Rumus Keliling Lingkaran Dan Luas Lingkaran Beserta Contoh Soal

Ada banyak sekali benda berbagai dengan berbagai bentuk yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, contohnya adalah yang berbentuk lingkaran. Sebuah lingkaran dapat Anda ketahui kelilingnya dengan menggunakan rumus keliling lingkaran.

Cara menghitung keliling lingkaran menjadi salah sub bab pada pelajaran matematika. Mungkin yang sudah lulus SD pernah juga mempelajari cara hitung keliling lingkaran. Nah, pada kesempatan kali ini pun akan memberikan informasi seputar rumus lingkaran keliling, atau mencari keliling lingkaran, untuk itu langsung saja ke penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengertian Keliling Lingkaran

Apa sebenarnya keliling sebuah lingkaran? Jadi, keliling lingkaran merupakan panjang yang mengelilingi lingkaran tersebut. Dengan demikian, maka keliling lingkaran adalah panjang lingkaran jika lingkaran tersebut dibuka dan diluruskan dalam ruas garis. Bisa diartikan juga jika keliling dari lingkungan adalah panjang sisi lengkung yang mengelilinginya.

Jelas keliling dan luas lingkaran adalah dua hal yang berbeda. Luas lingkaran sendiri merupakan luas area yang berada di dalam sisi lengkung lingkaran. Untuk mendapatkan luas lingkaran dapat gunakan rumus phi dikalikan dengan kuadrat jari-jari lingkarannya.

Sama dengan luas lingkaran, untuk mengetahui kelilingnya, Anda juga butuh mengetahui jari-jari lingkarannya atau diameternya. Jari-jari adalah setengah dari diameter. Misal diameter lingkaran adalah 20, maka jari-jarinya adalah 10.

Mengenal Diameter

Seperti dijelaskan sebelumnya, jika untuk mengetahui keliling dari sebuah lingkaran, maka Anda perlu mengetahui diameter atau jari-jari lingkarannya. Nah, diameter lingkaran adalah garis pusat yang melintasi pusat lingkaran dan menghubungkan dua titik lingkaran. Atau bisa juga diartikan sebagai garis terpanjang antara dua titik pada lingkaran. Ya, lingkaran memiliki pusat lingkaran.

Pusat lingkaran ada di tengah-tengah lingkaran. Jarak titik pusat selalu sama ke setiap titip bangun lingkaran. Secara gampangnya, mencari titik pusat lingkaran adalah dengan titik yang sama panjang ke setiap titik keliling lingkaran. Berikut gambar contoh diameter lingkaran.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word yang Perlu Kamu Ketahui

Mengenal Diameter

Rumus Keliling Lingkaran

Rumus keliling lingkaran

Dengan mengetahui diameter atau jari-jari lingkaran, sekarang Anda sudah dapat mencari kelilingnya dengan rumus keliling lingkaran.

Untuk dapatkan nilai kelilingnya, ada bisa menggunakan rumus keliling lingkaran. Rumus keliling lingkaran adalah:

C = 2πr

C = keliling

π = konstanta phi yang nilainya 3,14 atau 22/7

r = jari-jari

Silakan gunakan rumus tersebut untuk mencari kelilingnya. Misal ditanya hitunglah keliling lingkaran dengan diameter 20 cm adalah. Maka jawabannya sebagai berikut.

Masukan rumusan

C = 2πr

C = 2 x 3.14 x 10

Kenapa 10? Karena r adalah jari-jari, dan jari-jari adalah setengah dari diameter. Jika diameternya adalah 20 cm maka jari-jarinya adalah 10 cm

Sekarang hitungan

C = 2 x 3,14 x 10

C = 62,8

Rumus ini juga berguna untuk mencari diameter atau jari-jari lingkaran jika telah diketahui keliling.

Contoh

Berapa diameter lingkaran dengan keliling 62 8 cm adalah. Diketahui jika kelilingnya adalah 62 8 cm atau 62,8 cm, maka masukan rumus

C = 2πr

62,8 = 2x 3,14 x r

62,8 = 6,28 x r

r = 62,8/6,28

r = 10

Jadi, jari-jarinya adalah 10 sehingga diameternya adalah 20 cm

Contoh Soal Keliling Lingkaran

Jika masih bingung mencari keliling dari sebuah lingkaran, Anda tak perlu khawatir. Ya, pada penjelasan kali ini akan memberikan contoh soal lingkaran beserta jawabannya. Untuk itu, bagi yang sedang mencari informasi seputar soal mencari keliling lingkaran atau contoh soal mencari keliling lingkaran, bisa langsung saja simak contohnya berikut ini.

Contoh Soal 1

Diketahui jika sebuah tutup berbetuk lingkaran memiliki jari-jari 14 cm, maka hitunglah keliling lingkaran tersebut.

Jawaban

Diketahui :

r = 14 cm

π = 3,14 atau 22/7

Ditanya

C = ?

Masukan rumus

C = 2πr

C = 2 x 22/7 x 14

C = 88 cm

Jadi, keliling lingkaran dengan jari-jari 14 cm adalah 88 cm. Untuk memudahkan mengetahui jika jari-jari adalah 7 cm atau kelipatan dari 7, maka gunakanlah 22/7 untuk π.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Televisi Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Contoh Soal 2

Sebuah roda memiliki panjang keliling yaitu 157 cm, maka tentukanlah jari-jari dan diameternya.

Jawaban

Diketahui

C = 157 cm

π = 3,14

Ditanya

r = ?

d = ?

Masukan rumusnya, yaitu

C = 2πr

157 = 2 x 3,14 x r

157 = 6,28 x r

r = 157/6,28

r = 25 cm

Jari-jarinya adalah 25 cm, diketahui jika jari-jari adalah setengah dari diameter, maka diameternya adalah 25 x 2 = 50 cm

Jadi, r = 25 cm, dan d = 50 cm

Contoh Soal 3

Adik bermain mainan yang berbetuk setengah lingkaran dengan jari-jarinya adalah 6 cm. Kakak mencoba mencari keliling mainan setengah lingkaran yang dimiliki adik. Bantulah kakak untuk mencari keliling dari bangunan setengah lingkaran tersebut.

Jawaban

Diketahui mainan setengah lingkaran memiliki

r = 6 cm

π = 3, 14

Ditanya

Berapa keliling mainan setengah lingkaran tersebut

Jangan terkecoh dengan soal mencari keliling dari setengah lingkaran. Anda tinggal tetap gunakan rumus keliling lingkaran, yaitu

C = 2πr

C = 2 x 3, 14 x 6

C =37,68

Itu adalah keliling lingkaran penuh. Untuk mencari keliling lingkaran tersebut maka tinggal bagi 2 saja hasilnya tersebut.

Maka, keliling setengah lingkaran dengan jari-jari 6 cm adalah 37, 68 : 2 = 18,84

Rumus Luas dan Contoh Soal Luas Lingkaran

Rumus Luas dan Contoh Soal Luas Lingkaran

Selain keliling, Anda juga mencari luas lingkaran. Nah, luas lingkaran dapat menggunakan rumus berikut.

Rumus Luas Lingkaran

L = πr²

L = luas

π = konstanta phi yang nilainya 3,14 atau 22/7

r = jari-jari

Misal Anda diminta untuk hitung luas lingkaran dengan diameter 10 adalah?

Jawabannya

Diketahui

r = 10 cm

π 3,14

Ditanya

L atau luasnya

Jawabannya

L = πr²

L = 3,14 x 10²

L = 3,14 x 100

L = 314 cm²

Jadi, luas lingkaran dengan diameter 10 cm adalah 314 cm²

Contoh Soal

Sebuah roda memiliki diameter 28 cm, maka hitunglah luas dari roda berbentuk lingkaran tersebut.

Jawaban

Diketahui lingkaran memiliki

d = 28 cm

r = d/2 = 14 cm

Baca Juga:  Pengertian Analisis Deskriptif, Jenis dan Kelebihannya dalam Penelitian

Ditanya

Luas lingkaran tersebut

Jawaban

L = πr²

L = 22/7 x 14²

L = 22/7 x 196

L = 616 cm²

Jadi, luas lingkaran dengan diameter 28 cm adalah 616 cm²

Penutup

Rumus keliling lingkaran adalah 2πr, dengan keterangan π adalah konstanta phi yang nilai 3,14 atau 22/7, dan r adalah jari-jari lingkaran. Jika sebuah lingkaran diketahui diameternya, maka untuk mencari r adalah dengan membagi dua diameter tersebut. Misal lingkaran dengan diameter 20 cm, maka 20/2 adalah 10. Jadi, 10 cm adalah jari-jarinya.

Selain itu, Anda juga bisa mencari luas lingkaran dengan rumus L=πr². Untuk contoh soal keliling dan luas lingkaran pun sudah diberikan beserta jawabannya seperti di atas.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment