Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon, Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Lainnya

Mengetahui cara mengisi tinta warna printer canon menjadi penting karena membutuhkan  ketelitian yang tinggi. Secara keseluruhan pengisian tinta cukup rumit meski jika jenisnya baru lebih mudah dan simple.

Sebelum mengisi tinta, kamu perlu membuka cartridge printer terlebih dulu. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Pengertian Printer

Printer merupakan salah satu perangkat eksternal pada komputer yang dapat menampilkan data dalam bentuk cetakan, data tersebut dapat berupa gambar atau text dan lainnya.

Printer telah ditemukan pada abad 19. Awal mula sistem kerjanya, printer menggunakan sistem mekanik, namun pada tahun 1968 epson atau perusahaan asal jepang mulai memperkenalkan printer yang dapat bekerja secara elektronik.

Printer Epson Tipe L385

Fungsi Printer

Seperti yang telah dijelaskan di awal, fungsi dari printer adalah sebagai media cetak data digital dari komputer. Saat ini fungsi dari printer tak hanya menjadi media atau perangkat cetak tetapi dapat juga untuk scan dan fotokopi.

Jenis Printer

Printer dibagi dalam beberapa jenis. Berikut ulasanya.

Printer Inkjet

Printer inkjet adalah jenis komputer yang menggunakan teknologi dor on demand. Teknologi ini dapat menghasilkan  titik -titik kecil dari semprotan tinta nozzle. Jenis printer satu ini sering dijumpai pada instansi atau rumah.

Printer Dot-Matrix

Kamu akan menjumpai beberapa jarum pada printer jenis ini. Jarum tersebut berada pada sebuah panel yang akan membentuk pita.

Kejadian tersebut akan menghasilkan titik-titik yang terhubung sehingga text akan terlihat pada kertas. Kamu dapat menemukan printer jenis ini pada meja kasir di toko atau supermarket.

Printer Thermal

Jenis printer ini digunakan dengan sistem pemanas elektronik agar tinta aktif pada roll karet. biasanya printer thermal difungsikan pada pencetakan data dengan cepat seperti laporan transaksi, nota pembelian dan lainnya. Tak heran jenis ini tersedia di meja kasir.

Baca Juga:  Skema Trafo Step Up dan Step Down Secara Lengkap

Printer Multifungsi

Jenis printer ini sama dengan printer inkjet, meski begitu terdapat beberapa perbedaan dari keduanya.  Printer multifungsi memiliki fungsi lain seperti fax, telephone,  kartu jaringan, scanner dan lainnya.

Hal ini yang membuat printer mampu mengerjakan banyak hal selain cetak seperti fotocopy, faximile, scan dan yang lain.

Printer Laser

Dinamakan printer laser karena jenis ini menggunakan teknologi laser untuk menyinari drum toner agar menghasilkan titik- titik yang akan membentuk text atau gambar pada kertas.

Printer laser memiliki kelebihan dari kecepatan serta kualitas cetakan akan lebih baik dari jenis printer lainnya.

Printer 3D

Cara kerja printer 3D hampir sama dengan printer inkjet, hanya saja tinta yang dipakai dalam mencetak adalah jenis lain yaitu plastic molten wax.

Printer 3D telah dilengkapi dengan teknologi additive manufacturing yang dapat membuat beberapa layer sehingga membentuk sebuah objek 3D. Hal ini tidak berarti bahwa material seperti mesin cutting dibuang.

Bagian – Bagian Printer

Printer tersusun dari beberapa bagian komponen. Berikut ini adalah beberapa bagian dari printer.

  • Carriage unit ( rumah cartridge )sebagai tempat atau wadah cartridge
  • Cartridge adalah perangkat untuk mengatur, penyimpan, dan wadah tinta saat proses mencetak
  • Chip memiliki fungsi sebagai penghubung antara mainboard dan cartridge
  • Head mempunyai fungsi untuk tempat keluarnya toner atau tinta
  • Paper tray untuk tempat meletakkan kertas
  • Timing belt adalah bagian yang menarik cartridge ke kiri atau kanan saat scan dan copy
  • Mainboard menjadi salah satu bagian yang penting yaitu tempat penggerak hardware. Hardware juga dikelola oleh software sehingga selalu memerlukan driver sebagai media penggerak atau penghubung.
  • Sensor roll memiliki fungsi untuk mendeteksi kertas yang akan digunakan, seperti ada atau tidaknya kertas.
Baca Juga:  Solar Sel: Pengertian, Konstruksi, Cara Kerja Serta Jenisnya

Cara Mengisi Tinta yang Habis di Printer

Salah satu merk terkenal printer adalah canon dan permasalah yang sering muncul adalah kehabisan tinta. Terdapat dua jenis cetakan printer dengan tinta hitam putih dan berwarna. Kesulitan mengisi tinta warna daripada hitam putih dapat dikatakan cukup rumit. Printer canon adalah printer inkjet yang mengharuskan pengguna agar sering mengganti tinta jika sudah habis.

Sebelum itu terdapat beberapa hal yang perlu dipersiapkan seperti, alat suntik tinta, tisu yang berguna untuk mengelap tumpahan dari tinta, paku atau jarum yang akan digunakan untuk memperbesar lubang di cartridge dan pastinya tinta isi ulang untuk printer canon. Setelah semua persiapan selesai, silahkan ikuti langkah berikut.

Nyalakan printer

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyalakan printer. Setelah itu tunggu dalam beberapa saat hingga printer siap atau standby. Untuk menunggu semua siap, kamu dapat melakukan cleaning printer .

Buka cartridge printer

Cartridge berada di dalam printer sehingga kamu perlu mengambilnya terlebih dulu. Caranya adalah dengan membuka cover printer kemudian cari cartridge dan posisikan di tengah. Jika sudah berada di tengah kamu dapat melupakannya dengan mudah.

Perbesar lubang di cartridge

Cartridge mempunyai lubang yang difungsikan sebagai tempat tinta. Lubang tersebut kecil sehingga kamu perlu memperbaikinya agar tinta dapat mudah dimasukkan.

Lubang pada cartridge berada di belakang jadi sebelum itu kamu perlu melepas label dulu untuk melihat letak lubang. Gunakan paku atau jarum untuk mempperbesar llubang cartridge.

Isi ulang tinta

Langkah terakhir adalah mengisi tinta. Islah tinta hitam putih terlebih dulu dan pastikan untuk teliti agar tidak terjadi berbagai masalah seperti bocor atau tinta gagal masuk cartridge. Sebelum mengisi, ambil tisu terlebih dulu, tutup bagian head cartridge agar tidak terjadi kebocoran.

Baca Juga:  Teori Dasar Alat Pemanas Listrik

Setelah dua langkah tersebut lanjutkan dengan memasukkan  jarum agar llubang besar, biasanya di dalam cartridge terdapat gabus yang tidak terlihat namun bisa dirasakan. Setelah itu lanjut dengan memasukkan tinta menggunakan jarum suntik dan hindari kelebihan tinta. Kamu dapat memasukkan tinta dengan ukuran 20 -20 ml.

Cara Mengisi Tinta Warna

Cara mengisi tinta warna pada printer canon sama dengan sebelumnya. Hanya saja kamu perlu lebih teliti dan berhati-hati agar warna tidak tercampur. Terdapat tiga warna dasar di cartridge warna yaitu merah, biru dan kuning. Ingat posisi warna dengan baik terlebih dahulu.

Cara pengisiannya sama dengan tinta hitam yaituu dengan memperbesar llubang setelah cartridge warna di lepaskan. Gunakan tisu pada head cartridge lalu suntikkan tinta dengan ukuran 5-10 ml, jika sudah bersihkan head cartridge dan pasang kembali ditempat semula. Tutup cover printer kemudian coba fungsikan printer dengan menyalakannya.

Perlu diingat bahwa kapasitas dari cartridge tinta warna lebih sedikit dari hitam. Jadi dalam penggunaanya memerlukan kehati-hatian yang lebih agar tinta tidak tercampur jadi satu. Jika sekiranya tidak berani mengisi sendiri kamu dapat membawanya ke service printer canon  terdekat.

Demikian ulasan singkat mengenai printer, jenis, fungsi bagian, cara mengisi tinta warna canon. Tutorial pengisian tinta pada printer canon berlaku untuk banyak jenis seperti canon IP2770, IP 1110 dan lainnya. Semoga artikel ini membantu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment