Pengaturan Suhu Kulkas yang Tepat dan Benar

Agar dapat menjaga ketahanan bahan pangan dan kualitas bahan pangan di dalam kulkas, maka perlu pengaturan suhu kulkas yang benar. Ya, di mesin pendingin alias kulkas memang sudah terdapat tombol mengatur suhu kulkas sesuai keinginan.

Berbagai merk kulkas dilengkapi dengan tombol pengatur suhu atau temperatur, termasuk merk Sharp, LG, dan sebagainya tentunya dilengkapi dengan tombol pengatur suhu kulkas. Untuk anda yang memang mencari informasi seputar pengaturan suhu kulkas Sharp dan sebagainya maka bisa simak terlebih dahulu ulasan berikut ini.

Mengenal Tombol Untuk Atur Suhu Kulkas

Pengaturan Suhu Kulkas yang Tepat dan Benar

Salah satu bagian di kulkas dapat anda temukan adalah tombol yang digunakan untuk mengatur suhu. Seperti namanya bagian tersebut digunakan sebagai alat pengatur temperatur pada lemari pendingin sesuai kebutuhan. Biasanya tipe kulkas dengan satu pintu memiliki satu tombol saja, letaknya ada di atas disamping bagian freezer.

Lalu untuk dua pintu ada dua tombol pengaturan, letaknya berada freezer bagian atas untuk mengatur bagian freezer, dan di ruangan kulkas bagian bawah untuk mengatur bagian bawah lemari pendingin.

Biasanya setiap merk memiliki tanda besaran suhunya masing-masing, ada kenop atau tombol dengan tanda besarannya dengan menggunakan angka misal 1-5, lalu ada yang ditandai juga dengan keterangan Min, Med, Max, dan Stop.

Arti Penanda Suhu dengan Angka dan Tulisan

Seperti sudah dijelaskan jika bisa saja tombol pengaturan suhu kulkas di berbagai merk berbeda-beda, ada yang menggunakan angka dan tulisan.

Untuk angka maka besaran suhunya akan semakin tinggi jika diatur ke angka yang lebih besar. Jadi jika diatur ke angka 1, maka kulkas akan beroperasi dengan suhu paling rendah, sedangkan jika diatur ke angka 5 maka kulkas akan beroperasi di temperatur yang paling tinggi.

Baca Juga:  7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es Batu dan Mengatasinya

Jika ingin mengaturnya agar tidak terlalu rendah dan tinggi, tentunya dapat diatur ke angka tengah-tengah yaitu 3.

Lalu bagaimana dengan lemari pendingin yang menggunakan penanda tulisan? Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan angka. Jadi arti tulisan Min adalah singkatan dari minimum yang memiliki arti suhu paling rendah, lalu med adalah medium artinya menengah, dan Max atau Maximal artinya adalah paling tinggi, dan untuk stop maka jika diatur Stop, kulkas dalam keadaan mati atau off.

Cara Untuk Mengatur Suhu Kulkas

Perlu diketahui jika ada dua jenis tombol pengaturan suhu kulkas, pertama untuk keluar terdahulu biasanya masih menggunakan kenop putar, lalu untuk keluaran terbaru sudah dilengkapi dengan tombol digital. Untuk lebih jelasnya mengenai cara mengaturnya, maka langsung saja berikut ini adalah caranya.

Cara Mengatur Suhu Kulkas dengan Kenop Putar

Jika masih menggunakan tombol atau kenop putar maka cara mengaturnya sangat mudah, yaitu tinggal putar saja kenop sesuai kebutuhan, misal untuk cara mengatur suhu kulkas Sharp maka tinggal buka pintunya lalu putar kenop ke arah yang diinginkan, misal ke Min maka arahkan kenop ke tulisan min.

Cara tersebut juga dapat digunakan untuk cara mengatur suhu kulkas Sharp 2 pintu, dan berbagai merk lainnya yang masih menggunakan kenop putar.

Cara Mengatur Suhu Kulkas dengan Tombol Digital

Sekarang juga sudah banyak mesin pendingin dengan tombol digital. Tentunya untuk digital ini berbeda dari kenop putar. Untuk digital, pengguna tidak perlu memutar kenop sebab hanya tinggal pencet saja di besaran temperatur yang diinginkan.

Misal cara setting kulkas Samsung digital inverter, anda tinggal tekan fridge power cool dengan beberapa pilihan temperatur yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk Samsung inverter terdapat 7 besaran suhunya, yaitu dari 1 sampai 7. Untuk satu maka itu adalah pengaturan paling rendah, dan 7 adalah pengaturan paling tinggi.

Baca Juga:  Spesifikasi Watt Kulkas LG Berbagai Model

Cek Suhu Kulkas

Meskipun memiliki bagian untuk pengaturan temperatur kulkas, tapi tetap saja anda tidak tahu secara pasti besaran suhunya. Sebab seperti dijelaskan sebelumnya jika besaran suhunya ditandai dengan angka dan keterangan tulisan.

Jadi anda tidak tahu pasti berapa derajat suhunya. Tapi tenang saja, untuk mengetahui secara pasti, tentunya ada alat khusus untuk mengecek suhu pada kulkas. Nah, mengetahui suhunya di dalam kulkas maka bisa menggunakan termometer.

1. Cara Cek Menggunakan Termometer

Untuk menggunakan termometer caranya tinggal menempatkan termometer di dalam kulkas selama beberapa jam. Setelahnya akan ada hasilnya secara tepat. perlu diketahui jika tidak bisa instan mengecek suhunya, sebab lemari pendingin memiliki temperatur yang tidak konsisten.

Hal tersebut lantaran saat dibuka, maka lemari pendingin atau lemari es akan menjadi kurang dingin dan berbeda dari kondisi saat tertutup. Sehingga memang tidak bisa instan untuk mengetahui temperatur lemari es secara cepat.

2. Menggunakan Termometer dan Air

Selanjutnya selain menggunakan termometer, anda juga bisa menambahkan air dalam cara mengecek suhu. Cara yang satu ini pun tergolong mudah.

Jadi pertama siapkanlah segelas air kemudian masukkan ke kulkas selama semalaman. Setelahnya, bisa memasukkan termometer kulkas ke dalam gelas berisi air tersebut.

Atur Suhu Sesuai Jenis Makanan

Lemari pendingin memang digunakan untuk menjaga kualitas makanan di dalamnya. Tapi setiap bahan pangan harus disimpan dengan temperatur yang berbeda-beda. Sebab jika salah mengatur suhunya atau tidak sesuai tentunya dapat membuat makanan cepat basi, rusak, dan bahkan terkontaminasi dengan bakteri.

  • Untuk suhu ideal ruangan kulkas adalah sekitar 4 derajat celsius, lalu untuk suhu di dalam freezer adalah -18 derajat celsius. Tapi seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika setiap makanan memang membutuhkan temperatur yang berbeda.
  • Nah, karena hal tersebutlah anda harus pintar-pintar dalam menempatkan setiap bahan makanan di dalam lemari es. Lalu berapa suhu yang dibutuhkan untuk setiap bahan makanan? Nah, berikut adalah rincinya.
  • Pengaturan Suhu Untuk Simpan Bahan Makanan
  • Produk makanan susu atau berbahan susu dan bahan makanan segar idealnya dapat disimpan pada temperatur 2-4 derajat celsius agar tidak cepat rusak
  • Lalu untuk buah yang masih mentah maka tidak perlu untuk disimpan di kulkas, hal ini karena dapat menghambat pematangannya, dan idealnya buah mentah disimpan pada suhu 10-15 derajat celsius
  • Selanjutnya untuk daging karkas idealnya disimpan pada temperatur 1-3 derajat celsius, lalu bisa letakan kertas di bawah daging untuk menyerap air
  • Potong daging seperti steak dan daging giling perlu disimpan pada wadah tertutup sebelum disimpan pada kulkas, idealnya disimpan di suhu 2-4 derajat celsius
  • Daging ayam dan ikan bisa disimpan di dalam freezer dengan suhu -1 hingga 2 derajat celsius
  • Dan untuk frozen food dapat disimpan pada suhu -18 derajat celsius.
Baca Juga:  Mode Arti Lambang pada Remote AC LG: Apa yang Harus Kamu Tahu

Penutup

Cara pengaturan suhu kulkas bisa disesuaikan dengan kebutuhan bergantung dengan jenis makanan yang disimpan, hal ini agar makanan tidak cepat rusak dan dapat menghambat pertumbuhan bakteri di makanan. Jadi jangan asal mengatur suhunya kulkas, dan harus pintar-pintar meletakan bahan makanan di kulkas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment