Mengenal Warna Resistor 10k serta Kisaran Harga Terbaru 2024

Sudah tahukah beberapa macam warna resistor 10k? ya, informasi satu ini memang sangat penting diketahui terutama kalau Anda akan memanfaatkan keberadaan dari elemen tersebut. Keberadaan dari resistor tipe inilah ternyata paling mudah ditemukan di pasaran atau toko elektronik.

Komponen elektronika inilah ternyata lebih banyak diproduksi dengan menggunakan bahan karbon film dimana dipadukan dengan keramik. Selain itu, Anda juga akan menemukan adanya terminal yang terdapat pada kedua ujungnya.

Untuk beberapa jenis, seperti resitor dengan nilai hambatan 10k resistor ternyata mempunyai bahan pembuatan dari metal film. Selain itu juga mempunyai nilai toleransi jauh lebih rendah nantinya, berikut ini penjelasan lengkap mengenai r 10k ini.

Pengertian Resistor

Pengertian Resistor

Sebelum Anda mengetahui bagaimana warna resistor 10k, maka wajib memahami lebih lanjut mengenai pengertiannya. Hal tersebut sangat penting karena tidak sedikit dari masyarakat awam ternyata belum memahami pengertiannya lebih lanjut.

Secara umum, resistor menjadi salah satu komponen yang paling sering ditemukan pada rangkaian elektronika dan hampir semua peralatan tersebut juga menggunakannya. Ini merupakan komponen elektronika pasif dengan nilai hambatan tertentu.

Fungsinya adalah untuk membatasi ataupun mengatur arus listrik didalam suatu rangkaian dari elektronik nantinya. Resistor juga sering dikenal dengan sebutan hambatan atau tahanan yang disingkat dengan huruf R.

Sedangkan satuan dari hambatan tersebut yakni OHM, dimana sebutan tersebut diambil dari nama penemunya yakni Georg Simon Ohm dan termasuk ke dalam fisikawan asal Jerman. Fungsi dari resistor inilah ternyata juga cukup beragam.

Seperti sebagai pembatas arus listrik, pengatur arus listrik, pembagi tegangan listrik hingga dapat berfungsi untuk menurunkan tegangan listrik. Secara umum keberadaannya juga dibedakan menjadi beberapa jenis seperti fixed resistor, variable resistor hingga thermistor.

Baca Juga:  Cara Membaca Kode Warna Resistor yang Benar

Sedangkan untuk nilai hambatannya ternyata juga berbeda-beda seperti dengan resistor 10k ini. Nah, kali ini kami akan memberikan penjelasan mengenai resistor dengan nilai hambatan 10 kilo termasuk juga mencaritahu kode warnanya.

Apa Itu Kode Warna Pada Resistor

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa keberadaan dari komponen inilah ternyata juga cukup krusial untuk sejumlah barang elektronik nantinya. Didalamnya inilah terdapat sejumlah hal yang perlu dipahami dengan baik termasuk dengan kode warnanya.

Nah kode warna pada resistor inilah merupakan kode warna yang digunakan untuk mengindikasikan resistansi suatu resitor. Kode warna inilah dapat dibentuk dari 3,4 ataupun 5 gelang warna dan setiap gelangnya juga mempunyai angka sendiri untuk membentuk sebuah angka resistensi tersebut.

Salah satu kode warna resistor dimana perlu diketahui adalah dengan nilai hambatan 10kilo ini. Dimana untuk mengetahuinya, maka Anda membutuhkan tabel kode terlebih dahulu dan standar itulah ternyata mengikuti IEC60062 dimana sudah diaplikasikan di dunia.

Kode Warna Resistor 10K

Kode Warna Resistor 10K

Mengetahui bagaimana kode dari gambar resistor 10k memang sangat penting diketahui. Secara umum, resistor yang terbuat dari jenis bahan karbon biasanya akan menggunakan 4 set gelang warna saja yakni coklat, orange, hitam serta emas.

Dimana warna itulah dapat menunjukkan bagaimanakah nilai toleransinya nantinya. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai kode warna dari R10K ini.

Jumlah gelang warna Gelang 1 Gelang 2 Gelang 3 Gelang 4 Gelang 5
4 gelang warna Coklat Hitam orange Emas
5 gelang warna coklat hitam Hitam merah Emas

Dari penjelasan diatas maka spesifikasi dari kode warna resistor 10k tersebut yakni:

  • Nilai resistensi : 10kilo OHM
  • Daya : 0,25 watt atau 0,5 watt
  • Toleransi : 5 persen
  • Jenis : carbon
  • Suhu kerja : -55 – 150oC
  • Plaritas : Non-polar
  • Koefisien suhu : 350ppm/ oC
Baca Juga:  4 Cara Aktivasi Nex Parabola yang Bisa Dipraktekkan Sendiri di Rumah

Jadi kesimpulannya adalah 10×1000 +/-5%= 10k ohm.

Bagaimana Bentuk dari Resistor 10K

Tidak sedikit dari masyarakat awam ternyata belum mengetahui dengan baik bagaimana bentuk dari resistor 10k ohm tersebut. Hal tersebut memang cukup lumrah karena tidak semua orang bekerja di bidang elektronik.

Nah untuk R 10 kilo inilah mempunyai 4 buah gelang yang terdiri dari warna coklat, jingga, hitam dan emas untuk toleransi 5% secara berurutan. Sedangkan untuk R 1K ohm mempunyai 4 jenis gelang yakni coklat, hitam, emas dan merah untuk toleransi sebesar 5% secara berurutan.

Kisaran Harga R10K

Selain informasi mengenai kode warna, jenis dan bentuknya, kisaran harga dari resistor 10 kilo inilah juga wajib diketahui. Sebab nantinya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi Anda apabila akan memanfaatkan keberadaan komponen elektronik tersebut.

Di sejumlah toko online ataupun e-commerce, harga komponen R 10K sendiri ternyata sangat beragam dan tergantung dengan daya watt sekaligus jenisnya. Misalnya saja resistor karbon dengan daya 0,5 watt biasanya dijual dengan harga Rp100- Rp200 untuk setiap unitnya.

Sedangkan ukuran 10k yang terbuat dari bahan metal film biasanya mempunyai harga lebih mahal yakni sekitar Rp1000 – Rp 1500 per unit. Perlu diingat juga bahwa harga inilah akan semakin mahal apabila daya dari resistor tersebut juga akan lebih besar.

Jenis-jenis Resistor yang Perlu Diketahui

Jenis-jenis Resistor Yang Perlu Diketahui

Sebagai informasi tambahan, Anda juga perlu mengetahui jenis-jenis komponen satu ini. Adapun jenisnya sendiri dibedakan berdasarkan dari material pembuatan dari benda tersebut, material inilah ternyata juga akan membedakan harga untuk setiap unitnya.

Berikut ini jenis-jenis resistor berdasarkan dengan material pembuatannya:

Karbon Film

Tipe pertama adalah karbon film dimana mempunyai karakteristik dengan warna coklat dan intinya terbuat dari keramik. Keramik inilah ternyata juga sudah diberikan adanya lapisan residu karbon yang berfungsi sebagai penghantar nantinya.

Baca Juga:  Ukuran TV 32 Inch Samsung dan Rekomendasi Terbaik 2024

Sebagian besar produk elektronik ternyata menggunakan jenis ini kecuali apabila membutuhkan nilai resistansi stabil sekaligus presisi. Kelemahan komponen dengan bahan ini adalah apabila toleransinya lebih besar dari 5% maka akan panas dan berubah seiring berjalannya waktu.

Metal Film

Perbedaan dari tipe carbon adalah bahan yang digunakan untuk melapisi keramik intinya. Dimana pada jenis ini akan menggunakan lapisan logam nichrome dengan tahanan dalam jumlah tertentu sebagai nilai tahanannya nantinya.

Untuk memperoleh berbagai nilai tahanan itulah, maka lapisan nikrome yang terdapat pada keramik dipotong seperti bentuk spiral sehingga seperti kawat dimana melilite inti keramik.

Metal Oxide

Tipe berikutnya adalah metal oxide ini dimana mempunyai kelebihan dengan daya tahan cukup bagus terhadap suku tinggi. Tipe resistor inilah juga dapat mencapai nilai tahanan tinggi seperti tipe carbon.

Wire Wound

Jenis satu ini akan dibuat dengan cara melilitkan kawat bertahan atau tipe kawat niklin ke sebuah inti dari keramik. Adapun jumlah lilitan itulah akan menentukan besarnya ohm yang terdapat pada resistornya.

Apabila ingin memperoleh nilai resistor lebih besar dengan lilitan yang sama maka dibutuhkan kawat dengan tahanan berjumlah besar juga.

Mengetahui bagaimana kode warna dari komponen elektronika ini adalah hal yang sangat penting dilakukan. Sudah tahu bukan bagaimana warna resistor 10k diatas? dan pastikan tidak sampai salah dalam membelinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment