Kode Remote TV Unisat Terbaru dan Cara Menggunakannya

Bagi Anda yang punya TV Unisat buatan China namun remotnya tidak lagi bisa digunakan, maka kamu bisa menggunakan remote lain. Salah satunya remote Universal yang bisa dipakai untuk berbagai merk TV, tentunya dengan mengetahui kode remote TV Unisat supaya alat tersebut bisa berfungsi pada TV Anda.

Biasanya pada TV merk-merk tertentu, hanya bisa digunakan dengan memanfaatkan remote yang sama dari pabrikan TV tersebut. Namun memang saat ini sudah tersedia pula remote yang memang dapat dipakai untuk berbagai merk TV, namanya remote Universal yang bisa dipakai untuk semua jenis TV asalkan Anda tahu kode remotenya.

Apa itu Kode Remote TV

kode remote tv unisat bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis remot universal

Yang dimaksud dengan kode remote TV adalah kode yang dipakai untuk sinkronisasi remote dengan televisi Anda, sehingga nantinya perangkat ini dapat dipakai memilih siaran yang ingin ditonton. Termasuk melakukan pengaturan televisi sesuai yang diinginkan.

Kode remot TV akan dibutuhkan, ketika Anda memakai remote universal yang bisa dipakai untuk semua jenis televisi dari berbagai merk. Beda tipe dan merek televisinya akan beda pula kode yang akan dipakai untuk sinkronisasi.

Begitu juga untuk kode remote TV Unisat yang akan berbeda dengan kode untuk TV Samsung, Polytron, dan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk tahu daftar kode yang dapat digunakan supaya sinkronisasi nantinya bisa berjalan lancar.

Kode Remote TV Unisat dan TV Lainnya

Saat ini ada beberapa kode yang bisa dipakai untuk menghidupkan TV Unisat menggunakan remote untuk semua televisi. Jika salah satu kode tidak berfungsi, maka Anda bisa mencoba memakai kode yang lainnya. Berikut ini daftarnya.

Kode Remote TV Unisat

224, 131, 181, 103, 024, 073, 053, 102,  104

Kode Remote TV Lainnya

Untuk kode remote televisi lainnya juga bisa dicoba menggunakan remote universal atau remote untuk semua tv. Berikut ini daftar populernya:

  • TV Aiwa : 103, 224, 009, 058, 073, 057, 104,181
  • TV Akari : 073, 013, 213, 015, 102, 103
  • TV Bomba : 088, 102, 060, 181, 103, 088, 104, 224
  • TV Hitachi : 181, 011, 024, 053, 043, 056, 187, 040
  • TV LG : 140, 043, 260, 103, 043, 024, 261
  • TV Mitochiba: 073, 224, 181, 187, 102
  • TV National : 001, 020, 022, 015, 103, 014
  • TV Philips: 241, 024, 242, 039, 141, 040
  • TV Sharp: 136, 003, 137, 018, 025, 135
  • TV Sony: 023, 049, 135, 005, 106, 238, 148, 94, 237
Baca Juga:  Gejala Kerusakan pada Setrika, penyebab kerusakan dan Cara Memperbaikinya

Cara Menggunakan Remote Berdasarkan Kode TV

cek kode remot tv unisat disini untuk dicoba pada tv anda

Untuk bisa menggunakan remote general yang dapat disinkronisasikan pada berbagai jenis TV, Anda perlu tahu caranya. Tidak sulit, tinggal melakukan beberapa langkah berikut kemudian remote sudah bisa membantu Anda mengendalikan siaran TV dengan mudah.

  • Pastikan televisi Unisat atau merk lain yang Anda gunakan sudah menyala.
  • Arahkan remote ke sensor infra merah pada TV. Lalu, klik tombol set yang tersedia pada remote dan lanjutkan dengan menekan tombol power.
  • Lampu power pada remote secara otomatis akan menyala dan tersinkronisasi dengan televisi.
  • Ketik kode remote TV Unisat, lalu biarkan lampu power mati.
  • Remote sudah dapat digunakan sesuai kebutuhan.
  • Jika saat memasukkan satu kode, ternyata masih tidak berfungsi maka Anda bisa coba memasukkan pilihan kode lainnya.

Pastikan untuk memasukkan kode yang benar, sesuai daftar yang sudah tersedia. Kalau salah, tentunya sinkronisasi antara remote dengan televisi tidak akan berhasil dilakukan.

Kenapa Remote Tidak Berfungsi

Apakah remote yang Anda punya tidak bisa digunakan untuk TV Unisat atau TV lain yang ada di rumah? Bisa jadi ada masalah pada perangkat tersebut, sehingga membuatnya tidak berfungsi dengan baik. Beberapa hal berikut ini, bisa jadi adalah alasannya.

Baterai Perlu Diganti

ganti baterai remote tv jika ternyata tidak lagi berfungsi

Baterai sudah habis sehingga koneksi internal rangkaian remote tidak menyala. Ada kalanya, ketika membeli remote yang langsung diberi bonus baterai ternyata bukan baterai baru. Ini pernah dialami langsung oleh penjual, hal ini yang menyebabkan remote tidak berfungsi.

Salah Menekan Kode

Salah memasukkan kode remote TV Unisat juga menjadi alasan berikutnya, sehingga sinkronisasi tidak bisa terjadi antara TV dengan remote. Oleh karena itulah banyak pilihan kode yang tersedia untuk jenis TV, supaya ketika ada kesalahan di satu kode dapat menggunakan kode yang lain.

Baca Juga:  Jenis Lampu Penerangan dan Prinsip Kerjanya

Tipe Remote dan TV tidak Bisa Disinkronisasi

Tidak semua TV bisa terkoneksi dengan remote tertentu, hal inilah yang menyebabkan remote tidak dapat dipakai saat menggunakan televisi tersebut.

Sensor Infra Merah Rusak

Sensor infra merah bisa saja rusak akibat remote pernah terjatuh, banyak debu dan karat di bagian komponen dalam sensornya.

Solusi Remote yang Tidak Berfungsi

Kalau Anda sudah tahu apa masalah yang terjadi pada remote universal  kode tidak terbaca sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik, maka tinggal melakukan solusi paling tepat supaya bisa berfungsi kembali. Apa saja pilihan solusinya?

Mengganti Baterai Remote

Solusi pertama yang paling mudah dilakukan adalah mengganti baterai dari perangkat tersebut. Tentunya setelah dilakukan pengecekan baterai, dengan memindahkan baterai tersebut ke perangkat lain. Kalau memang tidak juga berfungsi, tentu artinya memang baterailah masalahnya.

Memasukkan Kode TV yang Tepat

Coba masukkan satu per satu kode remote untuk TV yang kamu miliki, kalau kode yang satu tidak berhasil maka coba kode yang lain. Biasanya akan ada satu kode, dari sekian banyak pilihan kode  yang berhasil menghubungkan antara remote dengan TV.

Bersihkan Bagian Dalam Remote dari Debu dan Kotoran

Tidak ada salahnya untuk membersihkan  remote dari debu, caranya mudah yaitu dengan membuka casing nya dan membersihkan bagian dalam menggunakan kuas kecil. Pastikan tidak ada komponen yang terganggu atau lepas dari posisi awalnya, selama proses pembersihan dilakukan.

Jika ternyata saat membersihkan, ditemukan ada komponen yang sudah berkarat maka ada baiknya langsung diganti.

Jemur Remote

Kalau ternyata alasan remote tidak berfungsi adalah karena terendam air, selain mengganti baterai maka Anda juga dapat menjemurnya sampai benar-benar kering sebelum digunakan kembali. Jika cuaca mendung, bisa memanfaatkan hair dryer untuk membantu proses pengeringan lebih cepat.

Baca Juga:  Mudahnya Sermod Tv Polytron, Solusi Manual Mengatasi TV yang Error

Beli Remote yang Lain

Kalau semua solusi tidak berhasil maka bisa disimpulkan bahwa remote tersebut memang rusak, sehingga Anda perlu membeli yang baru. Hal ini juga perlu dilakukan, ketika kode remot receiver matrix tidak pula berfungsi,

Tips Memilih Mode Remote TV Unisat dan Menggunakan Remote

Tidak sulit sebenarnya untuk menggunakan remote pada TV Unisat, masalah yang sering terjadi adalah kode yang tidak sinkron antara remote dan televisi. Oleh karena itu, pilihlah kode paling banyak dipakai untuk jenis TV lain supaya potensi berhasil memakai remote lebih besar.

Sedangkan untuk menggunakan remote, disarankan jangan menekan bagian tombol terlalu keras. Selain itu, simpan remote di tempat aman agar tidak rentan jatuh atau terpijak yang bisa berakibat rusaknya komponen di dalamnya.

Demikianlah berbagai penjelasan tentang kode remote TV Unisat dan informasi lainnya, yang pasti sangat Anda butuhkan ketika akan menggunakan remote untuk menonton TV di rumah.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment