Tips Pasang Antena TV LED Biar Jernih Paling Ampuh

Saat menonton TV terkadang anda merasakan bahwa gambar kurang bersih dan tentunya tidak nyaman menonton berbagai siaran ditayangkan. Dalam hal ini anda dapat pasang antena TV LED biar jernih dan pengalaman menonton semakin menyenangkan. Antena sendiri memiliki dua jenis, dimana antena dalam dan juga luar. Tentunya jernihnya gambar yang dimiliki, akan tergantung dengan lokasi dari antena.

Saat adanya distorsi dari gelombang televisi pada suatu tempat, maka akan membuat sinyal sulit ditangkap dan membuat gambar tidak jernih dan jelas bahkan akan membuat layar pada kaca terlihat buram dan bahkan tidak muncul. Maka dari itu, menggunakan antena TV LED biar jernih sangat disarankan.

5 Tips Pasang Antena TV LED Biar Jernih Di Dalam

5 Tip Pasang Antena TV LED Biar Jernih Di Dalam

Antena sendiri memiliki dua jenis, yaitu antena indoor dan outdoor. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, indoor sendiri merupakan jenis antena dipasang di dalam ruangan dan sebaliknya untuk outdoor dipasang di luar ruangan. Dilihat dari keduanya, kemampuan dalam menangkap sinyal memang lebih tinggi oleh antena di luar ruangan.

Namun memang sedikit merepotkan, dikarenakan ukurannya cukup besar dan proses instalasi cukup sulit. Berikut adalah tips untuk anda pasang antena TV LED biar jernih di dalam rumah.

Gunakan Antena yang Cocok

Tips pertama dalam memilih antena indoor, selalu pastikan bahwa kualitas sesuai dan cocok dengan televisi yang ada miliki. Dalam hal ini televisi sendiri memiliki dua jenis, TV analog dan TV digital. Penggunaan antena ini tentunya harus sesuai dengan jenis TV yang digunakan, agar sinyal dari televisi dapat ditangkap dengan baik. Pastikan anda memilih spesifikasi dari antena dengan kualitas terbaik.

Memasang di Lokasi Strategis

Setelah anda dapat menemukan antena yang sesuai dengan jenis TV yang dimiliki, anda dapat memasang antena tersebut. Namun perlu di perhatikan bahwa pemasangan antena di dalam rumah sangat praktis. Cobalah untuk mencolokkan antena pada songket pada TV. Namun hal yang perlu anda perhatikan adalah, letak dari antena yang akan digunakan akan menentukan kinerja antena TV LED yang bagus dan jernih.

Baca Juga:  Cara Pasang MCB 2 Jalur, Penting Untuk Instalasi Listrik di Rumah!

Salah satu tips agar sinyal dapat tertangkap dengan baik adalah dengan menempatkannya di posisi cukup tinggi. Salah satu contohnya adalah di atas TV itu sendiri atau rak dinding.

Menyambungkan dengan Booster

Dengan mengikuti kedua cara diatas, anda sudah bisa menggunakan antena dan menonton acara televisi yang diinginkan. Namun jika ingin memaksimalkan kemampuan antena dalam menangkap sinyal dapat menggunakan booster. Perangkat satu ini akan membantu membuat sinyal semakin kuat menggunakan antena.

Bahkan saat ini juga banyak yang menjual booster satu paket dengan antena, namun ada juga yang penjualannya terpisah. Antena TV LED Polytron juga dapat dihubungkan dengan booster menggunakan soket sudah tersedia.

Menyalakan Antena dan Booster

Untuk beberapa jenis dari antena, memang membutuhkan tenaga listrik untuk menghubungkannya agar dapat bekerja dengan baik. Salah satu tips membuat antena televisi untuk daerah susah sinyal agar dapat bekerja dengan baik adalah menghubungkannya menggunakan listrik.

Sebagian antena juga memiliki tombol On dan Off, dimana anda harus menyalakannya agar dapat digunakan. Jangan lupa juga menggunakan booster agar dapat terhubung dengan baik dan dapat digunakan. Biasanya akan ada lampu sebagai indicator tanda booster menyala saat dihidupkan.

Menyesuaikan dengan Arah Antena

Langkah selanjutnya pasang antena TV LED biar jernih di dalam rumah adalah sesuaikan arah. Anda dapat menyalakan televisi terlebih dahulu, putar dan sesuaikan agar gambar yang keluar sudah bersih dan jernih. Jika dibutuhkan, jangan lupa memindahkan antena dan perhatikan bagaimana perubahan gambar pada layar kaca.

Selain itu jika memang dirasa sulit mendapatkan posisi atau arah yang sesuai, cobalah menggunakan perekat pada bagian bawah antena agar posisi tidak berubah dan gambar tetap jernih.

Baca Juga:  8 Kelebihan dan Kekurangan AC Inverter, Wajib Tahu!

4 Tips Pasang Antena TV LED Biar Jernih Di Luar

Tip Pasang Antena TV LED Biar Jernih Paling Ampuh

Bukan hanya di dalam saja, anda juga dapat memasang alat satu ini di luar rumah. Pasang antena TV LED biar jernih di luar rumah juga dapat dijadikan pilihan terbaik. Ada beberapa hal yang harus di perhatikan, agar gambar dapat terlihat jelas dan pengalaman menonton semakin menyenangkan.

Membersihkan Aluminium Pada Antena TV

Salah satu tips antena TV LED yang bagus dan jernih di luar ruangan adalah membersihkan bagian televisi pada aluminium yang ada. Untuk posisi antena televisi sendiri akan berlokasi di luar ruangan, dimana akan membuat kondisi semakin menurun. Selain itu, nantinya seiring waktu aluminium juga dapat tertutup dengan jamur, debu, karat bahkan lumut.

Memang cukup sulit dalam membersihkannya, namun cara ini sangat ampuh dilakukan secara berkala agar televisi bisa menghasilkan gambar bagus.

Menggunakan Kertas Timah

Tips lainnya untuk membuat pengalaman menonton semakin menyenangkan adalah menggunakan kertas timah. Salah satu keuntungan menggunakan kertas timah adalah, sinyal wifi akan semakin kuat. Maka dari itu tidak sedikit yang sudah menggunakan kertas timah agar koneksi wifi yang dimilikinya semakin kuat dan baik.

Bukan hanya wifi saja, cara ini bisa anda gunakan juga untuk antena televisi. Cara ini juga bisa membuat antena TV LED biar jernih. Dengan menggunakan kertas timah, akan membuat Menara penyiaran tertangkap lebih jelas dan kuat. Gambar yang dihasilkan juga tidak memiliki semut dan lebih bersih. Banyak yang tidak menyadari bahwa cara ini sangat ampuh.

Meletakkan Posisi Antena Lebih Tinggi

Tidak sedikit orang yang menggunakan antena di luar rumah dengan bantuan tiang penyangga dengan posisi sangat tinggi. Hal ini memang terbilang ampuh agar mendapatkan sinyal lebih baik dan membuat gambar televisi semakin jelas dan bersih tanpa adanya semut. Hal ini dikarenakan posisi dari antena semakin tinggi akan memberikan kualitas gambar semakin baik.

Baca Juga:  Cara Mencari Sinyal TV Digital Terlengkap dan Mudah

Jika antena yang anda pasang di luar rumah masih belum memberikan hasil gambar terbaik, maka anda dapat mencoba meletakkannya di posisi lebih tinggi agar sinyal dapat terhubung.

Mengganti Kabel Dengan Kabel Coaxial

Tips lainnya pasang antena TV LED biar jernih adalah mengganti kabel yang ada dengan kabel coaxial. Kabel satu ini sangat ampuh membuat TV menghasilkan gambar jernih secara maksimal. Coaxial sendiri akan membantu televisi agar mengeluarkan sinyal lebih baik menjadi gambar digital tanpa adanya semut atau gangguan lainnya.

Selain itu kabel ini juga memiliki ketahanan sangat baik untuk udara dingin dan juga panas, sehingga akan sangat cocok penggunaannya untuk di luar ruangan.

Untuk mendapatkan pengalaman menonton semakin menyenangkan dan nyaman, pasang antena TV LED biar jernih bisa menjadi pilihan. Bahkan anda dapat memilih untuk menggunakannya di dalam atau di luar ruangan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment