Fungsi Defrost Pada Kulkas dan Jenisnya Lengkap

Pada kulkas umumnya diberikan fitur tambahan yang dapat membantu kinerja kulkas, salah satunya adalah fitur defrost. Apabila melihat dari kegunaannya, maka fungsi defrost pada kulkas ini terbilang sangat penting.

Secara umum, defrost ini merupakan fitur yang membuat pendingin atau freezer di dalam kulkas terbebas dari bunga es. Padahal, bunga es tersebut jika dibiarkan tentu bisa mengganggu proses pendinginan.

Sebenarnya, tidak semua kulkas telah mempunyai fitur defrost sehingga banyak orang kurang mengetahui fitur tersebut. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tentang fitur defrost, langsung ikuti penjelasan berikut ini.

Apa Fungsi Defrost Kulkas?

defrost kulkas

Sudah dikatakan sebelumnya, tidak semua jenis kulkas mempunyai fitur defrost ini. Hal itu karena pada umumnya, fitur defrost dapat ditemui pada jenis kulkas yang menggunakan dua pintu seperti pada defrost kulkas sharp 2 pintu atau merek lainnya.

Sementara untuk kulkas 1 pintu masih cukup jarang ditemukan yang telah membawa fungsi defrost ini. Fungsi utama dari defrost sendiri sebenarnya adalah sebagai pencegah munculnya bunga es di dalam boks freezer.

Hal tersebut jugalah yang membuat Anda pasti jarang menemukan ada banyak bunga es pada box freezer di kulkas 2 pintu. Sementara jika melihat di kulkas 1 pintu, mayoritas pasti di bagian box freezer dipenuhi oleh bunga es.

Lantas, apa akibatnya jika bunga es muncul pada box freezer tersebut? Perlu diketahui, bunga es yang menumpuk pada freezer dapat menyebabkan beberapa masalah seperti ruang penyimpanan box jadi sempit dan juga mengganggu suhu dingin kulkas.

Jadi, dengan adanya defrost kulkas kemunculan dari bunga es yang mengganggu tersebut dapat dihindari. Alhasil, box freezer di kulkas Anda dapat selalu bekerja mengeluarkan dingin dengan maksimal.

Bagian Pada Defrost

Pada fitur defrost bagian utama yang ada di dalamnya adalah logam bimetal yang memiliki sifat dapat memberikan reaksi secara cepat terhadap adanya perubahan suhu. Setiap ujung logam bimetal tersebut dihubungkan ke bagian timer kulkas serta elemen heater.

Baca Juga:  Cara Mengisi Tinta Warna Printer Canon, Pengertian, Fungsi dan Penjelasan Lainnya

Pada dasarnya, mesin defrost adalah saklar yang bisa memutus atau menyambungkan aliran listrik. Namun, perbedaannya adalah proses pemutusan serta penyambungan listrik tersebut yang mengendalikan adalah suhu.

Pada saat suhu dingin berada pada titik tertentu, defrost akan segera menyalurkan aliran listrik ke bagian heater. Begitu juga sebaliknya saat suhu memanas pada titik tertentu, maka aliran listrik ke heater akan diputus oleh defrost.

Pemasangan defrost kulkas 2 pintu ini umumnya ada di bagian paling dingin di evaporator. Tujuannya tentu agar defrost tersebut dapat menjalankan kinerjanya secara lebih efektif dalam mendeteksi adanya perubahan suhu di dalam freezer box.

Bagaimana Cara Kerja Defrost?

Untuk cara kerja dari mesin defrost ini, sebenarnya peranannya ada pada logam bimetal pada defrost. Logam bimetal tersebut dikenal mempunyai sifat yang bisa dengan mudah melengkung saat suhu di sekitarnya dingin.

Dengan memanfaatkan sifat tersebut, logam bimetal bisa digunakan sebagai pemutus atau penghubung aliran listrik. Hal itu juga yang membuat logam tersebut kerap digunakan juga pada perangkat elektronik lain untuk mengendalikan saklar di rice cooker, magic com, dispenser, dan juga kulkas.

Nah, terkait cara kerja bimetal logam, saat suhu box freezer belum berada pada titik rendah yang ditentukan, penampang logam bimetal bentuknya tetap lurus. Hal tersebut akan membuat konduktor memutus hubungan antara kedua terminal defrost.

Kondisi tersebut menjadikan aliran listrik tidak dapat menuju ke bagian heater defrost. Hal tersebut dapat tetap terjadi meskipun pengaturan waktu kulkas telah mengalirkan listrik ke dari bagian kompresor menuju heater.

Selanjutnya, jika suhu evaporator berada dalam dingin tertentu, maka logam bimetal sesuai sifatnya akan melengkung. Lengkungan pada bimetal tersebut akan membuat batang konduktor terdorong yang membuatnya dapat menyambungkan terminal defrost.

Baca Juga:  Diagram Kulkas 2 Pintu dan Komponen Didalamnya

Kondisi tersebut membuat heater akan memanaskan box freezer sehingga tidak akan memunculkan bunga es. Pada saat suhu sudah kembali ke keadaan yang normal atau sudah tidak dingin, logam bimetal bentuknya akan kembali seperti semula dan arus listrik akan terputus.

Mengenal Tanda Mesin Defrost Rusak

Seperti halnya komponen kulkas lainnya, mesin defrost juga dapat mengalami kerusakan. Untuk mengetahui terjadinya kerusakan pada defrost, terdapat beberapa tanda yang bisa diperhatikan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Muncul Bunga Es

Pada saat defrost mengalami kerusakan, maka otomatis bunga es akan ditemukan pada box freezer. Hal tersebut bisa terjadi karena fungsi defrost pada kulkas tidak dapat menyalurkan aliran listrik ke bagian heater.

2. Muncul Titik Es Atau Air Pada Pembungkus Defrost

Apabila Anda menemukan adanya titik es ataupun air di bagian pembungkus defrost, maka bisa disinyalir terdapat masalah di sana. Kondisi tersebut jika dibiarkan dapat membuat korosi muncul di bagian batang konduktor.

3. Logam Bimetal Patah

Kondisi logam bimetal patah memang cukup jarang terjadi. Namun, pada saat hal tersebut terjadi maka sudah dipastikan bahwa mekanisme saklar untuk defrost heater di box freezer tidak akan berfungsi.

4. Muncul Karat Pada Terminal Defrost

Pada saat muncul karat pada bagian terminal defrost, maka itu bisa membuat fungsi defrost tidak berjalan maksimal. Pasalnya, karat tersebut mampu membuat arus listrik di dalam mesin tidak bisa mengalir secara lancar.

Apabila sudah terdapat tanda kerusakan defrost artinya Anda bisa segera mengganti defrost baru agar fungsi box freezer tetap optimal. Anda bisa mendapatkan suku cadang defrost tersebut di toko elektronik ataupun meminta bantuan dari teknisi profesional.

Baca Juga:  Jenis, Cara Kerja, dan Fungsi Dioda pada Rangkaian Elektronik

Jenis Mesin Defrost Pada Kulkas

Paling tidak ada dua macam jenis defrost yang digunakan pada kulkas, yakni auto defrost dan juga semi auto defrost. Apabila melihat dari fungsinya, maka kedua jenis fitur defrost tersebut tidak mempunyai banyak perbedaan.

Hal yang membedakannya adalah pada proses dan cara kerja keduanya. Nah, untuk mengetahui perbedaan dari kedua jenis fungsi defrost pada kulkas tersebut, Anda bisa menyimak informasi yang ada di bawah ini.

1. Auto Defrost

Jenis yang pertama ini adalah auto defrost. Sesuai dengan nama yang dimilikinya, jenis mesin defrost ini dapat mencairkan bunga es di dalam box freezer secara otomatis.

Cara kerja dari auto defrost ini cukup mudah karena Anda hanya perlu menyalakan saja fiturnya. Secara otomatis, mesin defrost akan melakukan tugasnya untuk menjaga box freezer dari munculnya bunga es yang menumpuk.

2. Semi Auto-Defrost

Berikutnya pada sistem semi auto defrost, proses atau cara kerjanya sedikit lebih banyak. Pasalnya, sistem tersebut akan menimbulkan residu air buangan dari pencarian bunga es yang terdapat di dalam box freezer.

Kondisi itu tentu membuat Anda harus melakukan dua langkah pengerjaan yakni mengaktifkan defrost dan selanjutnya membersihkan sisa air pencairan bunga es. Namun, Anda tidak perlu khawatir air berceceran karena telah disediakan wadah penampung air.

Untuk jenis semi auto defrost ini, pemilik wajib untuk rajin membuat air residu tersebut agar tidak menimbulkan bau ataupun lumut. Dengan begitu, proses defrost di dalam kulkas dapat berjalan lancar.

Itu tadi pembahasan lengkap tentang fungsi defrost pada kulkas yang perlu diketahui. Kehadiran fitur defrost ini tentu memiliki peran penting untuk menjaga kualitas box freezer agar bisa dingin maksimal tanpa menimbulkan bunga es yang mengganggu.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment