3 Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak, Tergantung Kerusakan!

Di kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang cara memperbaiki injektor motor yang rusak. Perkembangan dunia otomotif terkhususnya dunia motor terus berinovasi dan menciptakan sistem injeksi. Di mana injektor akan menyemprotkan bensin ke dalam mesin dengan teknologi yang lebih baik dibanding sistem karburator.

Injektor tidak perlu disetting dan mudah untuk diservis. Meskipun begitu, terkadang injektor dapat memiliki masalah sehingga tidak dapat mengalirkan bensin dengan sempurna.

Motor dengan sistem injeksi yang rusak akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Lebih parahnya lagi, kerusakan akan melebar ke mesin utama.

Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak
Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak

Kerusakan ringan pada injektor motor masih bisa ditangani dengan mudah. Meskipun begitu jika motor benar-benar tidak bisa jalan dan menyala, maka harus dibawa ke teknisi atau bengkel terdekat.

Maka, sudah seharusnya pengguna motor untuk merawat dan servis rutin sistem injeksi pada motor. Lantas, bagaimana cara memperbaiki injektor motor yang rusak ringan? Ada beberapa cara yang akan kami bagikan di bawah ini.

Cara Mengetahui Injektor Motor yang Rusak

Beberapa hal yang perlu diketahui adalah seberapa parah kerusakan injektor motor lewat cara berikut ini.

  • Jika motor sudah terasa brebet atau saat berjalan seperti tersendat-sendat, alangkah baiknya untuk pertama kali mengecek injektor motor.
  • Posisi injektor terletak di dekat head silinder untuk motor matic. Tepatnya dekat throttle body.
  • Buka baut dudukan injektor, namun tidak perlu membuka bagian soketnya. Kemudian nyalakan motor dengan starter.
  • Jika terlihat bensin yang masih keluar dengan baik, tandanya injektor masih dalam keadaan baik dan normal. Bisa jadi kerusakan terletak di fuel pump atau fuel filter yang tersumbat oleh kotoran.
  • Namun jika saat distarter bensin tidak keluar atau tidak beraturan, dapat dipastikan sistem injeksi sudah mulai rusak dan waktunya kamu untuk melakukan servis injektor.
  • Mengetahui bensin keluar atau tidak dari injektor merupakan cara yang simpel karena fungsi injektor adalah menyemprotkan bensin ke dalam mesin utama.
  • Jika kurang yakin, kamu dapat pergi ke bengkel terdekat yang mempunyai alat injector tester. Alat tersebut dapat mengetahui jumlah debit bensin yang keluar dari injektor.
  • Biasanya, kerusakan disebabkan karena terlalu lama tidak diservis atau menggunakan bahan bakar dengan kadar timbal yang tinggi. Sehingga, kerak dari zat-zat bensin sudah terlanjur menumpuk dan menutup saluran bensin di injektor.
Baca Juga:  Komponen Kopling Mobil Manual dan Fungsinya

Setiap kamu membeli motor dengan kondisi baru, kemungkinan sudah diingatkan dari dealer untuk melakukan servis pada motor setiap jarak tempuh sudah mencapai 2.000 – 4.000 km.

Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak

Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak
Cara Memperbaiki Injektor Motor yang Rusak

Injektor yang rusak akan menyebabkan asupan bahan bakar yang dialirkan ke ruang bakar berkurang dan kinerja mesin jadi tidak maksimal. Ada 3 cara untuk memperbaiki injektor yang rusak, yaitu:

1. Metode Infus Injector

Injektor akan dibersihkan dengan cara memakai selang bahan bakar yang dihubungkan dengan tabung khusus. Tabung khusus diberi udara dari kompresor agar dapat memasukkan carbon cleaner ke dalam ruang pembakaran. Ketika mesin distarter, maka cairan tersebut akan membersihkan sisa-sisa zat yang menempel pada injektor.

2. Metode Carbon Cleaner

Dengan carbon cleaner, sebenarnya metode ini dapat digunakan jika kerusakan belum terlalu parah. Caranya dengan mencampurkan carbon cleaner ke dalam tangki bahan bakar. Kemudian gas pelan dan kotoran yang terdapat pada injektor akan terkikis dan bersih kembali.

Sebelum cara ini dilakukan, ada baiknya memastikan fuel pump tidak tersumbat oleh kotoran karena setelah dari injektor, kotoran bisa jadi berada di fuel pump dan dapat masuk kembali ke dalam injektor.

3. Metode Injektor Cleaner

Cara ini memerlukan alat yang dapat kamu temukan di bengkel resmi. Di mana ini merupakan servis besar ketika motor benar-benar tidak bisa berjalan. Pengerjaannya dimulai dari injektor yang dilepas kemudian dimasukan sejenis selang dan injektor tester.

Fungsinya untuk melihat berapa banyak debit tekanan bensin yang dihasilkan oleh injektor. Jika ternyata kotor dan sudah terlalu menyumbat, teknisi bengkel akan menggunakan sejenis cairan untuk membersihkannya.

Baca Juga:  Mengenal DVD Player dan Bagian-bagiannya

Demikian beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memperbaiki injektor motor yang rusak. Jika kerusakan masih ringan, kamu dapat membeli carbon cleaner saja. Namun jika kerusakan sudah cukup parah, kami sarankan untuk cek langsung ke bengkel resmi.

Semoga informasi ini dapat membantu, sampai jumpa di artikel-artikel lainnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment