9 Rekomendasi Hardisk Eksternal untuk Menyimpan File Penting

Ketika memori penyimpanan di laptop atau PC bertambah penuh dan kamu bingung harus menyimpan file di mana lagi, hardisk eksternal adalah solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Apalagi, ada banyak rekomendasi hardisk eksternal di pasaran yang bisa kamu pilih dengan berbagai keunggulan. Dan apapun merek hardisknya, yang pasti kapasitas penyimpanannya sangat besar sehingga kamu bisa backup file-file penting yang masih kamu butuhkan.

Apalagi saat ini standar ukuran hardisk di pasaran adalah 1TB (terabyte), yang tentu jauh lebih besar dibandingkan ukuran memori penyimpanan internal laptop atau PC pada umumnya. Hanya saja, kamu juga perlu pertimbangkan faktor kecepatan transfer dan garansi juga selain kapasitas penyimpanannya.

9 Rekomendasi Hardisk Eksternal

Kalau begitu, sebaiknya apa hardisk yang kamu pilih dan pakai untuk kebutuhan penyimpanan data, ya? Supaya kamu tidak bingung saat mau membeli, kamu bisa intip dulu daftar rekomendasinya di bawah ini. Selamat membaca!

Sandisk Extreme Hardisk Eksternal

rekomendasi hardisk eksternal

Pertama, kita punya Sandisk Extreme Hardisk Eksternal di sini yang sebenarnya sudah tak perlu lagi kamu ragukan dari segi kualitasnya. Dengan harga yang terjangkau, hardisk dari Sandisk Extreme ini sudah dibekali dengan performa dan fitur yang oke.

Di samping pilihan kapasitas penyimpanan hingga 4TB, produk ini juga sudah mendapatkan sertifikat IP55. Artinya, Sandisk Extreme Hardisk Eksternal tahan percikan, hujan, tumpahan, maupun debu. Dengan begitu kamu bisa bawa hardisk ini untuk beraktivitas kapan saja tanpa takut risiko rusak karena debu atau kehujanan. Ditambah lagi, Sandisk Extreme Hardisk Eksternal juga punya kecepatan transfer tinggi dan kecepatan baca hingga 1050MB/s.

Transcend 23M3

rekomendasi hardisk eksternal

Salah satu produk hardisk eksternal yang direkomendasikan dan populer di pasaran adalah Transcend 23M3. Dengan harga yang masih terjangkau di bawah Rp 1 juta, produk hardisk eksternal yang satu ini juga sudah dilengkapi dengan fitur yang membuatnya lebih awet dan tidak mudah rusak.

Baca Juga:  Persamaan Dioda 1n4002 dan Rumusnya yang Perlu Diketahui

Kamu juga bisa temukan pilihan kapasitas penyimpanan sampai dengan 2TB, yang sudah sangat cukup untuk kebutuhan backup file dokumen kuliah atau kerja. Sedangkan kecepatan transfernya sendiri mencapai 5Gbps untuk varian USB 3.1 Gen 1.

WD New My Passport 1TB

Bicara soal merek hardisk eksternal, nama WD tentu sudah tak lagi asing di telingamu. Soalnya, merek yang satu ini memang sangat populer tak hanya di Indonesia saja, tapi juga di dunia. Ditambah lagi, ukurannya yang compact dan bobotnya yang ringan dijamin tidak akan menyusahkanmu saat harus beraktivitas sambil menenteng-nenteng WD New My Passport ini.

Produk ini juga dilengkapi berbagai fitur yang meningkatkan fungsionalitasnya, termasuk backup, security, dan drive utilities. Dan untuk varian dengan kapasitas penyimpanan 1TB, kamu bisa mendapatkannya dengan harga kisaran Rp 700 ribuan saja, lho.

Samsung T5 Portable

Rekomendasi selanjutnya datang dari merek Samsung, yang juga menghadirkan deretan hardisk eksternal bagi para konsumen di seluruh dunia. Dan salah satu rekomendasi hardisk eksternal dari perusahaan asal Korea Selatan ini adalah Samsung T5 Portable, yang kualitas, body dan build, ketahanan, serta performanya sudah tak perlu kamu ragukan lagi.

Dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2 jutaan, hardisk eksternal dari Samsung yang satu ini tentu saja kompatibel dengan semua sistem operasi yang digunakan saat ini, baik itu Windows maupun MacOS. Ditambah lagi, desainnya yang compact, minimalis, serta stylish membuat produk hardisk eksternal yang satu ini terlihat menarik dilihat. Dan pastinya, kecepatan transfer datanya juga tinggi.

Seagate Backup Plus Slim 1TB

Seagate adalah merek hardisk eksternal lain yang populer di pasaran, baik itu di Indonesia maupun di dunia. Menariknya, tahukah kamu kalau sebenarnya Seagate adalah produsen asal Indonesia? Meski begitu, kualitasnya sudah tak perlu lagi kamu ragukan karena memang sudah diakui secara internasional.

Baca Juga:  Susunan Warna Kabel LAN, Straight dan Cross

Salah satu produk Seagate adalah Backup Plus Slim, yang tak hanya bisa kamu gunakan untuk menyimpan data tapi juga melindungi data-data penting dari ancaman para peretas. Soalnya, Seagate Backup Plus Slim sudah dilengkapi pula dengan fungsi pengaman ganda, termasuk password dan enkripsi hardware. Cocok untuk menyimpan dokumen penting dari kantor, kan?

Seagate One Touch HDD

Hadir sebagai penerus dari seri Seagate Backup Plus, Seagate One Touch HDD dilengkapi dengan berbagai peningkatan yang membuat performanya semakin baik. Tak hanya itu saja, dari segi desain pun Seagate One Touch HDD ini juga mengalami peningkatan untuk tampilan yang lebih stylish dan elegan. Dari segi harga, kamu bisa dapatkan produk ini mulai dari harga di bawah Rp 1 juta, tergantung kapasitas penyimpanan yang kamu pilih.

Dari segi performanya, Seagate One Touch HDD sudah dilengkapi dengan konektivitas USB 3.2 yang lebih cepat dan andal dibandingkan USB 3.1 pendahulunya. Karena itu, kecepatan transfernya juga lebih baik, yaitu hingga 120MB/s. Tak hanya itu saja, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai fitur yang bisa meningkatkan fungsionalitasnya, termasuk penggabungan file hanya dengan satu klik hingga backup otomatis yang terjadwal harian, mingguan, hingga bulanan.

Toshiba Canvio Basic 1TB

Pilihan berikutnya hadir dari Toshiba, yang memiliki produk Canvio Basic untuk lini hardisk eksternal. Dengan kapasitas penyimpanan hingga 1TB, kamu bisa menggunakan hardisk eksternal ini untuk backup dokumen-dokumen penting seperti file skripsi atau laporan kantor. Apalagi, harganya juga masih terjangkau sehingga dijamin tidak akan menguras isi kantongmu.

Dari segi performa, Toshiba Canvio Basic juga sama sekali tidak mengecewakan. Apalagi karena Toshiba Canvio Basic juga sudah kompatibel dengan USB 3.2 untuk performa kecepatan transfer data yang lebih cepat dan baik. Dan menariknya lagi, Toshiba Canvio Basic bahkan masih kompatibel dengan seri USB yang lebih jadul seperti USB 2.0, lho!

Baca Juga:  Pengertian dan Transistor BC547 Persamaan Datasheet

Sony Hardisk Eksternal 2TB HD-SL2

Kalau kamu bingung dengan banyaknya pilihan hardisk eksternal di pasaran, Sony Hardisk Eksternal 2TB HD-SL2 bisa jadi opsi praktis untuk kamu coba. Dengan kapasitas penyimpanan 2TB, tentu kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan berbagai file mulai dari dokumen sampai koleksi film favoritmu, kan?

Tak hanya itu saja, dari segi performa pun Sony Hardisk Eksternal 2TB HD-SL2 patut diacungi jempol. Soalnya, ada dukungan fitur data transfer accelerator yang mempercepat proses transfer data. Ditambah dengan dukungan kompatibilitas dengan USB 3.2, tentu saja kamu bisa nikmati kecepatan transfer yang semakin tinggi.

Western Digital My Passport 4TB

Apabila kapasitas penyimpanan 1TB atau 2TB masih kurang buat kamu, coba pertimbangkan Western Digital My Passport ini. Dengan kapasitas penyimpanan hingga 4TB, tentu kamu bisa manfaatkan lebih banyak ruang untuk menyimpan berbagai file yang kamu punya.

Menariknya lagi, produk hardisk eksternal yang satu ini juga mendapatkan dukungan software WD Discovery. Dengan begitu, kamu bisa menyambungkan isi hardiskmu dengan penyimpanan cloud sebagai langkah tambahan, terutama untuk kebutuhan backup data.

Penutup

Itu dia rekomendasi hardisk eksternal di pasaran yang layak buat kamu pertimbangkan sebagai solusi penyimpanan eksternal untuk semua file dan data penting milikmu. Dari 9 opsi yang ada di atas, mana yang kira-kira paling cocok buat kamu?

Bagikan Postingan:

Leave a Comment