Rumus Kecepatan dan Contoh Soal Beserta Jawabannya

Ada berbagai rumus dapat digunakan untuk mencari sesuatu, seperti mencari kecepatan. Dengan rumus kecepatan, Anda bisa menemukan kecepatan sebuah benda yang bergerak, seperti kecepatan mobil, dan sebagainya. Nah, rumus kecepatan dan rumus lain lainnya seperti rumus jarak kecepatan waktu biasanya sudah diajarkan oleh guru di pelajaran fisika.

Pada penjelasan kali ini pun akan memberikan informasi seputar kecepatan, seperti cara menghitung kecepatan atau rumus mencari kecepatan, termasuk juga rumus mencari jarak, dan cara menghitung waktu. Untuk itu bisa langsung saja simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Kecepatan

Pengertian kecepatan

Sebelum membahas lebih jauh seputar rumus jarak kecepatan dan waktu, atau tentang cara menghitung kecepatan jarak dan waktu, Anda bisa ketahui terlebih dahulu tentang pengertian kecepatan. Kecepatan sendiri adalah perpindahan yang ditempuh oleh sesuatu yang bergerak dalam jangka waktu tertentu. Sesuatu yang bergerak tersebut bisa benda seperti mobil, atau bahkan makhluk hidup termasuk manusia.

Ya, dengan rumus menghitung kecepatan maka Anda bisa mengetahui berapa lama benda bergerak bisa menempuh jarak tertentu.

Dalam pelajaran fisika, kecepatan adalah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok, yaitu panjang dan waktu. Panjang memiliki besar pokok meter dalam satuan internasional, dan waktu memiliki besaran pokok sekon atau detik.

Jenis-jenis Kecepatan

Ada beberapa jenis dari kecepatan yang perlu juga Anda ketahui sebelum mengetahui tentang rumus kecepatan dalam fisika. Lebih jelasnya, berikut adalah jenis dari kecepatan.

1. Kecepatan Rata-rata

Ini adalah perbandingan antara perpindahan pada sebuah benda dengan waktu yang diperlukan untuk melakukan perpindahan. Untuk mencari kecepatan rata-rata bentuk lintasan yang dilalui benda tidak diperhitungkan dan cara bergeraknya pun tidak diperhitungkan. Mencari kecepatan rata-rata data yang diperlukan adalah posisi awal, akhir, dan waktu tempuhnya.

Baca Juga:  Jenis-Jenis dan Contoh Alat Ukur Massa

2. Kecepatan Osilasi

Selanjutnya ada kecepatan Osilasi yang merupakan kecepatan yang digunakan untuk mengukur besaran perubahan simpangan titik-titik pada medium. Nah, kecepatan ini akan mengukur gerakan naik turun simpangan pada gelombang transversal, dan juga mengukur getaran maju mundur titik-titik medium dalam gelombang longitudinal.

3. Kecepatan Rambat Gelombang

Untuk kecepatan lambat gelombang adalah kecepatan yang mengukur besaran seberapa cepatnya pola osilasi berpindah tempat. Kecepatan ini mengukur besaran seberapa cepat sebaran gelombang arah radikal keluar yang meninggalkan titik jatuhnya dari batu pada permukaan air.

Besaran Kecepatan

Sebelumnya sudah dijelaskan jika kecepatan adalah besaran turunan dari panjang dan waktu. Itu berarti satuan SI kecepatan adalah m/s atau meter per sekon. Sebab, satuan panjang dalam SI adalah meter atau m, dan waktu adalah sekon akan s.

Nah, ada juga satuan lainnya yang digunakan untuk kecepatan. Berikut satuan kecepatan dalam SI adalah atau berikut ini merupakan satuan kecepatan dalam SI yaitu

  • Km/jam atau kph adalah kilometer per jam
  • Mil/jam adalah mil per jam
  • Nautical mile per jam atau knot
  • Kecepatan suara adalah mach
  • Kecepatan cahaya atau konstanta cahaya dapat disimbolkan dengan c = 299.792.458 m/s

Rumus Kecepatan

Rumus Kecepatan

Kecepatan merupakan besaran vektor dengan satuannya adalah km/jam, m/menit, m/detik, dan sebagainya. Lalu apa rumus kecepatan atau aea menghitung kecepatan. Nah, untuk rumus mencari kecepatan adalah sebagai berikut.

Rumus kecepatan adalah v = S/t, dengan keterangan

v = kecepatan

S = jarak atau perpindahan (m)

t = waktu (s)

Dari rumusan di atas, Anda akan mendapatkan rumus waktu, dan rumus jarak tempuh. Berikut adalah rumus mencari waktu dan rumus mencari jarak.

Mencari Waktu bisa menggunakan rumus t = S/v, dan untuk rumus mencari jarak adalah S = v x t.

Baca Juga:  Apa Itu Diagram Panah dalam Relasi dan Fungsi? Ini Penjelasan Lengkapnya

Selanjutnya ada juga rumus atau cara menghitung kecepatan rata-rata. Nah, untuk cara mencari kecepatan rata-rata adalah menggunakan v = ∆x / ∆t .

Keterangan

v = kecepatan rata-rata

∆x = perpindahan awal sampai akhir (m)

∆t = waktu tempuh awal hingga akhir (s)

Contoh Soal

Agar makin paham dengan cara menemukan kecepatan, mungkin Anda bisa simak contoh kecepatan atau contoh soal seputar kecepatan, jarak, dan waktu.

Soal 1

Sebuah mobil menempuh jarak 600 meter dalam waktu 5 menit, selang 10 menit kemudian menempuh jarak 900 meter. Setelahnya pada 750 meter ditempuh selama 15 menit. Berapa kecepatan rata-rata mobil tersebut.

Jawaban

Diketahui

Jika total jarak tempuh atau S total mobil adalah 600+900+750 = 2250 meter

Kemudian waktu total atau t total mobil adalah 5+10+15 = 30 menit

Maka menghitungnya menggunakan rumus

v = ∆x / ∆t

v = 2250/30

v = 75 meter/menit

Soal 2

Samsul mengendarai mobil dengan kecepatan tetap. Mobil tersebut mampu menempuh jarak 210 kilometer selama 3 jam. Maka hitunglah kecepatan mobil yang dikendarai Samsul.

Jawaban

Diketahui

Jika jarak atau S = 210

Lalu waktu atau t = 3 jam

Ditanya berapa kecepatan mobil?

Maka gunakan rumus v = S/t

v = S/t

v = 210/3

v = 70 Km/jam

Jadi, kecepatan mobil tersebut adalah 70 Km/jam

Soal 3

Renji mengendarai sepeda motor dengan kecepatan tetap yaitu 70 Km/jam. Rencananya Renji akan menempuh jarak 210 kilometer. Maka hitunglah waktu tempuh yang dibutuhkan Renji untuk sampai ke tujuan.

Jawaban

Diketahui

S = 210 Km

v = 70 KM/jam

Hitunglah t atau waktu!

Maka gunakan rumus t = S/v

t = S/v

t = 210/70

t = 3 jam

Jadi, waktu yang dibutuhkan Renji untuk menempuh 210 kilometer dengan kecepatan 70km/jam adalah 3 jam

Soal 4

Jika Senku berjalan kaki dengan kecepatan rata-rata 2 meter per detik, maka hitunglah jarak yang dapat ditempuh Senku jika ia berjalan kaki selama 2 jam.

Baca Juga:  Amplitudo: Pengertian, Rumus, Jenis, dan Metode Kuantifikasi

Jawaban

Diketahui

v = 2 meter/detik

t = 2 jam dijadikan detik terlebih dahulu, jadi 2 x 60 x = 72000 detik

Maka hilanglah jarak atau S

Untuk hitung jarak gunakan rumus:

S = v x t

S = 2 x 7200

S = 14.400 meter = 14.4 Km

Jadi, jarak yang dapat ditempuh Senku dengan kecepatan 2 mater/detik selama 2 jam adalah 14.400 mater atau 14,4 km

Kecepatan merupakan perpindahan yang ditempuh oleh sesuatu benda yang bergerak dari satu tempat ke tempat lainnya dalam jangka waktu tertentu. Besaran Kecepatan ada beberapa seperti m/s atau meter per sekon, dan ada juga km/jam atau kilometer per jam. Tentunya ada rumus kecepatan yang dapat digunakan untuk mengetahui kecepatan sebuah benda.

Rumus kecepatan adalah v = S/t, dimana v adalah kecepatan, S adalah jarak, dan t adalah waktu. Dari rumus tersebut dapat digunakan untuk mencari jarak atau mengetahui rumus jarak, yaitu S = v x t, dan untuk mencari waktu dapat gunakan rumus waktu, yaitu t = S/v.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment