Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

Berita mengenai migrasi sistem penyiaran TV analog menuju ke TV digital sedang hangat-hangatnya. Tidak semua televisi bisa menerima siaran digital, contohnya televisi analog. Televisi analog dapat menerima siaran digital dengan batuan perangkat bernama Set Top Box (STB). Lalu apa itu Set Top Box? Set top box disebut juga sebagai decoder atau receiver. Untuk memahami lebih jelas apa itu set top box, bagaimana cara kerjanya, apa saja jenisnya. Mari simak bersama artikel ini.

Apa itu Set Top Box?

Set Top Box (STB) dikenal juga dengan sebutan decoder atau receiver merupakan alat atau perangkat yang berguna mengatur saluran TV yang diterima untuk selanjutnya akan dipilih sesuai kebutuhan serta memeriksa hak akses pengguna atas saluran tersebut, setelah itu dapat menghasilkan keluaran berupa gambar, suara dan layanan lainnya. Dekoder dapat digolongkan sebagai salah satu perangkat teknologi informasi, karena jika melihat dari cara kerjanya Dekoder bekerja satu arah serta dapat juga bekerja tanpa campur tangan manusia.

Cara Kerja Set Top Box

Set Top Box mempunyai dua kategori cara kerja, yaitu cara kerja pada perangkat lunak dan cara kerja pada perangkat keras. Berikut ini adalah penjelasan lebih rincinya:

1. Perangkat Keras

Prinsip kerja Set Top Box sebenarnya mirip dengan penerima sinyal televisi biasa pada TV analog. Dilihat prinsip kerjanya, Dekoder mempunyai fungsi untuk mengubah sinyal digital dari satelit, kabel, maupun internet kedalam format analog supaya dapat ditampilkan pada layar TV analog maupun perangkat analog lainnya. STB biasanya digunakan pada sistem kabel, satelit, IPTV serta TV digital terestrial.

Dalam penggunaanya, dekoder membutuhkan kartu akses dari penyedia layanan TV digital yang bersangkutan. Kartu akses ini berfungsi sebagai penyaring saluran televisi yang diterima lalu selanjutnya disesuaikan dengan tayangan yang dibayar penonton. Tetapi karena kebijakan pemerintah untuk semua siaran digital saat ini geratis. Saluran atau channel digital biasanya berbeda-beda, tergantung kebijakan dari penyedia layanan televisi.

Baca Juga:  Rekomendasi TV LED 32 Inch Terbaik di Awal Tahun 2024

Selain itu STB juga dilengkapi dengan memori RAM, prosesor mikro, chip decoder MPEG2 dan MPEG4 serta beberapa chip lain untuk pemrosesan data visual maupun data audio. Keluaran dari decoder jenis Standard Definition (SD) akan dihubungkan dengan televisi menggunakan kabel video SCART atau kabel S Video, dimana bisa juga dipakai sebagai UHF sinyal. Sedangkan untuk dekoder jenis High Definition (HD) untuk menghubungkan ke televisi bisa menggunakan satu kabel HDMI untuk suara + video, akan tetapi jika televisi belum support HDMI bisa memakai kabel SCART atau S Video.

2. Perangkat Lunak

Pada sebuah perangkat Set Top Box juga mempunyai perangkat lunak, dimana berguna atau berperan untuk mengatur setelan STB, seperti pengaturan bahasa, pengaturan penerimaan sinyal, pengaturan gambar dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Set Top Box

Seiring dengan perkembangan teknologi televisi digital disertai dengan minat masyarakat Indonesia mengenai siaran dari channel-chanel yang tidak dapat diakses oleh TV analog, menjadikan set top box sebagai pilihan untuk menjadi perangkat tambahan supaya dapat menikmati siaran dari televisi digital baik siaran nasional maupun internasional. Dibawah ini beberapa jenis dari set top box:

1. Set Top Box Satelit

Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

Apa itu STB Satelit? Jenis Set Top Box satu ini merupakan jenis paling banyak digunakan di Indonesia, karena hanya membutuhkan parabola penerima sinyal kemudian langsung dihubungkan dengan dekoder. Sinyal yang diterima pada STB satelit yaitu jenis Digital Video Broadcast-Satellite (DVB S). STB satelit dapat menyalurkan saluran televisi mulai dari SD hingga HD serta dapat juga menyalurkan saluran TV siaran gratis, dan siaran radio baik dari lokal maupun manca. Cara kerjanya hampir mirip dengan televisi analog biasa, yang membedakan hanyalah perlu adanya parabola luar dan LNB untuk menerima sinyal  kemudian diubah menjadi frekuensi yang disesuaikan dengan dekoder. STB jenis ini banyak dipilih oleh penyedia layanan TV berlangganan, apa saja contohnya? diantaranya adalah Indovision, Aora, Okevision, Transvision, K Vision, Top TV, Orange TV dan lain-lain.

Baca Juga:  Simbol Transformator Listrik (Step Up, Down, Variabel, Isolasi, dll)

2. Set Top Box TV Kabel

Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

Apa itu STB Kabel? Set Top Box ini populer karena mempunyai sifat lebih stabil dari gangguan cuaca, sebab memakai kabel fiber optik yang ditanam dalam tanah. Namun di Indonesia STB jenis ini masih belum banyak digunakan, karena saluran kabel untuk STB jenis ini belum banyak tersedia. STB TV kabel menggunakan sistem Digital Video Broadcast-Cable (DVB C). STB TV kabel mampu menerima saluran televisi sama seperti jenis satelit, namun karena jenis ini menggunakan kanal saluran sangat cepat tersedia juga pilihan tayangan 3 dimensi (3D). Penyedia layanan TV berlangganan pemakai STB TV kabel diantaranya seperti MNC Play, MyRepublic, Biznet dan HomeCable dari First Media.

3. Set Top Box Internet

Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

Apa itu STB Internet? Dalam penayangan siaran televisi, Set Top Box ini mengandalkan saluran internet. Untuk sistem saluran televisi menggunakan Digital Video Broadcast-Internet Protocol Television (DVB IPTV). Karena menggunakan internet, STB jenis ini memberikan tayangan lebih kaya dibandingkan STB jenis lain, selain itu karena STB jenis ini terdapat fitur untuk bisa berinteraksi dalam menonton TV. Misalnya saja dengan adanya fitur Video on demand yaitu fitur yang memungkinkan penonton dapat memilih tayangan sesuai keinginan dan dapat  juga melihat tayangan yang sudah berlalu.

4. Set Top Box Terrestrial

Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

Apa itu STB Terrestrial? Set Top Box Terestrial yaitu jenis STB yang menggunakan sistem saluran Digital Video Broadcast-Terestrial (DVB T), artinya STB jenis ini tidak memerlukan parabola khusus untuk menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi biasa (UHF/VHF). STB dipakai sebagai standar televisi digital di Indonesia, sebab sesuai dengan program pemerintah sehingga memutuskan penggunaan teknologi DVB T2

Baca Juga:  Stabilizer Untuk Kulkas Berapa Watt?

5. Integrated Digital Television

Set Top Box (STB): Pengertian, Cara Kerja, dan Jenis.

Apa itu Integrated Digital Television? Sebelumnya perlu diketahui bahwa selain Set Top Box terpisah atau diluar televisi, ada pula jenis STB tertanam sebagai perangkat keras pada sebuah perangkat TV, atau biasa dikenal sebagai televisi digital terintegrasi (Integrated Digital Television/iDTV). Seperti STB jenis terestrial, jenis ini juga dapat menerima langsung sinyal televisi digital dari antena televisi biasa.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment