Pengertian Besaran Pokok dan Satuan Dalam SI

Untuk menyatakan panjang, volume, suhu, dan sebagainya maka membutuhkan besaran serta satunya. Dalam fisika, terdapat besaran pokok dan satuan dalam SI. SI adalah satuan internasional yang berlaku untuk mempermudah menyatakan besaran suatu ukuran.

Nah pada kesempatan kali ini, akan memberikan informasi seputar besaran dan satuan dalam SI. Jadi untuk yang sedang mencari informasi seputar pengertian dari besaran, pengertian besaran serta satuan, definisi besaran pokok, besaran SI, dan seputar macam macam besar, maka langsung saja simak ulasan berikut ini.

Pengertian Besaran

Untuk menyebutkan panjang suatu benda, Anda dapat menggunakan cm atau centimeter, m atau meter, hingga, mm atau mili meter. Lalu untuk menyebutkan massa atau berat dari sebuah benda, maka bisa gunakan KG atau kilo gram, dan bahkan gram. Nah, meter, centimeter, dan kilo gram adalah santunan yang dapat digunakan untuk menyatakan besaran dari sebuah benda atau hal lainnya.

Jadi, besaran adalah nilai numerik yang menunjukan jumlah sesuatu, atau adalah sistem yang dapat diukur dan dihitung menggunakan instrumen pengukuran atau alat ukur. Dan besaran memiliki satuan.

Misal mengukur panjang lemari, maka harus jelas memberikan satuannya, jika panjang lemari adalah 2 meter, maka sebutkan 2 meter, bukan sekadar 2 saja. Atau dapat sebutkan lemari dengan tinggi 2 meter menjadi 200 cm, 2 meter dan 200 cm memiliki ukuran yang sama, hanya beda menggunakan satuannya.

Dengan demikian, satuan dapat digunakan sebagai pembanding dalam kegiatan pengukuran. Nah, perlu diketahui jika ada besar pokok dan satuan dalam SI.

Mengenal Besaran Pokok dan Satuan Dalam SI

Mengenal Besaran Pokok dan Satuan Dalam SI

Seperti dijelaskan sebelumnya jika untuk menyatakan besaran sesuatu maka diperlukan satuan, dalam hal ini ada satuan SI atau Satuan Internasional. Satuan internasional ini adalah satuan yang diakui penggunanya secara internasional. Dalam sejarahnya, satuan internasional ditetapkan oleh Lembang Barat Berat dan Ukuran internasional yang didirikan di Prancis pada tahun 1875.

Baca Juga:  Pengertian dan Contoh Energi Biomassa

Saat konferensi pers tahun 1971, lembaga ini menetapkan 7 besaran pokok beserta satuannya sebagai sistem dasar Sistem Satuan Internasional (SI). Nah, tujuh besaran pokok dan satuan dalam SI tersebut masih digunakan sampai sekarang.

Macam macam besaran yang dikenal sampai sekarang ada dua, yaitu besaran pokok dan besaran turunan. Apa perbedaan antara besaran dan satuan, mungkin itu menjadi salah satu pertanyaan Anda saat ini. Untuk mengetahui lebih lanjut seputar besaran pokok serta besaran turunan dan satuannya, maka bisa ke ulasan selanjutnya.

1. Besaran Pokok

Seperti namanya ini definisi besaran pokok adalah besaran dasar atau yang menjadi dasar dalam menetapkan besaran lainnya. Satuan yang digunakan pun disebut sebagai satuan pokok dan ditetapkan berdasarkan kesepakatan ilmuwan.

Besaran ini memiliki sifat bebas yang artinya tidak bergantung ada besaran pokok lainnya. Nah, ada tujuh besaran pokok. Langsung saja inilah ketujuh besaran pokok dan satuannya.

Panjang

Ada besaran panjang yang digunakan untuk mengukur panjang, tinggi, lebar dari suatu benda. Jika mengacu pada SI, besaran panjang menggunakan satuan meter (m), dengan dimensi luas (L). Ada beberapa alat ukur dapat digunakan untuk mengukur panjang benda, seperti penggaris, jangka sorong, rol meteran, dan pita ukur.

Massa

Massa adalah besaran untuk mengukur kandungan materi atau berat dari suatu benda. Dalam satuannya, massa menggunakan satuan kilogram (Kg). Alat ukur yang digunakan untuk mengukur berat suatu benda adalah timbangan atau neraca.

