Daftar Warna Resistor 100 OHM dan Tips Menghitungnya

Sedang mencari informasi mengenai warna resistor 100 ohm lengkap? Kalau begitu kami akan memberikan penjelasannya buat Anda. keberadaan dari resistor ukuran inilah ternyata menjadi resistor dengan nilai tetap dan cukup popular.

Hal tersebut bukan tanpa alasan karena keberadaannya sering digunakan buat berbagai rangkaian elektronika serta kelistrikan di dalamnya. Tidak hanya mudah didapatkan, tetapi untuk harganya ternyata tergolong cukup terjangkau yakni mulai dari Rp500-Rp1500 saja.

Perlu diketahui juga bahwa resistor 100 ohm itulah ternyata juga mempunyai jumlah gelang berbeda-beda di bagian bodynya. Kendati fungsi utamanya sama tetapi yang membedakan biasanya adalah bahan konduktifnya.

Daftar Warna Resistor 100 OHM Sesuai Gelangnya

Daftar Warna Resistor 100 OHM Sesuai Gelangnya

Setiap gelang warna resistor 100ohm inilah ternyata mempunyai nilai serta diikuti dengan gelang pengali dengan toleransinya. Semua resistor inilah yang mempunyai nilai maka bukan berarti sepenuhnya bernilai 100ohm.

Di samping itu, tidak semua warna gelang akan menunjukkan nilai resistansinya. Misalnya saja pada 4 gelang, dimana dua pita pertama akan menunjukkan nilai resistansi, kedua pengali sedangkan keempat adalah nilai toleransinya.

Untuk lebih jelasnya maka Anda dapat menyimak informasi mengenai warna resistor 100 ohm lengkap dengan spesifikasinya

4 Gelang Warna

Tips Menghitung Warna R 100 ohm Untuk 4 Gelang

Berikut ini warna 4 gelang pada jenis resistor ini dimana setiap gelang tersebut mempunyai peran berbeda-beda. Di samping itu, nilai yang dihadirkan dari setiap gelangpun juga berbeda-beda.

Nomor Fungsi Warna Nilai
1 Gelang Signifikan 1 Coklat 1
2 Gelang Signifikan 2 Hitam 0
3 Pengali Coklat X10
4 Toleransi Emas atau silver ±5% (± 10% Silver)
      100±5%Ω

Apabila Anda ingin hasilnya lebih akurat maka dapat menghitung menggunakan alat bernama multimeter terlebih dahulu. Baik itu tipe analog ataupun digital dapat memberikan hasil jauh lebih akurat nantinya.

Baca Juga:  Pengertian Rectifier: Fungsi, Bagian, Jenis dan Rangkaiannya

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa gelang 1 merupakan warna pertama dari nilai resistansi dengan warna coklat mempunyai nilai 1. Gelang kedua juga termasuk nilai resistansi dengan warna hitam dan nilai 0.

Jadi nantinya nilai resitansi dari gelang 1 dan 2 adalah sebesar 10. Sedangkan gelang ketiga sebagai pengali yang mana mempunyai warna coklat atau 1, maka dapat didapatkan pengalinya yakni 10×1=10

Resistor 100OHM 5 Gelang

Apabila sebelumnya adalah resistor 100 dengan 4 gelang maka berikutnya adalah 5 gelang ini dimana gelang pertama adalah coklat, kedua hitam, ketiga hitam. Sedangkan gelang keempat atau pengali hitam dengan nilai 100.

Berikut ini spesifikasi dari gelang tersebut agar lebih jelas.

Nomor Fungsi Warna Nilai
1 Gelang Signifikat 1 Coklat 1
2 Gelang Signifikat 2 Hitam

 

0
3 Gelang signifikat 3 Hitam 0
4 Pengali Hitam X1
5 Toleransi Emas atau silver ±5% (±100% silver)
      Total nilai= 100 ±5%Ω

Resistor 100 OHM 6 Gelang

Hampir sama seperti dengan R100 OHM diatas, untuk r 6 gelang inilah hanya mempunyai tambahan 1 warna saja. Dimana warna tersebut akan menunjukkan nilai koefisien dari suhu serta seberapa besar resistansi akan berpengaruh dengan perubahan suhunya.

Nantinya gelang 1-3 akan menunjukkan nilai resistasinya, ke-4 sebagai pengali, ke-5 menunjukkan nilai toleransinya dan ke-6 adalah koefisien suhu. Berikut untuk lebih jelasnya mengenai warna-warna resistor tersebut.

Nomor Fungsi Warna Nilai
1 Gelang signifikan 1 Coklat 1
2 Gelang signifikan 2 Hitam 0
3 Gelang signifikan 3 Hitam 0
4 Pengali Hitam X1
5 Toleransi Emas atau silver ±5%(±10% silver)
6 Koefisien suhu    
      Nilai : 100±5%Ω

Tabel Untuk Wanra Koefisien Suhu R100 OHM

Pada poin sebelumnya, gelang keenam yang terdapat pada r 6 gelang inilah mempunyai nilai koefisien suhu berbeda-beda. Disinilah pentingnya agar Anda juga tidak hanya memahami kode warna resistor 100 ohm diatas, tetapi juga berkaitan dengan nilai koefisien dari suhu.

Berikut ini tabel lengkapnya yang perlu diketahui.

Warna Nilai Koefisien Suhu
Merah 50 ppm/oC
Hitam N/1
Coklat 100 ppm/oC
Kuning 25ppm/oC
Oren 15 ppm/oC
Biru 10 ppm/oC
Hijau N/A
Abu-abu N/A
Ungu 5 ppm/oC
Putih N/A

Tips Menghitung Warna R 100 ohm Untuk 4 Gelang

Apabila Anda akan melakukan perhitungan pada R 100ohm dengan 4 gelang ternyata tidaklah sulit dilakukan. Terlebih lagi terdapat sejumlah tips yang dapat digunakan untuk melakukan perhitungan tersebut dan lebih jelasnya simak ulasannya.

Hitung Gelang Terakhir

Langkah pertama yang bisa dilakukan yakni dengan menghitung gelang terakhir (ke-4). Gelang ke-4 itulah biasanya akan mempunyai warna emas atau silver sehingga sangat mudah dikenali oleh seseorang.

Gelang terakhir itulah dapat menunjukkan nilai toleransi yang terdapat pada komponen elektronika ini.

Carilah Nilai Dua Warna pertama

Setelah Anda menghitung gelang terakhir, maka dapat mencari nilai yang terdapat pada dua warna pertama dari komponen resistor. Dua gelang itulah dapat menunjukkan nilai resistansi dasar dan akan dikalingan dengan pengali.

Tujuan dikalikan tersebut adalah agar Anda dapat mengetahui nilai resistansi penuhnya

Gelang Ketiga

Terakhir Anda dapat focus ke gelang ketiga dimana berfungsi sebagai pengali. Silahkan kalikan nilai yang terdapat pada dua gelang warna pertama agar bisa memperoleh nilai penuhnya terlebih dahulu.

Fungsi dan Kegunaan dari Resistor 100 OHM

Tips Menghitung Warna R 100 ohm Untuk 4 Gelang

Keberadaan dari resistor inilah ternyata mempunyai fungsi yang tidak jauh berbeda dengan resistor pada umumnya. Terlebih lagi di dalam suatu rangkaian elektronika memiliki peran cukup penting dan berikut sejumlah fungsi didalamnya.

Pembagi Tegangan

Fungsi utama dari komponen berukuran kecil ini adalah dapat digunakan buat membagi tegangan. Selain itu, seorang teknisi dapat menggunakannya buat mengurangi jumlah tegangan ke tingkat dimana sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai Penurun Tegangan

Penggunaan hukum OHM yang terdapat didalam komponen inilah dapat digunakan sebagai penurun tegangan. Sebagai contohnya saat mempunyai power supply utama yang mengalirkan tegangan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kebutuhan di bagian tertentu saja.

Aplikasi DC

Keberadaan dari resistor inilah juga sering diaplikasikan pada DC dimana memerlukan keakuratan cukup tinggi. Misalnya saja terdapat pada DC measuring equipment serta reference gulators reference gulators yang biasanya digunakan pada voltage regulator.

Aplikasi Power

Fungsi lainnya dari komponen tersebut yakni sebagai aplikasi power sebab membutuhkan frekuensi respon cukup bagus, daya tinggi sekaligus nilai tegangan harus lebih besar dibandingkan power wirewound.

Tidak hanya itu saja, keberadaannya juga dapat digunakan sebagai standar didalam sebuah verifikasi keakuratan dari sebuah alat ukur resistive.

Digunakan Sebagai Pengaman dari Suatu Rangkaian

Sebuah rangkaian elektronika pastinya harus membutuhkan pengaman sehingga nantinya dapat berfungsi secara lebih maksimal bukan? Disinilah peran dari R100ohm sangat penting karena dapat digunakan di sebuah rangkaian.

Disamping itu, penggunaannya juga sering ditemukan pada sirkuit power amplifier sekaligus sirkuit relay.

Keberadaan dari komponen elektronika inilah mempunyai peran yang sangat penting termasuk juga tipe R100Ohm ini. Pastikan mengetahui informasi mengenai warna resistor 100 ohm agar dapat lebih mudah melakukan perhitungan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment