Penyebab Kulkas Nyetrum dan Cara Mengatasinya, Cek Segera Berikut!

Apakah Anda pernah merasakan kulkas nyetrum ketika disentuh terutama bagian bodynya? Anda mungkin akan berpikir bahwa ini adalah hal yang sepele. Tetapi ternyata bisa menjadi tanda bahwa terdapat kerusakan pada komponen terutama perkabelan di dalamnya lho.

Seperti sudah diketahui kulkas menjadi salah satu peralatan elektronik yang wajib ada di rumah. Sebab kehadirannya dapat digunakan untuk menyimpan makanan ataupun minuman agar tetap dingin dan tahan lama.

Kendati menjadi salah satu peralatan yang penting tetapi ternyata sebagai pemilik, Anda juga wajib mengetahui beberapa masalah dimana sering terjadi. Salah satu masalah yang sering terjadi pada kulkas adalah kulkas nyetrum ini.

Penyebab Kulkas Nyetrum yang Wajib Diketahui

Penyebab Kulkas Nyetrum Yang Wajib Diketahui

Sebagai pemilik pendingin satu ini, pastinya Anda pernah merasakan setruman ketika menyentuhnya bukan? Perlu diketahui bahwa masalah tersebut bukan hanya dapat terjadi pada unit pendingin yang lama saja tetapi juga unit baru lho.

Anda pastinya juga penasaran bukan apa sebenarnya penyebab kulkas nyetrum tersebut? karena itulah Anda wajib untuk mencaritahu lebih lanjut berikut ini.

Kompresor Alami Kerusakan

Kompresor sendiri mempunyai fungsi yang sangat penting karena dapat digunakan sebagai komponen penting dalam sistem pendinginan. Bahkan menjadi alasan kenapa body kulkas dingin ketika Anda sentuh.

Tetapi apabila bagian dari isolator kawat tembaga yang menjadi lilitannya terkelupas begitu saja ternyata dapat menjadi penyebab kenapa lemari pendingin tersebut nyetrum lho. Masalah ini biasanya lebih sering terjadi pada pendingin dengan usia sudah tua.

Perlu diingat juga apabila kompresor inilah mengalami kerusakan, ternyata bukan hanya mengakibatkan setruman saja tetapi juga pada sistem pendingin didalamnya. Itulah sebabnya, Anda mungkin akan menemukan masalah baru dimana pendingin tidak terlalu dingin.

Kabel Heater Frame Pada Pintu Alami Kerusakan

Masih ada penyebab kulkas nyetrum berikutnya yang perlu diketahui yakni kabel heater frame pada pintu mengalami kerusakan. Sebenarnya masalah ini jarang ditemukan pada kulkas Anda di rumah, tetapi juga menjadi penyebab salah satunya.

Baca Juga:  Cara Memasang Antena Parabola yang Baik dan Benar

Oleh karena itulah apabila Anda melihat tidak terdapat kerusakan pada bagian utama di kulkas, bisa saja masalahnya terletak pada bagian dari heater frame di dalamnya.

Heater Yang Mengalami Konsleting

Kulkas Anda yang nyetrum di rumah juga dapat disebabkan karena bagian dari heater kulkas alami konsleting atau terbakar. Tetapi kondisi ini biasanya hanya ditemukan pada lemari pendingin dengan dua pintu karena adanya sistem defrost (pencair bunga es).

Bagi Anda yang mempunyai kulkas satu pintu, maka masalah tersebut sangat jarang terjadi sehingga tidak perlu khawatir.

Kabel Colokan Yang Terkelupas

Penyebab lainnya kenapa kulkas bisa nyetrum adalah adanya bagian kabel colokan kulkas yang terkelupas tersebut. Terlebih lagi di dalam bagian terminal colokan listrik ataupun kabel dimana menuju bagian dari steker.

Kabel yang terbuka itulah bisa disebabkan oleh banyak hal termasuk juga adanya gigitan tikus. Cobalah memeriksa kabel pada bagian ini dengan cara meraba pada bagian permukaannya dan bungkus menggunakan solasi untuk menutup bagian dari kabel ini.

Masalah satu inipun ternyata juga bisa diakibatkan karena kabel tertarik dengan kuat dan kencang sehingga bagian dari isolasinya terlepas sekaligus menempel ke bagian dindingnya. Itulah sebabnya, Anda perlu memperbaiki kabel colokan kulkas yang benar dengan baik.

Terputusnya Kabel Grounding

Kabel grounding yang terputus juga dapat mengakibatkan lemari pendingin ini bisa neytrum lho. Untuk mengetahuinya, maka Anda dapat mengecek pada bagian belakang dari area kompresor dari kulkas.

Cara mudah mengetahui kabel grounding sendiri sangat mudah yakni dapat dilihat dari warnanya yakni kuning dan ditempelkan di area body belakang dari kulkas.

Bagaimana Cara Mengatasi Kulkas Yang Nyetrum

Bagaimana Cara Mengatasi Kulkas Yang Nyetrum

Walaupun bisa menimbulkan sentruman, tetapi apabila Anda tengah menghadapi masalah tersebut sebaiknya jangan panik secara berlebihan. Karena ad acara untuk mengatasi masalah kulkas yang nyetrum di rumah Anda.

Baca Juga:  2 Cara Beli Paket Cling K Vision Mudah dan Praktis

Caranya sendiri adalah dapat disesuaikan dengan penyebab dari lemari pendingin nyetrum tersebut. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa cara mengatasi masalah berikut:

Perbaiki Bagian Kompresor Dahulu

Seperti sudah disinggung sebelumnya bahwa salah satu penyebab kenapa kulkas nyetrum adalah bagian kompresor mengalami kerusakan. Karena itulah langkah terbaiknya adalah dengan memperbaiki bagian dari kompresornya ini terutama bagian short body.

Ini adalah bagian dari isolasi gulungan di dalam kompresor yang sudah mengelupas tersebut. Silahkan ditutup dengan baik agar tidak terdapat bagian yang mengalami kerusakan.

Cobalah Mengganti Kabel Yang Sudah Terkelupas

Selain dengan memperbaiki bagian dari kompresor, Anda juga dapat mengganti kabel yang telah terkelupas tersebut dengan baik. Caranya sendiri sangat mudah yakni dengan cara menutup kembali bagian dari kabel yang terbuka tersebut.

Anda dapat mencari tahu terlebih dahulu bagian yang terkelupas dan dapat menyambungkannya menggunakan solasi atau mengganti dengan unit baru. Jangan lupa agar mematikan dahulu aliran listrik di rumah sehingga dapat terhindar dari setruman tegangan tinggi.

Memasang Kabel Grounding Dengan Baik

Cara mengatasi masalah lemari pendingin menyetrum berikutnya adalah dengan memasang kabel grounding kembali. Grounding atau arde sendiri adalah sebuah jalur kabel yang biasanya terdapat pada instalasi listrik menuju ke titik bumi.

Dengan adanya grounding inilah ternyata dapat membuat orang-orang akan terhindar dari adanya sentruman listrik apabila tengah menyentuh beberapa barang elektronik tersebut.

Perbaiki Bagian Heater

Cara terakhir yang dapat Anda lakukan adalah dengan memperbaiki bagian dari heater kulkas Anda terlebih dahulu. Memang kasus satu ini jarang terjadi tetapi tidak ada salahnya agar memeriksa bagian dari heater juga.

Cara Merawat Kulkas Agar Selalu Awet

Cara Merawat Kulkas Agar Selalu Awet

Sebagai pemilik lemari pendingin ini, tentunya Anda ingin bukan apabila produk ini selalu awet dan tahan lama? Itulah sebabnya, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara melakukan perawatan benda elektronik satu ini dengan baik.

Baca Juga:  Mengenal Warna Resistor 10k serta Kisaran Harga Terbaru 2024

Pertama, Anda dapat menjaga bagian dari kumparan kondensor kulkas agar selalu bersih dan terjaga dengan baik. Perlu diketahui apabila bagian dari kondensor tersebut tertutup debu, maka kulkas tidak akan bekerja dengan optimal.

Kami sarankan agar membersihkannya setiap dua kali dalam setahun dan silahkan tarik bagian mesin dari dinding untuk mengetahui gulungan di bagian belakangnya. Kedua, Ada baiknya Anda juga mengatur suhu kulkas dengan baik.

Anda harus mengetahui berapakah suhu kulkas yang ideal untuk lemari pendingin ini yakni antara 2-4 derajat celcius, sedangkan untuk suhu freezer tersebut adalah pada minus 17 derajat Celsius. Dengan menjaga suhu ideal itulah, kulkas Anda di rumah dapat bekerja dengan optimal.

Cara ketiga untuk menjaga kulkas di rumah adalah dengan memeriksa bagian dari segel pintu dari kulkas dahulu. segel yang longgar sendiri ternyata dapat mengakibatkan udara dingin keluar sehingga membuat kulkas bekerja lebih keras dibandingkan sebelumnya.

Keberadaan benda elektronik inilah ternyata mempunyai peran yang sangat penting karena digunakan untuk menyimpan makanan ataupun minuman. Sebagai pemiliknya, Anda juga wajib mengetahui penyebab kulkas nyetrum di atas dengan baik.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment