Daftar Ukuran TV LED dari Paling Kecil sampai Terbesar Lengkap

Saat ini TV menjadi salah satu bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Ukuran TV LED yang ada di pasaran rupanya sangat beragam. Hal ini tentu bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin meningkat.

Ketika membeli televisi, pertimbangan utama yang diperhatikan oleh banyak orang adalah ukuran layarnya. Hal ini dikarenakan layar merupakan bagian utama dari sebuah televisi. Oleh karena itu, pada artikel ini akan dibahas mengenai berbagai ukuran televisi yang bisa dipilih.

Apa itu TV LED?

Sebelum membahas lebih jauh tentang berbagai ukuran TV LED yang ada di pasaran, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu TV LED. Nama TV LED berasal dari singkatan “television light-emitting diode” (televisi dengan lampu dioda).

TV LED adalah jenis televisi yang menggunakan lampu LED (light-emitting diode) sebagai sumber pencahayaan pada layarnya. Lampu LED menggantikan lampu CCFL (cold cathode fluorescent lamp) yang digunakan pada jenis televisi lama yaitu TV LCD (liquid crystal display).

Perbedaan TV LED dan TV LCD adalah pencahayaan pada layarnya. Pada TV LCD, lampu CCFL berada di belakang panel LCD dan menyoroti seluruh layar, sementara pada TV LED, lampu LED ditempatkan di belakang panel LCD atau di sepanjang tepi layar (TV LED edge-lit).

Berbagai Ukuran TV LED

Berbagai Ukuran TV LED

Umumnya, inchi digunakan sebagai satuan dalam ukuran televisi. Namun, ukuran tersebut masih sulit untuk dipahami oleh sebagian besar orang. Agar Anda lebih paham dengan ukurannya, Anda harus memahami konversi ukuran dari inci ke cm.

Cara konversi ukuran dari satuan inchi ke cm bisa dilakukan dengan mengalikan ukuran inci benda dengan 2,54 cm. Ukuran 2,54 cm merupakan hasil konversi yang sama dengan 1 inch. Jadi, jika ukuran televisi 40 inch, maka panjang diagonalnya 101,6 cm.

Baca Juga:  Cara Setting Frekuensi Indosiar 2024 untuk Mendapat Tayangan yang Jernih

Varian ukuran televisi yang ada di pasaran bisa berbeda-beda tergantung dari merk dan model televisi yang dibuat oleh masing-masing produsen. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui ukuran dari televisi yang ingin dibeli.

Daftar Ukuran TV dalam Cm dan Inch

Ukuran Penyimpanan TV hingga Jarak Pandang

Ukuran TV LED bisa diukur melalui diagonal layar televisi, yaitu jarak yang ditarik dari sudut kiri atas ke sudut kanan bawah, maupun sebaliknya. Ukuran ini bisa diukur dalam satuan inci maupun cm. Berikut adalah tabel panduan ukuran televisi jenis LED.

Ukuran TV Diagonal Tinggi Lebar
14 inch 35,6 cm 29 cm 9,5 cm
17 inch 43,2 cm 36,1 cm 10 cm
19 inch 48,3 cm 42 cm 23,6 cm
22 inch 55,9 cm 48,7 cm 27,4 cm
24 inch 60,9 cm 53,1 cm 29,9 cm
28 inch 71,1 cm 62 cm 34,9 cm
32 inch 81,2 cm 71 cm 39,9 cm
40 inch 101,6 cm 88,6 cm 49,8 cm
42 inch 105 cm 93 cm 52,3 cm
43 inch 109,3 cm 95,2 cm 53,5 cm
48 inch 121,9 cm 108 cm 56 cm
50 inch 120 cm 110,7 cm 62,3 cm
55 inch 135 cm 121 cm 68,5 cm
60 inch 152,4 cm 132 cm 74,7 cm
65 inch 165 cm 144 cm 81 cm
70 inch 177,8 cm 151 cm 87,1 cm
75 inch 190,5 cm 166 cm 93 cm
85 inch 215,9 cm 188 cm 105 cm
100 inch 254 cm 221,5 cn 128,6

Tips Memilih Ukuran TV LED Terbaik

Memilih ukuran TV yang tepat menjadi hal yang penting untuk dilakukan agar kegiatan menonton TV terasa nyaman. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda dalam memilih ukuran televisi yang tepat.

1. Tentukan Jarak Pandang dari TV

Tentukan Jarak Pandang dari TV

Ukuran televisi yang ideal tergantung pada jarak pandang Anda dengan layar televisi. Jarak pandang yang ideal berkisar antara 2 sampai 2,5 kali lebar layar televisi. Jika jarak pandang Anda sekitar 2 meter, maka ukuran TV ideal yang bisa Anda pilih yaitu 40 sampai 50 inch.

Dengan meletakkan televisi pada jarak pandang yang ideal, kesehatan mata Anda juga akan terjaga dari radiasi layar televisi. Selain itu, jarak pandang juga mempengaruhi pengalaman Anda dalam menonton televisi.

2. Perhatikan Resolusi Televisi

Perhatikan Resolusi Televisi

Resolusi TV yang lebih tinggi umumnya membutuhkan ukuran layar yang lebih besar agar keuntungan resolusi yang tinggi dapat dirasakan. Sebagai contoh, televisi yang memiliki resolusi 4K lebih ideal memiliki ukuran layar yang lebih besar.

Jadi, dalam memilih ukuran layar televisi Anda juga harus mempertimbangkan resolusi layar televisi tersebut. Dengan demikian, Anda dapat merasakan pengalaman dengan bantuan yang lebih baik dengan ukuran yang ideal dan resolusi terbaik.

3. Pertimbangkan Kebutuhan

Pertimbangkan Kebutuhan

Sebelum memilih ukuran TV, sebaiknya pertimbangkan dahulu kebutuhan Anda secara spesifik. Misalnya, Anda yang hobi menonton acara olahraga, bisa mempertimbangkan untuk memilih televisi dengan ukuran layar yang lebih besar dan resolusi yang tinggi.

Hal ini akan menciptakan pengalaman menonton TV yang lebih baik dibandingkan menggunakan jenis TV dengan ukuran layar yang standar. Selain itu, cara ini juga efektif dalam menghemat pengeluaran daripada harus membeli televisi baru dengan ukuran lain.

4. Gunakan Bantuan Kalkulator Ukuran TV

Gunakan Bantuan Kalkulator Ukuran TV

Kemajuan teknologi menghadirkan aplikasi yang dapat membantu Anda dalam menentukan ukuran TV yang ideal sesuai kebutuhan. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menentukan ukuran TV yang ideal didasarkan pada jarak pandang dan ruang yang tersedia di rumah Anda.

Baca Juga:  Fungsi Dioda Bridge, Kelebihan dan Kekurangan

5. Pertimbangkan Ruangan yang Tersedia

Pertimbangkan Ruangan yang Tersedia

Dalam menentukan ukuran TV LED yang ideal, Anda juga harus mempertimbangkan ruang yang tersedia di rumah. Jika ruangan yang tersedia terlalu kecil, Jangan pilih ukuran TV yang terlalu besar karena dapat mengganggu kenyamanan ruangan tersebut.

  • Ukuran TV 24-32 inch cocok dipilih untuk kamar tidur atau ruangan yang berukuran kecil, dengan tampilan gambar yang jelas dari jarak pandang yang dekat.
  • Ukuran TV 40-43 inch banyak dipilih untuk dipasang di ruang keluarga atau kamar mandi. Tampilan gambarnya lebih besar dan sesuai untuk menampilkan konten multimedia bersama teman atau keluarga.
  • Ukuran TV 50-55 inch, TV yang cocok untuk ruangan berukuran besar yang ideal dalam menampilkan acara olahraga atau menonton film layar lebar.
  • Ukuran TV 65-75 inch, TV yang berukuran sangat besar dan cocok untuk home theater atau ruang khusus untuk menonton. Dengan televisi ini, Anda bisa mendapatkan pengalaman menonton di layar yang besar seperti bioskop.

Ukuran TV LED saat ini sangat beragam dan bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda untuk menonton televisi di rumah. Setiap ukuran televisi yang Anda pilih, menentukan keseruan pengalaman menonton Anda.

Oleh karena itu, Anda harus menentukan ukuran televisi yang ideal untuk diletakkan di rumah Anda. Panduan ukuran dan tips di atas bisa Anda ikuti agar mendapatkan ukuran TV yang ideal dan tepat untuk pengalaman menonton yang menyenangkan.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment