Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel yang Perlu Kamu Ketahui

Dalam artikel kali ini, kamu bisa temukan bahasan lengkap tentang apa saja kelebihan dan kekurangan magic com stainless steel. Apalagi ketika kamu bandingkan inner pot magic com (rice cooker) stainless steel dengan varian yang lebih populer seperti teflon yang anti lengket dan keramik.

Ketika kamu membeli rice cooker, mungkin kamu memilih berdasarkan kapasitas liter masaknya, harga, dan fitur. Akan tetapi, sebenarnya dari segi inner pot alias panci rice cooker, ada beberapa pilihan yang bisa kamu temukan berdasarkan materialnya, lho. Salah satunya adalah stainless steel.

Tentu saja, panci magic com stainless steel juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Untuk lebih jelasnya dan membantumu memahami dengan lebih baik sebelum memilih, yuk kita simak dulu penjelasannya berikut ini. Selamat membaca!

Sekilas tentang Rice Cooker Stainless Steel

Seperti yang sudah kamu ketahui, rice cooker atau magic com stainless steel adalah varian di mana panci atau inner pot-nya terbuat dari material stainless steel. Beda dengan rice cooker teflon yang diberi lapisan anti lengket, rice cooker stainless steel justru tidak diberi lapisan apapun.

Oleh karena itu, varian yang satu ini dinilai lebih aman bagi kesehatan karena tidak ada risiko pengelupasan permukaan panci. Hal tersebut juga berarti resiko tercampurnya lapisan yang mengelupas dengan nasi pun jauh lebih minim. Ditambah lagi, stainless steel sendiri adalah logam penghantar panas yang baik sehingga kematangan nasi pun bisa lebih merata.

Dan berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan magic com stainless steel yang perlu kamu ketahui, terutama jika saat ini kamu memang sedang akan membeli magic com baru.

Kelebihan dan Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Kelebihan Magic Com Stainless Steel

Mudah dibersihkan.

Salah satu kelebihan stainless steel adalah sifat materialnya yang sangat mudah dibersihkan. Dan kelebihan ini juga bisa kamu rasakan ketika menggunakan rice cooker stainless steel. Soalnya, permukaan logam yang satu ini tidak berpori dan halus, sehingga kotoran dan noda tidak akan mudah menempel.

Baca Juga:  Frekuensi Satelit Telkom 4 MPEG 4 Dan MPEG 2

Kalaupun nanti ada kejadian di mana kamu tanpa sengaja memasak nasi sampai gosong, kamu dijamin tidak akan kesulitan membersihkan bagian dasar panci yang menghitam — meskipun kemungkinan nasi gosong sangat kecil karena rice cooker pada dasarnya akan stop memasak nasi secara otomatis saat nasi sudah matang.

Hanya saja, perlu kamu perhatikan bahwa semudah apapun membersihkan permukaan stainless steel, permukaannya tentu akan tergores kalau kamu menggosoknya secara berlebihan.

Sangat kokoh dan tahan lama.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, stainless steel adalah salah satu jenis material yang paling kokoh dan tahan lama, termasuk saat digunakan sebagai material untuk alat masak. Dengan memilih alat masak dari stainless steel yang berkualitas tinggi, kamu bisa menggunakannya selama bertahun-tahun.

Beda dengan panci rice cooker teflon yang diberi lapisan anti lengket dari bahan kimia dan bisa mengelupas seiring dengan penggunaan, stainless steel tidak akan mengelupas. Dan berkat daya tahannya yang baik, rice cooker stainless steel juga tidak akan penyok.

Maka dari itu, magic com stainless steel tidak akan mudah rusak meskipun nanti kamu menjatuhkannya tanpa sengaja sekalipun. Dengan begitu, pancinya tidak perlu sering diganti yang berarti kamu juga bisa lebih hemat pengeluaran, kan?

Butuh maintenance minim.

Tak hanya mudah dibersihkan, magic com stainless steel juga sangat praktis dirawat. Fakta bahwa material ini mudah dibersihkan dan tahan lama saja sudah membuktikan bahwa stainless steel adalah material yang tidak “rewel”. Dengan begitu, kamu tidak perlu melakukan cara khusus untuk perawatannya.

Bahkan stainless steel juga merupakan jenis logam anti karat. Artinya, kamu bisa mencucinya dengan lebih mudah tanpa harus takut lapisan anti karat mengelupas. Cukup cuci dengan air, sabun, dan spons saja sudah cukup.

Baca Juga:  Cara Mencari Siaran K Vision yang Hilang dengan Mudah

Lebih aman dan sehat.

Karena stainless steel adalah material yang tidak bisa berkarat, artinya panci rice cooker dari logam yang satu ini juga lebih sehat. Ditambah lagi, rice cooker stainless steel juga tidak perlu dilapisi dengan lapisan anti lengket.

Seiring dengan penggunaan, lapisan anti karat ataupun anti lengket bisa mengelupas. Dan begitu kamu menemukan tanda-tanda pengelupasan pada panci rice cooker, kamu perlu segera menggantinya dengan panci baru. Soalnya, adanya pengelupasan meningkatkan risiko tercampurnya material anti lengket ataupun anti karat tersebut dengan nasi yang kamu masak.

Tapi beda dengan rice cooker stainless steel yang tidak dilapisi dengan anti karat ataupun anti lengket. Jadi, kamu tidak perlu takut nasi terkontaminasi dengan bahan kimia apapun, sehingga lebih aman untuk kesehatan juga.

Kekurangan Magic Com Stainless Steel

Bagian luarnya bisa menghitam.

Selain memiliki kelebihan, stainless steel juga memiliki kekurangan. Salah satunya adalah bagian luar panci rice cooker yang bisa menghitam apabila terlalu sering terpapar suhu yang sangat tinggi. Sebenarnya, hal ini tidak memengaruhi fungsi dari panci rice cooker-nya sendiri. Hanya saja, permukaan panci yang menghitam membuat tampilannya terlihat kotor sehingga membuat risih.

Untungnya, panci rice cooker stainless steel yang menghitam sebenarnya bisa dibersihkan dengan mudah. Kamu cukup gunakan campuran air lemon dan baking soda untuk menyingkirkan noda hitam gosong pada permukaan panci stainless steel.

Perlu dikombinasikan dengan logam lain.

Sebenarnya, stainless steel bukanlah jenis logam penghantar panas yang baik. Oleh karena itu, biasanya produsen akan memberikan lapisan pelat alumunium atau tembaga di bagian atas atau bawah panci rice cooker untuk meningkatkan konduksi atau penghantaran panas saat memasak.

Baca Juga:  Konsumsi Listrik TV Berapa Watt? Segini Rata-ratanya!

Meski begitu, kamu juga tidak perlu khawatir karena kedua material logam tambahan tersebut tidak berbahaya bagi tubuh, kok. Dan kamu juga tetap bisa menikmati kelebihan stainless steel yang kokoh dan mudah dirawat, serta permukaan panci yang bebas dari tambahan lapisan anti lengket ataupun anti karat.

Bisa rusak karena garam.

Rupanya, magic com stainless steel memiliki kelemahan terhadap air garam. Kalau hanya sesekali saja, hal tersebut sebenarnya tidak terlalu mengkhawatirkan. Akan tetapi paparan stainless steel secara terus-menerus terhadap air garam rupanya bisa menimbulkan kerusakan.

Saat hal tersebut terjadi, permukaan stainless steel akan mengalami pitting atau muncul lubang kecil. Kalau kamu ingin agar magic com stainless steel milikmu benar-benar awet sampai bertahun-tahun, sebisa mungkin hindarkan pancinya dari air garam saat memasak, ya!

Penutup

Itu tadi rangkuman lengkap tentang apa saja kelebihan dan kekurangan magic com stainless steel. Secara garis besar, meskipun rice cooker stainless steel memang tidak mengklaim sebagai opsi yang anti lengket, dalam jangka panjang pilihan yang satu ini justru lebih awet dan tahan lama karena karakteristik materialnya.

Bahkan rice cooker stainless steel juga lebih sehat, lho! Kalau menurutmu, apakah rice cooker stainless steel adalah pilihan yang pas buat kamu?

Bagikan Postingan:

Leave a Comment