7 Alasan Kenapa Lampu Kulkas Mati dan Tips Memperbaikinya

Memang normalnya semua lemari es akan memiliki lampu agar memberikan kemudahan penggunanya dalam melihat isi di dalam lemari es. Jika lampu lemari pendingin tidak menyala, anda harus mengetahui kenapa lampu kulkas mati dan bagaimana memperbaikinya. Ada banyak alasan mengapa lampu pada lemari es mati dan tidak bekerja sebagaimana harusnya.

Tentunya ada beberapa alasan yang mendasarinya, melihat bahwa lampu lemari es memiliki peran penting. Penyebab lampu kulkas mati sangatlah beragam, anda dapat melihat apa saja hal membuat terjadi dan apa langkah selanjutnya yang dapat dilakukan guna memperbaiki keadaan ini.

7 Penyebab Kenapa Lampu Kulkas Mati

7 Penyebab Kenapa Lampu Kulkas Mati

Banyak sekali yang menjadi alasan kenapa lampu kulkas mati. Tentunya beberapa hal ini bisa jadi mendapatkan pengaruh dari aliran listrik saat menuju lemari pendingin atau bohlam pada bagian dalam memiliki kerusakan terutama pada bagian sakelar di lampu. Berikut ini adalah 7 alasan kenapa lampu kulkas mati.

Tidak Stabilnya Aliran Listrik

Salah satu alasan umum membuat lampu lemari es tidak menyala adalah tidak mendapatkannya aliran listrik dimana seharusnya mengalir dengan baik. Anda dapat melakukan pengecekan apakah bagian steker sudah terhubung secara benar pada stop kontak. Alasan lainnya yaitu lupa telah mencabut steker dan membuat suplai daya yang dibutuhkan lemari es tidak berjalan.

Dalam hal ini jika terdapat masalah, cobalah menyambungkan kembali steker pada stop kontak aktif. Cobalah melihat apakah lampu lemari es sudah menyala atau masih dalam keadaan mati. Alasan ini menjadi alasan umum mengapa cahaya tidak mengalir dengan baik terhadap lemari pendingin.

Sakelar Lampu Rusak

Jika cara pertama tidak berhasil, alasan lain lampu pendingin masih tidak menyala cek sakelar. Salah satu ciri khas lemari es keluaran lama, tidak memiliki sakelar dimana dapat bekerja terutama saat pintu dibuka atau di tutup. Jika lampu kulkas mati apakah berpengaruh di sakelar? Jawabannya adalah iya. Jika lemari pendingin atau tombol tidak memiliki cahaya, anda dapat melakukan pengecekan sakelar apakah mengalami kerusakan atau dalam keadaan baik.

Baca Juga:  Daftar Frekuensi SCTV Lengkap dan Terbaru

Anda juga dapat melakukan pemutusan sambungan komponen lalu cek apakah bagian tersebut terpisah. Jika sakelar dalam keadaan rusak atau memiliki daya yang tidak mengalir, maka perbaiki atau lakukan penggantian bagian tersebut. Alasan ini seringkali menjadi penyebab kenapa lampu kulkas mati.

Bohlam Lampu Tidak Menyala

Jika bohlam tidak bekerja sebagaimana mestinya, cobalah melihatnya secara langsung. Lalu apabila ditemukan kerusakan pada bagian filament yang dimiliki bohlam, maka segeralah lakukan penggantian. Dan jika kesulitan dalam melihat bohlam yang dimiliki pada lampu, cobalah gunakan multimeter agar dapat memeriksa kontinuitas di bohlam.

Namun memang penggantian ini wajib dilakukan, pasalnya jika menggunakan bohlam yang sudah lama dapat membuat soket mengalami kerusakan. Pastikan bahwa bagian ini dilakukan secara detail, teliti dan berkala. Belilah bohlam baru dan pastikan bahwa bentuk dan spesifikasi yang dimiliki sama persis dengan yang digunakan oleh lemari es anda.

Soket Tidak Memiliki Daya ke Bohlam Lampu

Bohlam lampu yang dimiliki kulkas pada umumnya memiliki sekrup dimana berada di dalam soket agar lampu menyala. Anda harus melakukan cek tegangan yang dimiliki oleh soket. Jika tidak memiliki tegangan, pastikan agar soket dilakukan penggantian. Dengan adanya kerusakan yang dimiliki terminal, tentunya menjadi alasan aliran listrik terhambat masuk dan membuat lemari es tidak bekerja secara optimal dalam memberikan cahaya.

Perlu diingat bahwa soket merupakan rangkaian tegangan hidup, jadi pastikan agar aliran listrik terputus terlebih dahulu dengan mencabut steker sebelum soket di periksa agar aman.

Masalah Pada Motor Kompresor

Alasan lainnya kenapa lampu kulkas mati yaitu tabung kompresor bermasalah. Jika kulkas mengalami masalah sedangkan kabel dapat berfungsi dengan baik, maka alasan terbesar adalah tabung kompresor memiliki masalah. Cobalah melakukan pengecekan tabung tersebut, periksalah apakah terdapat getaran atau tidak.

Baca Juga:  Inilah 3 Fungsi Kiprok Pada Motor dan Cara Merawatnya

Jika masih terdapat getaran, maka dipastikan bahwa kompresor masih berfungsi secara optimal. Namun jika tidak bisa dirasakan getaran, ada kemungkinan bahwa kompresor memiliki masalah dan lampu kulkas Polytron dan merek lainnya mengalami masalah.

Relay Mati

Jika sudah dilakukan penggantian bola lampu, namun lampu lemari es masih mati cobalah anda cek pada bagian relay kompresor apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Dalam hal ini mengecek komponen sangatlah mudah, gunakan obeng lalu bukalah bagian penutup di bagian samping kompresor.

Selanjutnya lepaskan bagian relay kompresor dimana dapat dilakukan dengan cara menggoyang-goyangkan alat tersebut. Relay dalam keadaan rusak, memiliki tanda dengan munculnya suara aneh. Jika hal ini terjadi harus dilakukan penggantian relay baru dan hindari menggunakannya kembali. Kerusakan ini juga terjadi dikarenakan efek mati lampu pada kulkas.

Masalah Pada Papan Sirkuit

Alasan terakhir mengapa lampu tidak menyala yaitu papan sirkuit mengalami kerusakan. Papan sirkuit sendiri merupakan komponen dimana dimiliki oleh lemari pendingin berlokasi di panel kontrol. Komponen tersebut memang biasanya memiliki sakelar buluh yang mana dapat gagal bekerja. Hal ini juga yang menjadi penyebab mengapa lemari pendingin memiliki lampu mati dan tidak berfungsi secara normal.

Tips Pilih Bohlam Untuk Kulkas

7 Alasan Kenapa Lampu Kulkas Mati dan Tip Memperbaikinya

Setelah melihat berbagai alasan kenapa lampu kulkas mati, salah satunya adalah bohlam lemari pendingin yang tidak bekerja dengan baik. Cara utama dalam mengatasi hal ini adalah melakukan penggantian bohlam pada lemari es. Jika menginginkan bohlam lampu yang berkualitas baik, simak beberapa penjelasan berikut ini.

Perhatikan Bagaimana Bentuk Kaca Bohlam

Salah satu efek mati lampu pada kulkas adalah bohlam mengalami kerusakan. Maka dari itu pahami betul bagaimana melakukan penggantian terhadap bohlam yaitu memperhatikan bentuk dari kaca lampu. Sebagian besar lampu memiliki jenis alas A15. Sangat penting memperhatikan bagaimana bentuk dari bohlam agar lampu dapat terpasang dengan baik dan terpasang di bagian bawah pada penutup lemari pendingin.

Baca Juga:  Satuan Daya dalam Listrik, Konversi, Rumus & Contoh Soalnya

Ukuran lampu kulkas Polytron 1 pintu juga memiliki ukuran yang sama yaitu A15. Anda dapat menggunakan jenis ini digunakan sebagai bahan memilih bohlam pada lemari pendingin.

Memahami Bagaimana Konsumsi Daya Listrik Bohlam

Pada normalnya, lemari es memiliki konsumsi daya diantara kisaran 10 – 40 watt. Lemari es sendiri yang memiliki sumber cahaya memiliki 15 – 40 watt. Bila anda memiliki 2 lemari es, pastikan bahwa kegunaannya dengan benar agar dapat menghemat listrik yang ada. Kulkas baru tidak dingin tapi lampu menyala menjadi alasan kerusakan lainnya yang dimiliki kulkas.

Bila melihat sesuatu yang tidak normal pada lemari pendingin, bisa menjadi alasan kenapa lampu kulkas mati. Segeralah memeriksa dan juga melakukan perbaikan pada hal tersebut.

Lemari pendingin sendiri merupakan elektronik  cukup besar sehingga dengan seiring berjalannya waktu akan mengalami masalah terutama pada lampunya. Masalah kecil pada lemari es tidak segera diperbaiki, juga akan memicu masalah besar di kemudian hari akan datang. Tentunya akan merogoh kocek yang lebih banyak.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment