Definisi, Ukuran, Kelebihan dan Fungsi Kabel NYA yang Perlu Kamu Ketahui

Semua kabel boleh saja terlihat sama dari luar. Akan tetapi, sebenarnya masing-masing kabel memiliki ukuran, spesifikasi, dan bahkan fungsi atau kegunaan yang berbeda. Salah satu contohnya adalah fungsi kabel N Y A, yang secara khusus diperuntukkan bagi instalasi berskala kecil seperti instalasi listrik perumahan atau bangunan.

Oleh karena itu, yuk kenali lebih dekat apa itu kabel NYA. Dan dalam artikel ini, kamu bisa temukan ulasan mulai definisinya, ukuran dan fungsi, hingga penjelasan tentang kode huruf dan komponen-komponennya. Selamat membaca, ya!

Apa Itu Kabel NYA?

Kelebihan dan Fungsi Kabel NYA

Kalau begitu, apa yang dimaksud dengan kabel NYA, ya? Kabel NYA sendiri merupakan salah satu jenis kabel yang didesain hanya dengan satu inti. Oleh karena itu, kalau kamu mendengar istilah kabel inti tunggal, sebenarnya yang dimaksud adalah kabel NYA.

Jenis kabel yang satu ini memiliki lapisan pelindung yang terbuat dari PVC sebagai pelapis konduktor. Penggunaannya biasa ditemukan dalam jaringan listrik perumahan, seperti pada instalasi lampu penerang dan pemasangan stop kontak.

Kamu bisa temukan penggunaan jenis kabel listrik yang satu ini di berbagai negara selain Indonesia. Hal ini dikarenakan harga kabel NYA yang memang terjangkau dan pemasangannya yang mudah. Meski demikian, perlu kamu catat bahwa lapisan pelindung kabel NYA sendiri tidaklah terlalu tebal. Oleh karena itu, tingkat keamanan jenis kabel ini juga dinilai kurang baik.

Untuk mengatasinya, penggunaan kabel NYA biasanya dilakukan dengan pemasangan pengaman tambahan. Salah satu cara yang sering dilakukan adalah menggunakan pipa pada instalasi listrik dengan kabel NYA. Cara lain yang juga sering diterapkan adalah menggunakan kabel NYA hanya pada saluran tertutup.

Pada dasarnya, kedua contoh di atas dilakukan untuk menjaga agar kabel NYA tidak gampang rusak. Di samping itu, penambahan pengaman ekstra maupun penggunaan kabel NYA pada saluran tertutup juga dilakukan untuk mencegah risiko sengatan listrik, terutama saat kabel sudah cacat atau rusak.

Baca Juga:  Apa itu Amplifier? Bagaimana Tips Memilih Amplifier dan Cara Merawatnya

Ukuran dan Fungsi Kabel N Y A

Kelebihan dan Fungsi Kabel NYA

Kabel NYA sendiri memiliki ukuran standar dengan diameter yang berkisar antara 1,5 mm sampai dengan 2,5 mm. Dan ukuran mana yang perlu kamu pilih tentu juga bergantung pada kebutuhan instalasi listrik.

Sementara itu, fungsi kabel N Y A pada dasarnya sama seperti fungsi kabel listrik pada umumnya, yaitu sebagai penghantar (konduktor) arus listrik dari sumber menuju medan tertentu. Mengingat bahwa kabel NYA hanya memiliki satu inti, ukurannya pun terbilang relatif kecil. Oleh karena itu, penggunaan jenis kabel listrik yang satu ini juga diperuntukkan bagi pemakaian berskala kecil.

Sementara itu, beberapa fungsi kabel NYA yang lain juga meliputi:

  • Untuk digunakan di dalam instalasi listrik rumah tinggal.
  • Untuk digunakan pada instalasi listrik dalam lingkungan yang sifatnya kering. Misalnya instalasi listrik di dalam ruangan gedung atau kantor.
  • Dapat digunakan dalam panel distribusi arus listrik.

Kode Huruf pada Kabel NYA

Kalau kamu amati, biasanya setiap kabel listrik punya namanya masing-masing. Tentu saja pemberian nama tersebut untuk membedakan satu jenis kabel dengan jenis kabel lainnya. Hanya saja, pemberian nama tersebut sebenarnya tak hanya sebatas untuk membedakan berbagai jenis kabel karena ada arti yang lebih spesifik.

Hal tersebut juga berlaku pada pemberian nama kabel NYA. Soalnya, kabel NYA memiliki 3 (tiga) kode huruf yaitu N, Y, dan A. Dan pastinya setiap huruf tersebut memiliki artinya masing-masing. Berikut penjelasan singkatnya:

Arti huruf N:

Huruf atau simbol N yang terdapat di kabel NYA mengacu pada fungsi kabel listrik sebagai penghantar arus listrik.

Arti huruf Y:

Arti dari simbol Y pada kabel NYA menunjukkan penggunaan material polyvinyl chloride alias PVC sebagai material isolasi atau pelindung kabel.

Baca Juga:  Pengertian Transistor NPN, Komponen, Fungsi, Cara Kerja

Arti huruf A:

Sedangkan simbol A menunjukkan bahwa salah satu konduktor yang terdapat di dalam kabel NYA digunakan sebagai kabel tanah, yang bertujuan untuk meningkatkan keamanan instalasi listrik dengan cara menghindari risiko terjadinya kebocoran arus listrik.

Tak hanya berhenti di situ saja, ketika kamu membeli kabel NYA kamu juga akan temukan keterangan tentang jumlah inti konduktor dan ukuran penampang konduktor. Di samping mengetahui apa saja arti dari huruf atau simbol N, Y, dan A, kamu juga perlu mengetahui kedua hal tersebut.

Jumlah inti konduktor dan ukuran penampang kabel:

Kode yang menunjukkan jumlah inti konduktor kabel biasanya mengikuti simbol “NYA”. Sebagai contoh, jika kamu melihat keterangan kabel NYA 1×16, artinya kabel tersebut punya satu konduktor dan ukuran penampangnya adalah 16 mm2. Contoh lainnya adalah kabel NYA 4×2,5 yang berarti kabel memiliki empat konduktor dan ukuran penampang masing-masing konduktor tersebut adalah 2,5 mm2.

Seperti yang sudah bisa kamu simpulkan dari kedua contoh tadi, ukuran penampang konduktor dinyatakan dalam satuan milimeter persegi (mm2). Ukuran ini sendiri menunjukkan berapa besar kapasitas listrik yang bisa dihantarkan kabel. Dan makin besar ukuran penampang konduktor, makin besar juga kapasitas arus listrik yang bisa dihantarkan.

Komponen Kabel NYA

Karena kabel NYA hanya punya inti tunggal, jenis kabel listrik yang satu ini hanya memiliki 2 (dua) komponen atau bagian yang menyusun kabel. Keduanya adalah lapisan inti dan lapisan pelindung.

Lapisan inti kabel:

Semua kabel pasti punya lapisan inti yang punya fungsi sebagai penghantar atau konduktor listrik. Oleh karena itu, tentu saja lapisan ini hanya terbuat dari material tertentu yang memang punya sifat menghantarkan listrik dengan baik. Dan untuk kabel NYA, lapisan inti kabelnya terbuat dari tembaga tunggal.

Baca Juga:  10 Penyebab Kulkas Tidak Dingin Serta Cara Mengatasinya

Lapisan pelindung kabel:

Bagan atau komponen kabel NYA berikutnya adalah lapisan pelindung, yang juga dikenal dengan istilah isolator (isolasi). Untuk kabel NYA, seperti yang sudah kamu ketahui isolatornya sendiri terbuat dari material PVC.

Sesuai dengan namanya, lapisan isolator atau pelindung berfungsi untuk melindungi kabel, atau lebih tepatnya inti kabel. Pasalnya, bagian inti kabel lah yang mengandung arus listrik. Dengan melindungi lapisan inti yang merupakan konduktor listrik, risiko kebocoran arus listrik yang bisa membahayakan manusia juga bisa diminimalisir.

Kelebihan dan Kekurangan Kabel NYA

Karena memiliki karakteristik dan struktur tertentu, tentu tak mengherankan jika kabel NYA juga memiliki kelebihan sekaligus kekurangan yang dijelaskan di bawah ini.

Kelebihan kabel NYA:

  • Harganya yang ekonomis sehingga terjangkau dan bisa dibeli siapa saja dengan mudah.
  • Pemasangannya mudah dan fleksibel, bahkan dalam instalasi listrik yang punya banyak lekukan.
  • Cocok untuk instalasi listrik di perumahan, gedung, atau kantor.
  • Voltase kabel NYA terbilang cukup.
  • Memiliki material insulin berwarna yang bisa mempermudah proses pemasangan kabel.

Kekurangan kabel NYA:

  • Karena hanya punya satu lapisan pelindung, kabel NYA dinilai kurang aman.
  • Karakteristik kabel yang mudah cacat atau rusak, dan tidak tahan air. Karena itu penggunaannya hanya cocok di lingkungan yang kering, seperti di dalam ruangan.
  • Lapisan isolator kabel NYA tipis sehingga gampang dirusak oleh hewan pengerat.
  • Pemasangannya memerlukan alat pengaman tambahan.

Penutup

Sampai di sini, kamu sudah lebih paham tentang kabel NYA baik itu fungsi kabel N Y A hingga kelebihan dan kekurangannya, kan? Semoga informasi di atas membantu, ya!

Bagikan Postingan:

Leave a Comment