Cara Mengatasi Remote AC Sharp Tidak Berfungsi, Ga Perlu Bawa ke Teknisi

Terdapat beberapa penyebab remote ac sharp tidak berfungsi. Untuk mengatasinya, Kamu harus mengetahui penyebab kerusakannya. Remote ac sendiri menjadi perangkat penting agar bisa menyalakan serta mematikan sebuah AC, dan mengatur suhu ruangnya.

Didalam suatu remote, terdapat berbagai fitur. Setiap merek mempunyai fitur dan cara penggunaanya yang berbeda. Sebuah ac di dalam ruangan tidak bisa berfungsi apabila tidak dibantu oleh peran remote. Maka dari itu, sangat penting untuk memperhatikan beberapa hal, agar remote tidak mudah rusak.

Pada umumnya, seluruh remote memiliki garis besar fitur yang sama, contohnya seperti tombol on off, pengaturan suhu, mode pendingin, kecepatan kipas AC, swing, dan masih banyak lagi. Apabila terdapat gangguan atau kerusakan pada remote, maka kemungkinan besar air conditioner tidak bisa digunakan.

Untuk memperbaikinya juga terbilang sangat mudah. Kamu tidak perlu membawanya ke tukang service, karena beberapa permasalahan yang disebabkan oleh remote tersebut rata-rata bisa diperbaiki sendiri dirumah, dengan bantuan beberapa alat atau video tutorial agar lebih mempermudah.

Cara Mengatasi Remote AC Sharp Tidak Berfungsi

Penyebab Remote Ac Sharp Tidak Berfungsi

Untuk mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya untuk mengetahui beberapa penyebab sebuah remote bisa tidak berfungsi. Hal tersebut akan lebih mempermudah kamu untuk memperbaikinya. Berikut merupakan beberapa penyebab remote ac tidak berfungsi yang wajib diketahui:

Remote Ac Rusak

Jika lampu led yang biasa terletak di bagian depan remot tidak menyala, bisa jadi menandakan bahwa remote tersebut rusak. Namun, apabila lampu led tetap menyala tapi tidak dapat berfungsi, penyebab utamanya adalah komunikasi antara nirkabel inframerah yang tidak bisa menerima data.

Kegagalan fungsi inframerah tersebut tidak dapat menerima maupun mengirim data yang diakibakan kerusahan pada perangkat Ac sharp yang kamu miliki. Hal tersebut bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengganti remote baru yang bisa dibeli pada beberapa toko elektronik.

Baca Juga:  Penyebab kenapa TV Tiba Tiba Mati dan Cara Mengatasinya 

Baterai Habis

Umumnya beberapa penyebab remote AC sharp tidak berfungsi adalah baterainya habis. Sebagian besar remote menggunakan baterai sebagai salah satu upaya agar lebih tahan lama. Tidak sedikit orang yang lupa untuk mengganti baterai yang berfungsi sebagai daya hidupnya.

Saat baterai sudah habis, tentu saja remote tidak bisa berfungsi sebagai mata mestinya. Terdapat ciri-ciri saat baterai habis, yaitu layar pada remote mulai meredup dan tidak menunjukkan gambar seperti biasanya. Jika hal tersebut terjadi, pastikan untuk segera mengganti baterainya dengan yang baru.

PCB Modul Erro

Penyebab lainnya adalah PCB Modul mengalami error. PCB Modul merupakan komponen utama yang biasa berfungsi untuk mengontrol semua bentuk proses pendinginan yang terjad pada AC, termasuk mematikan serta menyalakan AC menggunakan remote control pada merk Sharp.

Perlu menjadi perhatian, jika terjadi error pada modul tersebut, maka masalah ac tidak dapat dinyalakan sudah pasti terjadi. Penyebab suatu PCB modul bisa error sangat beragam, biasanya akibat terkena tegangan tinggi serta rendah dari voltase listrik yang tidak stabil. Umumnya juga terdapat komponen yang terbakar atau kabel yang acak-acakan disebabkan korsleting listrik.

Thermistor Bermasalah

Thermistor yang mengalami masalah juga dapat menjadi alasan suatu AC tidak menyala atau dimatikan oleh sebuah remote AC. Thermistor sendiri memiliki fungsi untuk pengatur suhu ruangan pada mesin pendingin udara, pada AC sharp sendiri, thermistor yang mengalami kerusakan ditandai oleh lampu time yanf yang mengalami kedap kedip atau menimbulkan bunyi.

Kerusakan ini tentu saja bukan lagi terletak pada komponen di dalam remote AC, tapi sudah terletak di dalam komponen ACnya. Yang dimana cara memperbaikinya adalah memanggil tukang service untuk membongkar ac dan memeriksa bagian thermistor yang mengalami masalah.

Baca Juga:  Cara Mengukur Dioda, Pengertian, Fungsi dan Cara Kerjanya 

IC Control

IC control yang rusak juga bisa menjadi alasan sebuah AC tidak dapat dinyalakan oleh bantuan remote. Apabila kerusakan IC control terjadi, kamu perlu menyerahkan permasalahan tersebut kepada ahlinya agar bisa dilakukan pengecekan dan perbaikan sesuai dengan ketentuan dan SOP yang berlaku.

Sensor AC Bermasalah

Penyebab AC tidak menyala selanjutnya adalah sensor bisa saja terkena air saat penyemprotan ke evaporator. Hal tersebut juga bisa disebabkan oleh tetesan air yang terkena ketika proses pendinginan. Cara untuk mengatasinya adalah membersihkan air yang terdapat pada sensor dengan menggunakan hair dryer agar cepat dalam pengeringannya.

Perlu menjadi perhatian, bahwa kerusakan sensos AC juga bisa diakibatkan karena usia dan lama pemakaiannya. Cara mengetahui hal tersebut bisa menggunakan multitester sebagai alat pendeteksi usia ac. Masalah lainnya juga dapat disebabkan oleh socket sensor yang mengalami kendur.

Jadi, penyebab remote ac sharp tidak berfungsi bisa dari dalam dan dari masalah acnya sendiri. Perhatikan terlebih dahulu penyebabnya, jika masalahnya ada pada ACnya, maka percuma mengisi baterai atau mengganti remote dengan yang baru.

Cara Mengatasi Remote AC Sharp Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Remote AC Sharp yang Tidak Berfungsi

Untuk Anda yang mengalami kerusakan pada remote AC tidak perlu khawatir, karena terdapat berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Hal tersebut juga tidak memakan waktu lama, apabila kerusakannya tidak parah. Namun, perlu diingat, jika kerusakan terjadi pada ACnya, kamu harus membawanya ke tukang service. Berikut beberapa cara mengatasinya:

Mengganti Remote AC

Salah satu penyebab remote tidak bisa digunakan adalah komponen di dalam remote tersebut sudah lama dan using, sehingga tidak dapat lagi berfungsi dengan baik. Salah satu cara mengatasi hal tersebut yang paling umum adalah menggantinya dengan yang baru.

Baca Juga:  Fungsi Remote AC Sharp yang Wajib Diketahui Pengguna, Apa Saja?

Perlu menjadi perhatian, untuk sebuah remote ac tidak di bandrol dengan harga yang mahal, kamu juga bisa mencarinya pada setiap market place sesuai merk dan tipenya. Jika ingin menjamin keamanan, lebih baik pesan dan beli di official store.

Menggunakan Aplikasi Remot

Jika kamu ingin irit biaya dan tidak ingin mengganti remote dengan yang baru. Maka bisa menggunakan aplikasi. Dengan kemajuan teknologi saat ini, kamu bisa mengatur suhu AC melalui ponsel yang digunakan. Beberapa aplikasi pendukung sudah tersedia dan dapat didownload dengan gratis.

Hal ini akan menghemat waktu dan juga biaya. Cara tersebut juga lebih mudah dibandingkan harus menggantinya dengan yang baru. Terdapat berbagai panduan dan fitur yang disediakan oleh berbagai aplikasi pendukung tersebut. Jadi, kamu bisa menggunakannya dengan mudah.

Bawa ke Service Center

Perlu menjadi perhatian, hal ini bisa kamu lakukan jika AC yang dibeli baru beberapa minggu atau beberapa bulan, namun remote yang digunakan tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal tersebut bisa dibawa ke service center, dan mereka akan mencari solusi yang terbaik untuk kamu.

Beberapa cara mengatasi remote AC Sharp tidak berfungsi diatas bisa langsung dipraktekkan. Dalam mengetahui beberapa penyebab remote tidak berfungsi, sebaiknya kamu rutin mengecek remote maupun AC, agar bisa tetap digunakan dalam waktu yang lama.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment