Cara Mengupdate Play Store dengan Mudah

Para pengguna perangkat Android, masih banyak yang tidak tahu bagaimana cara mengupdate Play Store supaya selalu dapat menikmati berbagai fitur terbaiknya. Tidak sulit, Anda hanya cukup melakukan beberapa langkah cepat.

Google Play Store, disediakan agar pengguna bisa menambahkan berbagai aplikasi pihak ketiga yang sudah terverifikasi oleh platform tersebut. Sehingga saat menggunakan perangkat Android menjadi semakin nyaman dan puas.

Apa itu Play Store

google play store bisa diupdate dengan mudah

Saat Anda membeli HP Android, maka salah satu aplikasi yang langsung tersedia adalah Google Play Store. Platform ini, merupakan aplikasi resmi yang disediakan pihak Google agar pengguna dapat memiliki berbagai aplikasi tambahan, berlangganan buku, acara TV, hingga kegiatan favorit lainnya.

Ada versi pembelian aplikasi yang berbayar, namun ada juga yang bisa diunduh secara gratis degan proses yang cepat. Tercatat, di tahun 2021 kemarin, sudah tersedia setidaknya 2 juta aplikasi yang bisa diunduh melalui Google Play Store.

Pada rentang waktu yang sama, berbagai jenis aplikasi tersebut sudah diunduh setidaknya sebanyak 140 miliar dari pengguna di seluruh belahan dunia termasuk Indonesia tentunya. Jadi wajar, jika memiliki versi terbaru dari Play Store dengan cara mengupdate Play Store merupakan salah satu hal yang penting dilakukan.

Cara Mengupdate Play Store Melalui Menu Profil

Cara paling mudah untuk melakukan pembaruan Play Store adalah melalui fitur profil yang tersedia pada platform tersebut. dimana Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  • Pastikan terlebih dahulu perangkat Android Anda dalam kondisi aktif, terkoneksi internet baik menggunakan Wifi maupun kuota pribadi
  • Buka Google Play Store yang tersedia pada perangkat Android
  • Klik pada menu profil, yang terletak pada bagian kanan atas halaman utamanya
  • Pilih menu settings, kemudian lanjut dengan menekan tombol about dan pilih opsi Play Store Version
  • Secara otomatis, Anda akan menerima notifikasi bahwa tersedia update dari Google Play Store yang dapat diunduh. Klik pada tombol “ok”
  • Anda hanya perlu menunggu selama beberapa detik atau menit, untuk memastikan proses update berjalan dengan lancar
  • Setelah semua cara update Play Store dilakukan, versi terbaru Google Play Store sudah dapat digunakan.
Baca Juga:  5 Cara Aktivasi K Vision Gratis dengan Mudah

Cara Mengupdate Play Store dengan Bantuan File APK

Cara Mengupdate Play Store dengan Bantuan File APK

Ada juga cara lain yang dapat dipilih, ketika ternyata pada cara pertama tidak ditemukan update terbaru yang bisa diunduh. Padahal secara sistem, sudah tersedia update terbaru dan Anda ingin memilikinya.

Memang, cara ini lebih riskan dan berpotensi mengundang malware karena menggunakan file APK dari situs internet. Jadi, harus berhati-hati saat memilih file APK yang akan digunakan. Untuk langkahnya adalah:

  • Buka aplikasi browser pada perangkat Android, kemudian buka situs terpercaya yang menyediakan file APK dari Google Play Store terbaru
  • Unduh APK tersebut dan sehingga tersimpan pada perangkat Android. Biasanya akan tersimpan dalam bentuk folder khusus pada menu download
  • Buka folder tersebut lalu instal file APK yang ada di dalamnya sampai selesai. Waktu yang dibutuhkan sampai proses instal selesai sangat variatif, tergantung pada koneksi internet pada perangkat Anda.
  • Jika sudah selesai, maka secara otomatis platform Google Play Store versi terbaru sudah bisa digunakan seperti biasa.

Kekurangan dari penggunaan cara update Google Play Store ini adalah, ketika ada versi Google Play Store yang baru otomatis penggunaan versi lama tidak akan maksimal. Alhasil, Anda harus menghapus terlebih dahulu versi lama ini dan mengulang proses dari awal.

Cara Menggunakan Google Play Pass

Kalau dulu menggunakan Google Play Store masih harus ribet tanpa bisa berlangganan, sekarang ada fitur Google Play Pass yang memungkinkan pengguna untuk berlangganan dan membuka berbagai aplikasi yang tersedia tanpa harus melakukan instalasi yang ribet. Bagaimana cara berlangganannya?

  • Pastikan kembali internet pada perangkat terkoneksi normal
  • Buka Google Play Store, kemudian pilih menu Profil dan klik pada pilihan Play Pass
  • Tekan tombol “Start” lalu Anda akan diarahkan untuk memilih sistem Google Play Pass yang tersedia
  • Pilih salah satu, kemudian ikuti prosesnya sampai selesai dan Anda memiliki akses Pass yang tersedia.
Baca Juga:  Kumpulan Bio WA Cuek Keren Aesthetic Terkini 2024

Jika sukses, maka Anda bisa membuka langsung ratusan aplikasi terpilih yang disukai. Tentunya dengan versi terbaru masing-masing.

Cara Update Aplikasi dari Google Play Store

Selain melakukan pembaharuan untuk Google Play Store, Anda juga dapat melakukan update untuk semua aplikasi yang sudah diunduh melalui platform tersebut. Caranya juga tidak sulit, tinggal ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Koneksikan perangkat Android Anda dengan internet
  • Buka Google Play Store versi terbaru yang sudah dimiliki, kemudian pilih menu profil di pojok kanan atasnya
  • Pilih menu “setelan” lalu lanjutkan dengan memilih opsi “preferensi jaringan”
  • Selanjutnya Anda dapat memilih menu “update aplikasi secara otomatis” jika ingin melakukan pembaharuan untuk semua aplikasi tanpa harus melakukannya satu persatu.
  • Pilih koneksi internet yang diperbolehkan selama proses update berlangsung. Opsi pertama adalah memilih hanya menggunakan Wifi, kemudian opsi kedua adalah bisa menggunakan Wifi atau data seluler dari kartu yang digunakan
  • Setelah itu, tinggal tunggu proses update berlangsung untuk semua aplikasi. Sebaiknya jangan gunakan dulu ponsel Anda sebelum proses selesai.

Ada beberapa aplikasi yang tidak dapat diperbaharui secara otomatis, biasanya jika hal ini terjadi akan muncul notifikasi error sehingga khusus untuk aplikasi tersebut harus dilakukan update secara manual.

Apa Saja Keunggulan Menggunakan Google Play Store?

fitur google play store semakin banyak dan menarik digunakan

Para pengguna Android, memang sangat dimanjakan dengan adanya Google Play Store. Apalagi banyak keunggulan saat menggunakannya, setelah Anda menerapkan cara mengupdate Google Play Store dengan benar. Mau tahu apa saja keunggulan tersebut?

Biaya Berlangganan Aplikasi Relatif Murah

Dibandingkan platform lain, Play Store tidak membanderol langganan aplikasi dengan biaya mahal. Biasanya mulai dari kisaran belasan ribu saja, tergantung jenis aplikasi dan lamanya Anda ingin berlangganan.

Baca Juga:  Cara Setting TV Digital Polytron Otomatis atau Pakai Set Top Box, Anda Pilih yang Mana?

Proses memperpanjang berlangganan juga mudah dan otomatis, apalagi jika HP terkoneksi dengan internet dan nomor ponsel Anda.

Banyak Pilihan Aplikasi Terbaru

Secara berkala selalu ada aplikasi baru yang tersedia, sehingga Anda bisa memilih dan tidak akan ketinggalan update aplikasi kekinian yang sedang booming. Contohnya saja, aplikasi sosial media yang semakin banyak dan bisa diunduh dari Play Store dengan mudah.

Dijamin Aman dan Langsung dari Pengembang

Proses masuknya sebuah aplikasi menjadi bagian dari daftar unduhan Google Play Store, tidak sembarangan. Ada prosedur yang harus dilalui, termasuk verifikasi kelayakan aplikasi menjadi pilihan pengguna atau tidak.

Interface Mudah Dipahami

Siapa saja yang menggunakan Google Play Store tidak akan sulit memahami fitur yang tersedia. Semua jelas posisi dan fungsinya masing-masing. Tinggal pilih, mau menggunakan fitur yang mana dan biarkan sistem menampilkan halaman yang diinginkan.

Proses Mendaftarkan Aplikasi Tidak Ribet

Bagi para pengembang yang ingin mendaftarkan aplikasinya, prosedur daftar di Google Play Store tidak ribet asalkan semua persyaratan sudah dipenuhi. Tinggal mengikuti langkah-langkahnya sampai tuntas, sehingga aplikasi muncul di daftar pilihan dan bisa diunduh oleh pengguna Android

Semoga informasi tentang cara mengupdate Play Store ini memberikan tambahan ilmu bagi Anda, terutama yang selama ini masih mengabaikan pembaruan pada platform populer tersebut.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment