9 Fungsi Komputer dalam Kehidupan Sehari-hari (Lengkap)

Komputer menjadi salah satu kebutuhan bagi sebagian orang, terutama bagi para pekerja kantor. Di balik bentuknya yang unik, komputer memiliki banyak fungsi yang sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari. Lantas, apa saja fungsi komputer yang bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari?

Sebelum membahas tentang fungsi-fungsi dari perangkat ini, Anda perlu memahami terlebih dahulu tentang pengertian dari komputer. Komputer merupakan salah satu perangkat elektronik yang sering digunakan untuk menyimpan maupun menganalisis data dalam jumlah dan ukuran yang cukup besar.

Tidak hanya sering digunakan pada sebuah kantor saja, tapi perangkat ini juga sering digunakan pada beberapa sekolah untuk melancarkan proses pembelajaran. Untuk itu, orang-orang perlu mengetahui secara jelas tentang apa saja fungsi dari perangkat elektronik ini!

9 Fungsi Komputer yang Sangat Bermanfaat

Sebagian orang mengira bahwa komputer hanya bisa digunakan untuk menyimpan data dalam jumlah yang banyak saja. Nyatanya, komputer memiliki puluhan fungsi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Sebab, perangkat ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang cenderung canggih.

Mulai dari memudahkan sebagian jenis pekerjaan, mengetik dokumen panjang, hingga bermain game adalah beberapa fungsi perangkat komputer yang sangat umum. Untuk lebih lengkapnya, kami akan membagikan beberapa fungsi komputer lainnya yang mungkin belum Anda tahu, yaitu:

1. Sarana Lapangan Kerja Baru

Sarana Lapangan Kerja Baru

 

Masih ada beberapa orang yang belum tahu bahwa saat ini ada banyak pekerjaan yang bisa dilakukan secara online dengan menggunakan komputer. Maka dari itu, salah satu fungsi dari komputer adalah sebagai sarana lapangan kerja baru yang sangat menjanjikan.

Selain itu, komputer juga sering dianggap sebagai sarana lapangan kerja baru, karena perangkat ini mampu mempromosikan suatu lowongan kerja dari sebuah perusahaan dengan baik. Jadi, perusahaan bisa lebih mudah untuk merekrut beberapa pegawai yang memenuhi ketentuan dan kriterianya.

Baca Juga:   9 Cara Memperbaiki Hardisk yang Tidak terbaca

Bahkan, saat ini komputer juga bisa digunakan untuk memulai suatu bisnis secara online. Sebab, sekarang sudah ada platform e-commerce yang bisa dijadikan sebagai lahan usaha menjanjikan bagi sebagian orang.

2. Sarana Komunikasi

Saran Komunikasi

Di era teknologi dan digital yang semakin canggih seperti sekarang ini, Anda tidak perlu bertemu langsung untuk mengobrol bersama dengan teman-teman, rekan kerja, keluarga, maupun pasangan. Sebab, aktivitas ini sudah bisa dilakukan hanya dengan menggunakan komputer dan jaringan internet.

Salah satu fungsi komputer adalah sebagai sarana komunikasi, agar Anda bisa tetap terhubung dengan orang-orang terdekat. Selain bisa digunakan sebagai sarana komunikasi tidak formal, perangkat ini juga bisa dipakai untuk wawancara kerja secara virtual.

3. Tempat Arsip Catatan Pasien

Tempat Arsip Catatan Pasien

Setiap rumah sakit pasti membutuhkan komputer, karena mereka harus menyimpan arsip catatan pasiennya secara aman. Dalam hal ini, komputer bisa menjadi solusi terbaik bagi setiap rumah sakit yang harus menyimpan arsip catatan pasiennya dalam bentuk softcopy secara aman.

Bahkan, saat ini sudah ada banyak merek komputer yang bisa digunakan untuk memantau detak jantung dan tekanan darah seseorang, sehingga hal ini dapat memudahkan para dokter untuk memeriksa kondisi pasiennya.

Namun, untuk menghindari terjadinya kehilangan data akibat serangan malware yang berbahaya, setiap rumah sakit harus melengkapi komputer tersebut dengan software yang mampu melindunginya dari bahaya tersebut.

4. Penunjang Pendidikan

Penunjang Pendidikan

Tidak hanya bermanfaat di bidang perkantoran saja, tapi komputer juga sangat bermanfaat di bidang pendidikan.

Hal ini bisa dilihat dari banyaknya orang yang menganggap komputer sebagai penunjang pendidikan terbaik di zaman sekarang. Jadi, para guru bisa lebih mudah untuk memberikan materinya.

Jika dulu sekolah hanya akan mengizinkan muridnya untuk menggunakan komputer ketika sedang pelajaran Ilmu Komputer saja, sekarang murid-murid bisa menggunakan perangkat ini untuk mengakses e-book pelajarannya, mengikuti kegiatan belajar online, dan lain sebagainya.

5. Media Hiburan

Media Hiburan

Fungsi komputer yang selanjutnya adalah sebagai media hiburan. Semua orang tentu membutuhkan hiburan untuk membuat hidupnya lebih berwarna.

Sementara perangkat komputer sendiri bisa digunakan untuk menyimpan video-video lama, bermain game, dan mendengarkan musik-musik terkini.

Namun, biasanya aktivitas-aktivitas ini hanya bisa dilakukan ketika komputer sudah tersambung dengan jaringan internet yang stabil. Jika Anda ingin menonton film dan mendengarkan musik di komputer secara offline, maka simpan terlebih dahulu file film dan musiknya itu di memori komputer.

Dengan begitu, pemilik komputer tersebut bisa menonton film dan mendengarkan musik tanpa menggunakan internet yang tersambung. Tentu ini bisa dijadikan sebagai hiburan terbaik setelah melakukan banyak aktivitas yang melelahkan.

6. Sarana Informasi

Sarana Informasi

Semua informasi tersedia di internet dan bisa diakses dengan menggunakan komputer, smartphone, maupun tablet. Meski informasi ini bisa diakses dengan menggunakan perangkat selain komputer, tapi sebagian orang lebih suka mengaksesnya dengan menggunakan perangkat komputer.

Sebab, komputer memiliki ukuran layar yang lebih besar dan tidak membuat mata terasa sakit.

Dengan fungsi yang dimilikinya tersebut, ada beberapa orang yang langsung mengandalkan komputernya ketika sedang mengalami suatu masalah dan ingin segera mendapatkan solusi yang paling tepat.

7. Ruang Penyimpanan yang Besar

Ruang Penyimpanan yang Besar

Tidak hanya bisa dipakai untuk menyimpan file video, foto, dan musik saja, komputer juga bisa dipakai untuk menyimpan segala jenis dokumen yang penting. Sebab, kapasitas ruang penyimpanan komputer jauh lebih besar dibanding ruang penyimpanan smartphone dan tablet.

Baca Juga:  Fungsi Cara Kerja Resistor NTC dan Keunggulannya

Selain itu, biasanya komputer juga dilengkapi dengan cloud storage yang membuatnya lebih mampu dalam menyimpan data berukuran besar. Untuk lebih amannya, para pemilik komputer disarankan untuk mencadangkan semua file-nya ke cloud storage, agar tidak hilang ketika komputer rusak.

8. Data Input

Data Input

Istilah ini sudah sering didengar oleh beberapa orang, karena data input merupakan proses penerimaan data atau informasi yang datang dari pihak luar. Nantinya, data-data ini bisa dimasukkan ke salah satu folder komputer dengan menggunakan keyboard yang ada pada komputer.

Karena sekarang sudah ada banyak software yang bisa digunakan untuk melakukan aktivitas ini, jadi orang-orang tidak perlu kesulitan untuk melakukan proses penerimaan data tersebut.

9. Pengolahan dan Keluaran Data

Pengolahan dan Keluaran Data

Setelah data dimasukkan ke dalam sistem komputer, tentu data tersebut harus diolah dengan cara yang tepat. Salah satu fungsi utama dari komputer adalah untuk melakukan pemrosesan data agar dapat menghasilkan output yang berisi tentang suatu informasi akurat.

Kemudian, data yang telah diproses itu akan tersedia dalam bentuk yang lebih mudah dipahami dan bisa diakses langsung melalui perangkat komputer. Contoh data output yang diolah dengan menggunakan komputer adalah hard copy suatu dokumen, file audio, dan lain sebagainya.

Selain beberapa fungsi yang ada di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi fungsi komputer yang lainnya. Namun, beberapa fungsi tersebut adalah yang paling bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari.

Jika dibandingkan dengan smartphone, komputer memiliki fitur yang lebih canggih dan membuatnya memiliki fungsi yang lebih beragam. Maka dari itu, orang-orang bisa lebih mudah untuk melakukan pekerjaannya ketika memiliki perangkat yang satu ini.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment