Konversi Celcius ke Kelvin, Reamur, Fahrenheit + Contoh Soalnya

Skala suhu Celcius adalah skala suhu yang paling banyak digunakan untuk pengukuran suhu di dunia termasuk Indonesia. Namun, tahukah Anda bahwa Kelvin adalah skala suhu resmi yang diakui dalam Standar Internasional (SI). Oleh karena itu, penting untuk tahu bagaimana konversi Celcius ke Kelvin.

Selain Celcius (⁰C) dan Kelvin, sebenarnya masih ada skala suhu lainnya yang dipakai untuk mengukur temperatur seperti Reamur (⁰R) dan Fahrenheit (⁰F). Setiap jenis skala suhu tersebut dipakai di negara berbeda. Misalnya Fahrenheit digunakan di Amerika dan Celcius dipakai di Asia dan negara Eropa.

Pada artikel kali ini akan diberikan rumus Celcius ke Kelvin dan contoh soalnya lengkap untuk mengasah kemampuan para siswa terhadap materi konversi satuan suhu.

Pengertian Skala Suhu

Pengertian Skala Suhu

Skala suhu Kelvin merupakan skala suhu yang diakui berdasarkan Standar Internasional (SI) untuk mengamati suhu di laboratorium. Oleh karena itu, skala suhu Kelvin tidak digunakan untuk mengukur suhu di kehidupan sehari-hari melainkan lebih untuk kegiatan riset penelitian.

Skala Kelvin ditetapkan oleh Sir William Thomson Kelvin, seorang ahli Fisika pada abad ke 19 awal yang juga membuat skala pada termometer. Skala Kelvin dilambangkan dengan huruf K. Sir William Thomson Kelvin menetapkan bahwa es akan mencair di suhu 273 K, sementara air akan mendidih di suhu 373 K.

Sementara itu, skala suhu Celcius ditemukan sejak abad ke-18 Masehi oleh seorang astronom bernama Anders Celcius. Ia  juga membuat termometer skala Celcius yang memiliki dua titik acuan yakni titik tetap bawah dan atas.

Titik tetap bawah pada termometer Celcius adalah suhu es saat mencair yang diberi nilai 0. Sementara titik tetap atas termometer Celcius adalah ketika air mendidih di tekanan atmosfer 1 atm. Jadi skala Celcius 100 satuan skala dilihat dari jarak titik tetap atas dan titik tetap bawahnya.

Baca Juga:  Logam yang Dapat Mencegah Korosi pada Bumper Mobil Adalah?

Jika melihat batas bawah dan atas skala Celcius dan Kelvin maka bisa disimpulkan bahwa keduanya mempunyai jarak skala yang sama, yaitu 373 K – 273 K = 100. Namun, skala suhu Kelvin tidak menggunakan simbol derajat (K).

Tabel Konversi 4 Skala Suhu

Tabel Konversi 4 Skala Suhu

Untuk melakukan konversi skala suhu Celcius ke Kelvin atau sebaliknya Kelvin ke Celcius, maka pertama-tama harus dilihat berdasarkan pembagian skala. Pembagian skala Celcius dan Kelvin sama-sama 100 satuan derajat. Sehingga kenaikan 1 suhu Kelvin sama dengan kenaikan 1 ⁰C.

Jika diketahui skala suhu Kelvin dan ingin diubah ke Celcius, maka suhu Kelvin dikurangi titik bawah tetap termometer Kelvin yakni 273. Jika ingin mengkonversi suhu Celcius ke Kelvin dengan menambahkan suhu Celcius dengan titik bawah tetap termometer kelvin 273.

Jarak skala suhu untuk Reamur dan Fahrenheit berbeda dari Celcius dan Kelvin. Titik tetap atas Reamur adalah 80 ⁰R sementara titik tetap bawahnya adalah 0 ⁰R.

Sehingga jarak skalanya adalah 80. Sementara skala suhu untuk Fahrenheit adalah 32 ⁰F untuk titik tetap bawahnya dan 212 ⁰F untuk titik tetap atasnya.

Untuk memudahkan, di bawah ini adalah tabel yang berisi daftar konversi 4 skala suhu yakni Celcius (⁰C), Kelvin (K), Reamur (⁰R) dan Fahrenheit (⁰F).

Dari Ke
Celcius Kelvin Reamur Fahrenheit
Celcius C C + 273 4/5 x C (9/5 x C) + 32
Kelvin K – 273 K 4/5 x (K – 273)
Reamur 5/4 x R (5/4 x R) + 273 R (9/4 x R) + 32
Fahrenheit 5/9 x (F – 32) 4/9 x (F – 32) F

 

Cara membaca tabel di atas cukup melihat kolom “Dari” kemudian kolom “Ke” untuk mengetahui rumus konversinya. Misalnya rumus konversi Celcius ke Kelvin adalah K = C + 273. Jika dibalik, maka rumus konversi skala suhu Kelvin ke Celcius adalah C = K – 273.

Baca Juga:  Ini Rumus Energi Listrik Lengkap dengan Cara Menghitungnya

Kumpulan Contoh Soal Konversi Celcius ke Kelvin dan Lainnya

Kumpulan Contoh Soal Konversi Celcius ke Kelvin dan Lainnya

Agar Anda lebih paham materi konversi keempat suhu seperti Celcius Kelvin, Celcius ke Fahrenheit, Celcius ke Reamur dan sebaliknya, cobalah berlatih dengan mengerjakan berbagai kumpulan contoh soal di bawah ini.

1. Soal 1

Diketahui suatu zat cair diukur memakai termometer Celcius dan menunjukkan suhu sebesar 57 °C. Tentukan berapa suhu zat cair tersebut jika diukur memakai termometer skala Kelvin?

Diketahui:

Termometer Celcius = 57 °C

Jawab:

K = °C + 273

K = 57 °C + 273

K = 330 K

2. Soal 2

Siswa kelas 9 sedang melakukan pengukuran suatu benda di dalam laboratorium menggunakan termometer Kelvin. Suhu yang terukur sebesar 334 K. Hitunglah berapa suhu benda tersebut jika diukur menggunakan termometer skala Celcius?

Diketahui:

Termometer Kelvin = 334 K

Jawab:

°C = K – 273

°C = 334 – 273

°C = 61 °C

3. Soal 3

Suhu yang dilaporkan di berita luar negeri untuk daerah Amerika Serikat adalah 50 °F. Berapakah suhu dalam skala Fahrenheit tersebut jika dikonversi ke dalam skala Celcius?

Diketahui:

Termometer Fahrenheit = 50 °F

Jawab:

°C = 5/9 x (°F – 32)

°C = 5/9 x (50 °F – 32)

°C = 5/9 x 18 °F

°C = 10 °C

4. Soal 4

Diketahui suhu sebuah benda yang diukur menggunakan skala Reamur sebesar 72 °R. Hitunglah berapa suhu benda tersebut apabila diukur memakai termometer Fahrenheit?

Diketahui:

Termometer Reamur = 72 °R

Jawab:

°F = (9/4 x °R) + 32

°F = (9/4 x 72 °R) + 32

°F = 162 + 32

°F = 194 °F

5. Soal 5

Untuk mengukur suhu benda cair yang ada di laboratorium, termometer yang bekerja hanyalah termometer Celcius. Angka yang terukur sebesar 75 °C. Hitunglah berapa suhu benda cair jika diukur dengan termometer Reamur?

Baca Juga:  Simbol Transformator Listrik (Step Up, Down, Variabel, Isolasi, dll)

Diketahui:

Termometer Celcius = 75 °C

Jawab:

°R = 4/5 x °C

°R = 4/5 x 75 °C

°R = 60 °C

6. Soal 6

Ibu sedang merebus air di dalam panci hingga hampir mendidih. Suhu yang terlihat pada termometer adalah 85 °C. Tentukan berapa suhu air yang direbus tersebut menggunakan skala termometer Fahrenheit?

Diketahui:

Termometer Celcius = 85 °C

Jawab:

°F = (9/5 x °C) + 32

°F = (9/5 x 85 °C) + 32

°F = (9/5 x °C) + 32

°F = 185 °F

7. Soal 7

Suhu oven yang tertera pada termometer Fahrenheit adalah 167 °F. Tentukan berapa suhu oven menggunakan skala termometer Celcius?

Diketahui:

Termometer Fahrenheit = 167 °F

Jawab:

°C = 5/9 x (°F – 32)

°C = 5/9 x (167 °F – 32)

°C = 5/9 x 135

°C = 75 °C

Skala suhu yang dikenal secara resmi di seluruh dunia adalah 4 jenis yakni Celcius (⁰C), Kelvin, Reamur (⁰R) dan Fahrenheit (⁰F).

Setiap skala suhu tersebut bisa dikonversi ke skala suhu lainnya. Misalnya skala suhu Celcius ke Kelvin bisa dikonversi dengan cara menambahkan titik tetap bawah Kelvin sebesar 273.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment