Cara Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel

Tahukah kamu cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel sangat mudah dan cepat? Kipas angin yang tidak dapat berputar sama sekali atau hanya berdengung saja, namun tidak mampu berputar disebabkan oleh komponen kapasitor yang sudah lemah dan rusak. Maka dari itu, sebaiknya kamu perlu mengganti kapasitor kipas angin dan segera memasang komponen kapasitor yang baru.

Bagi kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara memasang kapasitor kipas angin 3 kabel yang benar, kamu perlu menyimak penjelasan dan ulasan berikut ini terlebih dahulu.

Apa Itu Kapasitor Kipas Angin?

Kapasitor merupakan sebuah komponen kelistrikan yang berguna sebagai alat untuk menyimpan muatan listrik. Bentuk dari kapasitor bermacam-macam, ada yang seperti bulat tipis, persegi empat warna warni, merah, coklat, hitam, ataupun hijau. Bahan penyusun kapasitor sendiri terdiri dari dua keping penghantar listrik yang dipisahkan menggunakan isolator, berupa bahan dielektrik.

Kapasitor memiliki banyak fungsi, seperti sebagai kopling antara rangkaian satu dengan rangkaian lain, sebagai filter rangkaian, sebagai pembangkit frekuensi, menghemat daya listrik, menghilangkan bouncing, menyimpan muatan listrik, dan masih banyak fungsi lain sesuai dengan alat yang digunakan.

Sementara itu, kapasitor pada kipas angin sangat berfungsi untuk memulai putaran pertama kali baling-baling pada kipas angin. Sehingga, dengan adanya kapasitor, kipas angin dapat berfungsi dan beroperasi dengan baik. Apabila kapasitor rusak dan bermasalah tentu saja akan sulit untuk memulai putaran dan pada akhirnya akan membuat baling-baling kipas angin tidak mau berputar. Perlu diketahui bahwa kipas angin membutuhkan daya yang besar untuk menghasilkan putaran awal, di mana daya tersebut diambil dari muatan yang tersimpan pada kapasitor.

Tidak hanya itu, kapasitor juga berpengaruh terhadap kecepatan putar pada kipas angin dan kapasitor dapat menentukan kecepatan putarnya. Agar dapat membuat putaran kipas angin lebih cepat, kamu dapat mengganti ukuran kapasitor menjadi lebih besar lagi, namun dinamo akan cepat panas. Selain itu, fungsi kapasitor pada kipas angin lain adalah tempat muatan listrik yang digunakan untuk mencegah adanya loncatan tegangan listrik saat kipas dinyalakan atau dimatikan.

Baca Juga:  Frekuensi O Channel dan Cara Menemukannya

Macam-macam Kerusakan pada Kipas Angin dan Cara Perbaikannya

Cara Bekerja Kapasitor Kipas Angin

Pernahkan kamu berpikir bagaimana cara bekerja kapasitor kipas angin? Kapasitor pada kipas menghasilkan tegangan listrik yang variatif dan kemudian dialirkan ke motor atau dinamo kipas, semakin cepat kipas berputar, energi yang dikeluarkan oleh kapasitor tentu juga akan semakin besar. Untuk lebih jelasnya, kamu dapat menyimak penjelasan mengenai sistem kerja dan cara kerja  kapasitor kipas angin.

  • Pertama, kapasitor pada kipas menghasilkan tegangan listrik yang variatif yang kemudian muatan listrik diteruskan ke kipas angin yang memicu terjadinya gerakan pada bagian motor dan dinamo kipas. Sesudah komponen motor dan dinamo kipas terpicu, baling-baling kipas angin akan berputar dengan kecepatan tertentu.
  • Saat tombol kipas angin dimatikan atau pasokan listrik diputuskan, maka masih terdapat sisa muatan listrik pada kapasitor sehingga memungkinkan terlambatnya kecepatan baling-baling kipas angin dan pada akhirnya kipas berhenti secara total.

Ciri Kapasitor Kipas Angin Rusak dan Harga Kapasitor

Tahukah kamu bagaimana ciri-ciri kapasitor kipas angin yang sudah rusak dan perlu segera diganti? Saat kamu switch di posisi ON, lalu kipas tidak dapat berputar sebagaimana seharusnya, maka hal ini menandakan adanya kerusakan pada kapasitor.

Selain itu, saat putaran kipas angin tampak lemah yang menyebabkan hembusan angin yang keluar tidak besar sesuai dengan angka pada tombol kipas, maka kemungkinan kapasitor kipas angin kamu sudah rusak dan bermasalah. Tidak hanya itu, saat kipas angin hanya berdengung ketika dihidupkan dan daun kipas tidak dapat berputar, maka kapasitor kemungkinan kipas sudah rusak.

Apabila, kamu belum yakin apa penyebab kipas angin tidak dapat menyala, kamu dapat memeriksa kapasitor kipas angin dengan multitester. Selesai memeriksa dengan diukur dengan multitester dan ternyata kapasitor sudah rusak. Kamu perlu mengganti kapasitor dengan ukuran yang sama. Kamu juga dapat mengganti dengan ukuran yang berbeda, namun akan ada dampak tersendiri pada kipas angin.

Baca Juga:  15 Bagian-bagian Kipas Angin yang Perlu Diketahui

Sementara itu, kapasitor kipas angin tersedia di berbagai toko elektronik di sekitar rumah kamu dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Kamu dapat membeli kapasitor yang digunakan untuk kipas angin mulai dari Rp 5.000 saja hingga Rp 30.000 saja.

Mengenal Kipas Angin dan Apa Saja Bagian-bagiannya.

Cara Mudah Pasang Kapasitor Kipas Angin 3 Kabel dengan Benar

Setelah kamu membeli kapasitor yang baru dan sudah sesuai dengan kipas angin 3 kabel. Kamu perlu terlebih dahulu menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan seperti obeng, pisau atau gunting, dan isolasi khusus kabel listrik, biasanya yang digunakan berwarna hitam. Bagi kamu yang penasaran dengan cara memasang kapasitor kipas angin. 3 kabel yang benar, dapat menyimak langkah-langkah berikut ini.

Buka Cover dan Tutup Kipas Angin

Langkah pertama adalah buka cover dan tutup pada kipas angin. Kamu perlu membuka cover dan tutup kipas angin dengan melepaskan sekrup secara perlahan dan hati-hati dengan menggunakan obeng yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Potong Kedua Kabel dengan Pisau atau Gunting

Tahapan berikutnya adalah potong kedua label dengan pisau dan gunting. Setelah tahap pertama selesai, kamu perlu memotong kedua kabel dengan menggunakan pisau dan gunting yang dipersiapkan. Potong kedua kabel yang terhubung dengan kedua terminal kapasitor lalu secara perlahan ambil kapasitornya.

Pasang Kapasitor yang Baru

Langkah berikutnya adalah memasang kapasitor yang baru kamu beli dan memiliki ukuran yang sama dengan kapasitor yang lama. Untuk memasang kapasitor yang baru, kamu perlu menghubungkan kabel yang tadi sudah dipotong sebelumnya.

Bungkus Kabel dengan Isolasi Listrik

Setelah kamu sudah selesai di proses penyambungan, jangan lupa untuk membungkus kabel sambungan dengan menggunakan isolasi khusus untuk berwarna hitam. Kemudian kamu perlu memastikan sambungan kabel listrik sudah terbungkus dengan sempurna dan tidak ada listrik yang bocor.

Baca Juga:  Cara Menghitung Kapasitor untuk Tweeter Lapangan

Kencangkan Sekrup

Langkah berikutnya adalah mengencangkan sekrup. Setelah sambungan kabel listrik, kamu dapat menutup kembali cover dari kipas angin. Lalu kencangkan kembali cover kipas angin menggunakan sekrup dan obeng.

Hidupkan Kipas Angin

Langkah terakhir adalah kamu perlu hidupkan kipas angin. Setelah lima tahapan sudah kamu jalani, kamu dapat menghidupkan kembali kipas angin. Apabila pemasangan kabel isolator benar dan tepat,maka kipas angin akan berputar kembali dengan sebagaimana mestinya. Tetapi apabila kipas angin masih bermasalah. Kamu dapat membongkar kembali kipas angin dan kapasitor, kemudian pasang kembali dengan benar.

Bagaimana menurut kamu cara pasang kapasitor kipas angin 3 kabel dengan benar di atas, mudah dan cepat, bukan? Kamu hanya perlu mengikuti enam cara, mulai dari membuka tutup kipas dan mengambil kapasitor. hingga menghidupkan kembali. Namun sebelum itu, kamu perlu menyediakan dan mempersiapkan tiga peralatan-peralatan yang berfungsi untuk pemasangan kapasitor. Semoga ulasan dan penjelasan dapat berguna bagi pembaca yang tertarik pada pembahasan kapasitor.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment