3 Cara Setting TV Samsung ke Digital dengan Mudah

Para pengguna TV Samsung yang ingin menyaksikan siaran TV digital, tentu tidak perlu merasa khawatir mengalami kesulitan. Pasalnya cara setting TV Samsung ke digital caranya ada banyak dan mudah sekali.

Cara tersebut tidak jauh berbeda baik untuk Anda yang menggunakan TV Samsung yang sudah digital maupun yang memakai Set Top Box (STB). Jadi, pemasangan tersebut tidak akan sulit untuk dilakukan.

Lantas, apa sajakah cara untuk setting channel TV Samsung tersebut? Nah, untuk mengetahui cara untuk melakukan pengaturan tersebut, langsung saja ikuti penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Migrasi TV Analog Ke TV Digital

tv digital

Secara resmi, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah secara bertahap mulai menerapkan siaran digital di berbagai daerah Indonesia. Langkah tersebut diambil sebagai upaya untuk dapat memberikan kualitas tontonan lebih berkualitas.

Perubahan TV analog ke digital memungkinkan masyarakat untuk dapat memperoleh kualitas tontonan dengan gambar dan suara yang jernih. Akan tetapi, untuk bisa menikmatinya diperlukan TV dengan fitur DVB T2 atau bantuan alat Set Top Box (STB).

Untuk TV Samsung keluaran terbaru umumnya sudah mempunyai fitur DVB T2 yang dapat digunakan langsung untuk menangkap sinyal TV Digital. Namun, untuk versi TV Samsung keluaran lama biasanya diperlukan bantuan dari alat STB.

Meskipun memerlukan alat STB, peralihan siaran pada TV Samsung tersebut tidak sulit karena tidak perlu mengganti antena TV. Jadi, Anda hanya perlu memasang alat STB saja pada TV dan siaran sudah dapat dinikmati.

Pembelian alat STB ini juga sangat mudah karena bisa dibeli pada toko elektronik terdekat ataupun membeli secara online. Harga yang ditawarkan untuk STB ini juga sangat terjangkau sehingga tidak memerlukan biaya yang besar.

Cara Setting TV Samsung ke Digital Berbagai Macam Tipe

setting TV Samsung digital

Seperti diketahui TV Samsung mempunyai banyak sekali varian produk yang beredar di pasaran. Terdapat varian TV LED, TV Smart, bahkan masih banyak juga masyarakat yang menggunakan produk TV Samsung yang tabung.

Baca Juga:  Satuan Daya dalam Listrik, Konversi, Rumus & Contoh Soalnya

Melihat banyaknya tipe atau varian tersebut, tentu untuk setting TV digital Samsung juga caranya berbeda-beda. Nah, untuk mengetahui cara-cara untuk seting Samsung tersebut, berikut ini adalah penjelasan langkah-langkahnya.

1. Setting STB TV Samsung

Bagi Anda yang masih menggunakan TV Samsung keluaran lama, siaran masih bisa dinikmati dengan menggunakan STB. Pemasangan STB untuk menangkap siaran digital tersebut tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk setting STB tersebut:

  • Pertama, siapkan STB yang sudah dibeli sebelumnya
  • Kemudian, hubungkan kabel AV pada TV ke port yang terdapat di STB
  • Setelah itu, hubungkan juga kabel antena ke STB.
  • Jika sudah, hidupkan TV
  • Masuk ke menu AV1 atau AV2 memakai tombol source pada remote tv Samsung
  • Selanjutnya, ambil remote dari STB dan hidupkan
  • Masuklah ke menu “Program” STB menggunakan remote-nya
  • Setelah itu, pilihlah menu untuk pencarian channel
  • Pilih yang pencarian otomatis agar mudah
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pencarian atau scan selesai.
  • Selesai

Setelah proses scanning berhasil dilakukan, otomatis TV akan masuk ke channel digital yang pertama. Nah, dengan munculnya channel tersebut, artinya Anda sudah berhasil untuk mendapatkan channel TV digital.

2. Setting Pada Samsung Smart TV

Selain memakai STB, siaran juga bisa dinikmati langsung pada TV yang memang telah diberikan fitur DVB T2. Salah satu produk Samsung yang sudah mempunyai fitur tersebut adalah pada Samsung Smart TV terbaru.

Secara keseluruhan, untuk setting pada smart TV ini tidak terlalu berbeda jauh dengan setting di STB. Untuk lebih jelas dalam pengaturannya, langsung saja Anda simak langkah-langkahnya sebagai berikut.

  • Pertama, pastikan antena sudah dipasang pada Smart TV Samsung Anda
  • Setelah itu, hidupkan Smart TV
  • Masuklah ke menu Setting atau Pengaturan
  • Pilih sub menu Siaran
  • Pilihlah untuk pencarian otomatis
  • Berikutnya, akan muncul dua menu, yaitu jenis saluran dan juga antena
  • Pilih pada menu jenis saluran
  • Selanjutnya, centang pilihan digital
  • Jika sudah, pilih scan untuk mulai mencari channel digital di TV Smart Samsung
  • Tunggu proses scan sampai selesai.
  • Selesai
Baca Juga:  Penyebab dan Cara Mencegah Bunga Es di Kulkas 1 Pintu

Pada saat proses scan sudah berhasil dilakukan, maka otomatis Smart TV akan menampilkan siaran channel. Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk melakukan mencari channel pada Smart TV Samsung?

3. Setting Pada TV Samsung LED

Berikutnya, akan dijelaskan juga untuk melakukan setting pada TV Samsung LED. Kurang lebih, sebenarnya tidak terdapat perbedaan cara setting yang terlalu signifikan dengan penjelasan sebelumnya.

Untuk pengaturan di TV LED Samsung, caranya tidak jauh berbeda dengan pengaturan TV yang menggunakan STB. Lebih lengkapnya lagi, Anda bisa mengikuti penjelasan cara setting TV Digital Samsung tanpa Set Top Box.

  • Pertama, hidupkan TV LED Samsung Anda
  • Kemudian, masuklah ke menu setting TV dengan menggunakan tombol menu di remote
  • Setelah itu, pilihlah bagian menu “Program”
  • Selanjutnya, carilah menu pengaturan untuk mencari sinyal digital secara otomatis dengan memilih Digital Only Tuning.
  • Jika sudah, pencarian siaran akan segera dilakukan secara otomatis oleh TV
  • Tunggu beberapa saat sampai pencarian tuntas
  • Apabila sudah selesai, channel akan tersimpan otomatis di TV LED Anda.
  • Selesai

Kebanyakan pada TV LED sudah dilengkapi dengan fitur DVB T2 yang memungkinkan Anda bisa menonton langsung siaran digital tanpa STB. Namun, jika memang varian TV LED Anda belum ada DVB T2, maka bisa menggunakan bantuan STB saja.

Kelebihan Siaran Digital

setting tv digital

Setelah membahas panjang lebar tentang cara setting TV Samsung ke digital, selanjutnya akan diberikan juga beberapa kelebihan dari siaran digital. Berikut ini adalah berbagai keunggulan yang bisa Anda rasakan.

1. Gambar Tajam

Pada saat menggunakan siaran TV analog, pastinya Anda pernah mengalami beberapa siaran channel TV gambarnya kurang bagus atau bahkan banyak semutnya. Keadaan seperti itu tentu dapat membuat pengalaman menonton TV jadi kurang menyenangkan.

Baca Juga:  Frekuensi Measat Ku Band 2024 Terbaru

Namun, masalah seperti itu tidak akan Anda temui saat menonton siaran digital. Pasalnya, gambar dari siaran ini terbilang sangat jernih dan kualitasnya sudah HD sehingga siaran bisa ditonton dengan nyaman serta jelas.

2. Suara Jernih

Selain pada kualitas gambar, Anda juga dapat merasakan peningkatan kualitas pada suara audio TV. Pada tayangan digital ini, kualitas audio atau suara dari siaran akan terdengar lebih jernih sehingga membuat acara TV bisa dinikmati dengan baik.

3. Tidak Perlu Berlangganan

Kelebihan lain dari tayangan digital ini adalah untuk bisa menikmati kualitas siarannya, Anda tidak perlu berlangganan bulanan layaknya TV kabel. Jadi, Anda hanya cukup membeli STB saja jika memang TV belum support DVB T2.

4. Channel Banyak

Pada siaran digital, Anda bisa mendapatkan jumlah channel yang lebih banyak dari siaran analog. Dengan banyaknya pilihan channel tersebut, tentu Anda tidak akan cepat merasa bosan saat menonton TV.

Begitulah tadi berbagai macam cara setting TV Samsung ke Digital yang bisa dilakukan. Secara keseluruhan, baik di TV LED, Smart TV, ataupun yang menggunakan STB caranya tidak jauh berbeda. Tinggal ikuti saja penjelasan cara di atas, maka siaran digital bisa dinikmati di TV Anda.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment