hingga menemukan sinyal paling kuat, sembari mengencangkan baut yang terletak pada tongkat penyangga dan pangkal antena.

Apabila Anda memiliki aktuator atau motor penggerak, dapat langsung dipasangkan agar nantinya kendali antena bisa dijalankan langsung dari receiver atau positioner. Untuk cara mengaturnya, cari di menu auto scan atau receiver lalu tunggu hingga seluruh channel muncul.

Cara setting parabola juga dapat digunakan untuk LNB Ku Band, namun terdapat perbedaan pada arahnya. Pasalnya untuk pemasangan LNB Ku Band, arah konektornya menghadap utara.

Baca Juga:  Daftar Paket Nex Parabola dan Harganya Terbaru 2024

Cara Pemasangan Nex Parabola

Cara pemasangan Nex Parabola

Pasang Dish

Pastikan Anda memilih dish dengan diameter kecil minimal ukuran 45 cm, sehingga lebih praktis. Rakit dish antena lalu pasang pada lokasi yang tidak terhalang oleh pohon dan tembok, pastikan posisinya tegak lurus lalu sambungkan kabel lalu pasang LNB Ku Band.

Atur Receiver

Jika dish sudah terpasang, input parameter satelit lalu frekuensi Nex Parabola. Nyalakan TV serta decoder guna menambah parameter transporder provider, ini parameter frekuensi yang bisa digunakan :

  • Satelit : Ses 9
  • Koordinat : 108.2 E
  • Transporder 1 : 11861 H 45000
  • Transporder 2 : 11861 V 45000
  • Frekuensi LNB : Universal 9750 – 10600

Cari Sinyal

Untuk mencari sinyal diperlukan dua orang, simak langkah-langkahnya di bawah :

  • Buka Google Play Store lalu pasang aplikasi SatFinder.
  • Buka aplikasi, input parameter satelit Ses 9.
  • Lakukan komunikasi dengan partner untuk memutar antena parabola, putar mengikuti arahan satfinder.
  • Jika sinyal sudah ditemukan, kencangkan baut.

Aktivasi Receiver

Lakukan langkah aktivasi receiver melalui nomor WhatsApp bot resmi. Jika berhasil, Anda dapat menikmati saluran gratis lalu dapat mengisi voucher.

Kelebihan Antena Parabola

Setelah melihat cara memasang antena parabola yang baik dan benar lalu memutuskan memasang parabola, ketahui pula kelebihan dari parabola diantaranya :

  • Kualitas gambar yang dihasilkan lebih baik dan jernih, karena berkualitas standar definition serta high definition.
  • Jumlah siaran lebih banyak dan beragam, bahkan jumlahnya mencapai ratusan.
  • Saluran tidak membosankan, karena terdapat banyak channel yang bisa dipilih.
  • Bisa menonton atau menyaksikan saluran luar negeri gratis.
  • Bisa menonton film dan bola FTA tanpa perlu membayar.
  • Tidak wajib membayar bulanan, namun dapat juga menggunakan layanan berbayar contohnya Topas TV, Matrix Garuda, hingga K Vision.
  • Kualitas gambar tidak akan dipengaruhi oleh cuaca, sehingga sinyal akan terus stabil.
  • Tersedia beragam pilihan antena mulai dari jenis dan ukuran, contohnya parabola mini, solid, jaring, hingga parabola besar.
  • Sinyal dapat menjangkau wilayah mana saja karena dipancarkan melalui satelit.
Baca Juga:  Kulkas Sharp Berapa Watt? Inilah Jawabannya!

Kekurangan Antena Parabola

Selain kelebihan, terdapat pula kekurangan dari pemasangan parabola diantaranya :

  • Umumnya terdapat pengacakan untuk acara tertentu salah satunya sepak bola.
  • Diperlukan modal tidak sedikit untuk membeli perlengkapan pemasangan lengkap.
  • Tak jarang terjadi permasalahan pada audio atau suara, seperti suara macet, tidak sinkron, bahkan tidak terdengar suara sama sekali.
  • Tidak ada teks terjemahan ketika menonton siaran dari luar negeri.

Tips Dalam Memasang Antena Parabola!

Sebelum melakukan pemasangan, simak tips memilih antena parabola di bawah ini :

  • Pilih ukuran mulai dari 10, 9, 8, 7, atau 6, sesuaikan dengan lokasi pemasangan.
  • Pilih antena tipe gerak atau fixed. Tipe gerak dapat geser satelit sesuai dengan yang diinginkan, sementara antena fixed hanya ke arah satelit yang dituju.
  • Pilih receiver yang akan digunakan seperti Tanaka, Venus, Goldsat, Matrix, dan lain-lain.
  • Pilih merek antena parabola populer seperti Matrix, Paragon, Venus, Roda Sat, Soccer, dan lain-lain.

Cara memasang antena parabola yang baik dan benar dimulai dengan mempersiapkan peralatan pemasangan mulai dari parabola, LNB, receiver, obeng, kunci ring, hingga kompas.

Guna memaksimalkan sinyal pol horizontal (H), cobalah untuk menaik turunkan LNB dengan jarak fokus di angka 36. Sementara untuk memaksimalkan sinyal pol vertikal (V), putar LNB ke arah kanan atau kiri tanpa perlu merubah angka jarang antena dan LNB.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment