Daftar Kode AC Daikin, Jenis dan Cara Mengatasinya

Daikin merupakan salah satu merk mesin pendingin ruangan yang kualitasnya tidak kalah saing dengan berbagai macam merk AC serupa lainnya. Walaupun demikian, beberapa orang yang menggunakan AC tersebut mungkin kerap mengalami masalah teknis tanpa sepengetahuannya. Kamu hanya bisa mengatasinya sesuai dengan daftar kode AC Daikin yang dimiliki, sedangkan proses perbaikannya pun tidak terlalu lama.

Tak sedikit pengguna AC Daikin masih belum tahu kode merk AC yang mereka gunakan, padahal informasi tersebut sangat penting untuk diketahui. Jika kamu tidak tahu kodenya sama sekali, kamu akan sulit mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah sederhana sampai serius yang terjadi pada AC Daikin di rumah. Alhasil, perangkat akan semakin lama diperbaiki dan mungkin saja kamu harus beli AC baru.

Sementara itu, Daikin mempunyai berbagai macam jenis AC berbeda yang satu sama lain memiliki keunikannya masing-masing. Kalau kamu menganggap semuanya sama, sebaiknya temukan informasi lengkapnya lewat artikel ini. Kamu bukan sekadar tahu kode error AC Daikin saja, melainkan jenis-jenis mesin pendinginnya agar dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Daftar Kode AC Daikin

Jenis-jenis AC Daikin

Daikin memiliki beragam jenis mesin pendingin ruangan berkualitas dan tahan lama. Selain itu, harganya tidak terlalu mahal dan masa garansinya lebih lama. Beberapa tipe AC Daikin yang cukup populer antara lain:

  • AC Daikin Inverter FTKQ 20 ¾ PK

AC ini sudah terbukti mampu menghemat energi, sehingga dapat menekan budget listrik di rumahmu. Tipe mesin pendingin ruangan ini bahkan sudah menggunakan teknologi flash inverter untuk performa lebih maksimal. Jadi, udara tetap sejuk tanpa memakai daya ekstra.

  • AC Daikin FTC 25 1 PK

Tipe AC Daikin selanjutnya yang kualitasnya tidak kalah unggul adalah Daikin FTC 25 1 PK. AC ini mempunyai keunggulan utamanya adalah ekstra dual power yang dapat mendinginkan seluruh penjuru ruangan di rumah dengan cepat. Cocok untuk kamu yang selalu kegerahan setiap hari.

  • AC Daikin FTC 15 ½ PK
Baca Juga:  Cara Kerja Timer Kulkas 2 Pintu dan Jenis Lengkap

Daikin FTC 15 ½ PK adalah mesin pendingin ruangan yang dilengkapi teknologi econo dan sistem nano. Kedua fitur ini sudah terbukti ampuh dan efektif untuk menghadirkan suhu ruangan yang bersih, sejuk dan steril. Jadi, rasa gerah akan hilang dengan udara lebih sehat.

  • AC Daikin FTKC 25 PVM

AC ini sudah terbukti ampuh membersihkan udara ruangan dengan efisien. Pasalnya, filter udara titanium yang terkandung di dalamnya mampu membersihkan udara lebih cepat dan optimal lho. AC ini bahkan tidak bising saat digunakan, bahkan hanya sebesar 22 desibel saja.

  • AC Daikin FTNE 15 MV14 ½ PK

Jika kamu sedang mencari AC berkualitas, sebaiknya coba AC Daikin FTNE 15 MV14 ½ PK. Tak dapat dimungkiri bahwa mesin pendingin ruangan ini hanya butuh kapasitas listrik sebesar 380 watt saja. Walaupun PK nya rendah, namun fiturnya lengkap dan bisa tinggalkan kesan sejuk setiap hari.

  • AC Daikin FTV 15BXV14

Kalau kamu sedang mencari AC standar untuk kamar tidur, pilih AC Daikin FTV 15BXV14 berukuran ½ PK. Sebab, kapasitas pendinginannya menembus angka 5.000 (Btu/h) dengan kebutuhan daya sebesar 380 watt. AC ini pun sudah menggunakan freon tipe R32 yang tidak akan merusak lapisan ozon lho.

  • AC Daikin FTKQ25SV 1 PK

AC selanjutnya yang sudah terbukti hemat listrik dan bisa mengantarkan suhu udara lebih cepat adalah AC Daikin FTKQ25SV 1 PK. Pasalnya, kamu tidak perlu menghabiskan listrik besar untuk menggunakannya, sedangkan daya yang dibutuhkan hanya mencapai 180 watt saja.

  • AC Daikin FTP15AV14

AC ini membutuhkan kapasitas daya listrik mencapai 390 watt, sedangkan suhu udara yang dihasilkan sangat dingin dan terasa dalam hitungan detik saja. Fitur 3D Airflow yang tersemat di dalamnya mampu mengoptimalkan sirkulasi udara dengan baik dan lancar saat digunakan.

  • AC Daikin FTV20CXV14

AC ini berkapasitas ¾ PK dan cocok untuk kamu yang ingin menekan budget listrik. AC ini punya beragam fitur canggih, salah satunya adalah self-diagnosis. Fitur ini bisa mendeteksi kerusakan dini, sehingga kamu dapat mengidentifikasinya sebelum memanggil tukang service.

  • AC Daikin Urusara 7

AC Daikin Urusara 7 Seri FTXZ-NVM4 tersedia dalam beragam kapasitas mulai dari 1, 1.5 sampai 2 PK. AC ini mampu memberi embusan angin yang sejuk dan menyegarkan mencapai 12 meter ke depan lho. Fitur Plasma Electrik Discarge pada filter AC ini bisa butuh bakteri dan kuman dengan cepat.

Kode Error AC Daikin Indoor

Kode Error Keterangan
A0 Error pada eksternal protective device
A1 Kerusakan pada bagian PCD E prom
A3 Level di sistem drain
A6 Motor blower overload
A7 Kerusakan pada bagian motor swing
A9 Kerusakan pada EXF
AF Level di atas drain sudah limit
AH Kerusakan pada perawatan filter udara
AJ Kerusakan bagian setting kapasitas
C4 Kerusakan bagian thermistor heat exchange
C5 Masalah pada bagian thermistor pipa gas
C9 Masalah pada bagian thermistor inlet udara
CJ Kerusakan thermostat
L0 Sistem inverter rusak
L4 Kenaikan suhu kipas
L5 Motor kompresor inverter macet
L6 Koil motor kompresor macet
L8 Arus inverter tidak stabil
L9 Masalah bagian start up inverter
LA Kerusakan bagian power
LC Masalah bagian transmisi inverter serta PCB
P1 Proteksi pada inverter over ripple
P4 Kenaikan suhu radiasi sensor

Kode Error AC Daikin Outdoor

Kode Error Keterangan
E1 HP menyala
E4 LP menyala
E6 Kompresor terkunci
J2 Current sensor bermasalah
J3 Thermistor pipa discharge mengalami kerusakan
J5 Thermistor pipa suction mengalami kerusakan
J6 Thermistor pipa heat excharger mengalami kerusakan
J7 Thermistor header mengalami kerusakan
J8 Kerusakan pada bagian thermistor pipa oli equalizer
J9 Kerusakan bagian thermistor pipa recaiver gas
JA Tekanan pipa discharger mengalami kerusakan
JC Sensor pipa suction rusak
Baca Juga:  Berapa Watt Kompor Listrik, Tips dan Kelebihan Penggunaannya

Cara Mengatasi Kode Error AC Daikin yang Tiba-tiba Muncul

Kalau kamu ingin tahu cara mengatasi kode error AC Daikin yang tiba-tiba muncul, masalahnya hanya dapat diatasi dengan langkah-langkah sederhana di bawah ini:

  • Tekan tombol Temperatur atau Suhu pada remote AC Daikin kamu.
  • Cari kode pertama, kalau terdengar suara bip sebanyak dua kali, itu artinya kode ke satu.
  • Tekan tombol Mode untuk menemukan kode kedua, kalau muncul suara bip lebih panjang, berarti itu adalah kode kedua.
  • Kamu dapat menekan ketiga tombol pada remote dan arahkan ke mesin pendingin ruangan dengan benar.
  • Kalau sudah dilakukan, AC Daikin akan bekerja normal dan masalah teknis sudah terselesaikan dengan baik.

Kamu perlu mengetahui semua jenis dan daftar kode AC Daikin di atas. Pasalnya, setiap tipenya punya keunggulan dan penggunaan daya listrik berbeda. Jika kamu sudah tahu kodenya, pahami cara mengatasi masalahnya agar AC nya dapat bekerja normal dan mengeluarkan udara segar lebih cepat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment