Apa itu Saklar Tukar? Simbol, Fungsi, Cara Kerja, Cara Memasang

Apakah Anda kerepotan untuk menghidupkan lampu tangga rumah yang saklarnya ada di lantai dua? Dari pada hanya menggunakan satu saklar, coba gunakan dua buah saklar dengan memanfaatkan teknologi bernama saklar tukar.

Teknologi ini sudah lama diterapkan di bangunan-bangunan besar seperti hotel. Itulah mengapa, saklar ini juga bisa disebut dengan saklar hotel. Dengan memanfaatkan saklar hotel, Anda bisa mengatur supaya lampu tangga bisa dihidupkan dari lantai 1 dan 2.

Tertarik untuk mempelajari informasi lebih dalam mengenai teknologi saklar ini? Mari kita bahas fungsi, kelebihan, cara kerja, dan cara pemasangan dari saklar hotel di bawah ini:

Apa itu Saklar Tukar?

Apa itu Saklar Tukar Simbol, Fungsi, Cara Kerja, Cara Memasang

Saklar hotel merupakan sebuah sistem elektronik yang memanfaatkan dua saklar untuk mengaktifkan listrik. Disebut sebagai saklar hotel karena cukup banyak digunakan di hotel-hotel. Dalam operasionalnya, kedua saklar memungkinkan untuk dapat bertukar.

Misalnya, lampu dihidupkan dengan memanfaatkan saklar 1 (saklar 1 ON). Ketika saklar 2 ditekan (saklar 2 ON), maka lampu akan mati. Ketika saklar 1 ditekan kembali (sakar 1 OFF), lampu akan hidup. Itulah contoh sederhana bagaimana saklar hotel bekerja.

Sistem tersebut memungkinkan untuk melakukan kontrol beban listrik dari dua lokasi yang berbeda. Misalnya, sebuah lampu dipasang untuk memberikan penerangan pada tangga hotel yang menghubungkan lantai 1 dan 2.

Supaya bisa dinyalakan dan dimatikan dari lantai 1 dan 2, maka saklar tukar dipasang dipasang di kedua lantai tersebut.

Saklar ini bukan hanya digunakan di bangunan hotel saja, namun juga bisa dipasang di rumah untuk mempermudah pengaktifan maupun penonaktifan lampu atau alat elektronik lainnya. Anda bisa memasang sistem ini supaya lampu teras bisa diaktifkan baik dari dalam maupun luar rumah.

Simbol Saklar Tukar

Simbol Saklar Tukar

Dalam menggambar sistem rumah, simbol yang bisa digunakan untuk menggambarkan saklar hotel ada adalah sebagai berikut:

Baca Juga:  Macam-Macam Resistor dan Ukurannya

Di atas merupakan simbol saklar hotel pada gambar satu garis (single line) dan gambar pengawatan (wiring). Pada masing-masing garis di simbol diagram satu garis bisa ditambahi dengan angka 1 dan 2.

Fungsi Saklar Hotel

Fungsi Saklar Hotel

Sama seperti saklar yang lain, fungsi utama dari saklar hotel yaitu untuk mengontrol sambungan arus listrik pada sebuah alat kelistrikan. Hanya saja saklar ini memiliki perbedaan pada jumlah saklar yang dimiliki.

Sehingga, fungsi spesifik dari saklar hotel yaitu untuk menonaktifkan atau mengaktifkan lampu atau alat kelistrikan lainnya dengan memanfaatkan dua buah saklar. Penggunaan sistem ini berfungsi untuk mempermudah pengaktifan maupun penonaktifan alat kelistrikan.

Kelebihan Saklar Hotel

Kelebihan Saklar Hotel

Ada sejumlah kelebihan dari saklar tukar yang cukup membantu untuk sistem kelistrikan di sebuah gedung. Kelebihan-kelebihannya, antara lain:

  • Cara pemasangannya terbilang cukup mudah.
  • Mempermudah pekerjaan pengguna, terutama untuk mengaktifkan atau menonaktifkan alat dari dua tempat yang berbeda.
  • Menghemat waktu.
  • Bisa diterapkan untuk mengontrol 2 lampu atau lebih.

Cara Kerja Saklar Tukar

Cara Kerja Saklar Hotel

Tahukah Anda bagaimana cara kerja dari sistem saklar hotel? Sistem ini memanfaatkan dua saklar (double) untuk mengaktifkan dan menonaktifkan sebuah alat elektronik.

Ketika alat elektronik mati, kedua saklar harus berada di posisi yang sama. Misalnya, ketika semua saklar di posisi OFF, alat elektronik menjadi nonaktif. Begitu juga ketika keduanya berada di posisi ON, alat elektronik juga menjadi nonaktif.

Ketika saklar A berada di posisi ON dan saklar B berada di posisi OFF, maka alat elektronik akan menyala. Ketika saklar A berada di posisi OFF dan saklar B berada di posisi ON, alat elektronik juga akan menyala.

Rangkaian yang digunakan pada sistem saklar hotel adalah rangkaian seri, yang mana seluruh komponen terhubung dalam satu jalur.

Baca Juga:  Daftar Ukuran TV LED dari Paling Kecil sampai Terbesar Lengkap

Bagian output dari saklar terhubung dengan bagian output dari saklar lainnya. Sedangkan, bagian input dari salah satu saklar terhubung dengan sumber listrik, dan bagian input dari saklar yang satunya terhubung dengan alat elektronik.

Apakah 2 poin soal rangkaian saklar hotel di atas membingungkan? Jika bingung, mari kita belajar dengan merakitnya secara langsung menggunakan langkah-langkah di sub bab selanjutnya!

Cara Memasang Saklar Tukar

Cara Memasang Saklar Hotel

Pada tata cara ini, Anda akan belajar bagaimana caranya memasang saklar hotel untuk mengontrol 1 lampu. Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Bahan dan Alat

Ada sejumlah bahan dan alat yang perlu untuk disiapkan dalam merangkai sistem saklar hotel. Bahan yang perlu untuk disiapkan, yaitu sebuah lampu, 2 buah saklar hotel, dan kabel secukupnya. Saklar hotel berbeda dengan saklar pada umumnya.

Jadi, ketika membeli di toko elektronik, jangan meminta untuk diambilkan “saklar”. Namun, Anda perlu secara spesifik meminta untuk diambilkan saklar tukar. Saklar biasa memiliki sistem yang berbeda, sehingga tidak bisa digunakan di dalam rangkaian ini.

Alat yang perlu disiapkan adalah alat-alat yang biasanya digunakan untuk memasang instalasi listrik, seperti obeng, gunting, silet, selotip kabel, dan lain sebagainya.

2. Matikan Aliran Listrik

Sebelum memasang rangkaian saklar hotel, jangan lupa untuk mematikan aliran listrik gedung terlebih dahulu. Jika lupa mematikan aliran listrik, akibatnya akan sangat fatal. Langsung saja matikan aliran listrik dengan menonaktifkan MCB.

3. Tentukan Input dan Output

Saklar hotel dilengkapi dengan 4 buah lubang di belakangnya, yang mana dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian atas dan bagian bawah. Di bagian atas terdapat 2 lubang, yaitu lubang 1 dan 3. Kedua lubang bagian atas ini dijadikan sebagai lubang output.

Sedangkan, dari dua lubang yang ada di bagian bawah, tentukan salah satu yang akan dijadikan sebagai lubang input.

4. Pasang Kabel

Pemasangan kabel pada saklar hotel memanfaatkan rangkaian seri. Sehingga, gambaran besarnya yaitu dari sumber listrik ke saklar, lalu ke lampu, lalu kembali lagi ke sumber. Supaya mudah, di sini kita akan menamai kedua saklar hotel menjadi saklar A dan saklar B.

Baca Juga:  Fungsi Remote AC Sharp yang Wajib Diketahui Pengguna, Apa Saja?

Pertama, hubungkan aliran listrik input ke salah satu lubang input di saklar A. Hubungkan lubang output dari masing-masing saklar ke saklar lainnya. Misalnya, hubungkan lubang 1 milik saklar A ke lubang 1 milik saklar B. Atau, hubungkan lubang 1 milik saklar A ke lubang 3 milik saklar B.

Selanjutnya, hubungkan lubang output yang belum terpasang di saklar A ke lubang output yang belum terpasang di saklar B. Setelah itu, hubungkan saklar hotel dengan lampu. Caranya, yaitu hubungkan salah satu lubang input di saklar B ke lampu.

Yang terakhir, jangan lupa untuk menghubungkan lampu dengan sumber listrik supaya rangkaian seri bisa berjalan.

5. Penyelesaian

Periksa kembali berbagai pemasangan, seperti sambungan antara kabel, sambungan antara aksesoris dengan kabel, dan sambungan lainnya. Usahakan supaya baut, selotip, lem, dan lainnya terpasang dengan baik dan benar.

Jangan lupa juga untuk merapikan kabel supaya tidak mengganggu, perawatannya mudah, dan enak dilihat.

6. Hidupkan Aliran Listrik

Setelah tadi MCB dimatikan, jangan lupa untuk dihidupkan kembali. Ketika sudah dihidupkan, langsung coba rangkaian saklar hotel yang baru saja dipasang. Coba apakah lampu bisa diaktifkan dan dinonaktifkan dengan kombinasi dua saklar hotel.

Cara pemasangan saklar tukar cukup mudah, bukan? Anda bisa memasang saklar ganda ini dengan menggunakan merk apapun yang harga dan kualitasnya sesuai dengan isi dompet.

Bagikan Postingan:

Leave a Comment