Waktu

Berikutnya ada besaran pokok waktu. Ya, ini adalah besaran untuk mengetahui lamanya durasi yang diperlukan suatu peristiwa. Satuan pokok waktu adalah sekon (s) atau detik, dengan dimensi T. Alat ukur yang digunakan untuk mengetahui durasi adalah stop watch.

Baca Juga:  Rumus Probabilitas Lengkap Beserta Contohnya

Suhu

Suhu pun merupakan besaran pokok untuk mengukur suhu atau keadaan panas dan dingin suatu benda. Ada berbagai manfaat mengetahui besaran suhu, seperti untuk mengetahui suhu badan seseorang agar tahu apakah orang tersebut sedang sakit atau tidak.

Untuk suhu, satuan internasional yang digunakan adalah Kelvin (K). Untuk alatnya bisa gunakan termometer untuk ketahui besaran suhu suatu tempat, atau suatu benda.

Kuat Arus

Selanjutnya ada kuat arus yang digunakan untuk mengetahui besaran dari kuat arus listrik yang mengalir. Satunya internasional yang digunakan adalah Ampere (A), lalu bisa gunakan alat ukur Amperemeter untuk ketahui besaran kuat arus listrik yang mengalir.

Intensitas Cahaya

Intensitas cahaya bisa untuk mengukur suatu terang atau pun tidaknya dari cahaya di atas permukaan benda. Satuan yang digunakan adalah Candela (cd). Alat ukur yang digunakan adalah Lux meter atau Light meter.

Jumlah Zat

Terakhir ada jumlah zat dapat digunakan sebagai besaran mengukur banyak partikel dalam suatu benda. Mol menjadi satuan internasional untuk satuan jumlah zat.

Itulah tujuh besaran pokok dan satuan dalam SI. Jadi sekarang Anda sudah tahu jika meter kilogram sekon disebut satuan untuk besaran pokok. Dalam perhitungan matematika dan fisika, waktu, massa, dan panjang adalah yang paling sering digunakan.

2. Besaran Turunan

Selain ada besaran pokok, ada juga turunan. Nah, besaran turunan ini adalah besaran yang berdasarkan atau disusun dari besaran pokok. Untuk satuannya disebut satuan turun yang didapat dari menggabungkan beberapa besaran pokok.

Misal, untuk mencari luas Sebuh benda dengan panjang dan lebar, maka diperlukan mengalikan panjang x lebar. Panjang dan lebar memiliki satuan m.

Sehingga itu artinya, panjang x lebar = m x m, jadi satuan yang didapat akan menjadi m². Agar makin paham, satuan besaran volume merupakan satuan turunan, sebab rumus volume adalah panjang x lebar x tinggi = m x m x m, itu berarti besaran volume adalah m³.

Baca Juga:  Pengertian Light Dependent Resistor (LDR), Karakteristik, Fungsi, Cara kerja, dan Cara Pengukurannya

Selanjutnya, besaran kecepatan adalah m/s. m/s adalah satuan turunan, dengan rumus kecepatan adalah jarak/waktu = m/s. M adalah meter atau satuan dari panjang, dan s adalah sekon satuan untuk waktu menurut SI. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah besaran turunan beserta satuannya.

Contoh Soal Besaran Pokok

  • Apa perbedaan antara besaran pokok dan turunan?
  • Sebutkan masing-masing tiga besar pokok dan turunan beserta satuan internasionalnya!
  • Sebutkan contoh pengukuran yang menghasilkan besaran pokok massa
  • Satun yang diperoleh dari jika besaran panjang dibagi besaran waktu?
  • Besaran energi pontensi adalah besaran turunan dari besaran pokok apa saja?

Penutup

Besaran adalah nilai numerik yang menunjukan jumlah sesuatu, seperti jumlah panjang suatu benda, berat benda, dan sebagainya. Besaran dibagi menjadi dua, besaran pokok dan turunan.

Besaran pokok dan satuan dalam SI antara lain panjang dengan satuan meter, massa satuan kilogram, waktu satuan sekon, kuat arus dengan satuan amper, lalu suhu satuan kelvin, intensitas cahaya adalah candela, dan jumlah zat adalah mol. Selanjutnya ada besaran turunan. Besaran turunan merupakan besaran yang diturunkan atau berdasarkan besaran pokok.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment