Cara Program TV Digital Polytron Berbagai Tipe

Kehadiran TV digital membuat para pengguna TV Polytron belajar tentang cara program TV digital Polytron. Pasalnya, jika tidak mengetahui hal tersebut, maka Anda tidak akan bisa menikmati siaran digital.

Seperti diketahui, belum lama ini peralihan TV analog ke digital sudah secara bertahap diterapkan. Untuk itu, masyarakat diharapkan untuk mempersiapkan diri dengan membeli TV digital atau memasang set top box.

Lalu, bagaimanakah untuk program siaran digital di TV Polytron? Nah bagi Anda yang mempunyai TV Polytron namun belum bisa melakukan program siarannya, langsung saja simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Siaran TV Digital?

TV digital polytron

TV digital merupakan siaran pada televisi yang telah memakai sinyal atau modulasi digital. Pada siaran digital ini, data gambar dapat disalurkan dengan lebih baik serta suara yang dikeluarkan juga bisa lebih jernih dibandingkan TV analog.

Selain mempunyai kualitas pada siarannya, pada TV digital juga dilengkapi dengan beberapa fitur multimedia yang menarik. Hal tersebut dapat membuat pengalaman menonton TV menjadi lebih menyenangkan dan juga nyaman.

Pada saat beralih ke siaran digital, gambar serta suara yang diterima di TV tentu jauh lebih berkualitas dibanding siaran TV analog biasanya. Berbagai macam ketidaknyamanan seperti muncul gambar berbayang, siaran ada semutnya, dan gangguan lain tidak akan ditemui.

Hal yang menarik dari peralihan ke siaran digital ini adalah pengguna tidak hanya diberikan kualitas siaran lebih baik saja tetap juga mendapatkan fasilitas tambahan, salah satunya adalah Electronic Program Guide (EPG).

Dengan adanya fasilitas tersebut penonton bisa melihat acara yang sudah atau akan tayang berikutnya. Selain itu, masih banyak lagi kelebihan yang dapat Anda nikmati dengan beralih ke siaran TV digital.

Mengapa Harus Berpindah Ke Siaran TV Digital?

Pada bagian sebelumnya telah disinggung sedikit mengapa peralihan siaran analog ke digital ini cukup penting. Hal tersebut karena pada siaran analog, terdapat cukup banyak gangguan yang bisa terjadi sehingga saat menonton TV menjadi kurang nyaman.

Baca Juga:  Ukuran TV 75 Inch Berapa CM? Berikut Jawabannya

Nah, pada saat Anda beralih ke TV digital, terdapat berbagai macam keuntungan yang bisa didapatkan. Berikut adalah penjelasan tentang apa saja keuntungan jika siaran analog beralih ke siaran digital.

1. Gambar dan Suara Lebih Berkualitas

Berkat modulasi digital yang digunakan kualitas dari gambar dan suara TV dapat menjadi lebih jernih. Tentunya, hal tersebut dapat membuat Anda bisa dengan nyaman menikmati setiap siaran yang ditonton.

2. Pilihan Channel Banyak

Selanjutnya, pada siaran digital, channel yang didapatkan bisa lebih banyak dibandingkan siaran analog. Pada umumnya, dengan kualitas penangkap sinyal yang baik, channel yang dapat disimpan di TV mencapai lebih dari 30 channel.

3. Gratis Biaya Langganan

Untuk dapat menikmati semua kualitas dari siaran digital, pengguna tidak memerlukan membayar biaya bulanan layaknya TV kabel. Modal yang dikeluarkan mungkin hanya untuk pembelian STB saja dan itupun hanya sekali di awal.

Selain itu, cara program TV digital Polytron atau merek lainnya tidak begitu sulit. Artinya, semua kalangan masyarakat dapat mempelajari cara untuk menggunakan TV digital tersebut dengan cukup mudah tanpa kesulitan berarti.

Cara Setting TV Digital Polytron Semua Tipe

Seperti diketahui, TV Polytron yang beredar di masyarakat mempunyai banyak sekali tipe. Ada tipe TV LED, LCD, Tabung, sampai dengan smart TV.

Tentunya, untuk cara program tv digital polytron setiap tipe tersebut terdapat perbedaan. Berikut ini adalah penjelasan tentang berbagai macam cara untuk program TV digital Polytron untuk semua tipe.

1. TV Polytron LED/LCD

Pertama akan dijelaskan tentang cara setting tv digital polytron LED / LCD. Untuk melakukan cara ini tentu sebenarnya sangat mudah sehingga Anda tidak memerlukan bantuan dari pihak jasa pemasangan TV digital.

Berikut adalah cara untuk program tv polytron tipe LED/LCD:

  • Pertama, bukalah menu pengaturan TV Polytron LED
  • Setelah itu, pilih sub menu Program
  • Selanjutnya, cari sinyal TV digital dengan cara otomatis. Caranya, pilih “Digital Only Tuning”
  • Dalam beberapa saat, TV akan mencari siaran digital
  • Tunggu proses pencarian siaran digital
  • Jika sudah selesai, simpan channel siaran digital

Setelah pencarian dengan cara memprogram tv digital polytron tersebut selesai, Anda sudah dapat menikmati siaran digital di Polytron LED. Banyaknya siaran digital yang bisa ditangkap berbeda-beda tergantung dengan kualitas antena dalam menangkap sinyal.

2. TV Digital Polytron Smart TV

Selanjutnya, untuk TV Polytron Digital yang sudah smart TV, cara untuk pemrogramannya tidak jauh berbeda dengan sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara mencari channel tv digital polytron yang sudah smart TV.

  • Bukalah menu pengaturan menggunakan remote Smart TV Polytron
  • Selanjutnya, pilih sub menu “Program”
  • Lalu, tinggal cari saja sinyal siaran digital secara otomatis
  • Tunggulah hingga pencarian selesai dilakukan oleh TV
  • Jika sudah, tinggal simpan saja siaran yang ditangkap dari hasil pencarian.

3. Cara Program TV Digital Polytron Tabung

set top box digital

Saat ini tidak sedikit pula yang masih menggunakan TV Polytron yang jenis tabung. Untuk TV tersebut, umumnya belum disediakan fitur bawaan DVB T2 yang dapat digunakan untuk menangkap sinyal siaran TV Digital.

Lalu, bagaimanakah cara setting tv polytron ke digital di TV tabung? Nah, supaya tetap bisa untuk menangkap sinyal, diperlukan bantuan dari Set Top Box (STB).

Lalu, untuk cara memprogram tv digital dengan STB untuk menonton siaran digital di TV tabung tersebut, Anda bisa menyimaknya pada langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, siapkan set top box dan kabel AV untuk menghubungkannya ke TV
  • Setelah itu, pasangkan STB ke TV dengan menghubungkan kabel AV
  • Jika sudah, pasang juga kabel antena ke STB.
  • Selanjutnya, nyalakan TV dan masuklah ke bagian saluran AV
  • Hidupkan STB menggunakan remote
  • Berikutnya, masuk ke pengaturan STB dan pilih “Program”
  • Lakukan scan siaran digital secara otomatis.
  • Tunggu proses pencarian siaran sampai selesai.
Baca Juga:  Frekuensi ANTV 2024 Terbaru dan Cara Mencarinya

Untuk pemilihan STB, Anda disarankan untuk membeli produk yang direkomendasikan oleh Menkominfo. Selain itu, saat membeli STB secara online Anda harus selektif dalam memilih toko agar tidak menjadi korban penipuan oknum penjual tidak bertanggung jawab.

Mengapa TV Digital Polytron Tidak Bisa Menangkan Sinyal Digital?

Perubahan siaran analog ke digital ini mungkin bagi beberapa orang awam terasa cukup memusingkan. Pasalnya, tidak sedikit orang yang masih mengalami masalah pada saat mengikuti cara mencari program tv digital yang telah dijelaskan di atas.

Masalah tersebut tentu bisa terjadi bukan tanpa alasan. Berikut ini adalah berbagai macam penyebab mengapa siaran TV digital di TV Polytron Anda tidak dapat muncul atau ditangkap oleh perangkat.

  • Antena TV yang digunakan untuk menangkap sinyal mengalami kerusakan
  • Posisi antena TV kurang pas sehingga sinyal yang didapatkan tidak maksimal
  • Pencarian siaran dilakukan pada saat kondisi cuaca di luar sedang dalam keadaan buruk
  • Terdapat kesalahan dalam pemasangan kabel Set Top Box
  • Siaran tidak muncul karena menggunakan STB yang tidak berkualitas atau bukan rekomendasi Kominfo

Begitulah tadi informasi lengkap tentang cara program TV Digital Polytron segala tipe. Semoga dengan informasi di atas, Anda dapat menjadi lebih mudah dan paham tentang bagaimana cara untuk pemrograman siaran digital di TV Polytron.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment