Kulkas 2 Pintu dari Skema, Komponen Penting dan Cara Kerjanya

Menyimpan berbagai bahan makanan di dalam kulkas, dijamin lebih tahan lama dibandingkan membiarkannya di luar ruangan. Oleh karena itu, lemari pendingin menjadi alat elektronik populer saat ini. Salah satu jenis yang banyak digunakan adalah kulkas 2 pintu, dengan cara kerja tersendiri mendinginkan dan membekukan berbagai jenis bahan makanan dan minuman.

Boleh dibilang, semua produsen kulkas memiliki jenis produk 2 pintu namun tentunya dengan komponen yang berbeda. Meskipun pada dasarnya memiliki cara kerja yang relatif sama.

Skema Kulkas 2 Pintu

gambar skema kulkas 2 pintu pada umumnya

Berdasarkan gambar, terlihat jelas bahwa di dalam skema kulkas 2 pintu terdapat alur kelistrikan, dimana masing-masing komponen memiliki posisi yang jelas dan tentunya fungsi yang jelas pula.

Skema ini secara garis besar terbagi menjadi dua bagian, yang merah merupakan rangkaian untuk menghangatkan kulkas ketika suhu sudah maksimal. Alur ini akan berfungsi untuk menetralisir suhu sesuai yang ditentukan, sehingga tidak melebihi kapasitas.

Kemudian bagian biru merupakan bagian untuk pendinginan area kulkas. Ada bagian pendingin untuk area freezer, ada juga pendingin untuk area refrigerator atau ruang di bawah freezer dengan dimensi lebih luas.

Berdasarkan skema ini jugalah bisa dilihat dengan jelas, apa saja komponen yang wajib ada pada sebuah kulkas dengan dua pintu utama. Jika ada salah satu komponen yang tidak tersedia, bisa dipastikan alat elektronik tersebut tidak akan berfungsi dengan baik.

Komponen Penting Pada Kulkas 2 Pintu

Ada sejumlah komponen penting di dalam sebuah rangkaian kelistrikan pada kulkas dua pintu, seperti pada diagram kulkas 2 pintu yang dijelaskan sebelumnya. Setiap komponen tersebut memiliki fungsinya sendiri, berikut ini penjelasan lengkapnya.

Thermo Defrost

Komponen penting pertama namanya thermo defrost, yang akan membantu menyalakan heater pada rentang waktu tertentu. Supaya suhu dingin yang sudah maksimal sesuai pengaturan suhu tetap stabil dan bunga es tidak terbentuk secara berlebihan.

Baca Juga:  Daftar Kode Remot LG Semua Model dan Cara Settingnya

Kipas Evaporator

Adalah kipas yang akan menghasilkan udara dingin untuk membuat suhu di dalam ruangan kulkas menjadi dingin sampai ke titik suhu tertentu. Kipas ini akan bekerja lebih maksimal untuk bagian freezer, karena di area ini butuh suhu dingin yang lebih tinggi.

Thermofuse

Ada lagi komponen yang penting untuk memastikan alat pemanas atau heater tidak overcapacity saat mengalirkan arus listrik. Maksimal suhu yang biasanya ditolerir oleh Thermofuse adalah 75 derajat celcius.

Jika suhu di dalam rangkaian sudah mencapai suhu maksimal tersebut, maka koneksi fuse putus otomatis dan membuat heater juga tidak lagi berfungsi.

PTC

Merupakan resistor yang fungsinya adalah untuk mengalirkan arus listrik yang terdapat pada kumparan menuju kompresor, sebelum kompresor menyala.

Kompresor

Bentuknya seperti magic com ukuran kecil, namun tidak bisa dibuka sembarangan. Ini adalah komponen pompa listrik, yang bertugas menerima freon kemudian menyebarkannya ke bagian pipa pendingin.

Thermostat

Adalah bagian berupa sensor khusus, yang akan mengetahui berapa suhu pada kulkas Anda. Bagian ini akan langsung terhubung dengan kompresor dan heater, ketika suhu sudah sesuai dengan yang sudah diatur sebelumnya maka heater akan bekerja menstabilkannya.

Cara Kerja Komponen Kulkas 2 Pintu untuk Mencapai Suhu Dingin

kulkas 2 pintu memiliki kapasitas penyimpanan lebih besar dan banyak keunggulan lainnya

Dalam alur kerja rangkaian kulkas 2 pintu, hal pertama yang akan dilakukan komponen utamanya adalah mendinginkan bagian ruang kulkas baik di area freezer maupun refrigerator. Cara kerjanya bisa tergambar pada penjelasan berikut ini.

  • Saat kabel power dari kulkas dihubungkan dengan stop kontak, maka sensor di bagian thermostat akan menjadi media penghubung time defrost untuk mengalirkan listrik ke bagian kompresor
  • Setelah itu, kompresor yang sudah menyala akan mulai mengambil freon dengan cara menghisapnya melalui pipa, lalu mengeluarkannya dengan tekanan maksimal. Freon akan keluar di bagian kondensor setelah melewati filter.
  • Akan terjadi kondensasi di bagian kondensor, yang mengubah bentuk gas freon menjadi cair dan memiliki suhu rendah
  • Selanjutnya freon yang sudah menjadi cairan akan mengalir pada pilar menuju evaporator. Dari pipa inilah nantinya akan keluar hembusan cairan dingin yang akan memenuhi area kulkas.
  • Selama waktu tertentu hembusan cairan freon tersebut akan membuat suhu di dalam kulkas menjadi dingin, hingga mencapai suhu yang sudah diatur melalui tombol pengaturan suhu.
Baca Juga:  Kode Remot TV TCL Terlengkap, Dijamin Berhasil

Proses ini akan berlangsung sesuai ukuran kulkas dan suhu yang ingin dicapai. Setelah suhu tercapai, maka akan berlanjut pada proses menstabilkan suhu dingin.

Cara Kerja Menstabilkan Suhu Dingin Kulkas 2 Pintu

Proses ini disebut juga dengan defrost, dimana saat suhu dingin maksimal sudah dicapai akan dilakukan proses pendinginan area kulkas. Tahapan proses ini adalah:

  • Thermostat akan mengenali kondisi dimana suhu dingin sesuai pengaturan sudah tercapai, komponen ini akan melakukan pemutusan arus ke bagian kompresor
  • Saat arus sudah dimatikan, otomatis freon juga akan berhenti mengalir ke bagian ruangan kulkas. Namun kondisi suhu di dalam setiap ruangan lemari pendingin masih akan terjaga
  • Pada proses ini, akan ada komponen timer defrost yang akan menentukan kapan rangkaian kembali berfungsi mendinginkan. Biasanya akan dibutuhkan waktu berjam-jam sampai proses pendinginan terjadi kembali. Untuk melihat skema timer kulkas 1 4 atau lainnya, bisa langsung terlihat pada skema utama kelistrikan sebuah kulkas.
  • Selama proses ini berjalan lancar, maka kemungkinan munculnya bunga es dengan kapasitas yang berlebih bisa diminimalisir.

Keunggulan Menggunakan Kulkas 2 Pintu

Kalau Anda berniat membeli kulkas, namun masih bingung apakah membeli yang 1 pintu atau kulkas 2 pintu. Perlu tahu apa saja keunggulan dari tipe dua pintu, supaya nantinya tidak salah pilih.

Suhu Dingin lebih Maksimal

Dikarenakan ukuran ruangannya lebih besar, maka suhu dingin di dalam kulkas jenis dua pintu ini jga lebih maksimal. Alhasil, makanan yang disimpan di dalamnya akan lebih awet dan tahan lama. Selain itu, untuk kulkas yang menambahkan teknologi anti bakteri juga bisa membuat makanan tetap higienis.

Ukuran Freezer Lebih Besar

Ukuran bagian untuk membekukan makanan atau disebut freezer dari jenis kulkas ini juga lebih besar. sehingga Anda akan lebih banyak bisa menyimpan makanan beku, sebagai stok makanan mingguan bahkan bulanan.

Baca Juga:  Diagram Kulkas 2 Pintu dan Komponen Didalamnya

Tidak salah jika kulkas ini juga sering dipakai sebagai bagian dari perlengkapan bisnis kuliner, untuk penyimpanan bahan baku yang harus dibekukan.

Tidak Menimbulkan Bunga Es

bunga es bisa diminimalisir pada kulkas dua pintu karena memiliki skema kelistrikan lebih sempurna

Sistem pendinginan pada kulkas 2 pintu terbagi dua, yaitu untuk freezer dan refrigerator. Otomatis, kinerjanya juga akan berbeda. Hal inilah yang akan meminimalisir timbulnya bunga kes, yang sering terjadi pada kulkas satu pintu dengan satu sistem pendinginan untuk dua area sekaligus.

Fitur Lebih Lengkap

Fitur yang tersedia pada jenis kulkas ini, tentunya sangat beda dengan fitur kulkas Sanyo 2 pintu model lama. Apalagi sudah semakin banyak teknologi penunjang ketersediaan fitur terbaik untuk lemari pendingin.

Sebut saja fitur layar sentuh, batu es otomatis pada pintu kulkas, hingga fitur lainnya yang akan semakin memuaskan pengguna.

Bisa Menyimpan Lebih Banyak

Kalau dibandingkan lagi dengan kulkas satu pintu, tentunya kapasitas penyimpanan pada kulkas jenis ini juga lebih besar. Apalagi sudah terpisah, antara bagian freezer dan bagian penyimpanan standar makanan.

Semoga informasi seputar kulkas 2 pintu ini bisa menambah wawasan Anda, sebelum akhirnya memutuskan apakah jadi membeli kulkas jenis ini atau beralih ke jenis dan tipe lainnya.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment