Rekomendasi Persamaan TR 5551 untuk Amplifier

Dalam mencari persamaan tr 551 paling banyak dikenal dengan jenis yang sama adalah transistor 2n5401. Komponen transistor 2N551 mempunyai kegunaan umum untuk diaplikasikan pada komponen di dalam perangkat radio.

Salah satu jenis komponen dalam rangkaian suatu perangkat ini memiliki peran penting, namun tetap bisa mencari penggantinya apabila tipe yang dicari tidak ditemukan. Untuk jenis 2n551 mempunyai fitur serta karakteristik tersendiri.

Menemukan transistor sejenis berarti mencari persamaannya dimana fungsinya tentu saja sama dengan kelebihan dan kekurangan setiap produk persamaan. Sebagai penggelut dunia elektronika, Anda perlu mengetahui apa saja persamaan dari tr551.

Fitur yang Ada di Dalam Transistor TR551

Penggunaan Transistor 2N551

Agar transistor bisa saling menggantikan fungsinya dengan maksimal, maka perlu mengecek seberapa besar daya atau kekuatan voltasenya. Sebagai pengganti tr2n5551, cek sejumlah fiturnya seperti di bawah ini.

  • Tegangan Collector Base/V CB sebesar 180 volt
  • Tegangan Collector Emitter (V CE) adalah 160 volt
  • Penguatan arus DC 80 saat IC adalah 10mA
  • IC (Continuer Collector Current) sebesar 600mA
  • Paket To-92
  • Memiliki arus kolektor maksimal sebesar 0,6A
  • Maksimal suhu persimpangan operasi sebesar 135°C
  • Jenis polaritasnya adalah NPN
  • Kapasitas Cc kolektor yakni 6pF
  • Frekuensi transisi 100MHz
  • Maksimal pembuangan daya kolektor 0,31 Watt
  • Rasio transfer arus maju mempunyai kapasitas minimal 80

Jenis Persamaan TR 551

Bagi Anda yang sedang merangkai suatu perangkat, seperti radio dan mencari persamaan transistor 2n5551, maka dapat cek beberapa referensi sebagai berikut ini.

  • Tipe 2N3906
  • Tipe 2N3904
  • Tipe 2N3055
  • Tipe 2N2369
  • Tip BC636
  • Tipe BC639
  • Tipe BC549
  • Tipe BC547

Beberapa perangkai elektronika menggunakan jenis transistor C945 dimana juga mempunyai persamaan yang memiliki frekuensi kerja tinggi, tetapi dapat bekerja dalam arus rendah. Fungsinya masih sama yaitu dipakai untuk rangkaian perangkat audio, radio, dan instrumental lainnya.

Baca Juga:  Pengertian dan Daftar Komponen Parabola Lengkap

Kegunaan dari C945 tidak jauh berbeda dari transistor tr 551 atau 2N551 ini. Dengan demikian, dapat menjadi pertimbangan untuk digunakan sebagai pengganti atau persamaannya melalui pengecekan 2n551 transistor datasheet secara detail dan lengkap.

Rekomendasi persamaan berikutnya untuk dijadikan pilihan terbaik adalah S9014 yang secara umum dipasang di dalam perangkat kamera dimana digunakan sebagai keamanan wireless serta menjadi rangkaian amplifier.

Untuk jenis persamaan S9014 ini, menggunakan polaritas NPN untuk dipakai dalam merancang audio dengan sifat pre-amplifier. Transtistor S9014 mempunyai daya arus kolektor sangat rendah.

Fungsi dari Pemakaian Persamaan Transistor 2N551

Seperti yang sudah diketahui sebelumnya, penggunaan persamaan 2n5551 adalah sebagai komponen penting untuk rangkaian elektronik, seperti audio atau radio. Adapun fungi lengkapnya dapat Anda lihat pada penjelasan di bawah ini.

Amplifier

Kegunaan pertama adalah sebagai amplifier atau menjadi penguat sinyal audio dan RF di dalam suatu rangkaian. Pada konfigurasi Common Emitter, transistor menjadi penguat arus listrik daya tinggi dengan arus maksimal mencapai 600mA.

Switch

Transistor 2N551 digunakan untuk menjadi saklar elektronik pada rangkaian elektronika. Dalam pengaturan Switch, komponen satu ini mampu mengendalikan arus listrik di suatu beban dengan kolektor maksimum 600mA.

Oscillator

Oscillator adalah fungsi yang mampu menghasilkan sinyal osilasi dimana mempunyai frekuensi kerja dari 1 sampai 200MHz.

Inverter

Pada tipe TR 551 dapat dipakai untuk menjadi komponen rangkaian inverter. Dengan demikian fungsinya adalah sebagai pengubah sinyal dari DC menjadi AC sehingga juga bisa mengendalikan aliran arus listriknya.

Control Motor DC

Untuk persamaan dalam 2n5551 datasheet dipakai untuk saklar elektronik dengan fungsi menjadi pengendali kecepatan motor DC. Transistor tipe ini mampu mengatur arus pada motor sehingga kecepatannya bisa dikendalikan.

Baca Juga:  8 Peralatan yang Menggunakan Sifat Induksi Elektromagnetik

Penggunaan Transistor 2N551 NPN pada Rangkaian

Rangkaian yang menggunakan transistor 2N5551 dengan jenis NPN biasanya menggunakan masukan sinus berkekuatan 8mV (ditandai warna kuning) kemudian diperkuat sampai 50mV (ditandai warna pink). Dalam merangkai dapat memperhatikan pin kakinya.

Dalam rangkaian, resistor R3 dan R4 akan membagi potensial tegangan Emitter – Base (V-BE). Sementara itu, resistor R1 menjadi beban dan R2 adalah Emitor dimana dengan melakukan perubahan pada nilai RL dapat mempengaruhi amplifikasi di gelombang keluarannya.

Sebagai penguat arus, transistor akan terus mengalir lewat basis yang diperkuat pada kolektor. Penguatan tersebut sangat tergantung kepada faktor amplifikasi atau h fe dengan nilai sebesar 80 yang artinya harus diperkuat sampai 80 kali lipat dari kekuatan arus basis-nya.

Arus Emitor (I E) juga perlu untuk dipertimbangkan karena mempunyai aksi yang sama dengan arus Collector. Perbedaan dari kedua keluaran ini terdapat dalam nilai a dimana nilai Collector adalah I E = I C + I B.

Hasil keluaran yang didapatkan oleh Collector adalah tegangan Collector Emitter ( V CE ). Kekuatan tegangan sangat bergantung pada tegangan input VCC, 12 V dimana tidak mengalami penurunan tegangan resistor beban, R1.

Melalui proses tersebut, dapat disimpulkan jika tegangan output Vout adalah VCE=(Vcc – IcRc).

Data Pinout 2N5551

Data Pinout 2N5551

Dalam memahami komponen elektronika dari data persamaan transistor power amplifier tipe 2N551 ini, penting untuk mengetahui penjelasan dari pinout atau keluarannya. Adapun penjelasan lengkap data pinout dapat dilihat di bawah ini.

Emitter

Konfigurasi Common Emitter menjadi paling sering dan mudah ditemukan penggunaannya terlebih dalam penguat tegangan dan arus dalam waktu bersamaan. Emitter mampu menghasilkan kekuatan tegangan dan arus dari sinyal input dan output.

Base

Pada 2n5551 pinout, konfigurasi Basis dikenal juga dengan Common Base atau Basis Bersama dimana kaki basisnya digunakan secara bersamaan untuk input dan output. Base dapat menghasilkan penguatan tegangan sinyal input dan output tetapi tidak menguatkan arus.

Baca Juga:  Ukuran TV 42 Inch Berapa CM dan Rekomendasinya Terbaik 2024

Collector

Common Collector mempunyai fungsi dan sifat berlawanan dari Common Base karena dapat menghasilkan penguatan arus, tetapi tidak menghasilkan penguatan tegangan. Input akan diumpankan menuju basis, sedangkan output berasal dari Emitor.

Cara Cek Transistor 2N551

Kegunaan dari 2N551 seperti yang sudah Anda ketahui adalah sebagai komponen dalam rangkaian amplifier. Dalam sebuah rangkaian yang sederhana, fungsinya menjadi penguat sinyal yang rendah sehingga akan ditemukan gelombang sinus keluaran.

Anda bisa melakukan pengecekan transistor TR 551 ini dengan cara sebagai berikut.

Ukur dengan Multimeter Analog

Pengukuran umumnya akan lebih mudah dengan menggunakan bantuan alat, dalam hal ini transistor diukur dengan memakai alat bernama multimeter jenis analog dimana mempunyai jarum jam serta batas-batas angka hasil pengukuran.

Dalam hal ini, lakukan pengukuran untuk mengecek daya dan kekuatan arus baik untuk tipe PNP atau NPN.

Ukur dengan Multimeter Digital

Tipe digital dianggap lebih praktis dan mudah digunakan karena hasil yang disajikan dianggap lebih akurat. Dengan demikian, proses pengukuran baik PNP atau NPN akan semakin baik untuk kemudian diterapkan dalam rangkaian.

Dengan mengetahui persamaan tr 551 yang sangat beragam, maka bisa mencari komponen pengganti dengan sifat dan kegunaan yang sama.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment