Ukuran TV 75 Inch Berapa CM? Berikut Jawabannya

Saat mencari TV ada banyak ukuran yang bisa Anda temui, salah satunya adalah ukuran 75 Inch. Mengingat ukuran tersebut cukup besar, banyak orang bertanya ukuran TV 75 Inch berapa cm.

Pertanyaan seperti itu tentu merupakan hal yang wajar karena di Indonesia ukuran Inch cukup jarang digunakan. Hal itulah yang membuat banyak orang kurang begitu paham tentang ukuran inch tersebut.

Lalu sebenarnya seberapa besarkah TV dengan ukuran 75 Inch tersebut? Untuk mengetahui ukuran inch dalam cm, Anda dapat menyimaknya pada beberapa pembahasan yang ada di bawah ini.

TV 75 Inch Berapa cm?

Ukuran TV 75 Inch Berapa CM

Bagi yang belum tahu, pada saat menunjukkan ukuran TV, artinya ukuran tersebut adalah panjang dari sisi diagonal layarnya. Walaupun TV mempunyai aspek rasio layar yang berbeda, akan tetapi panjang bagian sisi diagonal layarnya tetap sesuai ukuran pabrik.

Misalkan saja terdapat TV dengan ukuran 75 inch. Nantinya walaupun TV tersebut mempunyai layar dengan aspek rasio 4 : 3 ataupun 16 : 9, ukuran dari panjang diagonal layarnya akan tetap sama saja, yaitu 75 Inch.

Lantas yang menjadi pertanyaannya adalah sebenarnya berapa cm ukuran TV 75 inch tersebut? Untuk memahami seperti apa konversi satuan panjang tersebut, Anda dapat pahami lewat contoh di bawah ini.

Terdapat TV 75 inch dengan aspek rasio layarnya 16 : 9. Perlu diketahui, bagi Anda yang bertanya 1 inch atau 2 inch berapa cm, jawabannya adalah 1 inch = 2,56 cm.

Jadi berdasarkan ukuran tersebut, inilah jawaban ukuran TV 75 inch berapa cm.

  • Panjang Diagonal : 75 Inch = 190,5 cm
  • Lebar : 188,17 cm
  • Tinggi : 105,85 cm

Kurang lebih seperti itulah konversi 75 inch in cm yang didapatkan. Jadi, dari konversi ukuran di atas, TV yang mempunyai ukuran 75 inch mempunyai panjang diagonal 190,5 cm, lebar 188,17 cm, dan juga tingginya 105,85 cm.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Resistor Seri & Paralel Serta Contoh Soalnya

Berapa Harga TV 75 inch?

Setelah mengetahui tentang ukuran TV 75 inches in cm, tentu Anda juga pastinya penasaran dengan harganya. Berdasarkan dari ukurannya, untuk TV sebesar ini tentu harga yang harus dibayarkan tidaklah sedikit.

Pasalnya, TV dengan ukuran 75 inch ini layar yang dapat ditonton sangatlah besar. Tampilan siaran TV dengan ukuran layar tersebut tentu dapat dinikmati dengan lebih bagus, jernih, dan pastinya juga nyaman.

Untuk gambaran harganya, harga tv Samsung 75 Inch yang ada di pasaran ini kurang lebih 29 juta rupiah. Sementara untuk kisaran harga secara umum untuk TV dengan ukuran tersebut pastinya lebih dari 10 juta rupiah.

Oleh karena itu, cukup jarang orang yang membeli TV dengan ukuran tersebut. Apalagi jika TV hanya digunakan sebagai tontonan hiburan di rumah, tentu harga tersebut termasuk mahal.

Biasanya, TV sebesar ini digunakan pada perusahaan, tempat karaoke, dan kebutuhan komersial lainnya. Sementara untuk penggunaan pribadi di rumah, biasanya hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki TV tersebut.

Tips Memilih TV dengan Ukuran Tepat

TV memang merupakan barang elektronik yang mempunyai banyak sekali ukuran. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui tentang apa saja ukuran-ukuran TV tersebut agar tidak salah beli.

Mencari tahu tentang ukuran tersebut membuat Anda dapat membeli TV sesuai dengan kebutuhan. Nah, bagi Anda yang mungkin mempunyai rencana membeli TV, maka tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa tips berikut.

1. Cari Tahu Ukuran Sebenarnya

Pada bagian awal tadi telah dijelaskan bahwa dalam menampilkan ukuran pada TV digunakan satuannya adalah inch. Selain itu, ukuran inch merupakan satuan panjang yang dimiliki oleh diagonal layar TV.

Baca Juga:  Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar Terbaru 2024, dan Cara Merawatnya

Dengan mengetahui informasi ukuran yang sebenarnya tersebut, Anda tentu dapat mengira-ira seberapa besar TV yang dibutuhkan. Selain itu, cara ini juga bisa berguna agar TV yang dibeli sesuai dengan kebutuhan dan tempat yang dimiliki.

2. Sesuaikan Ukuran TV dengan Ruangan

Dalam menonton TV, tentu ukurannya harus disesuaikan dengan luas ruangannya. Hal ini dilakukan agar nantinya TV yang dipasang tidak terlihat terlalu memakan banyak tempat di ruangan.

Misalkan saja Anda ingin membeli TV dengan ukuran 75 inch, maka untuk penempatan TV lebih baik di ruangan yang lega. Dengan begitu, TV dapat ditonton pada jarak yang nyaman dan juga aman.

3. Pilih TV yang Tipis

Apabila Anda mempunyai masalah pada luas ruangan, maka bisa memilih TV yang badannya tipis. TV seperti itu biasanya bisa dipasang dengan cara ditempel ke dinding sehingga lebih banyak menghemat tempat.

4. Perhatikan Resolusi Layar

Tips berikutnya dalam memilih TV yang tepat adalah perhatikan pada resolusi layarnya. Apabila Anda menginginkan kualitas layar TV yang nyaman untuk dinikmati bersama keluarga, maka bisa memilih TV dengan layar LED.

Layar LED memang dikenal mempunyai kualitas gambar yang jernih, tajam, dan detail warna yang bagus. Namun, untuk bisa mendapatkan TV LED seperti ini, biaya yang harus dikeluarkan tentu tidaklah kecil.

Kelebihan Menggunakan TV Berukuran Besar

Mempunyai TV dengan ukuran yang besar sekitar 75 inch tentu sangatlah menyenangkan. Pasalnya, dengan jenis TV dengan ukuran layar besar tersebut mempunyai berbagai macam kelebihan.

Berikut ini adalah berbagai macam kelebihan mempunyai TV yang berukuran besar:

1. Resolusi Tinggi

Kelebihan pertama dari TV berukuran besar adalah rata-rata mempunyai resolusi layar yang tinggi. Umumnya, TV seperti ini telah mengusung teknologi layar Full HD sampai dengan UHD atau 4K.

Baca Juga:  Komponen Televisi Beserta Sejarah dan Fungsinya

Penggunaan resolusi tinggi tersebut tentu mempertimbangkan dari ukuran layar yang besar. Apabila resolusinya tinggi, maka TV dapat menampilkan tampilan yang jelas pada saat ditonton di jarak yang ideal.

2. Refresh Rate Tinggi

Tingkat refresh rate merupakan salah satu hal penting yang menentukan kualitas dari TV. Meskipun begitu, memang untuk refresh rate ini jarang sekali dituliskan pada spesifikasi TV yang mempunyai ukuran besar.

Kualitas refresh rate yang tinggi ini dapat membuat layar TV menampilkan gambar dengan jelas pada saat sedang bergerak cepat. Jika kualitas dari refresh rate rendah, maka saat ada peralihan gambar yang cepat dapat terlihat patah atau blur.

Pada umumnya, TV berukuran besar mempunyai tingkat refresh rate di angka 120 Hz. Jadi, meskipun layar TV yang digunakan besar, namun gambar yang ditampilkan dapat terlihat mulus dan juga jelas.

3. Cocok Untuk Home Theater

Berikutnya, TV berukuran besar juga sangat pas digunakan untuk home theater. Jadi, bagi Anda yang mencari TV untuk dijadikan sebagai pusat entertainment keluarga, tidak ada salahnya untuk mencari TV dengan ukuran yang besar.

4. Sudah Smart TV

TV yang mempunyai ukuran besar umumnya sudah merupakan smart TV. Seperti diketahui, smart TV ini merupakan TV yang dapat digunakan untuk berbagai macam hiburan seperti terhubung dengan internet, browsing, streaming, dan lain sebagainya.

Begitulah tadi pembahasan lengkap tentang ukuran pada TV 75 inch. Setelah mengikuti penjelasan di atas, kini Anda sudah tidak bingung lagi ukuran TV 75 inch berapa cm.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment