Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 2 Pintu Secara Mudah

Untuk memastikan kulkas tetap dingin, pengaturan suhu di dalam kulkas sangat penting dilakukan. Memang tidak semua orang tahu cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu atau satu pintu tersebut, alhasil tingkat dingin kulkas terlalu maksimal atau tidak dingin sama sekali.

Tingkat suhu setiap kulkas dari berbagai merek sebenarnya relatif sama, hanya saja tergantung pada tipe kulkas yang dilihat dari dimensi ukurannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana pengaturan suhu tersebut terutama jika saat ini Anda menggunakan kulkas Aqua buatan Jepang dan lainnya.

Standar Suhu Chiller dan Freezer

pastikan untuk menyimpan makanan tidak berlebihan agar suhu dingin kulkas tetap terjaga

Sebelum mengetahui cara untuk melakukan pengaturan suhu kulkas, perlu dipahami terlebih dahulu berapa standar suhu yang tepat untuk diaplikasikan pada lemari pendingin tersebut. Untuk standarnya, terbagi atas tiga bagian dengan standar dingin yang berbeda-beda yaitu:

Suhu Refrigerator

Pada bagian refrigerator, suhunya harus berada di kisaran 4 derajat celcius. Jika lebih tinggi atau lebih rendah, maka perlu pengaturan ulang agar performanya tetap terjaga

Suhu Chiller

Untuk standar yang baik untuk chiller berada di suhu antara 0 derajat celcius sampai 3 derajat celcius

Suhu Freezer

Merupakan bagian dengan suhu paling dingin yaitu berkisar -18 derajat celcius. Wajar saja karena di area ini, sudah muncul bunga es dan diperuntukkan bagi penyimpanan makanan beku.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 1 Pintu

Kulkas satu pintu, lebih mudah dipahami rangkaian komponen di dalamnya. Selain itu, lebih banyak produk ini dipakai di pasaran, sehingga lebih banyak pula orang yang sudah paham cara untuk memastikan suhu komponen pentingnya tetap stabil.

Untuk menerapkan cara mengatur suhu kulkas Aqua 1 pintu bisa dilakukan sendiri, tanpa harus melibatkan teknisi. Asalkan benar-benar paham bagian-bagian dari kulkas tersebut, sehingga tidak salah saat mencoba langkah-langkah berikut ini.

  • Pastikan terlebih dahulu kulkas tersebut dalam kondisi menyala, kabel power nya sudah terhubung aktif dengan bagian stop kontak
  • Tunggu sampai kondisi suhu di dalam kulkas merata, bisa ditunggu sampai 10 atau 15 menit
  • Buka pintu utama kulkas tersebut, lalu cek tombol suhu yang biasanya terletak pada sisi kanan atas kulkas.
  • Cek dimana posisi tombol suhu tersebut, jika belum maksimal sesuai standar suhu yang disebutkan sebelumnya maka Anda bisa mengarahkan tombol ke posisi suhu terbaik untuk kulkas satu pintu
  • Untuk kondisi kulkas yang sudah penuh, dianjurkan untuk memilih suhu maksimal agar semua bahan makanan yang ada di dalamnya dingin sempurna.
Baca Juga:  Printer Epson L3110 Lengkap dengan Spesifikasi, Kelebihannya

Untuk kulkas 1 pintu dari Aqua, Anda bisa melakukan pengaturan suhu maksimal di level tiga pada tombol. Supaya tingkat dingin lebih terasa, namun tidak menyebabkan munculnya bunga es pada bagian freezer atas.

Cara Mengatur Suhu Kulkas Aqua 2 Pintu

Agak berbeda dengan kulkas 1 pintu, cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu lebih ribet karena terdiri dari dua tombol terpisah. Satu berada di bagian freezer untuk mendinginkan area tersebut, satunya lagi di bagian ruang penyimpanan bawah kulkas. Berikut ini cara lengkap untuk melakukan pengaturan tersebut.

Pengaturan Suhu Refrigerator

Refrigerator menjadi komponen yang akan membuat dingin ruang penyimpanan pada bagian bawah kulkas, tepatnya pintu kedua dari alat elektronik tersebut yang berada di bawah freezer.

Ada beberapa rak dan ruang penyimpanan di bagian ini, yang perlu dipastikan suhu dinginnya tetap stabil. Langkah pengaturan suhunya adalah:

  • Nyalakan kulkas jika sebelumnya dalam kondisi mati, jika sudah dalam kondisi hidup maka lanjutkan ke langkah di bawah ini
  • Buka pintu refrigerator, kemudian cek posisi tombol suhu yang terletak di sisi dalam ruang penyimpanan.
  • Cek pengaturan yang sudah ada saat ini, kalau perlu ditambah untuk lebih dingin maka Anda tinggal putar tombol suhu ke arah lebih dingin.

Disarankan jangan langsung memilih suhu dingin paling maksimal, lebih baik menggunakan suhu standar untuk memastikan penyebaran dingin lebih cepat merata. Hal ini bisa dicek dengan memegang bagian makanan di sudut paling dalam ruang kulkas tersebut, apakah sudah sama dinginnya dengan bahan lainnya yang terletak di dekat pintu utama kulkas.

Pengaturan Suhu Freezer

Cara untuk mengatur suhu di bagian freezer ini tidak jauh berbeda dengan bagian refrigerator. Hanya saja pilihan suhunya lebih kompleks karena bagian ini butuh suhu dingin maksimal untuk membekukan bahan makanan. Bagaimana caranya?

  • Hidupkan kulkas dengan menghubungkan kabel power dari lemari pendingin tersebut, dengan bagian stop kontak
  • Buka pintu bagian freezer, lalu lihat posisi tombol suhu apakah sudah maksimal atau belum
  • Jika belum, putar tombol ke arah suhu yang lebih dingin lalu tutup kembali pintu freezer
  • Tunggu sampai suhu dingin yang menyebar di dalam freezer merata sempurna
  • Untuk memastikannya, Anda bisa meletakkan air di dalam sebuah gelas plastik kemudian letakkan di bagian freezer. Lalu hitung berapa lamakah air di dalam gelas berubah menjadi es.
  • Jika berubah dalam waktu singkat, maka proses pengaturan suhu sudah berhasil dilakukan
Baca Juga:  Teori Segitiga Api dalam K3 itu Apa? Ini Penjelasannya Lengkap

Penyebab Suhu Kulkas Aqua Tidak Dingin?

mengecek pengaturan suhu kulkas Aqua bisa 2 pintu sangat mudah

Kalau Anda memiliki kulkas 2 pintu merk Aqua dan ternyata suhunya tidak dingin, ada beberapa cara bisa dilakukan untuk mengembalikannya ke suhu standar. Asalkan memang tidak ada komponen yang rusak.

Freon Habis

Penyebab pertama adalah bisa jadi freon yang tersedia untuk mendinginkan ruangan di dalam kulkas sudah habis. Alhasil bagian ruangan tidak lagi dingin, meskipun pengaturan suhunya sudah maksimal.

Stop Kontak tidak Erat

Bisa juga disebabkan karena stop kontak dan kabel power tidak terhubung dengan baik, sehingga arus listrik yang akan membantu memaksimalkan kinerja komponen pada kulkas tidak maksimal diterima.

Pintu Kulkas Tidak Erat

Jika menutup kulkas tidak erat, menyebabkan terdapat ruang antara panas di luar kulkas untuk masuk ke dalam lemari pendingin tersebut. Alhasil, suhu yang harusnya stabil menjadi panas karena pengaruh suhu dari luar.

Ada Makanan Panas yang Tersimpan

Menyimpan makanan panas langsung ke dalam kulkas, juga sangat mempengaruhi suhu dingin yang ada. Meskipun Anda sudah menerapkan cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu atau 1 pintu.

Ada Komponen yang Rusak

Bisa jadi ada komponen pendingin sudah rusak, sehingga menyebabkan suhu dingin yang ada di dalam kulkas tidak maksimal lagi. Kalau soal mengecek komponen, tentu perlu diserahkan kepada ahlinya.

Cara Menjaga Suhu Kulkas Aqua Tetap Stabil

Untuk menjaga kondisi suhu kulkas, memang dibutuhkan cara yang tepat. Diantaranya adalah dengan memastikan selalu menutup pintu kulkas dengan erat, ketika akan meletakkan atau mengambil makanan dan minuman di dalamnya.

Jika ternyata karet pembatas pintu sudah tipis, maka segera ganti untuk menjaga tingkat erat pintu ketika digunakan.

Selain itu, lakukan service AC berkala untuk menjaga kondisi semua komponen tetap baik untuk waktu yang lama. Lalu, pastikan juga untuk jangan langsung memasukkan bahan makanan panas ke dalam kulkas. Dinginkan terlebih dahulu sebelum disimpan di dalam kulkas.

Baca Juga:  Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon, Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Lainnya

Kalau Anda sudah paham cara mengatur suhu kulkas Aqua 2 pintu, akan lebih mudah untuk merawat kulkas agar lebih tahan lama. Jika memang kulkas Anda sedang bermasalah suhu dinginnya, cobalah cara di atas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment