Pengertian Kapasitor Elektrolit, Fungsi, Jenis, Serta Contohnya

Apakah Anda sudah mengetahui pengertian kapasitor elektrolit, fungsi, jenis, cara kerja hingga contohnya? Seperti sudah diketahui bahwa keberadaan dari komponen satu ini mungkin masih asing bagi masyarakat awam.

Padalah fungsi kapasitor adalah sangat krusial bagi sebuah alat elektronik dan biasanya juga lebih popular disebut dengan elco yang berasal dari electrolit condensator. Adapun fungsi utama dari keberadaan elemen tersebut yakni sebagai media untuk penyimpanan arus listrik dalam periode tertentu.

Secara umum penggunaan benda kapasitor elektrolit inilah juga dapat ditemukan pada berbagai barang elektronik seperti relay, power supply, servos, ponsel dan masih banyak lagi. Agar Anda semakin paham, maka pastikan mengetahui ulasan mengenai pengertian kapasitor dan fungsinya dibawah ini.

Pengertian Kapasitor Elektrolit Fungsi Jenis Cara Kerja

Pengertian Kapasitor Elektrolit Fungsi Jenis Cara Kerja

Perlu diketahui bahwa keberadaan dari kapasitor elektrolit sendiri masuk ke dalam komponen elektronik dengan sifat pasit. Inilah alasan kenapa keberadaannya tersebut juga dikenal dengan sebutan sebagai elco alias electrolit condensator.

Disebut demikian sebab alat satu ini memanfaatkan keberadaan bahan dielektrik yang berupa cairan ionic dengan sifat konduktif. Elemen inilah biasanya juga akan dibuat dengan adanya isolator dengan bentuk tabung.

Tabung inilah mempunyai fungsi sebagai wadah yang dapat digunakan untuk menyimpan lapisan elektrolitnya tersebut. Sehingga konstruksi dari kapasitor elco sendiri mencakup komponen tambahan yaitu adanya dua kaki terminal logam dimana akan berfungsi sebagai elektroda.

Nah kedua kaki terminal itulah nantinya akan disekat oleh lapisan elektrolit teroksidasi yang akan berfungsi sebagai isolatotor nantinya. Adapun secara umum cara kerjanya juga mempunyai kemiripan dengan keberadaan kapasitor lainnya.

Hanya saja untuk tipe ini mempunyai polaritas yang berbeda dimana dapat ditemukan pada kedua jenis kakinya. Oleh sebab itulah gambar kapasitor elektrolit mungkin akan berbeda dengan simbol jenis kapasitor non polar lainnya

Baca Juga:  Berapa Daya Kulkas Sharp 1 Pintu? Ini Besaran Energi yang Dibutuhkan!

Karakteristik dari Elco

Karakteristik dari Elco

Untuk memahami keberadaan benda bernama kapasitor elektrolit (elco) inilah, Anda juga wajib untuk memahami bagaimana karakteristik dari elco kapasitor satu ini. Hal tersebut sangat penting sebab jika dilihat sekilas mungkin tidak terdapat perbedaan cukup signifikan dengan tipe kapasitor lainnya.

Berikut ini sejumlah karakteristik yang dihadirkan pada elco ini diantaranya adalah:

  1. Menggunakan cairan elektrolit sebagai bahan di elektrika
  2. Rentang nilai kapasitas yang tersedia didalamnya adalah 0,01 uF hingga 10.000 uF
  3. Rentang nilai tegangan kerja maksimalnya yakni 16 V hingga 450 V
  4. Mempunyai suhu maksimum 105oC
  5. Termasuk ke dalam jenis kapasitor polar

Fungsi Kapasitor Elektrolit

Berikutnya adalah terkait dengan fungsi kapasitor elektrolit satu ini dimana harus dipahami oleh Anda dengan baik. Jika membahas seputar fungsinya sebenarnya memang tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis lainnya.

Dimana secara umum fungsinya adalah digunakan sebagai media untuk melakukan proses penyimpanan energi listrik yang masuk. Namun ternyata keberadaannya juga tidak hanya sebagai media penyimpanan saja tetapi ternyata jauh lebih luas terutama dalam rangkaian kelistrikan.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini sejumlah fungsi dari elco yang perlu dipahami dengan baik:

Fungsi Pada Amplifier

Amplifier menjadi salah satu komponen yang cukup penting terutama pada rangkaian dari sound system nantinya. Nah elco pada alat ini sendiri mempunyai fungsi untuk menghubungkan antara satu amplifier dengan lainnya.

Pada Antena

Tidak hanya memiliki fungsi pada amplifier saja tetapi juga pada antenna, dimana elco dapat difungsikan sebagai pembangkit frekuensi. Dengan demikian maka antenna dapat berfungsi dengan maksimal untuk mencari frekuensi.

Menghemat Daya Listrik

Tidak dapat dipungkiri bahwa keberadaan dari komponen inilah memang mempunyai fungsi yang cukup krusial nantinya. Bahkan kehadirannya juga dapat berperan untuk menghemat penggunaan dari daya listrik.

Baca Juga:  7 Rekomendasi Parabola Mini Andalan

Sebagai Filter

Masih ada fungsi lainnya dari alat ini yakni dapat berperan sebagai filter juga alias menyaring yang dapat menghambat timbulnya noise alias berisik. Bahkan kehadirannya juga dapat berperan sebagai konduktor karena kemampuannya membantu meneruskan arus AC (alternating current).

Dapat Berfungsi Sebagai Isolator

Lebih luas lagi fungsi dari kapasitor pola ini adalah dapat berguna sebagai isolator. Hal tersebut disebabkan karena elco ini jugalah mempunyai kemampuan dalam menghambat arus DC (direct current).

Tidak sampai disitu saja keberadaannya ternyata juga dapat digunakan di dalam rangkaian resonansi. Selain itu, juga dapat berperan sebagai filter dimana akan mengatur tinggi ataupun rendahnya frekuensi.

Cara Kerja dari Elco

Apabila sebelumnya sudah mengetahui bagaimana fungsi dari kapasitor, maka berikutnya adalah memahami bagaimanakah cara kerja yang dihadirkan didalamnya tersebut. Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa cara kerjanya tidak jauh berbeda dengan jenis elco lainnya.

Yakni pada saat elco diberi muatan, maka nantinya arus listrik dapat mengalir untuk menuju kedua kaki terminalnya. Elektron dengan muatan positif itulah nantinya akan langsung berkumpul di kutub positif dan sebaliknya, arus listrik dengan electron negative juga akan berkumpul pada kaki terminal negative.

Tetapi, arus listrik yang terdapat pada dua kaki terminal inilah tidak akan berpindah ataupun mengalir satu sama lainnya. Hal tersebut terjadi karena adanya isolator yang dibuat dari bahan non konduktif dimana menjadi pemisah antar terminalnya.

Peran dari isolator didalam hal inilah ternyata adalah sebagai sekat alias pemisah. Tujuannya yakni supaya arus listrik yang terdapat di terminal negative itulah tidak akan berpindah pada terminal positif ataupun juga sebaliknya.

Jenis-jenis dari Kapasitor Elektolit

Tidak dapat dipungkiri bahwa cara kerja kapasitor inilah ternyata tidak jauh berbeda dengan jenis-jenis lainnya. Perlu diketahui juga bahwa keberadaan dari komponen inilah ternyata mempunyai sejumlah tipe yang perlu diperhatikan dengan baik diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Cara Menghidupkan Kompresor Kulkas Tanpa Relay dengan Mudah

Tantalum

Pertama adalah tantalum dimana merupakan elco yang menggunakan bahan dielektrik yang terbuat dari bahan tantalum.

Niobium

Merupakan tipe elco yang terbuat dari bahan dielektrik dari niobium.

Aluminium

Sama seperti dengan sebelumnya, dimana elco ini menggunakan isolator yang berasal dari bahan aluminium dioksida.

Contoh Penggunaan dari Elco

Contoh Penggunaan dari Elco

Perlu diketahui bahwa penggunaan dari elco inilah ternyata memang sudah cukup luas lho dan bahkan juga dapat ditemukan pada sejumlah barang elektronik. Berikut ini sejumlah barang elektronik yang menggunakan alat ini:

  1. Telefon
  2. Televisi
  3. Radio
  4. Speaker
  5. Remote control
  6. Mainan anak-anak
  7. Peralatan rumah tangga
  8. Relay dan masih banyak lagi.

Perbedaan Antara Kapasitor dan Elco

Tidak sedikit dari Anda mungkin juga akan bertanya-tanya apa perbedaan elco dan kapasitor tersebut bukan? sebenarnya elco sendiri adalah salah satu jenis kapasitor, sedangkan capasitor secara umum terdiri dari beberapa jenis yakni mylar, elco, keramik hingga variable. Jadi dapat disimpulkan bahwa elco merupakan salah satu jenis kapasitor.

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya bahwa keberadaan dari kapasitor elektrolit inilah mempunyai fungsi penting yakni digunakan untuk menyimpan arus listrik untuk beberapa saat. Demikian pengertian kapasitor elektrolit, fungsi jenis cara kerja serta contohnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment