Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar Terbaru 2024, dan Cara Merawatnya

Tarif biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar sesuai dengan merek dan ukuran dari TV LED itu sendiri. Seperti yang diketahui, banyak masalah yang terjadi pada layar TV, salah satu masalah yang seringkali ditemui adalah kerusakan pada layar LED sehingga tidak memunculkan gambar.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi masalah kerusakan pada layar LED dan tidak memunculkan gambar adalah dengan memperbaiki ke teknisi atau tukang service. Untungnya, di Indonesia sekarang ini banyak yang menyediakan layanan perbaikan layar TV LED. Jadi kamu hanya perlu memanggil tukang service ke rumah. Bagi kamu yang ingin mengetahui biaya perbaikan layar LED tidak ada gambar. Simak ulasan berikut ini terlebih dahulu.

Apa Itu TV LED?

TV LED sering dianggap sama dengan TV LCD atau Liquid Crystal Display. Padahal, kedua istilah tersebut berbeda meskipun keduanya sama-sama menggunakan layar datar. TV LED merupakan televisi berteknologi diode yang dapat memancarkan cahaya apabila diberikan tegangan listrik.

Sementara itu, TV LED sendiri adalah hasil perkembangan dari teknologi TV LCD. Pada umumnya, layar TV LED lebih tipis dan beratnya lebih ringan daripada layar TV LCD. pemakaian TV LED lebih hemat listrik sekitar 20 hingga 30 persen dibandingkan dengan TV LCD. Tidak hanya itu, pemakaian TV LED juga lebih tahan lama daripada TV LCD.

Penyebab TV LED Tidak Ada Gambar

Munculnya permasalahan TV LED tidak memunculkan gambar atau seperti layar blank disebabkan oleh faktor internal maupun eksternal. Maka dari itu, sebelum membahas mengenai biaya perbaikan TV LED. Simak terlebih dahulu apa saja penyebab TV LED tidak memunculkan gambar.

Lampu Backlight TV LED Mati

Penyebab pertama TV LED tidak memunculkan gambar adalah lampu backlight TV LED mati atau tidak berfungsi. Lampu TV LED berada di belakang lapisan panel LCD. Untuk mengecek lampu LED normal atau mati, kamu dapat membongkar TV LED dengan hati-hati.

Baca Juga:  Tipe TV LG yang Sudah Digital, Catat Sebelum Beli

Backlight seringkali mengalami kerusakan dan mudah untuk diperbaiki. kamu hanya perlu mengganti dengan yang baru apabila lampu backlight mengalami kerusakan dan memanggil tukang service TV LED.

Modul T-Con Mengalami Kerusakan

Tahukah kamu di dalam TV LED terdapat modul T-Con yang berfungsi sebagai penyalur tegangan pada panel LED. Apabila komponen modul T-Con rusak atau bermasalah, maka TV LED tidak akan memunculkan gambar. Umumnya, masalah ini timbul karena IC utama rusak dan transistor putus, untuk itu, kamu perlu mengganti T-Con yang lama dengan T-Con yang baru.

Layar atau Panel TV LED Bermasalah

Layar atau panel TV LED bermasalah dan rusak dapat menjadi salah satu penyebab mengapa perangkat elektronik TV tidak menampilkan gambar. Biasanya layar dan panel TV LED rusak terjadi karena fleksibel panel yang terputus atau IC COF terbakar. Jadi kamu harus mengganti layar LED dengan yang baru atau menghubungi tukang service  sehingga TV kamu dapat digunakan kembali.

Kabel LVDS Lepas

Selain ketiga penyebab di atas, TV LED tidak ada gambar disebabkan karena ada masalah terhadap kabel LVDS. Biasanya, pemasangan kabel LVDS longgar dan tidak sempurna, sehingga kabel LVDS terlepas dari soket. Jadi kamu perlu memperhatikan dengan benar saat pemasangan konektor kabel LVDS agar sempurna.

Sinyal Bermasalah dan Pengaturan Berubah

Kemungkinan lain yang menyebabkan TV LED tidak ada gambar adalah sinyal TV bermasalah dan pengaturan berubah. kamu perlu mengecek di pengaturan menu dan buka pada bagian gambar, kemudian periksa apakah semua pengaturan sudah disetting dengan benar. Apabila TV LED masih tidak muncul gambar, kamu perlu menghubungi penyedia layanan TV untuk perbaikan.

Biaya Perbaikan TV LED Tidak Ada Gambar

Menghubungi penyedia layanan TV atau tukang service  untuk perbaikan adalah cara untuk mengatasi permasalahan TV LED tidak ada gambar. Untuk meminta tukang service mengatasi masalah TV LED kamu. kamu perlu simak tarif biaya perbaikan TV LED  berikut ini.

Biaya Service TV LED

Biaya Service TV LED

Biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar saat ini tergantung ukuran layar serta merek dari TV itu sendiri. Semakin besar TV yang kamu miliki maka akan semakin besar juga biaya yang akan kamu keluarkan. Simak harga berdasarkan ukuran dari TV LED berikut ini.

  • Biaya pengecekan layar TV LED kisaran Rp 50.000 – Rp 85.000.
  • Biaya perbaikan TV LED untuk ukuran 19 – 24 inch kisaran Rp 100.000 – Rp 200.000.
  • Biaya perbaikan TV LED untuk ukuran 32 inch kisaran Rp 200.000 – Rp 250.000.
  • Biaya perbaikan TV LED untuk ukuran 32 – 42  inch kisaran Rp 250.000 – Rp 300.000.
  • Biaya perbaikan TV LED untuk ukuran 42  inch ke atas  kisaran Rp 300.000 lebih.

Biaya Penggantian Komponen

Biaya yang kamu keluarkan akan semakin besar apabila terjadi kerusakan parah pada komponen dan mengharuskan kamu untuk mengganti komponen tersebut. Sebagai bahan pertimbangan apabila terjadi kerusakan parah pada komponen dan mengharuskan kamu untuk mengganti. kamu perlu menyimak biaya penggantian komponen TV LED tergantung dari ukuran layar.

  • Biaya penggantian komponen TV LED 14 – 19 inch kisaran Rp 300.000 – Rp 750.000.
  • Biaya penggantian komponen TV LED 24 -32 inch kisaran Rp 800.000 – Rp 1.750.000.
  • Biaya penggantian komponen TV LED 39 – 42 inch kisaran Rp 1.500.000 – Rp 3.000.000.
  • Biaya penggantian komponen TV LED 50 – 55 inch kisaran Rp4.000.000 – Rp 5.000.000
Baca Juga:  PLC Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Cara Merawat TV LED Agar Tahan Lama

Cara Merawat TV LED Agar Tahan Lama

Agar kamu tidak mengeluarkan uang untuk biaya perbaikan TV LED. kamu perlu untuk merawat TV LED milik kamu agar bertahan lama dan awet. Untuk cara merawat TV LED agar TV bertahan lama dan awet, ikuti tips berikut ini.

Perhatian Letak TV LED Diletakkan

kamu perlu memperhatikan letak penempatan dari TV LED ini, kamu dapat meletakkan TV di ruangan bersuhu normal agar kualitas gambar tetap baik. Selain itu, kamu juga perlu menghindari meletakkan TV LED di ruangan dengan kelembapan tinggi agar tidak mempengaruhi komponen-komponen TV.

kamu juga perlu menjauhkan TV LED dari wadah cairan, seperti galon, akuarium, dispenser, atau wadar lainnya. Tidak hanya itu, kamu sebaiknya menjauhkan TV LED dari perangkat elektronik, seperti handphone atau tab agar tidak mengganggu gambar.

Bersihkan TV LED

kamu perlu membersihkan TV LED agar terbebas dari debu. Pastikan kamu membersihkan TV dengan lembut menggunakan kain atau bahan yang lembut lainnya. Selain itu, lakukan pembersihan TV LED scara rutin.

Bagaimana menurut kamu biaya perbaikan TV LED tidak ada gambar, murah atau mahal? Semoga ulasan dan penjelasan penyebab dan cara merawat TV LED dapat bermanfaat bagi kamu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment