Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Tidak Bunyi, Caritahu Penyebab dan Atasinya

Jika Anda penasaran penyebab dari kenapa kulkas tidak dingin dan tidak bunyi, maka wajib mencaritahu pada penjelasan di bawah ini terlebih dahulu. Sebab kedua masalah ini tentu akan sangat mengganggu bukan terutama dapat mengakibatkan performanya menjadi menurun nantinya.

Seperti sudah diketahui bahwa kulkas atau lemari pendingin ini memang selalu ada di dalam setiap rumah tangga. Bahkan alat elektronik inilah menjadi alat yang wajib dimiliki karena dapat membuat makanan atau minuman lebih awet.

Kendati menjadi alat yang sangat penting, tetapi ternyata terdapat masalah dimana sering terjadi pada produk ini seperti tidak terasa dingin dan tidak bunyi. Anda pastinya juga bertanya-tanya bukan kenapa kulkas tidak dingin dan tidak bunyi tersebut? simak penjelasannya berikut ini.

Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Tidak Bunyi?

Kenapa Kulkas Tidak Dingin dan Tidak Bunyi

Walaupun alat ini menjadi barang yang sangat penting, tetapi namanya alat buatan manusia tetap saja tidak bisa dilepaskan dari namanya kerusakan bukan? Bahkan seiring dengan berjalannya waktu ternyata masalah juga akan terjadi lho.

Misalnya saja masalah kulkas tidak dingin atau bahkan tidak mengeluarkan bunyi tersebut. Nah, ternyata masalah tersebut bisa saja diakibatkan karena sejumlah faktor, karena itulah Anda wajib mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu.

Terminal Stop Kontak Mengalami Kerusakan

Pernahkah Anda merasakan kulkas tiba-tiba tidak dingin? tentu apabila sedang mengalami masalah tersebut akan langsung panik bukan. terutama kalau Anda sedang berencana akan membuat es batu ataupun menyimpan makanan beku.

Nah salah satu penyebab kenapa kulkas tersebut tidak dingin ataupun tidak bunyi adalah karena bagian terminal stop kontak mengalami kerusakan. Untuk mengetahuinya sangat mudah yakni ketika bagian dari kabel power kulkas masih dalam kondisi bagus tetapi lampu kulkas tidak menyala ketika pintu tengah dibuka.

Baca Juga:  Cara Menggunakan Kulkas Baru yang Baik Dan Benar

Cara mengatasinya sangat mudah yakni silahkan periksa bagian dari colokan stop kontak dan pastikan sudah terpasang dengan benar. Untuk memastikannya, Anda juga dapat mencolokkan kabel power pada sumber listrik yang lainnya.

Kesalahan dalam Mengatur Pengontrol Suhu

Penasaran dengan alasan kenapa kulkas tidak dingin lainnya?  Bisa jadi disebabkan karena adanya kesalahan dalam mengatur pengontrol suhunya. Ini biasanya diakibatkan karena adanya keteledoran dari pihak pemiliknya.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda dapat mengubah bagian thermostat ke suhu sesuai dengan keinginan. Jangan lupa juga agar memeriksa bagian dari freeer dan kulkas karena bagian ini mempunyai control yang terpisah.

Karet Pada Pintu Yang Kotor

Kulkas tidak dingin kenapa? Masalah lainnya adalah karena karet pada pintu yang kotor sehingga mengakibatkan pintu tidak dapat tertutup dengan rapat. Ini akan membuat suhu ruangan didalam lemari pendingin tidak dingin seperti biasanya.

Inilah mengapa, Anda dapat mencoba untuk membersihkan sela-sela pada pintu kulkas dan hindari adanya penggunaan pembersih dengan sifat abrasive. Hindari pula menggunakan cairan yang mudah terbakar.

Penyebab Lainnya yang Perlu Diketahui

Selain beberapa penyebab diatas, sebenarnya masih ada faktor lainnya yang mengakibatkan lemari pendingin Anda di kulkas tidak dingin ataupun tidak mengeluarkan suara. Nah, untuk mengatasi masalah inilah, tentu dapat dilakukan dengan cara mencari sumber masalahnya dahulu.

Berikut ini apa penyebab kulkas tidak dingin dan tidak menyala yang perlu diketahui agar data segera mengatasi masalahnya

Terputusnya Kabel Power

Apabila Anda mendapati benda elektronik satu ini tidak dapat bekerja secara optimal, maka langkah yang harus dilakukan adalah melakukan pemeriksaan pada bagian kabel powernya dahulu.

Sebab tidak jarang bagian dari kabel power itulah terlepas atau rusak karena adanya gigitan dari tikus atau dimakan usia. Tentu saja hal tersebut dapat mengakibatkan aliran arus listrik yang terdapat pada lemari pendingin menjadi terputus.

Baca Juga:  Satuan Daya dalam Listrik, Konversi, Rumus & Contoh Soalnya

Timer Sudah Tidak Berfungsi

Faktor lainnya yang mengakibatkan kulkas di rumah Anda tidak dingin dan tak bunyi adalah adanya timer rusak. Timer sendiri mempunyai fungsi cukup penting karena dapat mendukung fungsi kinerja dari kompresor agar optimal.

Tetapi biasanya timer hanya dapat Anda temukan pada lemari pendingin dengan dua pintu saja. Fungsi utamanya adalah digunakan untuk memutus aliran listrik untuk mengaktifkan fungsi defrost yakni pencegah bunga es pada lemari pendingin.

Kompresor Yang Mengalami Kerusakan

Pada sebuah lemari es, kompresor sendiri menjadi komponen inti di dalam pendingin baik untuk satu pintu ataupun 2 pintu. Adapun fungsi utamanya adalah buat mengatur sirkulasi freon alias gas pendingin didalamnya.

Adapun ciri-ciri dari komponen kompresor rusak sendiri dapat ditandai dengan adanya tidak ada suara yang dikeluarkan. Ini juga dapat mengakibatkan kulkas tidak dingin tapi lampu menyala pada alat tersebut.

Kulkas Tidak Dingin Tetapi Lampu Menyala, Cek Berikut Ini

Kulkas Tidak Dingin Tetapi Lampu Menyala, Cek Berikut Ini

Perlu diketahui bahwa dalam kondisi normal, lemari pendingin ini memang akan selalu mengeluarkan bunyi secara berkelanjutan. Bahkan dalam waktu tertentu, lemari es tersebut akan berbunyi selama beberapa menit dan kemudian mati.

Adapun bunyi yang Anda dengar pada kulkas tersebut ternyata berasal dari suara kompresor. Dimana komponen kompresor berada di bagian belakang dari lemari es dan fungsinya sangat penting dalam sistem pendinginan.

Sebagai pemilik dari benda elektronik ini, pastinya pernah mengalami masalah dimana kulkas tidak bunyi tapi lampu menyala bukan? walaupun ini tergolong bukan masalah besar, tetapi sebaiknya jangan diabaikan begitu saja.

Penyebab utama dari masalah satu ini biasanya diakibatkan karena kerusakan yang terjadi pada kompresor kulkas. Selain akibat dari kerusakan kompresor, kulkas tidak mengeluarkan bunyi juga dapat diakibatkan karena masalah pada tegangan listrik

Baca Juga:  Penyebab kenapa TV Tiba Tiba Mati dan Cara Mengatasinya 

Di daerah tertentu, memang tidak jarang ditemukan adanya tegangan listrik yang berada di bawah standar dari 220V. Tetapi karena terlalu banyak digunakan, maka dapat mengakibatkan adanya penurunan tegangan listrik.

Adanya kondisi inilah ternyata dapat mengakibatkan kompresor dari lemari pendingin ini tidak dapat bekerja. Sebab arus listrik yang mengalir itulah tidak bisa memutar bagian dari kompresornya.

Kulkas Tidak Dingin Tetapi Terdapat Suara Air

Selain masalah diatas yang dapat ditemukan pada lemari pendingin ini, ternyata juga terdapat masalah lainnya dimana kerap kali muncul. Yakni ketika kulkas tidak dingin ada suara air? Anda pastinya juga akan bertanya-tanya apa penyebabnya bukan?

Masalah satu ini sebenarnya tidak boleh diabaikan begitu saja dan biasanya diakibatkan karena faktor tertentu. Misalnya saja adalah bagian dari pipa pendingin macet, fungsi pipa sendiri adalah sebagai penyalur gas freon atau gas pendingin.

Aliran freon inilah bisa saja menjadi tersumbat karena adanya kotoran ataupun minyak pelumas dimana bertumpuk di dalam saluran pipa. Inilah yang nantinya akan mengakibatkan masalah diatas dan cobalah periksa pada bagian perpipaan.

Penyebab masalah ini lainnya adalah gas pendingin atau freon yang bocor. Nah, masalah inipun sangat jarang disadari oleh para pengguna hingga akhirnya merasakan kulkas tiba-tiba tidak dingin.

Menjadi salah satu peralatan elektronik yang penting, benda inipun tidak dapat dilepaskan dari namanya kerusakan. Karena itulah wajib mencari tahu kenapa kulkas tidak dingin dan tidak bunyi dengan baik agar dapat mengatasinya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment