Cek Daftar Datasheet Persamaan Transistor TIP127 Lengkap Berikut

Sedang mencari informasi seputar datasheet persamaan transistor TIP127? Kalau begitu, Anda perlu mengetahui penjelasan dibawah ini hingga selesai. Seperti sudah diketahui, transistor menjadi komponen semikonduktor yang digunakan buat berbagai keperluan.

Mulai dari penguat arus, pemutus, stabilator hingga untuk modulasi sinyal. Keberadaan dari komponen itulah ternyata juga sering digunakan di dalam suatu rangkaian elektronika, tidak heran apabila keberadaannya sangat penting.

Saat ini, transistor sendiri mempunyai beberapa jenis dan setiap jenisnya itulah ternyata mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. Salah satu yang perlu diketahui adalah transistor TIP127 dimana juga sering digunakan dalam berbagai kebutuhan.

Mengenal Transistor TIP127

Mengenal Transistor TIP127

Hampir sama dengan persamaan tip122 yang menjadi transistor tipe NPN, transistor TIP127 ternyata juga banyak dicari informasinya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui lebih lanjut mengenai jenis komponen transistor satu ini.

127 ini merupakan transistor tipe Darlington PNP BJT dimana sering digunakan di dalam laboratorium elektronika. Terlebih lagi kehadirannya sering digunakan untuk tujuan umum yang membutuhkan gain cukup tinggi.

Keberadaan komponen itulah bahkan dapat menggerakkan beban mencapai 5A, sedangkan untuk tegangan kolektor-emitor dari transistor tersebut adalah 100V. Karena alasan itulah komponen tersebut bisa dengan mudah menggerakan beban yang berada dibawah 100V DC.

Tidak hanya itu saja, gain arus DC maksimum dari komponen tersebut adalah 1000 dan disipasi kolektor maksimumnya yakni 65W. Tidak heran kalau komponen tersebut juga sering digunakan di dalam sistem audio ataupun buat tujuan amplikasi sinyal lainnya.

Jika dilihat dari fitur dan karakteristik yang dimiliki oleh transistor inilah sebenarnya mempunyai kemiripan dengan TIP 126 dan Tip 125 lho. Tetapi terdapat perbedaan yang membedakannya yakni pada tegangan kolektor-basis serta kolektor-emitornya.

Baca Juga:  5 Merk Dispenser Terbaik yang Berkualitas dan Awet

Inilah mengapa sebagian besar orang akan menggunakan TIP126 dan TIP125 sebagai penggantnya apabila memanfaatkannya pada beban dibawah 60V tersebut.

Datasheet Persamaan Transistor TIP127 Lengkap

Sebelum Anda memutuskan buat mencari pengganti dari transistor tersebut apabila mengalami kerusakan, maka penting agar mengetahui datasheetnya terlebih dahulu. Keberadaan dari datasheet inilah bisa berikan kemudahan buat memilih manakah persamaan yang tepat.

Berikut ini penjelasan lengkap mengenai datasheet dari Tip 127 ini.

  • Jenis : PNP
  • Kemasan paket : TO220
  • Serial : Tip127
  • Arus kolektor max : -5 A
  • Tegangan kolektor – emitor max : -100V
  • Tegangan bias basis max : -5V
  • Tegangan basis – kolektor max : -100V
  • Frekuensi kerja : 3 Mhz
  • Disisipasi kolektor mx : 65 W
  • Tingkat penguatan : Max.1000
  • Suhu kerja : Max 150OC

Dengan mengetahui tipe transistor diataslah, Anda dapat mengetahui bagaimana jenis yang tepat dan bisa digunakan sebagai penggantinya.

Persamaan Transistor TIP127 Lengkap

Setelah mengetahui datasheet diatas, Anda juga perlu mengetahui persamaan dari TIP127 satu ini lengkap. Keberadaan persamaan inilah nantinya dapat digunakan buat mengganti tip 127 apabila sedang mengalami kerusakan.

Berikut ini informasi lengkap mengenai persamaan fitur dan spesifikasi persamaannya dibawah ini.

  • BD650
  • BD902
  • BD652
  • MJE6042
  • MJE6042
  • MJF127
  • MJF6668
  • NTE262
  • TIP137
  • TIP107
  • BD268A
  • BDT62B
  • BD802

Sebagai catatan Anda dapat mengganti transistor TIP 127 dengan jenis transistor lainnya asalkan mempunyai spesifikasi, fitur tegangan serta jenis yang sama. Sebaliknya, pengguna tidak bisa mengganti transistor tersebut dengan fitur jauh lebih rendah karena nantinya mengakibatkan kerusakan pada komponen.

Di samping itu, pengguna juga diharuskan buat memperhatikan seperti apakah konfigurasi susunan pin kaki transistor pengganti. Sebab belum tentu spesifikasi tersebut sama seperti dengan transistor yang aslinya.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi Nex Parabola Ku Band dan Mendapatkan Sinyal

Apakah Bisa Diganti Dengan Tip 122?

Tidak sedikit dari pengguna juga menanyakan apakah keberadaan dari komponen satu ini dapat digantikan dengan TIP 122? Terlebih dahulu harus dilihat bahwa TIP122 adalah transistor berjenis Darlington NPN dimana mempunyai fungsi seperti NPN secara umum.

Namun karena mempunyai pasangan Darlington didalamnya, maka komponen tersebut mempunyai peringkat arus kolektor yang cukup bagus sekitar 5A dan penguatannya mencapai 1000. Kemampuan dari komponen 122 inipun juga bisa menahan sekitar 100V melewati kolektor-emitornya sehingga bisa digunakan untuk menggerakan beban berat.

Berikut ini datasheet tip 122 lengkap yang perlu Anda ketahui

  • Transistor NPN daya menengah Darlington
  • Gain arus DC tinggi 1000
  • Arus kolektor – emitor 100 V
  • Tegangan kolektor – base 100 v
  • Tegangan kolektor – emitor 100V
  • Tegangan basis emitor 5V
  • Paket To 220
  • Arus Basis (IB) 120mA.

Sebenarnya untuk jenis transistor 122 sendiri dapat menggunakan persamaan beberapa jenis transistor lainnya seperti TIP127, 2N6045, 2SD1415, 2SD2495, BDW2, KSD560, BDT63, MJF6388. Maka dari itu, kemungkinan besar, Anda juga dapat menggunakan 122 sebagai pengganti dari Tip 127 juga.

Penyebab Komponen Transistor Alami Kerusakan

Penyebab Komponen Transistor Alami Kerusakan

Karena ini merupakan komponen buatan dari manusia tentu risiko akan terjadinya kerusakan juga bisa saja timbul kapan saja. Ada beberapa penyebab kenapa komponen tersebut sering mengalami kerusakan baik secara disengaja ataupun tidak.

Kendati demikian, tidak jarang banyak orang yang belum menyadari apa sebenarnya penyebab kerusakan komponen tersebut. Nah, berikut ini penyebab kerusakan yang bisa saja terjadi pada Tip 127 tersebut.

  1. Adanya konslet ataupun kebocoran yang terjadi pada komponen sehingga tidak jarang menyebabkan komponen jadi cepat panas
  2. Adanya lonjakan tegangan power supply dimana kurang bagus
  3. Memperoleh beban yang terlalu besar atau tidak sesuai dengan spesifikasinya
  4. Tegangan yang diberikan juga melebihi tegangan standar, biasanya pada tegangan basisnya yang terlalu besar.
Baca Juga:  Apa Itu eMMC dan Apa Perbedaannya dengan SSD?

Fungsi Lengkap Dari Transistor

Sama seperti dengan komponen lainnya, kehadiran dari transistor TIP127 inilah ternyata juga sering digunakan untuk berbagai jenis kebutuhan lho. Adapun fungsi dari transistor tipe inipun ternyata juga mempunyai kemiripan dengan transistor tipe lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sejumlah fungsi yang dimiliki oleh transistor tersebut.

Penguat Daya Audio

Kompoen berukuran kecil inilah ternyata juga sering digunakan sebagai penguat audio seperti pada sistem speaker. Hal tersebut disebabkan karena karakteristik yang dimiliki oleh komponen sehingga sangat cocok digunakan sebagai penguat audio.

Sebagai Saklar

Hampir sama seperti dengan fungsi transistor pada umumnya, komponen dari TIP127 inilah juga sering digunakan sebagai saklar elektronik. Itu karena keberadaan dari komponen satu ini mempunyai kemampuan buat mengatur bias satu transistor ke transistor lainnya.

Sebagai Driver Pengendali dari Motor DC

Tidak sampai disitu saja, komponen berukuran kecil inilah juga dapat digunakan sebagai driver motor dari DC. Perlu diketahui bahwa motor DC tersebut dapat dihidupkan sekaligus dimatikan ketika transistor tersebut sedang dalam kondisi cut off.

Fungsi lainnya

Selain beberapa fungsi diatas, ternyata juga masih terdapat fungsi lainnya dari komponen kecil satu ini seperti driver penguat audio, switching beban maksimal 6A hingga digunakan pada sirkuit power amplifier.

Keberadaan dari komponen inilah ternyata juga sama seperti dengan jenis lainnya yakni sangat penting digunakan dalam sirkuit elektronika. Jika terjadi kerusakan, maka sangat penting agar mengetahui informasi seputar datasheet persamaan transistor TIP127 terlebih dahulu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment