Ciri Freon Kulkas Habis dan Penyebabnya, Wajib Catat!

Salah satu peralatan rumah tangga yang banyak ditemui di setiap rumah adalah lemari pendingin atau kulkas. Salah satu komponen penting pada kulkas adalah freon kulkas, yang digunakan sebagai pendingin utama.

Tak hanya pada kulkas, freon juga ada pada AC dan fungsinya tak jauh berbeda yakni sebagai pendingin utama. Freon membuat suhu kulkas tetap dingin karena terdapat refrigeran atau zat pendingin.

Namun freon pada kulkas juga perlu diperhatikan secara berkala, karena freon dapat habis sehingga harus segera diisi. Lantas apa saja ciri freon kulkas habis dan apa penyebabnya? Berikut penjelasannya.

Apa Itu Freon Kulkas?

Freon kulkas adalah sejenis senyawa alifatik mengandung klorin, bromin, dan hidrogen bergantung bentuk dan jenisnya. Freon digunakan sebagai pendingin dan berbentuk seperti cairan gas, karena tidak berbau maupun tidak berwarna.

Gas tersebut tersimpan pada tabung penampungan khusus untuk mencegah kebocoran. Sehingga freon sama halnya dengan gas elpiji yang tersimpan pada tabung penampungan khusus, dan freon digunakan sebagai bahan untuk mendinginkan kulkas.

Ciri-ciri Freon Kulkas Habis

Ciri freon kulkas habis

Terdapat beberapa ciri yang dapat ditemukan pada kulkas apabila freon habis, mulai dari isi kulkas berbau, kulkas tidak dingin, dan masih banyak lagi. Berikut penjelasan lengkapnya :

Isi Kulkas Berbau

Kulkas di rumah tercium bau tidak sedap meskipun isi lemari pendingin bersih? Mungkin saja hal tersebut disebabkan karena freon kulkas habis, karena freon memiliki beragam jenis refrigeran yang bisa mengeluarkan bau tidak sedap pada kulkas karena adanya perubahan suhu.

Kulkas Tidak Dingin

Kulkas yang tidak dingin juga dapat disebabkan karena freon habis. Sehingga kulkas yang mendadak berkurang suhu dinginnya bukan hanya disebabkan oleh usia kulkas yang sudah tua, namun karena freon habis sehingga perlu diisi.

Baca Juga:  Arus Listrik, Pengertian, Lambang, Simbol, dan Cara Kerja

Kompresor Mati

Ciri-ciri freon kulkas habis selanjutnya adalah kompresor mati. Hal ini disebabkan oleh relay PTC yang melindungi kompresor dari panas berlebih overload atau putus, sehingga kulkas menjadi cepat panas.

Tanda-tanda Freon Kulkas Habis

Tanda-tanda freon kulkas habis selanjutnya adalah isi kulkas hangat, tagihan listrik membengkak, freezer membeku, hingga kipas kulkas yang terus berputar. Berikut penjelasan lengkapnya :

Isi Kulkas Hangat

Kulkas terasa hangat juga menjadi salah satu tanda freon kulkas habis atau bocor. Pasalnya freon kulkas yang habis dapat membuat kinerja kulkas memburuk, sehingga bahan-bahan yang ada di lemari es menjadi kurang segar dan tidak dingin.

Tagihan Listrik Membengkak

Listrik di rumah tiba-tiba membengkak? Jangan anggap sepele hal tersebut, karena bukan tak mungkin pemicunya adalah freon kulkas yang habis. Pasalnya kinerja kulkas menjadi kurang maksimal, apabila terus dibiarkan maka tagihan listrik terus membengkak.

Freezer Membeku

Meskipun suhu kulkas telah diatur paling maksimal atau paling dingin, namun freezer tetap kurang dingin atau bahkan membeku. Hal tersebut mungkin disebabkan oleh kinerja kulkas yang tidak optimal karena freon lemari pendingin yang habis atau bocor.

Kipas Kulkas Terus Berputar

Ciri freon kulkas habis juga dapat dilihat dari kipas atau dinamo yang terus berputar, disebabkan oleh suhu kulkas yang kurang stabil. Meskipun dinamo kulkas juga dapat berguna menjaga suhu kulkas agar tetap dingin.

Ciri-ciri Freon AC Habis

Selain freon kulkas, freon AC juga bisa habis sehingga membuat ruangan menjadi kurang dingin. Freon AC yang habis berisiko mengeluarkan zat racun berbahaya, karena menghirup freon dapat menyebabkan iritasi pada lidah, hidung, hingga mata.

Karena itu perhatikan ciri-ciri freon AC yang habis di bawah ini untuk menghindari risiko terkena zat racun berbahaya dari kebocoran freon.

Baca Juga:  Apa Itu Mikrokontroler? Struktur, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pipa AC Tidak Dingin

Pipa AC yang terasa tidak dingin terlebih ketika Anda melihat tumpukan bunga es pada pipa instalasi outdoor atau indoor, dapat menjadi salah satu ciri freon AC habis karena tekanan freon yang berkurang.

Suhu Ruangan Tidak Dingin

Ketika suhu ruangan terasa tidak dingin meskipun AC menyala, Anda patut berhati-hati dan segera hubungi jasa servis AC untuk mengecek kondisi freon. Pasalnya apabila AC tetap dipaksa menyala dan bekerja, justru nantinya dapat memperburuk kondisi AC tersebut.

Air AC Bocor

Penggumpalan yang terlihat pada bagian evaporator AC dapat disebabkan oleh freon AC yang habis. Hal tersebut dapat menyebabkan kebocoran pada AC, sehingga perlu segera diperiksa dan diperbaiki.

Penyebab Freon Kulkas Habis

Penyebab freon kulkas habis

Lantas apa penyebab freon kulkas habis? Penyebab freon kulkas habis bisa disebabkan oleh evaporator yang bocor, pipa kapiler yang bocor, hingga kondensor yang bocor.

Sementara penyebab freon AC berkurang bisa disebabkan karena instalasi yang salah, kebocoran gas di dalam unit kondensor, hingga sistem AC yang tidak dirawat dengan baik.

Harga Freon Kulkas

Berbicara tentang freon kulkas harga, berapa harga jual freon kulkas di pasaran? Harga freon kulkas berbeda-beda bergantung jenisnya, berikut rincian harganya :

Freon R134A

Jenis freon ini mudah ditemukan di pasaran, karena paling umum digunakan dan dibandrol dengan harga Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu. Freon R134A menjadi freon ramah lingkungan yang stabil, tidak mudah terbakar, serta tidak menyebabkan penipisan ozon.

Freon R410A

Freon ini kerap digunakan untuk AC inverter, namun tak jarang pula digunakan untuk freon kulkas karena kualitas freon R410A yang terbilang baik. Berapa harga freon kulkas 1 pintu, harga freon ini dibandrol Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu per tabung.

Baca Juga:  Cara Menghemat Listrik Biar Tagihan Tidak Membengkak Meski Pakai Mesin Cuci dan Kulkas

Untuk harga freon kulkas 2 pintu di pasaran pun beragam, mulai dari Rp 200 ribu hingga jutaan bergantung dari tipe freon yang digunakan.

Cara Mengisi Freon Kulkas

Ganti freon kulkas sendiri rupanya dapat dilakukan tanpa harus memanggil teknisi.

  • Lepaskan karet pipa kompresor kulkas, kemudian las pada bagian pentil pipa.
  • Persiapkan methyl, lalu tuang methyl ke penutup botol.
  • Nyalakan kompresor lalu las bagian filter ke pipa kondensor.
  • Las kedua pipa kapiler yang ada pada bagian filter.
  • Pasangkan selang manifold gauge berwarna biru di bagian pentil pengisian freon, serta selang berwarna kuning di bagian tabung freon.
  • Apabila tekanan pada freon menunjukkan nol atau menunjuk ke arah vakum, itu berarti freon habis atau terdapat kebocoran pada bagian pipa freon.
  • Apabila ada kebocoran, segera periksa sistem pemipaan kulkas.
  • Setelah dipastikan aman, nyalakan mesin vakum dengan membuka keran berwarna biru lalu tutup keran berwarna merah di manifold.
  • Tunggu hingga tekanan mencapai -29 psi sampai -30 psi, lalu tutup keran biru selanjutnya matikan mesin vakum.
  • Isi freon dengan memasang selang biru manifold pada pentil pengisian, serta selang kuning pada bagian freon. Buang angin pada bagian selang kuning dengan cara membuka keran freon.
  • Buka pentil bagian selang kuning hingga angin keluar sedikit, setelah itu tutup kembali.
  • Isi freon perlahan-lahan dengan cara membuka keran manifold warna biru hingga mencapai 2 psi, lalu tutup keran.
  • Setelah itu buka kembali keran selang manifold di freon secara perlahan dan hindari melewati angka 10.

Itulah ciri freon kulkas habis dan penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment