7 Penyebab Kulkas Tidak Bisa Buat Es Batu dan Mengatasinya

Masalah kulkas tidak bisa buat es batu memang kerap merepotkan, apalagi jika sedang membutuhkannya untuk membuat minuman dingin. Namun, sebenarnya Anda tidak perlu khawatir apabila hal tersebut terjadi.

Untuk kasus tertentu, Anda tidak harus membawanya ke tempat servis apabila tidak terlalu berat. Oleh karena itulah, sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu penyebabnya, baru kemudian mencari solusinya.

Sebagai referensi, berikut ini akan dijelaskan beberapa penyebab serta bagaimana cara mengatasi kulkas yang tidak bisa digunakan untuk membuat es batu. Pastikan untuk menyimaknya untuk mengecek apakah kasus tersebut sesuai dengan yang Anda alami.

Penyebab Kenapa Kulkas Tidak Bisa Membuat Es Batu

penyebab kulkas tidak bisa membuat es batu

Ada cukup banyak hal yang dapat mempengaruhi kinerja kulkas, salah satunya adalah tidak bisa dipakai untuk membuat es batu. Jadi, pastikan Anda menyimak bagian ini dengan saksama sebagai bekal untuk menginvestigasi.

1. Pintu tidak tertutup rapat

Penyebab ini kerap sekali ditemui karena mungkin pemiliknya terburu-buru dalam menutup kulkas sehingga pintu tidak tertutup rapat. Hal tersebut dapat menyebabkan udara dalam kulkas bocor ke luar ruangan sehingga suhu di dalam tidak cukup dingin.

Apabila suhu tidak cukup dingin, maka kemungkinan es batu tidak akan bisa terbentuk dengan baik seperti membutuhkan waktu lebih lama. Selain lupa, adanya kerusakan pada sekat pendingin juga berpotensi menyebabkan bocornya udara dingin dari dalam.

2. Kehabisan freon

Freon merupakan zat pendingin yang menjadi bahan utama dalam mesin pendingin seperti AC, kulkas es batu otomatis, atau kulkas biasa. Fungsi dari zat tersebut adalah menyerap suhu panas di dalam ruangan. Pada dasarnya, freon akan terus dipompa oleh kompresor dan bersirkulasi terus-menerus.

Apabila freon mulai menipis atau bahkan habis, maka aktivitas penyerapan suhu tersebut tidak akan berjalan dengan baik. Akhirnya, kulkas akan cenderung lebih lama untuk dingin dan kesulitan untuk membuat es batu.

Baca Juga:  Ketahui Gambar Transitor dan Jenis-Jenisnya

3. Kipas evaporator bermasalah

Berikutnya, kulkas tidak bisa buat es batu juga bisa disebabkan oleh kerusakan atau masalah yang terdapat pada kipas evaporator. Komponen ini memang cukup penting karena memiliki fungsi mengalirkan udara dingin ke semua bagian pada kulkas es batu.

Salah satu masalah yang kerap terjadi adalah kipas yang tidak berputar. Hal tersebut bisa diakibatkan karena adanya debu, benda asing, atau faktor usia. Ketika kipas evaporator bermasalah, udara dingin di dalam kulkas tidak bisa terbagi dengan baik.

Hasilnya, untuk membekukan air menjadi es batu pun akan menjadi lebih sulit. Biasanya setiap kulkas akan dilengkapi sistem seperti kipas yang akan berhenti berputar saat pintu dibuka. Jika dalam kondisi tertutup pun masih tidak bisa berputar, ada kemungkinan motor terdapat kerusakan atau kekurangan pasokan listrik.

4. Terjadi masalah pada timer

Timer pada kulkas mempunyai fungsi mengatur defrost dan kompresor. Apabila komponen ini mengalami kerusakan, maka kemungkinan kompresor bisa terganggu dan tidak dapat bekerja. Hal tersebut akan membuat sirkulasi udara dingin terhambat atau bahkan berhenti.

5. Kerusakan pada termostat

Satu lagi komponen yang tidak kalah pentingnya untuk kinerja kulkas, yakni termostat. Termostat memiliki cara kerja seperti halnya sebuah saklar yang dikendalikan suhu. Komponen tersebut berfungsi mengendalikan kompresor supaya berhenti saat berada di suhu tertentu.

Jika termostat mengalami kerusakan atau bahkan mati, tentu saja hal tersebut akan berdampak pada kinerja kompresor. Saat kompresor tidak bekerja, maka sistem pendingin akan terganggu dan menyebabkan tidak bisa membuat es batu.

6. Masalah pada kipas kondensor

Kipas kondensor memiliki fungsi menarik udara pada pipa supaya memiliki sirkulasi yang baik. Ketika terjadi masalah pada komponen tersebut, maka sirkulasi udara pada pipa pendingin akan terganggu yang mengakibatkan freezer tidak dingin.

Baca Juga:  Berapa Watt Kulkas Polytron 1 Pintu? Ini Jawaban dan Cara Menghematnya

7. Kompresor mulai lemah

Biasanya kompresor yang melemah adalah karena faktor usia. Hal tersebut akan mengakibatkan motor kompresor menjadi kurang maksimal. Hasilnya, suhu dingin untuk membuat es batu tidak akan tercapai.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Bisa Buat Es Batu

Setelah mengetahui beberapa penyebab di atas, maka Anda akan jauh lebih mudah dalam mencari solusinya. Berikut ini adalah solusi yang bisa Anda coba.

1. Tidak menyimpan makanan panas

Seperti telah dijelaskan di bagian sebelumnya, salah satu alasan kenapa kulkas buat es batu tidak bekerja optimal adalah karena suhunya kurang dingin. Kondisi tersebut bisa disebabkan karena adanya makanan panas yang disimpan di dalam kulkas.

Oleh karena itu, sebisa mungkin jangan pernah menyimpan makanan atau minuman panas di dalam kulkas karena dapat mempengaruhi suhu di dalam ruangan. Bisa jadi faktor yang selama ini menyebabkan kulkas Anda kurang dingin adalah karena hal tersebut.

2. Memeriksa aliran tegangan listrik

Kurangnya listrik yang mengalir ke perangkat juga dapat menyebabkan suhu menjadi kurang dingin dan kulkas tidak bisa buat es batu. Bahkan, jika terlalu lama dibiarkan, bukan tidak mungkin kondisi tersebut dapat mempengaruhi performa lemari es Anda.

Jadi, ketika mengalami masalah kulkas yang tidak dingin, silakan cek kembali apakah ada masalah pada tegangan listrik yang masuk. Jika iya, maka sebaiknya segera perbaiki agar tidak menimbulkan masalah yang lebih parah.

3. Perbaiki karet pintu

Di pembahasan bagian sebelumnya, salah satu alasan kenapa kulkas menjadi kurang dingin adalah udara yang bocor ke luar ruangan karena pintu tidak tertutup rapat. Selain itu, karet pintu yang mulai keropos atau rusak juga berpengaruh ke hal tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Teknologi Smart Door Lock: Apa itu Teknologi Smart Door Lock, Kelebihan dan Kekurangan.

Jika hal tersebut Anda alami, maka sebaiknya segera ganti karet pada pintu kulkas. Dengan begitu, udara dingin di dalam ruangan akan tetap terjaga sehingga proses pembuatan es batu bisa berjalan dengan baik.

4. Mengisi freon

Apabila penyebab kulkas tidak bisa membuat es batu adalah karena kekurangan freon, maka Anda bisa segera mengisi ulang freon tersebut. Ada banyak tempat yang bisa dipilih seperti tempat servis AC maupun lemari es.

Dengan freon yang terisi kembali, maka sirkulasi udara dingin di dalam kulkas akan menjadi normal kembali. Tempat es batu kulkas untuk pembuatan es pun juga akan bekerja secara optimal. Namun, pastikan terlebih dahulu apakah freon di kulkas benar-benar sudah habis.

5. Menjauhkan dari peralatan tertentu

Meskipun tergolong sepele, namun hal kecil ini cukup berdampak terhadap performa lemari es. Cobalah untuk menjauhkan beberapa peralatan dapur yang menghasilkan panas seperti rice cooker, kompor, oven, dan sebagainya.

6. Mendatangi tempat servis profesional

Cara ini merupakan metode terakhir yang perlu dilakukan apabila semua cara di atas masih tidak berhasil menyelesaikan permasalahannya. Dengan mendatangi tempat servis profesional, teknisi akan melakukan diagnosis terhadap penyebab dan segera mengatasinya.

Untuk mengatasi masalah kulkas tidak bisa buat es batu, memang sangat penting untuk mencari tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Hal tersebut akan membuat penyelesaian masalah menjadi jauh lebih mudah. Sebagai contoh, apabila masalah berada di kipas kondensor, maka yang harus diperbaiki adalah komponen tersebut.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment