Persamaan Dioda 1n4002 dan Rumusnya yang Perlu Diketahui

Sedang mencari pembahasan seputar dioda 1n4002? Kalau begitu, Anda sedang berada di tempat paling tepat. Secara umum, dioda merupakan suatu komponen elektronika yang dijumpai dalam suatu konfigurasi digital ataupun power supply.

Dioda juga menjadi komponen elektronika yang dibuat dari bahan semikonduktor dan biasanya berasal dari silicon ataupun germanium. Karakteristik dari setiap jenisnya tentu akan berbeda-beda dan tergantung oleh banyak hal.

Salah satu jenisnya yang cukup umum digunakan adalah keberadaan dari dioda 1N4002 satu ini lengkap. Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lanjut mengenai jenis diode satu ini, maka wajib buat mengetahui penjelasan berikut ini.

Sekilas Tentang Dioda 1N4002 Lengkap

Sekilas Tentang Dioda 1N4002 Lengkap

Dari sekian banyaknya komponen elektronika yang sering Anda jumpai, pastinya sudah tidak asing lagi dengan keberadaan dioda bukan? salah satu tipenya adalah 1N4002 ini dimana sudah banyak digunakan dalam berbagai konfigurasi elektronika.

1N4002 adalah jenis dioda penyearah atau power yang mempunyai ukuran daya menengah. Kehadirannya sering dimanfaatkan dalam berbagai sirkuit power supply terutama buat sistem penyerah tegangan dari AC ke DC.

Sedangkan untuk besar daya maksimal dari komponen tersebut hanyalah mencapai 3W saja karena biasanya hanya digunakan dalam proyek elektronika berdaya kecil menengah. Tidak hanya dapat digunakan sebagai penyearah saja, tetapi komponen tersebut juga sering digunakan sebagai pengaman rangkaian.

Pengaman rangkaian tersebut diaplikasikan untuk komponen yang terdapat kesalahan pemasangan polaritas sumber tegangan. Selain itu, komponen tersebut juga dapat beroperasi di bias maju dengan menghadirkan arus maksimumnya yakni 1A.

Sedangkan apabila dalam kondisi bias balik, komponen tersebut nantinya akan memblokir tegangan hingga berada di batas ambang tertentu lho.

Spesifikasi dari Data Sheet 1N4002

Setelah mengetahui bagaimana pengertian sekilas mengenai komponen tersebut, maka penting bagi Anda agar mengetahui spesifikasi datasheetnya terlebih dahulu. Dengan mengetahui informasi itulah ternyata dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi Indonesia Telkom 4 di Berbagai Receiver

Terutama kalau Anda menemukan bahwa komponen tersebut mengalami kerusakan pada konfigurasi elektronika. Berikut ini penjelasan lengkap mengenai datasheet dari komponen satu ini:

  • Kemasan paket : D0-41/SMD
  • Jenis semikonduktor : silikon
  • Arus max : 1A
  • Arus balix max : 30A
  • Tegangan balik max : 100V
  • Daya : 3W

Data Persamaan dari Dioda

Setelah mengetahui spesifikasi datasheet diatas, maka berikutnya Anda perlu mengetahui persamaan dari dioda 1N4002 ini untuk lebih lengkapnya. Terdapat sejumlah tipe yang biasanya sering dijadikan sebagai pengganti dari komponen tersebut lho.

Berikut ini beberapa pilihan dioda yang dapat digunakan sebagai pengganti dari komponen bersangkutan:

  • 1N4004
  • 1N4003
  • 1N4005
  • 1N4006
  • 1N4007

Rumus Persamaan 1N4002

Dioda 1n4002 ini sendiri merupakan dioda semikonduktor jenis rectifier yang juga sering diaplikasikan pada konfigurasi elektronika terutama sebagai pengganti dari dioda germanium. Untuk menghitung persamaannya, maka Anda harus mengetahui rumus dioda terlebih dahulu.

Adapun persamaan dasar dari komponen tersebut yakni menggunakan persamaan Shockley dimana akan menjelaskan hubungan pada arus serta tegangan pada dioda. Persamaan tersebut dapat ditulis dengan menggunakan rumus berikut ini.

I= Is(e^(Vd/nVt)-1)

Keterangan:

  • I : arus yang mengalir melalui dioda
  • Vd : tegangan dioda
  • N : faktor ideality
  • Vt : tegangan terminal
  • Ls : arus jebakan balik

Adapun untuk faktor ideality n biasanya mempunyai nilai antara 1 dan 2, sedangkan untuk termal VT dapat diartikan sebagai kT/q, dimana k merupakan konstanta Boltzmann, sedangkan untuk T merupakan suhu mutlak yang terdapat pada kelvin dan q merupakan muatan elektron.

Keberadaan dari persamaan itulah nantinya dapat memberikan gambaran kepada Anda mengenai 1n4002 tersebut dapat bekerja dan bagaimanakah memproses sinyal nantinya. Dalam praktiknya, persamaan itulah juga mampu digunakan buat merancang sirkuit penyerah sekaligus mengetahui karakteristik dari komponen dalam berbagai kondisi.

Baca Juga:  Pengertian Transistor NPN, Komponen, Fungsi, Cara Kerja

Bagaimana Cara Memasang Dioda Tipe 1n4002

Bagaimana Cara Memasang Dioda Tipe 1n4002

Sebagai seseorang yang bekerja di bidang elektronika, maka juga perlu mengetahui bagaimana proses pemasangan dari dioda satu ini. Hal tersebut sangat penting karena proses pemasangan tidak boleh dilakukan secara sembarangan sehingga nantinya komponen dapat bekerja secara optimal.

Nah, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk pemasangan dioda tipe satu ini.

Silahkan Kenali Jenis dan Kakinya Dahulu

Hal paling utama yang harus dilakukan adalah dengan mengenali jenis dan kakinya terlebih. Untuk tipe 1n4002 biasanya kaki anodanya diindentifikasi dengan warna biru dan hitam pada bagian ujungnya, sedangkan kaki katoda tidak punya tanda apapun.

Siapkan Alat dan Bahan-bahan

Berikutnya, Anda juga perlu menyiapkan bahan-bahan dan peralatan seperti solder, pinset, tangan ataupun soldering iron. Pastikan juga bahwa sirkuit elektronika dimana akan diberikan komponen tersebut sudah mati dan tidak punya arus.

Bersihkan Area Yang Akan dipasang Dioda

Tahap berikutnya, Anda dapat membersihkan area yang nantinya akan dipasangi dioda termasuk di sekitar kaki-kaki sirkuit elektronika tersebut. Bersihkan dari kotoran ataupun residu dari solder yang menemple tadi.

Proses Pemasangan

Sesudah memastikan bahwa dioda dan area sirkuit sudah bersih, silahkan tempatkan komponen di atas kaki-kaki sirkuit dengan tepat. Pastikan bahwa kaki anoda terhubung ke kaki anoda dari sirkuit. Serta kaki katoda juga terhubung ke kaki katode dari sirkuit.

Lakukan Penyolderan

Tahap berikutnya adalah dapat melakukan solder pada kaki-kaki dari dioda dan silahkan gunakan soldering iron buat memanaskan kaki dari sirkuit. Silahkan tempatkan solder pada titik dimana terhubung dan pastikan sudah menutupi area kakinya dnegan benar.

Jangan sampai terdapat solder yang menempel pada kaki dioda ataupun sirkuit lainnya. Sesudah melakukan pemasangan, maka periksa kembali dioda dan pastikan bahwa kaki-kaki tidka longgar serta terhubung dengan baik.

Baca Juga:  Fungsi Elco dan Pengertian Secara Lengkap dan Detail

Lakukan Pengetesan

Sesudah berhasil terpasang, maka tahap berikutnya adalah melakukan pengetesan terlebih dahulu. Dan pastikan bahwa komponen tersebut sudah berfungsi dengan baik.

Contoh Penggunaan dari Komponen

Sudah memahami bagaimana proses pemasangannya diatas? berikutnya Anda harus mengetahui apa saja contoh penggunaan dari dioda tipe 1N4002 tersebut dengan baik dan benar berikut ini.

Sebagai Rectifier

Fungsi utama dari komponen tersebut adalah sebagai penyearah atau rectifier dari gelombang AC menjadi DC. Didalam pengaplikasian penyearah, maka 1n4002 tersebut dapat digunakan buat mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah.

Karena itulah keberadaannya sering digunakan buat mengisi baterai ataupun memasok daya pada perangkat elektronik.

Untuk Pemutus

Fungsi lainnya adalah dapat digunakan sebagai pemutus atau switch dalam suatu proyek elektronika. Dalam aplikasi tersebut, dioda nantinya bisa berfungsi buat memutus sekaligus mengalirkan arus di dalam sirkuit.

Hal tersebut nantinya akan memungkinkan penggunaan sirkuit elektronika dengan menggunakan berbagai mode operasi.

Sebagai Perlindungan

Tidak sampai disitu saja, komponen inilah ternyata juga sering digunakan sebagai perlindungan dalam konfigurasi elektronika. Dimana mampu mencegah terjadinya arus berlebihan yang mampu mengakibatkan kerusakan pada komponen sirkuit.

Keberadaan dari 1n4002 inilah sudah digunakan buat berbagai hal seperti lampu darurat, jam digital dan masih banyak lagi. Nah, disinilah pentingnya agar mengetahui persamaan dioda 1n4002 dengan baik terutama sebagai penggantinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment