Cek Ini! Cara Tracking Frekuensi JTV Surabaya Terbaru

Sedang mencari informasi seputar cara tracking frekuensi JTV Surabaya? Jika ya maka Anda perlu buat mengetahui penjelasan dibawah ini. Terlebih lagi kalau Anda sering mengalami masalah tidak bisa menonton tayangan kesayangan.

Banyaknya pertanyaan mengenai cara melakukan tracking tersebut, bukan tanpa alasan karena keberadaannya sudah berpindah frekuensi. Tentu saja, para pengguna wajib melakukan reset frekuensi sehingga tidak akan kehilangan tayangan dari tv lokal tersebut.

Untuk melakukan tracking frekuensi JTV sendiri tidaklah sulit dilakukan, tetapi memang masih banyak pengguna dimana bingung bagaimana cara melakukannya. Tetapi jangan khawatir! Karena kami sudah menyiapkan informasi lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu JTV Surabaya

Apa Itu JTV Surabaya

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara tracking frekuensi JTV Surabaya ini, maka perlu mengetahui lebih lanjut mengenai stasiun tv lokal satu ini. Jadi JTV Surabaya merupakan stasiun lokal Jawa Timur dimana dimiliki oleh Grup Jawa Pos.

Menjadi salah satu stasiun kebanggaan masyarakat Jawa Timur, hampir semua tayangan yang terdapat didalamnya inilah ternyata mengangkat budaya lokal. Bahkan hampir semua konten yang terdapat didalamnya juga membahas budaya ataupun tradisi masyarakat Jawa khususnya di Jawa Timuran.

Tidak sampai disitu saja, tayangan dari televisi inilah juga dapat menjangkau hampir semua wilayah di Jawa bagian timur sekaligus berinergi dengan sejumlah stasiun lokal. Hal tersebut bertujuan agar bisa membuat tayangan lokal dengan nuansa budaya Jawa.

Adapun penyiaran dari tayangan JTV inilah dirilis pertama kali pada 8 November 2001 oleh PT Jawa Pos Group. Kualitas gambar stasiun televisi inilah juga tergolong berkualitas standar serta menggunakan teknologi dengan format 576i SDTV dimana menjadi format standar.

Nah karena frekuensi dari tayangan stasiun televisi mengalami perubahan, maka tidak sedikit dari masyarakat juga mengatakan bahwa kehilangan tayangan. Hal tersebut tentu membuat sebagian besar masyarakat kecewa karena tidak dapat menonton tayangan kesayangan mereka.

Baca Juga:  Pengertian Sistem Bilangan Desimal dan Cara Konversi Bilangan Desimal.

Cara Tracking JTV Surabaya Terbaru SAtelit Telkom 4

Cara Tracking JTV Surabaya Terbaru SAtelit Telkom 4

Adapun buat melakukan tracking dari frekuensi Tv digital Surabaya satu ini dapat menggunakan dua yakni otomatis ataupun manual. Apabila Anda ingin menggunakan cara manual, maka perlu mengetahui kode frekuensi sekaligus simbol rate terlebih dahulu.

Sebelumnya, pengguna memperoleh frekuensi JTV tersebut di satellite Palapa D tetapi sekarang sudah berpindah ke Telkom 4. Tidak hanya JTV saja, tetapi juga sejumlah channel lokal dan nasional terlah memindahkan frekuensi siaran tersebut ke satelit Telkom.

Untuk lebih jelasnya berikut ini data frekuensi lengkap dari JTV yang terdapat di Telkom 4

Satelit Telkom 4
Frekuensi Transponder 4080
Koordinat satelit 108.0oE
Polaritas Horisontal
Format Video MPEG-2/SD
Simbol rate 32677
Nama Channel JTV
Provider K Vision
VPID 2131
SID 2113
Aspek rasio 4: 3
Akses FTA
Resolusi 720 x 576

Adapun channel JTV yang menggunakan satelit C-band inilah telah menggunakan transponder Telkom 4 sebagai pengganti lama. Dimana hal tersebut akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pengguna karena telah mendukung semua merk receiver parabola apapun.

Sedangkan pada receiver lama dimana masih menggunakan video encoding MPEG-2 ternyata siaran hanya SD alias standar definition. Tetapi jangan khawatir karena kualitas gambar ataupun video cukup jernih sehingga akan memberikan keuntungan tersendiri buat pengguna.

Frekuensi JTV di Ku Band

Selain bisa diakses melalui satelit C-band, ternyata keberadaan stasiun tv inilah juga sudah mengudara pada sejumlah transponder satelit Ku Band yang sedang popular. Seperti sudah diketahui Ku-Banda adalah pengembangan teknologi sistem komunikasi satelit yang menggunakan energi cukup tinggi.

Itu akan mengakibatkan penerimaan dari sinyal sudah sangat bagus walaupun hanya mengandalkan parabola mini dengan ukuran 45 cm saja. Nah berikut ini beberapa frekuensi JTV yang terdapat pada Ku Band dimana dapat dipilih oleh pengguna.

Baca Juga:  Inilah Cara Mendapatkan Paket K Vision Gratis 2023

Ses 9

Bagi Anda yang merupakan pengguna layanan TV satelit dengan Nex PARABOLA, maka mempunyai kesempatan agar dapat menikmati tayangan yang terdapat di dalam JTV satu ini secara gratis.

Tetapi pengguna harus menggunakan receiver dimana direkomendasikan oleh pihak provider. Berikut ini detail frekuensi lengkapnya yang perlu diketahui.

Channel JTV
Satelit Ses 9
Beam SE Asia
Spektrum Ku Band
Transponder 11861 V 45000
Koordinat 108 E
Frekuensi 11861
Simbol rate 45000
Polaritas Vertikal
Siaran FTV
Resolusi SD
Video MPEG-4
Enkipsi ABV
SISTEM DVB-S2
Receiver Nex Parabola
Modulasi 8PSK

Asiasat 9

Selain dari frekuensi diatas yang diketahui, ada juga frekuensi untuk asiasat 9 ini dimana bisa digunakan pada receiver tipe umum lho. Berikut ini penjelasan mengenai kode frekuensi dari Asisat 9.

Channel JTV
Spektrum Ku Band
Satelit Asiasat 9
Beam SE Asia
Transporder 12655 V 45000
Koordinat 122 E
Frekuensi 12655
Simbol Rate 45000
Polaritas Vertikal
Siaran FTA
Video MPEG-4
Modulasi 8PSK
Sistem DVB-S2
Receiver Umum

Measat 3a

BAGI Anda Yang merupakan pelanggan dari TV salatelit dari K vision maka bisa mendapatkan channel JTV secara gratis tanpa perlu mengeluarkan biaya sama sekali. Bagi para pengguna receiver rekomendasi serta tipe umum dapat membukanya dengan mudah karena mempunyai sifat FTA.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai kode frekuensi dari JTV Surabaya satu ini.

Channel JTV
Satelit Measat 3a
Beam
SE Asia
Spektrum Ku Band
Transporder 12436 H 31000
Koordinat 91.4 E
Polaritas Horizontal
Frekuensi 12436
Simbol Rate 31000
Siaran FTA
Resolusi  SD
Video MPEG-4
Modulasi 8PSK
Sistem DVB-S2
Receiver K Vision

Solusi Apabila Mendapatkan Sinyal Kurang Bagus

Solusi Apabila Mendapatkan Sinyal Kurang Bagus

Keberadaan dari JTV ini sendiri ternyata bermula dari sebuah proyek pendirian stasiun televisi nasional dimana direncanakan oleh Grup Jawa Pos 1999 silam dibawah PT Jawa Media Televisi Mandiri. Tetapi pihak dari JMTV sendiri gagal dalam mendapatkan kemenangan seleksi yang dilakukan oleh pemerintah.

Baca Juga:  3 Rangkaian Lampu Flip Flop: Prinsip Kerja, Jenis Serta Fungsinya

Pada akhirnya Grup Jawa Pos tersebut memutuskan buat mendirikan JTV serta meminta izin ke pemerintah setempat. Adapun siaran pertama kalinya ternyata dimulai pada 8 November 2001 dengan cakupan wilayahnya adalah Surabaya dan Sekitarnya dengan modal mulai dari 150 miliar.

Setelah mengetahui kode frekuensi diatas, maka Anda bisa segera melakukan tracking sekarang juga. Adapun kualitas sinyal dari tv digital JTV sendiri ternyata paling mudah dikunci terutama di Telkom 4 dan pada recever MPEG 4.

Tetapi apabila selama proses tracking tersebut selalu memperoleh sinyal yang tidak begitu bagus, maka terdapat sejumlah solusi yang dapat dilakukan oleh pengguna diantaranya adalah menyiapkan dish parabola dengan Lnb C-band dimana punya ukuran 10 feet atau lebih.

Selain itu, pengguna bisa focus pada titik sinyal yang datang dan jangan pernah goyang sedikitpun. Sebab kalau Anda sampai bergoyang ternyata bisa mengakibatkan sinyal menjadi hilang nantinya.

Apabila bar sinyal frekuensi tersebut sudah berada di atas angka 70 persen, kemudian baut dapat dieratkan kembali dengan baik.

Keberadaan dari stasiun TV JTV Surabaya ternyata menjadi kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Jawa Timur. Apabila Anda kehilangan tayangannya, maka pastikan mengetahui cara tracking frekuensi JTV Surabaya Terbaru.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment