9 Cara Mengatasi Printer Bergaris, Ampuh!

Bagaimana cara mengatasi printer bergaris? Semua orang pasti tidak asing dengan mesin cetak yang biasa digunakan untuk print out berbagai macam kertas, baik hitam putih atau berwarna. Printer bahkan tidak sekadar digunakan sebagai pencetak dokumen saja, melainkan foto juga. Tak dapat dimungkiri penggunaannya yang nyaris berjalan setiap hari, ternyata dapat membuat kinerjanya bermasalah bahkan semakin menurun lho.

Jika kamu sedang mengalami masalah printer bergaris, masalahnya cenderung berasal dari hasil cetakannya sendiri. Kamu pasti pernah melihat beberapa kertas tidak menghasilkan kualitas print out sempurna, bahkan banyak sekali garis tidak rata yang mengakibatkan gambarnya pecah. Jangan khawatir kalau hasilnya seperti itu, solusinya hanya dapat ditemukan melalui pembahasan artikel ini.

Cek dan Bersihkan Encoder

9 Cara Mengatasi Printer Bergaris, Ampuh!

Kamu bisa memeriksa bagian belakang cartridge yang biasanya terdapat sebuah benda menyerupai mika, benda ini disebut sebagai encoder. Fungsinya sebagai sensor pada mesin printer, di mana pengaruhnya cukup besar terhadap hasil print yang didapatkan lho. Jika encoder sudah kotor, jangan heran kualitas print pun menurun.

Kamu bisa memeriksa sekaligus membersihkan encoder pada printer terlebih dulu, kalau sudah kotor maka langsung dibersihkan dengan benar. Kamu dapat menghilangkan debu dan kotoran yang menempel menggunakan tisu, usap encoder secara perlahan dan hati-hati. Jika sudah bersih, cobalah untuk print out kembali seperti biasa.

Bersihkan Tinta di Cartridge

9 Cara Mengatasi Printer Bergaris, Ampuh!

Printer bergaris bukan sesuatu yang sangat menyeramkan dan perlu ditakuti. Kamu bukan sekadar mengecek dan membersihkan encoder saja lho. Pasalnya, pemilik mesin printer semua merek harus membiasakan diri untuk menghilangkan kotoran pada tinta di dalam cartridge secara berkala. Namun, kamu tidak dapat melakukannya sembarangan.

Untuk membersihkannya, kamu harus menggunakan suntikan yang sering digunakan dalam pengisian ulang tinta printer. Kalau semua isi tinta sudah benar-benar habis, segera ganti dengan yang baru dan coba kembali mencetak kertas seperti biasa. Pastikan kualitasnya bagus dan tajam untuk digunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

Baca Juga:  Pengertian dan Gambar Cahaya Sensor Beserta Fungsinya

Cek dan Bersihkan Cartridge

Bukan tintanya saja yang wajib diganti dan dibersihkan, kamu pun harus memeriksa sekaligus membersihkan cartridge nya. Secara umum hasil print sangat berpengaruh besar terhadap penyimpanan tinta tersebut lho. Maka dari itu, segera periksa cartridge nya supaya kamu bisa tahu apakah tintanya menggumpal, habis atau tidak.

Kalau kamu melihat tintanya menggumpal, kondisi tersebut menjadi salah satu alasan mengapa hasil print nya selalu bergaris. Untuk mengatasi masalah ini, lepaskan cartridge dan rendam head cartridge nya menggunakan air hangat. Perlu diingat kalau kamu hanya boleh merendam head nya saja, tidak boleh bagian lainnya dan pasang kembali kalau sudah kering.

Melakukan Head Cleaning

Kemajuan teknologi seperti sekarang membuat siapa saja yang memiliki mesin printer harus melakukan head cleaning. Tujuannya supaya kamu bisa mencegah sekaligus mengatasi masalah yang membuat hasil print tidak sempurna, salah satunya munculnya garis. Selain itu, prosesnya pun tidak ribet dan mudah lho.

Jika kamu ingin melakukan head cleaning maka bisa mencoba langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Control Panel.
  • Tekan tombol Hardware and Sound.
  • Klik Devices and Printers.
  • Kalau sudah ditekan, operasikan fitur Head Cleaning dengan klik Deep/Deep Cleaning.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses head cleaning berlangsung, sehingga aliran tinta pada cartridge dapat berjalan lancar.

Pakai Cartridge Warna

Jika kamu sudah melakukan head cleaning, tapi masih tetap bergaris maka bisa menggunakan cartridge berwarna. Kamu dapat mengubahnya menjadi Color Cartridge, di mana kamu cukup membuka program Microsoft Office, kemudian tekan tombol shortcut CTRL+P dari keyboard laptop atau PC kamu.

Jika tombolnya sudah ditekan, buka menu Properties dan lanjutkan dengan mengetuk opsi Maintenance. Kemudian, tekan tombol Ink Cartridge Setting dan klik Color Only. Langkah terakhir adalah tekan tombol OK dan segera print ulang kertasnya. Kamu pasti akan melihat kualitas print nya bagus dan tidak ada garis lagi.

Baca Juga:  Cara Memperbaiki TV Tabung yang Tidak Ada Gambarnya

Meningkatkan Kualitas Print

Kamu harus meningkatkan kualitas print dari setiap kertas yang digunakan agar hasilnya dapat terlihat sempurna, bahkan tidak mengeluarkan garis apapun lagi. Beberapa orang sudah membuktikannya, sedangkan salah satu penyebab seringnya garis muncul pada kertas print adalah kualitasnya hampir tidak pernah ditingkatkan.

Jika kamu akan mencetak sebuah kertas, pastikan sudah ditingkatkan sebelum proses print out berlangsung. Kamu hanya perlu menunggu beberapa saat sampai setiap garis hilang dari permukaan kertas yang digunakan. Sayangnya, kamu harus sabar melakukannya karena proses pencetakan kertasnya pasti membutuhkan waktu lebih lama lho.

Mengganti Cartridge

Solusi untuk mengatasi printer sering mengeluarkan garis adalah mengganti cartridge dengan yang baru. Kalau kamu sudah membersihkannya, termasuk bagian tinta dan head namun hasil print out tidak membuahkan hasil yang bagus, maka bisa dipastikan kamu wajib menggantinya dengan perangkat baru guna memperoleh hasil cetak kertas lebih maksimal.

Kamu harus tahu kalau cartridge yang sering diganti biasanya akan membuat usia penggunaan mesin printer menjadi lebih lama lho. Jika kamu bersikeras menggunakan cartridge yang hampir rusak, hasil kertas yang kamu print out pun tidak akan bagus. Jangan heran hasilnya selalu menimbulkan garis karena cartridge tak kunjung diganti dalam waktu yang lama.

Periksa Botol Infus

Jika kamu menggunakan mesin printer infus, pastikan untuk selalu memeriksa botol infusnya setiap hari. Tak menutup kemungkinan botol infus yang tidak dapat mengalirkan tinta dengan baik ke cartridge akan membuat hasil print out jelek. Selain itu, kamu justru membuang kertas, tinta dan waktu karena tidak menyadari hal tersebut.

Jangan sampai salah dan tetap teliti saat memeriksa aliran tinta yang melewati botol infus untuk dialirkan ke cartridge. Kalau kamu sampai menemukan keanehan dari bagian tersebut, jangan lanjutkan mencetak kertas dan periksa komponen tersebut untuk membuat hasil print out kembali normal tanpa garis.

Baca Juga:  3 Cara Sharing Printer Windows 7 yang Mudah diLakukan¬†

Gunakan Garansi Printer

Kalau kamu baru membeli printer tapi hasil print out sangat jauh dari ekspektasi, manfaatkan garansi mesinnya ke produsen atau tempat kamu membeli alat tersebut. Caranya sangat mudah karena kamu cukup membawa bukti kartu garansi, serta nota pembelian kalau printer nya dibeli di tempat tersebut, supaya pengajuan klaim garansi bisa segera diproses oleh penjualnya.

Sementara itu, kamu sebagai konsumen tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali dan sampaikan informasi sebenarnya mengapa pengajuan garansi dilakukan. Jika perlu, buktikan dengan print out satu kertas di depan penjualnya kalau kertas yang dihasilkan tidak bagus, bahkan mengeluarkan garis. Jika terbukti benar, biasanya kamu akan mendapatkan mesin printer baru dengan merk yang sama.

Jangan takut kalau mesin printer sering mengeluarkan kertas print bergaris, bahkan blank. Kamu bisa mencoba beberapa cara mengatasi printer bergaris di atas dengan mudah. Jika semuanya tidak berhasil, solusi terakhir adalah membeli perangkat baru yang harus digunakan lebih baik lagi.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment